DedikasiMU: Journal of Community Service
Jurnal DedikasiMU merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mewadai hasil pengabdian dosen, praktisi atau mahasiswa kepada masyarakat yang menerapkan model ataupun konsep dalam bidang pendidikan, teknik, kesehatan, psikologi, sosiologi, hukum, pertanian, ekonomi dan keagamaan yang bertujuan dalam rangka berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang mandiri, kreatif dan sejahterah.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 4 (2022): Desember"
:
15 Documents
clear
PELATIHAN PEMBUATAN NUGGET JAGUNG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA WUKIRHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN
Anggia Kalista;
Abdul Khafid Maulana;
Amelia Dwy Shandy;
Taufik Kurrohman Nurdin;
Jamilatuna Maliyana;
Rohmatun Nanda Nafiah
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4750
Desa Wukirharjo terletak di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Pola pembangunan lahan di desa Wukirharjo lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija (padi, tebu, jagung) dengan penggunaan pengairan tadah hujan. Hasil tanaman didominasi oleh tanaman jagung, namun hasil panen masih belum dimaksimalkan dalam pengolahannya sehingga nilai jual jagung masih rendah. Kegiatan PKM di Desa Wukirharjo yang akan dilakukan adalah dengan memanfaatkan potensi pangan lokal yaitu jagung dan mengenalkan variasi olahan jagung dengan membuat nugget. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan kemampuan masyarakat tentang pengolahan jagung sebagai produk unggulan desa dan juga dapat menjadi produk oleh-oleh makanan di Tuban yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Sehingga masyarakat dapat mendapatkan keuntungan dan menambah perekonomian masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam program ini adalah identifikasi, pengusulan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. metode pelaksanaan kegiatan PKM adalah dengan memberdayakan mereka melalui pelatihan dengan sistem Learning by doing, yaitu pertama pembagian resep, kedua transfer pengetahuan dengan menjelaskan bahan yang digunakan, proses pembuatan produk, alat yang diperlukan, bagaimana cara menyimpan dan menyajikan, ketiga tim PKM yang bertugas sebagai instruktur memperagakan bagaimana cara mengolah produk, keempat mengajak peserta turut serta dalam membuat produk pelatihan sehingga keterampilan mereka meningkat. Hasil dari pengabdian ini anggota PKK Wukirharjo mampu membuat nugget jagung.
PERAN FASILITASI DAN PELATIHAN BUDIDAYA IKAN SIDAT DALAM MENINGKATKAN SKILL SERTA DAMPAKNYA BAGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK
Eva Desembrianita;
Djoko Soelistya;
Mukminatus Solichah;
Tri Aldiyanto Putra
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4500
Tingkat kemiskinan masyarakat ditandai dengan adanya pengangguran, keterbelakangan, dan ketidak berdayaan. Pemberdayaan ekonomi ditujukan untuk memberikan penguatan bagi masyarakat dalam mendapatkan penghasilan yang memadai, memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan (skill) sehingga memperoleh peningkatan hasil secara ekonomi. Tujuan kegiatan PkM ini memberikan peningkatan skill masyarakat di lingkungan kecamatan Kebomas melalui pelatihan oleh mitra PT Permana Sidat Indonesia dan dukungan Fasilitasi oleh pihak Kecamatan Kebomas. Output kegiatan ini adalah 1. Terwujudnya peningkatan skill masyarakat tentang budidaya ikan sidat, 2. Tersosialisasikannya peluang usaha berbasis kemitraan, 3. Tersedianya peluang usaha baik sebagai mitra usaha mandiri maupun mitra kerja PT PSI, 4. Terlaksananya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya ikan sidat.
PEMBANGUNAN ECO TOURISM DI DESA KALISEMO
Diah Setyawati Dewanti;
Willis Diana
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4853
Desa wisata menjadi salah satu upaya dalam peningkatan pendapatan keluarga dan desa melalui pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat. Pengembangan desa wisata harus memenuhi berbagai indikator salah satunya adalah memiliki potensi yang bersifat untuk menarik minat orang untuk datang dan membelanjakan uangnya di desa wisata tersebut. Desa Kalisemo memiliki berbagai potensi, baik dari potensi alam dan juga potensi karya seni dari masyarakat sekitar. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi desa kreatif yang dimiliki oleh Desa Wisata Kalisemo, Kabupaten Purworejo. Metode yang dilaksanakan pada pengabdian ini adalah dengan exploratory mixed methodology. Exploratory memiliki desain untuk mengeksplorasi fenomena yang ada di Desa Wisata Kalisemo. Untuk mendapatkan tujuan pengabdian KKN ini, maka explorasi desain penelitian dilaksanakan dengan beberapa pendekatan yaitu observasi, indepth interview dan group discussion. Pelaksanaan indepth interview dilaksanakan kepada beberapa stakeholders yang berhubungan secara langsung dalam pengembangan Desa Wisata Kalisemo. Indepth interview dilaksanakan kepada kepala lurah atau kepala desa dan kepala kecamatan. Group Discussion dilaksanakan dengan mengundang UMKM yang ada di Desa Kalisemo untuk dapat diidentifikasi kesiapan dan kemampuan mereka jika implementasi Desa Wisata Kalisemo. Di akhir kegiatan KKN di Desa Kalisemo, diundang beberapa pesepeda atau biker agar dapat mengikuti track funbike di Desa Kalisemo dengan diberikan atraksi-atraksi yang ada di Desa Kalisemo. Kegiatan funbike ini dilaksanakan dengan mengundang tamu khususnya dari UMY agar dapat bersama-sama memberikan masukan dalam identifikasi potensi Desa Wisata Kalisemo. Di dalam kegiatan ini, program pengabdian KKN juga akan mengambil data kuantitatif mengenai penilaian kesiapan Desa Wisata Kalisemo. Berdasarkan hasil survey, 88% partisipan funbike menyatakan Desa Kalisemo memiliki potensi eco-tourism dengan beberapa perbaikan yang diperlukan.
PELATIHAN SELF-ASSESSMENT DAN SELF-MANAGEMENT UNTUK PEKERJA MIGRAM INDONEDIA DI TAIWAN
Yuni Astuti;
Kellyana Irawati;
Yanuar Primanda;
Ferika Indarwati;
Laili Nur Hidayati;
Fahni Haris;
Athaya Zafira Yuflih;
Ingrit Marditantea
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4636
Tingginya angka pekerja migran (PMI) wanita di Taiwan tanpa dibekali dengan pendidikan yang cukup membuat pekerja migran menjadi kelompok rentan yang mendapatkan perlakuan diskriminatif, minimnya akses pelayanan kesehatan, dan kekerasan atau pelecehan seksual. PMI yang menikah dengan warga lokal Taiwan pun juga sangat kurang mendapat akses informasi kesehatan dan pelayanan kesehatan yang mengakibatkan ibu hamil mengalami distress kehamilan. Kemampuan diri dalam melakukan pemeriksaan mandiri mampu mengidentifikasi kondisi kegawatan sejak dini, sehingga lebih cepat dalam mendapatkan penanganan. Dari masalah tersebut pengabdi memberikan solusi berupa Pendidikan dan pelatihan self-assessment dan self-management kesehatan bagi pekerja migran Indonesia. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan metode online melalui zoom meeting dengan 2 sesi pertemuan. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 15 januari 2022 dan 9 Februari 2022 menggunakan media webinar. Kegiatan sesi satu terkait topik self-assessment kondisi psikologis, sedangkan pada sesi kedua topik terkait deteksi dini kehamilan resiko tinggi dan manajemen kesehatan bagi ibu hamil. Hasil kegiatan terdapat peningkatan pengetahuan PMI menjadi 94 sedangkan pada kegiatan sesi kedua peningkatan pengetahuan partisipan menjadi 74. Perserta yang hadir pada kegiatan adalah tenaga migran di Taiwan dan Hongkong. Peserta kegiatan menyampaikan senang karena materi yang disampaikan berguna dan bermanfaat bagi pekerja migran di Taiwan, peserta juga berharap agar ada edukasi lagi bagi PMI.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST
Erwan Sudiwijaya;
Budi Dwi Arifianto
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4825
Pembelajaran online yang dilakukan selama pandemi di SMK Muhammadiyah Gamping masih terbatas pada pemberian materi pembelaran dan modul dengan format dokumen pdf yang menuntu siswa untuk membaca secara mandiri dan mengerjakan tugas lalu dikirimkan melalui whatsapp grup. Bentuk materi pembelajaran yang monoton dan menuntut kemandirian siswa ini menimbulkan masalah turunnya motivasi belajar. Untuk itu kami menginisiasi pembuatan media pembelajaran dalam bentuk podcast berbasis audio yang menyampaikan materi dengan ikatan emosional. Metode pelaksanaan Observasi, Pre test & Post test, Workshop dan Instalasi studio podcast. Temuan terdapat sedikit peningkatan kesadaran guru terhadap media, manfaat konten audio sebagai media pembelajaran dan kemampuan memanfaatkan gadget untuk membuat media pembelajaran, karena guru-guru muda di SMK Muhammadiyah Gamping sudah biasa membuat materi pembelajaran multimedia. Peningkatan yang signifikan adalah pada kemampuan membuat naskah podcast.– Naskah podcast dapat digunakan untuk mendesain konten podcast sehingga penyampaian materi lebih runtut
STRATEGI MENGHIDUPKAN HADITS FILANTROPI TENTANG ZAKAT PADA JAMAAH MASJID JAMI’ JADDA AL-AMIN
Rohmansyah Rohmansyah;
Zaini Muchlis
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4553
Problem yang ada di masyarakat adalah kurangnya pengetahuan umat Islam akan ajaran agamanya seperti pengetahuan tentang hadis filantropi khususnya zakat. Padahal zakat merupakan hal yang penting untuk diketahui sumber hadisnya dan cara pembagiannya yang sesuai ajaran Alquran dan hadis. Masyarakat hanya asal membagi zakat tanpa ilmu tentang zakat sehingga yang terjadi ketidaksesuaian dan tidak meratanya pembagian zakat. Karenanya, diperlukan pembelajaran hadis-hadis yang membahas tentang zakat agar mereka terutama masyarakat masjid al-Amin mengetahui dasarnya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat khusus masyarakat masjid Jadda al-Amin tentang urgensi pengetahuan hadis tentang zakat dan cara pembagiannya. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini adalah melakukan observasi ke lapangan, wawancara dan diskusi kepada masyarakat terutama tokoh agama dan takmir, kemudian tahap pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah dan dilakukan evaluasi. Adapun hasil dalam pengabdian ini adalah; Pertama, hadis-hadis filantropi tentang zakat dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat yang sebelumnya masih mengikuti nasihat seorang ulama tanpa mengetahui dalil. Kedua, hadis-hadis zakat memberikan informasi bagaimana cara pembagian zakat yang baik, seperti hadis zakat fitrah dan zakat mal seperti zakat pertanian, zakat profesi, zakat emas dan perak, zakat rikaz, zakat barang tambang, zakat perdagangan, dan zakat peternakan. Ketiga, tata cara pembagian zakat menarik perhatian jamaah atau masyarakat untuk belajar menghitung zakat. Belajar hadits dan mempraktekkan cara menghitung zakat merupakan bentuk living hadis. Keempat, model pengabdian tentang zakat ternyata memberikan perubahan pada masyarakat yang awalnya tidak mengetahui sama sekali menjadi mengetahui pembagian zakat yang sesuai tuntunan Nabi dan mereka menyadari bahwa yang selama mereka lakukan masih taqlid atau mengikuti tradisi atau kebiasaannya tanpa dasar agama.
PENGEMBANGAN SI GEOGRAFIS LOKASI TKA DAN TPA DIBAWAH NAUNGAN BADKO BANTUL BERBASIS ANDROID
Apriliya Kurnianti;
Haris Setyawan;
Adiatsa Putra Santika;
Risang Prakosa
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4644
BADKO (Coordination Agency) TKA-TPA Bantul Regency is an institution that aims to coordinate, foster, and improve the quality of the management of TKA-TPA in Bantul Regency. The management of TKA-TPA in Bantul Regency is currently using a web-based information system but still requires evaluation to improve its management. Some problems that exist in the field, among others, in the data collection process, the BADKO TKA-TPA Management often encounter obstacles, among others; access to information regarding data collection is often late, admin's knowledge of the use of information systems is still very limited, network connections are sometimes a problem when filling in data using a PC or laptop, and information systems that are considered less user friendly for users. The BADKO information system has previously been developed in the first and second years of service based on a website and webview. Development up to the webview level is still lacking, because it still won't be able to match the Android-based system. This third year of service, will focus on developing mobile app information systems using the android platform. The consideration of developing applications from the web to android is because almost all admins under BADKO use android smartphones
SOSIALISASI STRATEGI REBRANDING PADA UMKM PRODUK KREATIF DI KABUPATEN GRESIK
Nur Laily;
Ikhsan Budi Rihardjo;
Prijati Prijati;
Kurnia Kurnia;
Yudhi Sidharta
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4826
Bisnis UMKM merupakan bidang yang sangat luas salah satunya sektor produk kreatif. Ragam produk kreatif atau kerajinan tangan memiliki nilai jual yang tinggi, keunggulannya terletak pada Keunikan dan artistiknya. Tantangan utama yang dihadapi UMKM kerajinan adalah mayoritas belum memiliki brand yang bisa menarik konsumen dan meningkatkan penjualan . Pelaku UMKM Kerajinan di Kabupaten Gresik masih belum menemukan brand yang sesuai dengan identitas produknya, hal ini disebabkan UMKM belum memahami ilmu branding. Karena itu diperlukan pelatihan dan pendampingan strategi branding . Diharapkan dengan menerapkan Strategi rebranding, UMKM kerajinan mampu untuk memperbarui citra brand, dengan memberikan nama baru, simbol, atau perubahan desain untuk merek yang sudah ada. Tujuannya untuk menciptakan identitas yang berbeda untuk sebuah brand, dari pesaingnya di pasar, dengan rebranding akan semakin mendekatkan hubungan baik di antara konsumen dengan UMKM, dapat memperbarui kondisi UMKM sesuai dengan perkembangan perekonomian, untuk memperkenalkan nilai-nilai baru UMKM Kerajinan, dengan penyesuaian nilai hingga keinginan konsumen, produk UMKM kerajinan akan semakin banyak dikenal dan diminati, dampaknya keuntungan UMKM kerajinan akan semakin meningkat dan mampu bersaing dengan kompetior.
PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BAGI GURU TK ABA PRA AMBARKETAWANG
Rosi Rosiah;
Muhamad Mutaqien
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4573
Selama pandemic covid 19 berlangsung dari bulan Maret 2019 sistem Pendidikan mengalami perubahan secara drastis karena sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka secara langsung berubah menjadi dalam jaringan (daring) dari level Pra sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan Pendidikan tinggi. Dengan adanya perubahan sistem pembelajaran banyak sekali aspek yang harus menyesuaikan. Misalnya, Kesiapan sekolah, kompetensi guru, kesiapan orang tua, dan banyak aspek. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu Guru TK ABA Patukan mengatakan bahwa salah satu hal teberat yaitu menyiapkan media pembelajaran dalam pembelajaran daring, sehingga proses pembelajaran daring di TK ABA belum maksimal. Guru hanya mengirim lembar kerja melalui WAG dan Orang tua mengirim laporan juga melalui WAG. Sehingga proses pembelajaran dirasa kurang efektif dan membebani orang tua. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan pelatihan mengenai media pembelajaran bagi guru- guru di TK ABA Patukan. Pelatihan ini mengajarkan guru- guru untuk membuat video pembelajaran sederhana dengan menggunakan Aplikasi VN. Pelatihan dilakasanakan dua kali dan peserta pelatihan merasa bahwa media yang diajarkan sangat berguna.
PEMBERDAYAAN AMAL USAHA ’AISYIYAH MELALUI DIGITAL MARKETING SEKOLAH TK ABA PATUKAN YOGYAKARTA
Hasnah Rimiyati;
Edi Supriyono;
Risa Dwi Saputri
DedikasiMU : Journal of Community Service Vol 4 No 4 (2022): Desember
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30587/dedikasimu.v4i4.4721
Kegiatan pengabdian ini bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Ambarketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Mitra sasaran adalah TK ABA PATUKAN beralamatkan di Jalan Sodanten, Ambarketawang. Tema pengabdian “Pemberdayaan Amal Usaha ‘Aisyiyah Melalui Pelatihan Digital Marketing Sekolah TK ABA Patukan”. Di era teknologi informasi sekolah TK ABA Patukan tidak ingin ketinggalan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pada masyarakat. Namun, terdapat permasalahan pada ketidaksiapan sumber daya manusia, terbatasnya pengetahuan tentang pentingnya marketing sekolah, pemanfaatan digital marketing, serta perlu tambahan wawasan tentang manajemen keuangan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberi solusi atas permasalahan mitra sasaran dalam melakukan penguatan branding sekolah melalui marketing sekolah dengan menggunakan pemasaran digital. Pemasaran digital adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet, sangat tepat untuk melakukan branding sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi marketing sekolah, praktik langsung membuat akun channel Youtube sekolah, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, yaitu: (1) peserta memperoleh tambahan wawasan tentang pentingnya marketing sekolah, termotivasi untuk mengkomunikasikan “visual identity” dan “value Identity” yang dimiliki sekolah, (2) peserta telah memiliki skill dalam pengoperasian peralatan digital untuk branding sekolah, (3) sekolah telah memiliki Youtube channel sehingga dapat menyampaikan kegiatan-kegiatan sekolah kepada masyarakat, dan (4) kepala sekolah dan para guru memperoleh wawasan mengenai pentingnya manajemen keuangan sekolah agar proses pendidikan berjalan baik dan optimal.