Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas
Dharma Bhakti Ekuitas adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) STIE EKUITAS. Jurnal ini diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat. Artikel yang dimuat dalam Dharma Bhakti Ekuitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan, Pengembangan Masyarakat.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti"
:
9 Documents
clear
PELATIHAN MOTIVASI, MENTAL BERWIRAUSAHA DAN KETERAMPILAN PEMASARAN WIRAUSAHA BARU BINAAN KADIN KOTA BANDUNG
Rachmawati, Rr;
Firmansyah, Yayan
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.105
Bandung merupakan kota di Indonesia yang menjadi rujukan pasa sektor ekonomi kreatif, ini disebabkan oleh potensi yang besar yang ada di kota ini, untuk menstimulasi potensi yang ada sekaligus dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. KADIN Kota Bandung memegang peranan dalam menumbuhkan wirausaha baru ini berdasarkan amanah Pergub No 108 tahun 2015 tentang pengembangan dunia usaha. Tantangan yang dihadapi adalah menurunnya motivasi dan mental pelaku usaha jika dihadapkan persoalan usaha, sebanyak 100 wirausahawan yang terdaftar sebagai wirausahwan baru, saat ini hanya 50% wirausahawan yang aktif menjalankan usahanya, maka dari itu perlunya meningkatkan motivasi dan mental kewirausahaan melalui pelatihan. Permasalahan lain adalah kurang cakapnya wirausahawan dalam hal pemasaran era industry 4.0 terutama packaging. Dengan dasar kebutuhan tersebut pelatihan motivasi, mental dan keterampilan pemasaran diselenggarakan pelatihan ini dibuat mudah dipahami para pelaku usaha agar usahanya memiliki daya saing. Hasil pelatihan peserta sangat aktif diskusi terlihat dari banyaknya pertanyaan, dan setelah pelatihan peserta merasa mendapatkan motivasi dan mental berwirausaha yang meningkat selain itu omset usaha mengalami peningkatan rata-rata dari keempat jenis usaha sebesar 25%.
STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN JASA TERAPI PADA JASA PRIVAT TERAPI WICARA DI CIGADUNG
Fitriani, Efi
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.281
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang metode strategi peningkatan penjualan jasa terapi wicara. Target khusus yang ingin dicapai adalah dapat meningkatkan penjualan jasa terapi wicara anak dengan menciptakan merk dagang dan melakukan promosi terhadap jasa terapinya. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan metode strategi peningkatan penjualan jasa. Dengan adanya pelatihan yang akan diberikan oleh tim, usaha layanan terapi ke rumah-rumah lebih berkembang dengan terjadinya peningkatan jumlah kosumen sekitar 70 persen yang menggunakan jasa terapi tersebut. Tentunya pendapatan mitra mengalami peningkatan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini antara lain meningkatnya jumlah peralatan terapi yang dimiliki mitra, sudah memiliki brand dan melakukan promosi dengan membuat blog sendiri dan bertambahnya jumlah konsumen sehingga pendapatan mitra mengalami peningkatan. Strategi untuk meningkatkan penjualan jasa terapi yaitu: memilih target pasar, memilih media sosial sebagai sarana promosi, memberikan pelayanan prima, menawarkan pembayaran melalui transfer bank, melakukan promosi yang menarik dengan membuat blog dan membuat program loyalitas.
MODEL APLIKASI UML DALAM PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
Widaningsih, Sri;
Gamawanto, Rayhan Rahmat Aziz;
Pratama, Yudha;
Amrie, Rafly Yusrizal
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.327
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik merupakan salah satu program di POLITEKNIK LP3I yang bertujuan untuk membangun kepekaan mahasiswa sebagai generasi penerus untuk mampu bersosialisasi dengan masyarakat, peka terhadap masalah yang terjadi dalam masyarakat dan mampu memberikan solusi atas permasalahan sesuai bidang keilmuan yang ditekuni dan keahlian yang dimiliki. KKN tahun 2020 merupakan KKN yang dilakukan di tengah terjadinya pandemi sehingga untuk membantu kelancaran kegiatan KKN tersebut diperlukan pengelolaan proses berbasis online. Tahapan metode penngabdian meliputi 6 tahapan utama, dimana proses utamanya adalah pelaksanaan fasilitas kkn berbasis online ini menuntut adanya sistem informasi yang berguna dalam menangani seluruh proses perencanaan dan pelaksanaan dan evaluasi proses KKN mulai dari pendaftaran KKN, pembagian kelompok KKN, laporan KKN, fitur deteksi lokasi UMKM serta lokasi KKN tiap mahasiswa, tempat pelaksanaan KKN, mengetahui dosen pembimbing lapangan (DPL) dan sebagai sarana mempublikasikan informasi yang berhubungan dengan kegiatan KKN. Hasil dari rancang bangun ini adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk pengelolaan kegiatan KKN. Sistem ini dirancang menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language), sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan database MySQL serta dibangun menggunakan framework Codeigniter. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah mampu mencetak generasi yang siap berkolaborasi dan membantu masyarakat dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM).
EDUKASI UNICORN START-UP DI ERA DIGITAL 4.0 SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK UMKM DI KELURAHAN CIWADUK (MITRA GO-JEK)
Safaah, Eva;
Karyaningsih, Dentik;
Fachriyah, Eva
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.328
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan, mengedukasi dan membantu para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) produk pangan dalam mempromosikan produk makanan lokal secara online bekerjasama dengan Kelurahan Ciwaduk. Metode kegiatan pengabdian yang dilakukan yakni metode study kasus, pengambilan data dengan cara wawancara langsung, observasi langsung di lokasi pengabdian dan dokumentasi kegiatan. Kegiatan pengabdian melibatkan Bapak Lurah Ciwaduk, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial Kelurahan Ciwaduk, dan para pelaku UMKM produk pangan Kelurahan Ciwaduk sebanyak 30 orang para pelaku UKM yang bertempat di Kantor Kelurahan Ciwaduk, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Strategi promosi penjualan produk UMKM makanan yang dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi go-jek dengan cara menjalin kerjasama mitra Go-Jek dan mendaftarkan produk pangan yang dihasilkan sehingga lebih dikenal oleh masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah Masyarakat teredukasi melalui pendidikan dan pelatihan nonformal sehingga mampu mempromosikan produk UKM yang dihasilkan secara digital. Membantu meningkatkan kemampuan kreativitas dan keterampilan masyarakat untuk digunakan dalam mempromosikan usaha-usaha baru. Produk lokal hasil UMKM Kelurahan Ciwaduk dapat dikenal masyarakat luas dan menjadi produk unggulan yang bernilai ekonomi, memberikan peluang usaha bagi masyarakat yang ingin memulai usaha makanan, dan Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
PENATAAN BRANDING PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN PELATIHAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK UMKM DI KAMPUNG LAUK – KABUPATEN BANDUNG
Vidyastuti, Heppy Agustiana;
Utarsih, Henny;
Kasim, Erlynda Yuniarti
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.352
Usaha D’LA Fish, baby fish terletak di Kampung Ikan/Lauk di Kecamatan Ibun, khususnya Desa Lampegan. Dalam menjalankan usahanya, mereka menghadapi beberapa hambatan seperti terbatasnya kapasitas produksi karena mesin spinner yang rusak, terbatasnya pangsa pasar membuat penjualan stuck, dan permasalahan lain yaitu laporan keuangan yang kurang baik. Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini mempunyai tujuan untuk mengatasi permasalahann ini dengan pemberian spinner, pelatihan penataan branding,digital marketing, dan pembukuan keuangan sederhana dan perhitungan harga pokok penjualan. Dengan diberikan spinner produk baby fish lebih tahan lama dikonsumsi karena tidak cepat tengik, dengan penataan branding dan digital marketing dapat mendukung perluasan pangsa pasar media media social seperti facebook & instagram, sehingga penjualan meningkat. Setelah dilaksanakan program Pengabdian Masyarakat pada usaha tersebut, pemilik usaha Dla Fish, menyatakan bahwa proses produksi menjadi lebih cepat dan pelaksanaan administrasi lebih baik. Ke depan diharapkan dapat melihat peningkatan produktifitasnya secara keuangan.
OPTIMALISASI OMZET MELALUI PERENCANAAN PEMASARAN DIGITAL DAN PELATIHAN PENCATATAN KEUANGAN CUANKI KANG RAFFIE BANDUNG
Dialysa, Fia;
Prasetyo, Mohamad Hadi
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.353
Progam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan Cuanki Kang Raffie yang terletak di kota Bandung dengan cara pemasaran digital yang optimal dan pencatatan keuangan yang sistematis. Program pengabdian pada masyarakat ini berbentuk pelatihan serta pendampingan pada pelaku usaha untuk melihat hasil dari pembekalan keilmuan manajemen keuangan dan pemasaran di awal kegiatan. Program ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan usaha kecil agar dapat meningkatkan usahanya, serta berujung pada meningkatnya total pendapatan. Masalah yang sering dihadapi oleh para pelaku usaha diantaranya adalah tidak dilakukannya sistem pencatatan keuangan yang sistematis sehingga berdampak pada tidak terlihatnya marjin keuntungan antara modal dengan biaya yang dikeluarkan. Hal itu juga berpengaruh pada perencanaan pemasaran pada periode berikutnya. Ditambah tidak optimalnya proses komunikasi pemasaran secara digital yang dilakukan oleh pelaku usaha. Objek pengabdian kepada masyarakat ini adalah Cuanki Kang Raffie yang beralamat di Jl. Pasirlayung I No. 2 Bandung. Dengan adanya akun Instagram dan proses pencatatan keuangan yang baik, maka akan tercipta optimalisasi omzet. Sesuai dengan harapan dari pelaku usaha, bahwa dengan adanya pemasaran digital dan pencatatan keuangan yang baik, maka akan lebih mudah merumuskan strategi kedepannya.
PENGUATAN USAHA PERIKANAN DI KAMPUNG LAUK
Yudistria, Yuyus;
Rusyandi, Deddy
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.354
Kampung Lauk di Desa Lampegan merupakan salah satu kampung yang terdaftar sebagai program 1000 kampung di Kabupaten Bandung. Di kampung Lauk sebagian pelaku usaha/anggota kelompok tingkat pendidikanya rendah, serta masih kurangnya pemahaman dalam usaha, manajemen pengelolaan dan rantai nilai dari usahanya. Jumlah kelompok lauk belum terlalu banyak, masing-masing kelompok terdiri sekitar 6 orang yang menjalankan usaha ini. Inilah tujuan kami melakukan pengabdian di daerah ini untuk meningkatkan kualitas SDM dengan peningkatan pemahaman usaha serta rantai nilai. Metode pelatihan yang dilakukan adalah dengan cara on the spot di lokasi tempat beradanya kegiatan usaha dilakukan serta di tindak lanjuti dengan advokasi berupa konsultasi perihal perkembangan penerapan setelah dilakukannya kegiatan pelatihan. Pelatihan penguatan kualitas SDM dan rantai nilai pada kelompok usaha berdasarkan pada pelakasanaan pelatihan pelaku usaha kelompok kampung lauk: memiliki rencana usaha kedepan, Memiliki rencana dan perhitungan usaha, Memiliki pengelolaan keuangan (manajemen keuangan yang lebih baik) atau pencatatan keuangan. Mengetahui dan menerapkan pengembangan usaha di tinjau dari rantai nilai (bahan baku, pakan, dan pemasaran).
PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI, HARGA JUAL DAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PERAJIN TAS RANSEL DI DESA SANGKAN HURIP KABUPATEN BANDUNG
Homan, Hery Syaerul;
Hamdani, Deni;
Willy, Siska
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.356
Pelatihan perhitungan biaya produksi, penetapan harga jual dan strategi pemasaran ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mitra dalam menghitung biaya produksi berdasarkan pesanan, menentapkan harga jual dan menerapakan strategi pemasaran yang tepat. Lokasi pelatihan dilakukan di tempat usaha perajin tas ransel di Desa Sangkan Hurip Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan studi kasus terapan sebanyak 8 sesi pelatihan pada bulan Februari hingga Maret 2020 dengan durasi 90 menit setiap sesinya. Peserta pelatihan diajarkan materi mengenai konsep dasar biaya dan klasifikasinya, perhitungan biaya produksi berdasarkan pesanan, metode dalam penetapan harga jual dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh mitra dalam menjalankan usahanya. Pelatihan berhasil diikuti oleh mitra hingga selesai dengan tingkat pemahaman yang baik berdasarkan evaluasi pada post-test yang dilaksanakan di setiap pertemuan. Penulis menyarankan agar mitra dapat menerapkan hasil pelatihan ini secara konsisten sehingga dapat mengetahui besarnya laba-rugi yang diperoleh serta dapat meningkatkan usahanya dengan menerapakan strategi pemasaran yang tepat.
LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI MILLENNIAL DI ERA PANDEMI COVID-19
Sartika, Dina;
Widyastuti, Arie;
Citra Sondari, Mery
Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Dharma Bhakti
Publisher : Universitas Ekuitas Indonesia
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.52250/p3m.v5i2.357
Penelitian tentang perilaku keuangan menunjukkan bahwa Generasi Millennial lebih banyak menghabiskan uang untuk konsumsi daripada menabung dan investasi. Gaya hidup konsumtif tersebut disebabkan tuntutan gaya hidup dan rendahnya literasi keuangan di kalangan millennial. Lebih lanjut, maraknya perusahaan investasi yang menjanjikan kemudahan dan keuntungan yang besar dalam waktu singkat juga perlu diantisipasi guna mencegah kejahatan atau penipuan yang marak terjadi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan keuangan pribadi. Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan millennial agar mereka dapat mengelola keuangan dengan baik. Disamping itu, kegiatan ini juga memberikan informasi mengenai berbagai instrumen keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi millennial dengan mempertimbangkan keuntungan dan risiko dengan bijak. Sasaran kegiatan ini meliputi generasi millennial di Indonesia. Kegiatan dilakukan secara virtual melalui Live Instagram dan telah disaksikan oleh 580 orang.