cover
Contact Name
Diyas Age Larasati
Contact Email
larasati_age@yahoo.co.id
Phone
+628563573544
Journal Mail Official
trapsila@uwks.ac.id
Editorial Address
Faculty of Language and Science Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Jl. Dukuh Kupang XXV/ 54, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 26857642     EISSN : 26858207     DOI : http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i2
Core Subject : Education,
Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer a comparative perspective on research and policy and report on major research projects. Journal Trapsila contains research publications in the field of Elementary Education, including Civic education, Character Building, Bahasa Indonesia, English Language, Mathematics, Science, Social Science, Arts, Instructional Media, Learning Technology, and Elementary School children Psychology. The focus and scope of this journal are: Elementary education research. Elementary school learning. Elementary school literation. Elementary school learning media. Curriculum development in Elementary school.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2023)" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Animasi Berbasis Microsoft PowerPoint Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar friendha yuanta
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3234

Abstract

This study focuses on developing animation media using Microsoft PowerPoint for Indonesian language lessons, specifically for third-grade students at SDN Putat Jaya 1 Surabaya. This study aims to develop a suitable and effective product for teaching fairy tales. The development method used is the ADDIE model, which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data was collected through the use of a questionnaire instrument. Data analysis included validity tests conducted by media experts, subject matter experts, the audience, and pretest and posttest assessments of students. The findings of this research on development show that animation media is considered appropriate, as indicated by the validity test conducted by media experts, which resulted in a result of 91.25%. Additionally, the media experts provided a result of 97.5%, while audience testing resulted in a score of 90%. Further, the pretest and posttest results showed an 8% improvement, confirming the efficacy of animation as a learning medium for third-grade elementary school students.
Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Dongeng Dengan Penerapan Metode Demostrasi Wanda Triatni Hisda; Muhammad Yusnan; Firasti Firasti; Tuty Purwaningsih; La Ode Aras
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode unjuk rasa dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa. Tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SD Negeri 1 Bone-Bone tahun pelajaran 2022/2023. Pengamatan dibagi dalam tiga putaran, yaitu putaran 1, 2, dan 3, di mana masing-masing putaran dikenal perlakuan yang sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan membuat kalimat yang diakhiri dengan tes harian di akhir setiap putaran. Tercapai dalam tiga putaran dimaksud untuk memperbaiki sistem pengajaran yang telah dilaksanakan.Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi metode pengolahan pembelajarn demonstrasi, observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes harian. 
Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash 8 Pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan Dela Adelia; Dea Mustika
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan media pembelajaran berbantu Macromedia Flash 8 dengan mempertimbangkan penilaian dari enam orang ahli  yang terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli bahasa dan dua orang ahli desain serta guna mengetahui tanggapan dari guru dan siswa mengenai media pembelajaran yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang mengadopsi model pengembangan Addie yang disederhanakan menjadi empat tahapan yaitu analysis, design, development dan implementation. Instrument pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket validasi untuk menguji kevalidan dan angket respon guru dan siswa untuk menguji kepraktisan. Hasil temuan dari penelitian ini, menghasilkan berupa produk media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan yang dapat digunakan pada siswa sekolah dasar. Dengan nilai rata-rata validasi dari ahli bahasa (96,67%), ahli materi (92,00%), dan ahli desain (87,27%) yang masing-masing hasil penilaian tersebut dikategorikan sangat valid. Nilai rata-rata akhir secara keseluruhan dari enam validator yaitu sebesar 91,98% dengan kategori sangat valid sehingga dapat dilakukan uji coba lapangan. Penilaian uji coba skala terbatas dari respon guru memperoleh nilai sebesar 91,76% dengan kategori sangat praktis dan nilai rata-rata dari respon enam orang siswa mendapatkan nilai sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran berbantu macromedia flash 8 pada materi jarak, waktu dan kecepatan sudah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Peran Bujang Dara Literasi Dalam Menumbuhkan Minat Literasi Siswa di SD Negeri 17 Pekanbaru Era Melanika; Febrina Dafit
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3149

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti peran bujang dara literasi dalam menumbuhkan minat literasi siswa di SD Negeri 17 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yakni metode penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang memiliki tujuan yakni menggambarkan secara untuk dan mendalam tentang fenomena yang terjadi di masyarakat yang merupakan subjek dari penelitian sehingga tergambar ciri, karakter, sifat serta model dari fenomena tersebut. Peneliti memilih penelitian ini dikernakan hasil kajian diperoleh dari data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun wawancara yang dilakukan oleh peneliti diambil dari subjek yakni kepala perpustakaan, pustakawan,  2 orang bujang dara literasi yang dipilih secara acak dan 2 siswa SD Negeri 17 pekanbaru yang dipilih secara acak.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bujang dara literasi memiliki peran yang signifikan dalam merangsang minat literasi siswa. Mereka menjadi model peran yang menginspirasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam membaca, menulis, dan berbagai aktivitas literasi lainnya. Melalui interaksi dan dukungan mereka, siswa merasa termotivasi dan lebih terbuka terhadap dunia literasi.
Analisis Review Penonton Terhadap Kelayakan Video Pembelajaran Youtube Math Magic Tricks untuk Siswa SD Kartika Farrah Dhafia; Dyah Qurrota A'yun
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.2933

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan hasil review dari penonton video pembelajaran Trik Sulap Matematika untuk siswa Sekolah Dasar melalui platform youtube atas video kelayakan yang diunggah terhadap pembelajaran matematika siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data kuisioner penelitian berupa g-form (secara online). Subyek dalam penelitian ini adalah para responden berjumlah 15 orang yang telah menonton video pembelajaran youtube Math Magic Tricks .Hasil penelitian yang di dapat adalah dari beberapa review, penghentian penonton positif terhadap video tersebut dan kelayakan digunakan pada siswa sekolah dasar untuk mendukung dan membantu mempermudah pembelajaran atau pembelajaran matematika SD khususnya peningkatan operasi.
Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar Maisarah Maisarah; Novi Maolida; Cyndi Prasetya
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.2932

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilakn sebuah produk video pembelajaran berbasis canva yang bisa di akses dengan mudah dan juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan mereka ajarkan selama proses pembelajaran berlangsung terutama pada pembelajaran IPAS pada materi Bab 5 topik A. cerita tentnag daerahku dahulu karna seperti yang kita ketahui kalau pembelajaran IPS atau sekarang sudah di ubah menjadi IPAS sangat membosankan dan membuat para siswa merasa bosan  oleh karena itu dengan adanya video ini semoga bisa membantu proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development untuk menghasilkan yang menguji dan mengetahui keefektifan dari produk yang dikembangkan.  Desain penelitian ini adalah menggunakan model 4D (Four-D) yang terdiri dari define (pendefinisian) ,Desain (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran) . dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran berbasis canva materi Bab 5 topik A. cerita tentang daerahku dahulu kelas IV sejkolah dasar . karna media yang dikembangkan melalui dua kali proses uji validitas dimana hasil uji validitas media yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid.
Pengembangan Media Puzzle Suku Kata Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 182 Pekanbaru Syarifadillah Putri; Febrina Dafit
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle suku kata sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 182 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan, yang meliputi beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan media. Data dikumpulkan melalui wawancara dan lembar angket terhadap media puzzle suku kata yang dikembangkan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif, terutama dalam konteks pembelajaran membaca di tingkat permulaan. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi referensi bagi pihak sekolah dan guru dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I.
PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PKN KELAS V DI SDN TELAJUNG 01 KABUPATEN BEKASI Apit Dulyapit
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3076

Abstract

Pembelajaran PKn di SDN Telajung 01 masih banyak siswa kelas lima yang mendapat nilai rendah. Berdasarkan hasil pengamatan, sangat terlihat dari cara guru mengaplikasikan metode yang kurang beragam dalam pembelajaran, sehingga kurang mendukung fokus dan aktifnya siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, guna meningkatkan proses pembelajaran, penggunaan metode Cooperative Script diharapkan dapat mendorong siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Target khusus penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn telah meningkat setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode Cooperative Script. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai akhir bulan April tahun 2023. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa yakni, 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan kelas V di SDN Telajung 01. Informasi yang diterima berupa hasil penilaian (Evaluasi) dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Jenis Penelitian Tindakan kelas yang digunakan dalam metode ini yakni dengan menggunakan model Kemmis dan Teggart, dengan empat tahapan yakni rencana, Tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan yang telah dilakukan, siswa mengalami cukup peningkatan yakni, 85% dengan kategori sangat baik dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative script pada pembelajaran PKn di SDN Telajung 01 dapat meningkat setelah model Cooperative Script diterapkan. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu dari penelitian yang akan dilakukan.
MENGIDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 064966 MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2023/2024 Nur Intan Humairoh
Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2023)
Publisher : Fakultas Bahasa dan Sains, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/tpd.v5i1.3451

Abstract

This study aims to explore the difficulty of learning mathematics in grade 4 students at UPT SD Negri 064966 Medan Perjuangan and the factors that cause these learning difficulties. The type in this study is a type of qualitative research with a qualitative descriptive approach, and the data collection method used is the interview method.  The interview was conducted with a grade IV teacher of UPT SD Negri 064966 Medan Perjuangan. The subjects of this study were students in class IV of UPT SD Negri 064966 Medan Perjuangan. The results showed that factors that affect student learning difficulties include low student attitudes and interests towards mathematics subjects, diverse student abilities, classroom learning is still dominated by the use of books as the main source and limited facilities and infrastructure

Page 1 of 1 | Total Record : 9