cover
Contact Name
Suparman Mannuhung
Contact Email
jurnal.andidjemma@gmail.com
Phone
+6285343619174
Journal Mail Official
jurnal.andidjemma@gmail.com
Editorial Address
Jl. Samiun Nomor 4 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
ISSN : 26226537     EISSN : 26228513     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian berkaitan dengan ilmu pendidikan, keguruan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik (guru dan dosen), ilmuan dan praktisi pendidikan. Artikel yang dikirim akan direview oleh pakar yang berpengalaman sesuai bidang keahliannya. Jurnal Andi Djemma terbit dengan open akses dimana abstrak dan teks penuh yang telah dipublikasikan di website dapat dibaca dan di download secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023" : 8 Documents clear
MANAJEMEN PENGEMBANGAN METODE IQRO’ DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BACAAN ALQURAN SANTRI DI PESANTREN AL IHSAN KABUPATEN GOWA Muh. Nurhadi Hasan; Abd Azis Muslimin; Muh. Rusli Malli
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2115

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis manajemen pengembangan metode Iqro’, menganalisis peningkatan pemahaman bacaan Alquran santri, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pengembangan metode Iqro’ santri di Pesantren Al Ihsan Kabupaten Gowa. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif dengan analisis deskriptif yang dilakukan secara induktif. Adapun objek penelitian ini adalah santri yang mengikuti program pembelajaran metode Iqra.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam manajemen pengembangan metode Iqro’, menerapkan prinsip planning, organizing, actuating dan controlling untuk menjaga standar mutu dan pengembangannya untuk menjadi penghapal Alquran. Penggunaan metode Iqro’ cukup efektif relatif singkat dibanding metode Baghdadiyah yang pernah diterapkan di Pesantren Al Ihsan Kabupaten Gowa.Upaya meningkatkan pemahaman bacaan Alquran bagi santri dengan  pengajaran bacaan Alquran metode Iqro’ buku jilid 1-6 secara bertahap dari pemula hingga yang sudah mahir, serta diberi materi hafalan hingga mereka jadi hafiz Alquran.Adapun faktor pendukung berupa ketersediaan sarana pembelajaran yang memadai, pembagian santri berdasar tingkat kemampuannya, motivasi yang tinggi untuk belajar dan keinginan menghapal Alquran, dan kapabilitas pengajar yang telah mengikuti berbagai pelatihan  metode Iqro’. Adapun faktor penghambat seperti sistem belajar yang monoton sehingga guru dapat mengajak santri out bound, sebagian santri belum mondok sehingga terkadang mereka bolos dan pembelajarannya tidak tuntas.
PERANAN DANI (DA’I ANTI NARKOTIKA) DALAM PENCEGAHAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA Suparman Mannuhung
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2148

Abstract

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan masalah serius yang mengancam masyarakat dan kesejahteraan umum. Untuk mengatasi tantangan ini, peran Dani sebagai Da'i Anti Narkotika memiliki peranan penting dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Dani dalam upaya memerangi masalah narkotika dengan pendekatan keagamaan dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan Dani, penggiat anti narkotika, dan individu yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dani sebagai Da'i Anti Narkotika memiliki peranan utama dalam memberikan pemahaman agama yang kuat tentang bahaya narkotika kepada masyarakat. Melalui ceramah, diskusi, dan pengajaran agama, Dani mampu membentuk kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang dampak negatif narkotika. Selain itu, peran Dani juga melibatkan upaya sosial dalam membantu individu yang telah terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika. Dani berperan sebagai penghubung antara individu yang membutuhkan bantuan dan lembaga rehabilitasi atau konseling. Langkah-langkah pencegahan seperti penyuluhan, pelatihan keterampilan, dan pengembangan komunitas juga diinisiasi oleh Dani untuk mencegah penyalahgunaan narkotika dari akar permasalahan. peran Dani sebagai Da'i Anti Narkotika memiliki dampak signifikan dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika. Melalui pendekatan agama dan sosial, Dani mampu mengubah pola pikir masyarakat dan memberikan dukungan kepada individu yang membutuhkan untuk keluar dari lingkaran penyalahgunaan narkotika. Upaya kolaboratif antara Dani, masyarakat, dan lembaga terkait menjadi kunci dalam mengatasi masalah narkotika secara komprehensif.
STUDENTS’ PERCEPTION IN LEARNING VOCABULARY MASTERY THROUGH DUOLINGO Musyrifah Mahfuddin; Nadya Nurhidayah N; Budiarti Putri Putri Uleng
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2128

Abstract

Education is a systematic and structured process aimed at acquiring knowledge and developing abilities. The acquisition of English language proficiency necessitates the utilization of various methodologies and strategies, as it is a skill-oriented form of education. Technological advancements have significantly impacted contemporary education. The utilization of technology is a contemporary approach in addressing the obstacles encountered in the process of acquiring proficiency in the English language. In the realm of English language acquisition, Duolingo continually strives to reinvent language learning methods through its mobile phone platform. Therefore, the objective of this research was to identify of Student’s perception in learning vocabulary through Duolingo Apps to the 1st semester of management class at STIE WIRA BHAKTI MAKASSAR University batch 2023 who were currently or had previously used Duolingo. Using questionnaires to collect data in a qualitative descriptive, the findings showed that students' perceptions of learning vocabulary through Duolingo are overwhelmingly favorable, with an average score of 92,37%. To sum up, the use Duolingo was very effective in learning vocabulary because the application is simple to use, entertaining, fun, and free of advertisements.
PERMEN EKSTRAK KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII) SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEROKOK PADA REMAJA Besse Qur'ani; Garwati Garwati
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2165

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; 1) mengetahui proses pembuatan ekstrak kayu manis, 2) mengetahui proses pembuatan permen substitusi ekstrak kayu manis, 3) mengetahui respon panelis terhadap permen substitusi ekstrak kayu manis, dan 4) mengetahui pengaruh permen substitusi ekstrak kayu manis terhadap perokok. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Tempat penelitian di Laboratorium Pendidikan Tata Boga Jurusan PKK Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Waktu penelitian dimulai dari Desember 2021 hingga Januari 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan angket (Scoresheet dan Kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif, uji rata – rata (Mean), uji beda annova, dan uji beda lanjutan duncan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil Penelitian ini adalah; proses pembuatan ekstrak kayu manis meliputi penimbangan, pengeringan, penghalusan, dan pemanasan hingga mendidih; proses pembuatan permen substitusi ekstrak kayu manis meliputi penimbangan, pencampuran, pemanasan, pengadukan, pencetakan dan pengemasan; respon panelis terhadap permen substitusi ekstrak kayu manis dengan formula terbaik yang dihasilkan adalah produk F3 75% sukrosa dan 15% ekstrak kayu manis yaitu kategori suka dengan nilai rata – rata 8,25. Formula F3 dengan 14 orang atau 87,6% dinyatakan suka dan menerima;hasil uji pengaruh permen terhadap perokok dibuktikan dengan 56,7% menyatakan berpengaruh dan 43,3% menyatakan belum berpengaruh dari kriteria rasa, aroma dan saat mengkonsumsi permen tersebut.
TEORI-TEORI BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI Muna Hatija; Lubis Lubis; Ratna Rahim
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan berbagai teori belajar yang relevan dan menginvestigasi implementasi teori-teori tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Studi ini melibatkan tinjauan pustaka mendalam terhadap teori-teori belajar utama, seperti behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan teori belajar sosial. Penelitian juga fokus pada penerapan praktis teori-teori ini dalam pengajaran dan pembelajaran PAI di lingkungan pendidikan.Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data akan dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru PAI, dan analisis dokumen terkait kurikulum dan metode pengajaran. Partisipan penelitian akan terdiri dari guru PAI dan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran. Analisis data akan dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola implementasi teori-teori belajar dalam pembelajaran PAI dan menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar siswa.Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teori-teori belajar dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dalam konteks pendidikan agama Islam.
GAYA KEPEMIMPINAN PERSFEKTIF MENUJU KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL Kasmad Kamal; Salmi Salmi; Hasnahwati Hasnahwati
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2159

Abstract

Penelitian ini membahas perjalanan evolusi gaya kepemimpinan dari perspektif tradisional menuju pendekatan transformasional. Tujuan utama penelitian adalah untuk menggambarkan transformasi dalam praktik kepemimpinan melalui perubahan pandangan dan praktik dalam konteks organisasi. Dalam kerangka konseptual ini, penelitian ini menganalisis pergeseran dari gaya kepemimpinan otoriter dan berpusat pada tugas menuju gaya kepemimpinan yang lebih inklusif, insipratif, dan berorientasi pada visi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis literatur dan studi kasus sebagai metodologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan perspektif, yang lebih menekankan pada komunikasi dua arah, partisipasi, dan pemberdayaan individu, merupakan tahap awal menuju kepemimpinan transformasional. Dalam konteks ini, pemimpin berperan sebagai penggerak perubahan budaya organisasi, merangsang inovasi, dan memotivasi anggota tim untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana perubahan paradigma kepemimpinan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan organisasi. Implikasi penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya perubahan dalam gaya kepemimpinan menuju transformasi yang positif dalam konteks organisasi. Studi ini juga menggarisbawahi perlunya pendidikan dan pengembangan kepemimpinan yang berfokus pada pemberdayaan, kolaborasi, dan pengembangan visi dalam rangka menciptakan kepemimpinan yang efektif dan transformasional.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BELAJAR MENDESKRIPSIKAN MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP FRATER PALOPO Ramainta Purba
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2095

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  pada materi Belajar Mendeskripsikan menggunakan Project Based Learning peserta didik untuk Kelas VII SMP Frater Palopo. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan (action research) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang dilakukan, didapatkan bahwa Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar untuk materi Belajar Mendeskripsikan siswa Kelas VII SMP Frater Palopo. Untuk itu sangat direkomendasikan untuk guru dapat menerapkan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar pada materi yang sama. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka, guru diharapkan mampu membuat Project Based Learning yang sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan sekolah yang lebih menarik dan bervariasi.
THE INFLUENCE OF USING THE LESSON METHOD ON STUDENTS IN INCREASING THE LEARNING OF MORAL THEOLOGY IN THE PANDEMIC TIME OF COVID-19 Sitti Aisyah Abbas; Akramun Nisa; Suparman Mannuhung; Indah Indah
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 6, No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v6i2.2124

Abstract

This research deals with the application of the Lecture Method to learning the Moral theology. The purpose of this research is to know the influence of the lecture method in improving the lessons of the Moral theology for students. To answer these problems the author uses a type of quantitative descriptive research, to obtain data sources there are two data sources, namely primary data and secondary data. The technique used in data collection is in the form of a questionnaire. The population used in this study were 338 respondents, while the sample was 30 respondents. The technique of determining the sample, namely by random sampling. As for the process of data analysis,According to the results of the study, it was found that the frequency of the x variable obtained the percentage of respondents as much as 8.81 percent for the lecture method, while the results of calculating the data frequency for variable Y obtained the percentage of respondents as much as 91.21 percent. this means that the hypothesis rejects Ho and accepts Ha, that is, there is the influence of the lecture method in understanding the lessons of moral ethics. The lecture method has a significant influence on learning the moral creed. Therefore it can be concluded that the lecture method is very influential on students in learning the Moral theology.

Page 1 of 1 | Total Record : 8