cover
Contact Name
Achluddin Ibnu Rochim
Contact Email
corelsurabaya@gmail.com
Phone
+6281249846916
Journal Mail Official
jurnalabdimas1@gmail.com
Editorial Address
Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional
ISSN : -     EISSN : 27970493     DOI : -
Jurnal Pengabdian Nasional ABDI MASSA ber e-ISSN 2797-0493 ini adalah Jurnal Pengabdian Nasional, memuat artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dengan fokus pada bidang teknologi tepat guna dan kewirausahaan. Hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penerapan dan pendampingan kepada masyarakat di berbagai bidang ilmu, diantaranya: Teknologi Rekayasa Pendidikan, Hukum, Psikologi, Pertanian, Manajemen, Teknologi Informasi, Sosial Humaniora, dan Bidang Ilmu Lainnya. Dengan hasil-hasil pengabdian sebagai berikut: People, Local Food Security, Training, Marketing, Appropriate Technology, Design Community Empowerment, Social Access; Community Services Student Community Services; Education for Sustainable Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT" : 15 Documents clear
MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN: Studi Pada Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Genteng Kota Surabaya Fikriyah, Kholishotul; Susiantoro, Adi
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.662

Abstract

Pelayanan publik merupakan hak setiap warga yang wajib dipenuhi karenanya negara berkewajiban menyelenggarakan sejumlah pelayanan. Melalui Program Magang ini penulis akan membahas mengenai “Manajemen Pelayanan Administrasi Kependudukan” dan studinya dilakukan pada Kelurahan Genteng. Manajemen pelayanan administrasi yang penulis lakukan di kelurahan genteng adalah menyelesaikan kegiatan seperti; pengambilan E- KTP dan KK, Surat Pengantar Akta Kelahiran, Surat Pengantar Akta Kematian. Tujuan penulis dengan menyelesaikan tugas diatas, mengetahui sistem kerja pelayanan di bidang administrasi kependudukan di kelurahan genteng. Metode pelaksanaannya dengan observasi dan wawancara dengan pegawai kelurahan. Berdasarkan hasil observasi, peneliti menemukan beberapa permasalahan. Salah satu yang paling terlihat adalah kurangnya fasilitas Komputer di ruang pelayanan. Kurangnya fasilitas tersebut mengakibatkan penyelesaian pengurusan administrasi menjadi semakin lambat. Akan tetapi, pegawai kelurahan memaksimalkan computer dengan menggunakan sebaik mungkin, supaya warga tidak lama untuk menunggu.
PENDAMPINGAN BIDANG ADMINISTRASI DAN KEUANGAN PADA PELAKU USAHA MIKRO PEMULA DI WILAYAH SEMOLOWARU KOTA SURABAYA Chairus M. Nasution, Ute; Hartono, Supri; Hari Wibowo, Yudhi
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.928

Abstract

Partisipasi terbesar dalam menggerakan roda ekonomi nasional jika dilihat dari sudut kuantitas pelaku yang terlibat dilakukan oleh pelaku usaha dalam kategori Mikro, Kecil dan Menengah (MKM) yang jumlahnya mencapai lebih dari sembilan puluh persen. Meskipun secara kuantitas Partisipasi yang disumbangkan pelaku usaha MKM ternyata tidak berbanding lurus dengan sumbangannya terhadap PDRB, sumbangan terhadap PDRB lebih banyak disumbang oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya jauh berada dibawah pelaku usaha MKM. Kondisi ini artinya bahwa para pelaku usaha MKM perlu mendapatkan perhatian dari pemangku kekuasaan dan kita semua yang mempunyai kepedulian terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk mendorong dan dan berupaya meningkatkan kualitas partisipasi mereka minimalnya mendekati partisipasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha besar. Peningkatan kualitas partisipasi pelaku usaha mikro dan kecil ini juga berarti meningkatkan kualitas pembangunan pada semua sektor kehidupan yang tengah dilakukan bangsa ini. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatan kualitas partisipasi dalam pembangunan para pelaku usaha mikro dan kecil salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan, karena disinyalir pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha dalam tanda petik masih sangat rendah dibandingkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan sebuah usaha.
PENYULUHAN TENTANG PEMBANGUNAN YANG BERPUSAT PADA MASYARAKAT BAGI TOKOH MASYARAKAT DI KECAMATAN WONOKROMO - SURABAYA Sumarah, Noorshanti; Sudaryanto, Edy
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.933

Abstract

Di era sekarang pemerintah daerah dan kota dapat menjalankan pemerintahan dan pembangunan sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki. Pelaksanaan pembangunan dikota Surabaya dapat dikatakan efektif apabila pelaksanaan usulan program-program pembangunan di wilayah kelurahan mampu merefleksikan visi dan misi kota Surabaya. Dalam kaitan ini permasalahan yang muncul adalah belum dipahaminya substansi visi dan misi kota Surabaya , khususnya di wilayah kecamatan Wonokromo oleh para tokoh masyarakat yang memegang peran penting dalam mengartikulasikan usulan program sesuai dengan kondisi dan aspirasi masyarakat yang mencerminkan perwujudan visi dan misi kota Surabaya. Oleh karena itu untuk mencapai maksud ttersebut , dilakukan kegiatan penyuluhan tentang Pembangunan yang berpusat pada Masyarakat bagi Tokoh Masyarakat sebagai substansi dari visi dan misi kota Surabaya. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan prinsip pendidikan orang dewasa di kelurahan Ngagelrejo, Darmo, Jagir dan kelurahan Wonokromo dengan peserta para tokoh masyarakat . Secara umum pelaksanaan kegiatan penyuluhan mendapat antusias yang cukup baik dan pemanfaatan kearifan local merupakan salah satu tema yang banyak dipersoalkan oleh peserta penyuluhan dalam rangka menciptakan ikon kelurahan.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN PENINGKATAN EKONOMI KREATIF ANGGOTA KOPERASI USAHA BERSAMA (WISATA DAN KULINER) WATU BONANG DESA MINGGIRSARI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR Christian Sitohang, Arga; Priyono, Joko
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.1465

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi masyarakat, khususnya dalam hal peningkatan ekonomi melalui kerjasama. Kerjasama diwadahi dalam organisasi koperasi. Luaran yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah Peningkatan Mitra Koperasi Watu Bonang dan (calon) organisasi koperasi berbadan hukum. Luaran lain dari kegiatan ini adalah hasil pelaporan dapat diseminarkan dan dipublikasin dalam jurnal atau proceding ilmiah. Kelompok sasaran dalam kegiatan ini khususnya adalah masyarakat Desa Minggirsari yang aktivitas ekonominya di bantaran Sungai Brantas yang melintas pada desa tersebut dan masyarakat umumnya. Melalui wadah kerja sama untuk maju bersama adalah Koperasi, karena koperasi berupaya mengakomodasi kepentingan bersama dengan cara kerja sama. Guna mencapai kebrhasilan kegiatan ini, metode yang digunakan adalah pendampingan berupa diskusi dan pelaihan tentang nilai-nilai kerjasama, azas dan prinsip-prinsip koperasi serta pengelolaan manajemen organisasi koperasi. Tahap-tahap dalam kegiatan ini meliputi; tahap persiapan dan pelaksanaan melalui observasi, penyiapan bahan diskusi, mengagendakan waktu pelaksanaan, penyampaian materi diskusi dan pelatihan, serta penyuluhan promosi, dan akhirnya laporan akhir kegiatan.
IMPLEMENTASI ACTIVITY BASED COSTING (ABC) DALAM PENGHITUNGAN BIAYA PER UNIT LAYANAN PADA RUMAH SAKIT DIBAWAH PENGELOLAAN PT. NUSANTARA SEBELAS MEDIKA Ida Bagus Ketut, Bayangkara; Ida Bagus, Cempena
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.1483

Abstract

Strategi penetapan harga menggantungkan ketepatannya pada akurasi informasi harga pokok per unit yang dihasilkan oleh system akuntansi biaya yang dianut perusahaan. Harga jual produk merupakan salah satu elemen dari keunggulan bersaing perusahaan dimana harga jual merepresentasikan pengorbanan yang secara umum merupakan bagian terpenting dari variable kepuasan pelanggan. Dengan harga jual yang tepat, memungkinkan perusahaan untuk memenangkan persaingan dan dengan didukung dengan kalkulasi harga pokok yang akurat, perusahaan dapat mengukur kinerja masing-masing produk dalam strategi bauran produknya. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan Activity Based Costing (ABC) dalam menghitung biaya (harga pokok) per unit layanan pada rumah sakit dibawah pengelolaan PT. Nusantara Sebelas Medika, yang terdiri dari Rumah Sakit Lavalette Malang, Rumah Sakit Wonolangan Probolinggo, Rumah Sakit Elizabeth Situbondo dan Rumah Sakit Djatiroto Lumajang. Pengabdi memandu perancangan model perhitungan biaya per unit layanan Rumah Sakit melalui penerapan metode Activity Based Costing (ABC) dan memberikan pendampingan dalam implementasinya. Dengan menjadikan Poli Bedah Umum Rumah Sakit Lavalette sebagai pilot project, Hasil perhitungan biaya per unit layanan berdasarkan penerapan metode ABC adalah : Tindakan Excisi Rp 223.987; Tindakan Aff Jahit Rp 95.226; Tindakan Rawat Luka Rp 237.628 dan Tindakan Ekstraksi Kuku Rp 159.206. Keterbatasan waktu (hanya 3 bulan kegiatan) tidak memungkinkan bagi kami untuk melakukan perhitungan keseluruhan produk (layanan) yang diberikan oleh Rumah Sakit Lavalette. Hasil perhitungan ini bisa dijadikan referensi bagi rumah sakit atau pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat berikutnya yang mengambil topik serupa.
POTENSI PENGEMBANGAN DTW PENGLUKATAN PANCORAN SOLAS TAMAN MUMBUL DESA ADAT SANGEH DENGAN KONSEP COMMUNITY BASED TOURISM Sukadi, I Made; Yasa, I Made Buda; Suastini, Ni Kadek; Harmawan, Komang Agus; Ermawati, Ni Made; Judi, Tjatur Ermitajani
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.1499

Abstract

Selain DTW Sangeh Monkey Forest, Desa Sangeh juga memiliki DTW lainnya yaitu DTW Penglukatan Pancoran Solas Taman Mumbul yang tergolong destinasi wisata spiritual di Desa Sangeh Kabupaten Badung, yang belum terkenal luas di kalangan wisatawan sehingga jumlah kunjungan wisatawan masih sedikit dan diperlukan upaya pengembangannya dengan melibatkan partisipasi masyarakat berbasis Community Based Tourism. Lokasi penelitian adalah di Penglukatan Pancoran Solas Taman Mumbul, Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung dengan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif, analisa komponen 4 A (Attraction, Accessbility, Amenities, Ancillary) serta analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Hasil penelitian bahwa dengan menerapkan Community Based Tourism (CBT) sebagai pendekatan pengembangan pariwisata, pemberdayaan masyarakat secara sosial budaya ekonomi, menjalin kerjasama dan pembentukan kelompok sadar wisata. Community Based Tourism merupakan pendekatan yang holistic pada keseluruhan nilai yang ada dalam lingkungan dan komunitas dan umum dipergunakan juga untuk wisata yang berorientasi pada ekowisata. DTW Penglukatan Pancoran Solas Taman Mumbul Desa Adat Sangeh dengan keunggulan wisata alam yang juga sebagai upaya konservasi lingkungan serta mampu memberikan manfaat ekonomi masyarakat setempat. Disamping itu perlu peningkatan sarana prasarana pendukung kegiatan pariwisata sehingga terbentuk tata kelola pariwisata yang baik. Pengembangan DTW Penglukatan Pancoran Solas Taman Mumbul dengan ikon pancoran solas (11) sebagai unsur penting dalam pengembangan objek wisata ini sehingga pengembangan dapat dilakukan secara holistik dan berkelanjutan.
KOMUNIKASI SEBAGAI AKTIVITAS SOSIAL: STUDI INTERAKSI INKLUSIF OLEH BK3S JAWA TIMUR Mahesa, Gading Kharisma; Handayani, Anggie Friskila; Paramita, Fransisca Benedicta Avira Citra
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.2239

Abstract

Penelitian ini membahas praktik komunikasi sosial inklusif yang dilakukan oleh BK3S Jawa Timur dalam membangun ruang interaksi yang setara bagi penyandang disabilitas. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik observasi partisipatif, penelitian ini menemukan bahwa komunikasi tidak hanya berperan sebagai media pertukaran pesan, tetapi juga sebagai alat pemberdayaan sosial. BK3S menerapkan prinsip “No One Left Behind” melalui strategi "learning by doing", yang memungkinkan relawan dan masyarakat umum belajar langsung dari pengalaman berinteraksi dengan penyandang disabilitas. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan bahasa isyarat dan literasi komunikasi inklusif, BK3S mampu menciptakan suasana interaksi yang suportif dan manusiawi. Temuan ini menunjukkan bahwa komunikasi sosial dapat menjadi instrumen transformatif dalam mewujudkan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LIMBAH MINYAK JELANTAH: PRODUKSI LILIN AROMATERAPI RAMAH LINGKUNGAN DI DUSUN BELAHAN DESA GEDANGAN KECAMATAN KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO Areli, Albert Joan; Putra, Andika; Puspitarini, Salma Marchellina; Wijaya, Steven; Firdaus, Royyan; Mas'ud, Rizqina Alfi Maulana Isroful
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.2314

Abstract

Minyak jelantah merupakan salah satu limbah rumah tangga yang paling umum dihasilkan dari aktivitas memasak, namun sering kali dibuang secara sembarangan tanpa pengolahan lebih lanjut. Kebiasaan ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, menyumbat saluran air, dan membahayakan kesehatan masyarakat. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dampak negatif dari minyak jelantah serta belum memiliki alternatif pengelolaan limbah yang tepat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi kreatif dan edukatif melalui pelatihan pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Pelatihan dirancang secara partisipatif dengan melibatkan warga Desa Gedangan, terutama ibu rumah tangga dan kader desa. Kegiatan akan dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah sekaligus membuka peluang usaha baru berbasis lingkungan. Lilin aromaterapi dipilih karena memiliki nilai jual tinggi dan dapat menarik minat konsumen, khususnya di kalangan pecinta produk aromaterapi. Hasil pelatihan diharapkan menciptakan produk yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga bernilai ekonomis dan estetis. Pada tahap evaluasi, tim akan mengidentifikasi hambatan, mendiskusikan solusi, dan menyiapkan tindak lanjut kegiatan. Pengabdian ini dirancang sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan limbah menjadi barang bernilai guna. Dengan pendekatan ini, masyarakat diajak untuk lebih kreatif, inovatif, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.
PELAKSANAAN ADMINISTRASI DI PT. ANUGERAH BINTANG JAYA MAKMUR: Pendampingan Kepada Kegiatan Magang Mahasiswa di PT. Anugerah Bintang Jaya Makmur Surabaya Mulyati, Diana Juni; Lituhayu, Manyari Mirza
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.2324

Abstract

Tujuan dari kegiatan pendampingan yang utama kepada mahasiswa magang ini adalah memberikan mengenai pemahaman yang mendalam mengenai operasional pada perusahaan, khususnya dalam bidang pengelolaan pelaksanaan administrasi. Kegiatan pendampingan kepada mahasiswa magang ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan dalam bidang pengelolaan pelaksanaan Administrasi: pengelolaan dokumen,surat menyurat,sistem administrasi perkantoran, magang dilakukan dengan cara konsultasi dan arahan pendampingan di PT. Anugerah Bintang Jaya Makmur Surabaya. Pendampingan kepada mahasiswa magang dilakukan sistem administrasi yang kompleks dan dinamis, yang sangat relevan untuk dipelajari oleh mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga, karena bagian administrasi memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung kelancaran dalam perusahaan. Kegiatan magang di PT. Anugrah Bintang Jaya Makmur dilakasanakan selama 40 Hari. Kegiatan pendampingan pada mahasiswa magang menghasilkan pemahaman mengenai ketrampilan perkantoran di bidang pelaksanaan administrasi secara mendalam yang ada didalam perusahaan.
PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MASYARAKAT MELALUI EDUKASI PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA DI ERA DIGITAL Suparta, I Made; Priyono, Joko; Hidayat, Taufiq
ABDIMAS Vol 5 No 04 (2025): PENGABDIAN MASYARAKAT
Publisher : COMMUNITY OF RESEARCH LABORATORY SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69957/abdimass.v5i04.2325

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan rumah tangga melalui edukasi perencanaan keuangan keluarga pada era digital. Dengan pendekatan edukatif partisipatif dan pemanfaatan teknologi digital, kegiatan ini membantu peserta dalam mengenali sumber pendapatan, mengontrol pengeluaran, serta menyusun rencana tabungan dan investasi. Metode yang digunakan meliputi workshop, simulasi interaktif, dan penggunaan alat bantu perencanaan anggaran digital. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran, keterampilan menyusun anggaran, dan penggunaan teknologi keuangan digital di kalangan peserta.

Page 1 of 2 | Total Record : 15