cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Pariwisata
ISSN : -     EISSN : 26209322     DOI : https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1
Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research activities of academics who are interested in the field of tourism such as Culinary and Shopping Tour, Cultural Heritage, History and Religion, Marine Tourism, Eco-tourism, Adventure Tour, Countryside Tour, MICE, and also Halal Tourism
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019" : 7 Documents clear
ANALISIS DESTINASI PARIWISATA PULAU UNTUNG JAWA DI KEPULAUAN SERIBU JAKARTA Sukaesih, Uuh; Farida, Farida; Miswan, Miswan
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.18

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah : 1) Untuk mengetahui karakteristik wisatawan Pulau Untung Jawa, 2) Untuk mengkaji destinasi pariwisata Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada100 wisatawan yaitu orang yang sudah mengunjungi Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskriptifkan atau menggambarkan tentang hasil dari penelitian mengenai destinasi pariwisata yang diukur dengan menggunakan skala interval dari 1 sampai 4, yang selanjutnya dihitung rata-ratanya dan disajikan dalam tabel. Hasil penelitian yaitu : 1) Karakteristik wisatawan yang datang ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta yaitu : Laki-laki 53 persen, 76 persen berusia 17 tahun sampai 30 tahun, 62 persen berpendidikan SLTA, 38 persen berasal dari wilayah Tangerang, 64 persen pelajar/mahasiswa dan pegawai swasta, 60 persen berpendapatan kurang atau sama dengan Rp 3.000.000 per bulan. 2) Penilaian wisatawan mengenai destinasi pariwisata Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta dengan skala 1 sampai 4, diperoleh rata-rata = 3.00 (kategori baik).
PROMOSI DIGITAL UNTUK WISATAWAN RUSIA Vinaya Medhiatika, Ni Luh Made
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.19

Abstract

Setiap tahun, Kementrian Pariwisata memiliki target kunjungan wisatawan mancanegara. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menentukan strategi promosi yang sesuai dengan perilaku wisatawan mancanegara terutama wisatawan Rusia. Data untuk kajian ini merupakan data sekunder yang sudah dihimpun oleh Kementrian Pariwisata. Objek kajian ini adalah wisatawan mancanegara dari Rusia yang sudah maupun akan berlibur ke Indonesia. Metode yang digunakan termasuk dalam metode eksploratif sehingga data tentang perilaku dan promosi yang sudah ada dapat lebih dipahami. Berdasarkan perilaku dan tingkat penggunaan sosial media wisatawan Rusia maka hasil yang didapat promosi pariwisata yang cocok adalah promosi digital melalui sosial media, terutama sosial media yang terpopuler di Rusia yaitu Vk.com. Melalui sosial media ini kriteria social strategy dan digital tourism, dapat terlaksana. Akun promosi di Vk.vom menampilkan foto dan video tentang budaya desa maupun perkotaan serta keindahan bahari di Indonesia. Wisatawan Rusia pun dapat menunggah foto, video, dan ulasan pengalaman selama berlibur di Indonesia.
ANALISIS POTENSI DAYA TARIK WISATA GASTRONOMI DI KAWASAN PETAK SEMBILAN GLODOK, JAKARTA BARAT Bhudiharty, Susy; Ratnasari, Kania; Waluyo, Sihono Dwi
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.20

Abstract

Kota Jakarta tidak hanya sebagai Ibukota Negara Republik Indonesia tetapi juga merupakan destinasi tujuan wisata. Salah satu destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah kawasan Kota Tua di Jakarta yang juga adalah salah satu dari 10 Destinasi Prioritas Nasional. Kota Tua Jakarta selain terkenal dengan wisata sejarah juga terkenal dengan wisata kuliner. Wisata kuliner di Kota Tua dipengaruhi oleh budaya Cina karena memang area ini merupakan daerah pecinan. Wisata kuliner sekarang ini menjadi ikon wisata karena ada jenis wisatawan yang datang ke sebuah destinasi untuk menikmati kulinernya. Wisata kuliner adalah jika wisatawan yang datang ke sebuah destinasi wisata bertujuan untuk menikmati makanan tradisional, namun jika wisatawan datang ke sebuah destinasi untuk ikut proses persiapan hingga penyajian dikenal dengan istilah wisata gastronomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik wisata gastronomi apa saja yang ada di Petak Sembilan. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah terdapat tiga potensi daya tarik wisata gastronomi di Kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat yaitu Gado-Gado Direksi, Pantjoran Tea House and Kopi Takkie. Di tempat ini wisatawan bisa melihat, mengikuti dan mencoba proses pembuatan makanan sambil mendengarkan cerita tentang sejarah tea tersebut dan tentunya setelah proses tersebut menikmati minumnya. Kawasan Kota Tua memiliki potensi menjadi destinasi wisata gastronomi di Jakarta.
ANALISIS SEGMENTASI PENGUNJUNG BERDASARKAN ACTIVITY, INTEREST, OPINION (AIO) DI KAWASAN PETAK 9 GLODOK Ratnasari, Kania
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.22

Abstract

Kota Tua yang mana merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata dimana bukan hanya layak menjadi daya tarik wisata di Jakarta tetapi juga nasional. Petak 9 merupakan kawasan pecinan yang menjadi sisi lain dari Kota Tua Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pengunjung yang datang ke kawasan Ptak 9 Glodok dan mengetahui segmentasi pengunjung berdasarkan segmentasi AIO (Activity, Interest, Opinion). Sumber data diperoleh dari wawancara dengan pengunjung dan penyebaran kuesioner. Penarikan sample dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan 48 responden yang sedang dalam melakukan kunjungan. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis cluster (K-means cluster). Analisis cluster digunakan untuk menganalisis variabel psikografi A.I.O (Activity, Interest, Opinion) meliputi aktivitas, minat dan pendapat. Selain mengukur mengenai karakteristik juga mengukur mengenai segmentasi pengunjung yang datang. Pengunjung akan terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan Activity, Opinion dan Interest (AOI) dalam berwisata. Pertama yaitu kelompok 1 ”General Visitor”, kedua adalah kelompok 2 “Back to Nature” dan terakhir kelompok 3 “Quiet Lovely”.
WISATA TEH: SEBUAH STUDI KASUS DI PANTJORAN TEA HOUSE Giyatmi, Giyatmi; Levyda, Levyda; Azni, Intan Nurul
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.23

Abstract

Dewasa ini Indonesia sedang menggalakkan sektor pariwisata melalui berbagai pendekatan, salah satunya adalah Pariwisata Gastronomi (Kuliner). Di berbagai negara, khususnya China, tradisi minum teh memiliki sejarah panjang, tidak terkecuali Indonesia yang menempati 10 negara terbesar produsen teh di dunia. Untuk mengetahui daya tarik meracik dan minum teh yang diharapkan memperkuat daya tarik wisata gastronomi, penelitian ini melakukan studi kasus di Pantjoran Tea House, yang berlokasi di wilayah Petak Sembilan, Jakarta.Hasil studi menunjukkan bahwa masyarakat yang gemar minum teh berusia muda dan berpendidikan tinggi. Jenis teh yang digemari adalah jenis teh bunga dengan frekuensi dua kali sehari. Umumnya, kebiasaan minum teh ditularkan melalui anggota keluarga lainnya. Wisatawan Pantjoran Tea House umumnya merupakan pengunjung baru dengan alasan tertarik dengan atraksi meracik teh. Wisatawan menyatakan bahwa mereka mendapat pengetahuan baru tentang teh; manfaat bagi kesehatan; cara meracik, menyajikan, dan menikmati teh dengan benar. Wisatawan menyebutkan tidak berkeberatan dengan harga yang dibayar dengan mendapat pengetahuan dan pengalaman baru. Wisatawan juga ingin datang lagi dan merekomendasikan pengalamannya kepada pihak lain.
PENGARUH PERCEIVED QUALITY WEBSITE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TAMAN WISATA MATAHARI Apriyanto, Apriyanto; Wahyuni, Ester Dwi
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.24

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality webside terhadap minat berkunjung ke Taman wisata Matahari. Penilaian atas perceived quality website menggunakan dimensi Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima konstruk yaitu perceived Ease of Use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, dan actual technology usage. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna website dan pengunjung dewasa Taman Wisata Matahari berjumlah 785.607, pengambilan sampel sebesar 100 dengan menggunanakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis dan analisis korelasi determinasi. Total rata-rata tanggapan pengunjung terhadap perceived quality website Taman Wisata Matahari sebesar 3,99 yang artinya pengunjung setuju. Rata-rata penilaian responden pada minat berkunjung ke Taman Wisata Matahari sebesar 4,13, artinya bahwa website Taman Wisata Matahari sangat mampu mendorong minat pengunjung untuk melakukan kunjungan ke Taman Wisata Matahari. Secara keseluruhan pengaruh perceived quality website terhadap minat berkunjung adalah sebesar 34,4% dan sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak temasuk dalam penelitian ini.
POTENSI WISATA GASTRONOMI HALAL DI WILAYAH PECINAN, PETAK 9, GLODOK JAKARTA Pujilestari, Shanti; Amelia, Julfi Restu; Romadhan, Muhammad Fajri
Jurnal Industri Parawisata Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Industri Pariwisata JANUARY 2019
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/pariwisata.v1i2.2860

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengidentifikasi restoran tempo dulu yang menjadi favorit dan diasumsikan halal; (2) Mengetahui perilaku halal dari sisi pemilik restoran, termasuk kesediaan mengikuti sertifikasi halal; dan (3) Mengetahui pendapat pakar mengenai perkembangan wisata halal khususnya pada wilayah pecinan. Metode yang digunakan adalah survey, sedangkan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Wawancara dilakukan kepada pemilik restoran, sedangkan wawancara mendalam dilakukan kepada pakar wisata halal Kementrian Pariwisata RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Restoran tempo dulu yang menjadi favorit dan diasumsikan halal sebanyak 6 buah; (2) 43,3% perilaku halal pemilik restoran rendah, tetapi 83,3% bersedia mendapat pendampingan sertifikasi halal; dan (3) Pakar menyatakan bahwa pentingnya informasi halal bersertifikasi MUI pada restoran di wilayah Pecinan Petak 9, Glodok, Jakarta.Kata kunci : Gastronomi, muslim, halal, restoran dan Tionghoa

Page 1 of 1 | Total Record : 7