cover
Contact Name
Hasby
Contact Email
hasby@unsam.ac.id
Phone
+6285261759275
Journal Mail Official
pend_kimia_fkip@unsam.ac.id
Editorial Address
Jl, Prof. Dr. Syarief Thayeb, Meurandeh, Langsa Lama, Langsa City, Aceh 24416
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2721902X     EISSN : 27219038     DOI : https://doi.org/10.33059/katalis.v4i1.3106
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember dengan isi sebanyak 6 artikel/volume atau 12 artikel/nomor terbit. Jurnal Katalis dirancang sebagai bentuk komitmen Program Studi Pendidikan Kimia dalam upaya memfasilitasi para peneliti, dosen, mahasiswa dan guru agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara daring dan cetak. Fokus kajian: 1. Pendidikan Kimia 2. Penelitian Kimia (kimia organik, biokimia, kimia anorganik, kimia fisik, kimia analitik, kimia lingkungan, dan kimia bahan alam) 3. Komputasi kimia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia" : 5 Documents clear
Pengaruh Penerapan Penilaian Teman Sebaya (Peer Assessment) dalam Membentuk Kebiasaan Berpikir Produktif (Habit’s Of Mind) Siswa (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA SMAN Kota Langsa, Provinsi Aceh) Ratih Permana Sari; Sri Setiawaty
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian teman sejawat dalam membentuk kebiasaan berpikir produktif siswa yang diaplikasikan pada materi pokok asam basa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuasi dengan desain “Nonequivalent Control Group Pretest-posttest Design” melibatkan 2 kelas yang berasal dari kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 11 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berfikir produktif siswa sebesar 0,47 yang termasuk ke dalam kategori sedang dan untuk masing-masing indikator kebiasaan berfikir produktif (regulasi diri, berfikir kritis dan berfikir kreatif) setelah penerapan penilaian teman sebaya. Hasil analisis penerapan penilaian teman sebaya pada pembelajaran laboratorium baik pada saat proses praktikum maupun pembuatan laporan menjadikan siswa sebagai anggota kelompok: 1) mau mendengarkan atau mempertimbangkan pendapat teman satu kelompok berkaitan dengan data yang diobservasi (100%), 2) tidak mencoba mendominasi kelompok ketika memutuskan hasil pengamatan (97%), 3)berupaya memahami perasaan, pengetahuan dan kemampuan teman dalam satu kelompok(tidak kopetitif)(100%), 4) selalu berupaya mendapat data yang lengkap (94%). Hasil korelasi antara penlaian teman sejawat terhadap indikator kebiasaan berfikir produktif untuk kelas sampel menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara KBP dengan penilaian diri ditandai dengan nilai r hitung 0,382) ≥ r tabel (0,301).
Profil Kompetensi Proses Sains Siswa SMAN Se-Kota Padang dari Tes PISA Menurut Benchmark Nasional dan Internasional Seprianto; Ratih Permana Sari; Harry Firman; Nahadi
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil literasi sains siswa khususnya pada kemampuan proses sains. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Penyampelan menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Survei dilakukan terhadap 230 orang siswa kelas X dari tiga SMA Negeri di kota Padang yang mewakili tiga klaster. Gambaran tentang kemampuan proses sains siswa menggunakan hasil tes PISA. Profil kompetensi proses sains dinyatakan dalam proportion correct dan dibandingkan terhadap benchmark nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan proses sains siswa masih rendah, ditunjukkan oleh proportion correct < 0,5. Pada semua proses sains, capaian siswa lebih rendah dibandingkan benchmark internasional. Namun, capaian siswa lebih tinggi dibandingkan benchmark nasional pada dua dari tiga proses sains yaitu menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah.
Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Langsa Hasby, Hasby; Nurhafidhah, Nurhafidhah
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Langsa pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yakni soal pretest dan soal posttest. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji T berpasangan dan N-Gain. Dari hasil uji T berpasangan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMAN 4 Langsa. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel yakni 8,367> 1,76 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada analisis N-Gain diperoleh rerata peningkatan hasil belajar adalah 0,6 yakni termasuk kategori sedang.
Penerapan Kompetensi Kimia SMA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Ilmiah pada Mahasiswa S1 Pendidikan Kimia Molani Paulina Hasibuan; Ratih Permana Sari
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran kompetensi mahasiswa S1 pendidikan kimia sebagai calon guru kimia SMA, yang meliputi content competence dan pedagogy competence SMA melalui pendekatan inkuiri ilmiah. Content competence meliputi pemahaman materi kimia SMA dengan metode ilmiah. Pedagogy competence meliputi kemampuan mahasiswa merencanakan, mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran kimia melalui pendekatan inkuiri ilmiah. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian 11 mahasiswa S1 pendidikan kimia, semester III. Data diperoleh menggunakan instrumen tes untuk soal kimia SMA (kompetensi kimia dengan metode ilmiah); instrumen penilaian pengembangan peta kompetensi dan silabus pembelajaran; instrumen penilaian RPP dan instrumen penilaian peer teaching. Hasil penelitian aspek content competence mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi kimia dengan metode ilmiah mahasiswa S1 pendidikan kimia dengan skor rata-rata tes awal 68,5 dan skor rata-rata tes akhir 88,5 dengan N-gain 0,62. Pedagogy competence mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran kimia SMA berkategori baik, dilihat dari skor rata-rata kemampuan mengembangkan peta kompetensi dan silabus 3,6 (rentang skor 1-4) dan skor rata-rata pengembangan RPP berkategori baik, dilihat dari skor penilaian RPP 3,3 (rentang skor 1-4). Kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan dan mengelola pembelajaran berkategori baik juga, karena skor rata-rata penilaian peer teaching 3,8 (rentang skor 1-5).
Potensi Ekstrak Daun Mimba (Azadirachta Indica) sebagai Pestisida Alami Terhadap Hama Pengisap pada Tanaman Kakao (Theobbroma Cacao L) Mastura, Mastura; Nuriana, Nuriana
KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Publisher : Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya produktivitas kakao di indonesia adalah serangan organisme pengganggu tanaman. Banyak jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman kakao. Salah satu hama yang terdapat pada tanaman kakao yaitu hama pengisap kutu putih (Planococcus minor) menyebabkan kehilangan hasil tanaman buah kakao baik secara kualitas maupun mutu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ekstrak daun mimba (Azadirachta indica) berpotensi sebagai pestisida alami berhadap hama pengisap pada tanman kakao (Theobbroma cacao L) di Desa Padang Langkat Kecamatan Gebang Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (Rak). Berdasarkan perlakuan yaitu perlakuan A0kontrol (tanpa ekstrak daun mimba), perlakuan A1 25%, perlakuan A250 %, perlakuan A3 75 %, perlakuan A4100 % murni ekstrak daun mimba. Dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada analisis sidikragam nilai rata terhadap buah kakao yang sedang muda diperoleh Fhitung sebesar K=1,114, P=7.439 lebih besar dari Ftabel 5% sebesar K=3,49, P=3,26, berdasarkan koefisien keragaman (KK) diperoleh nilaise besar 5.31 % dan nilai BNJ0,05 = 8.45, BNJ0,01= 11.7. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun mimba mimiliki potensi nyata dalam membasmi hama pengisap kutu putih (Planococcus minor) pada tanaman kakao (Theobbroma cacao L). Ekstrak daun mimba (Azadirachta indica) memiliki potensi sebagai pestisida alami untuk membasmi hama pengisap pada tanaman kakao (Theobroma cacao L).

Page 1 of 1 | Total Record : 5