cover
Contact Name
Ahmad Fitriansyah
Contact Email
ahmad.fitriansyah@swadharma.ac.id
Phone
+6287870716976
Journal Mail Official
jurnal.jris@swadharma.ac.id
Editorial Address
Kampus 1 Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma Jl. Malaka No.3, Tambora, Jakarta Barat 11230
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL REKAYASA INFORMASI SWADHARMA (JRIS)
ISSN : 27745759     EISSN : 27745732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dengan topik Big Data, Sistem Informasi Berbasis Komputer, Data Mining, Data Scientists, Enterprise Architecture, Enterprise Resource Planning (ERP), Tata Kelola Teknologi, Information Retrieval System, Audit Sistem Informasi, Manajemen Pengetahuan Berbasis Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Proyek, Proses Bisnis, Smart City, Sosial Media, Sistem Penunjang Keputusan, Kecerdasan Bisnis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024" : 10 Documents clear
RANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN SEKOLAH DASAR ISLAM AL HURRIYAH Syahrial, Riza; Harjanto, Luluk; Hardiyansyah, Muhamad
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.429

Abstract

Al-Hurriyah Islamic Elementary School currently uses traditional methods in collecting, processing, and managing data or information, due to a lack of facilities and competence or knowledge of employees about computers. So it causes frequent errors in making Financial Reports. There are even some files that are lost. The research objective is to design a web-based Elementary School Financial Information System. The research method used in this research is field research with data collection techniques using the Observation method (Direct Observation) and interviews (interviews). Data collection method using observations and interviews with parties related to the Financial Report on the processes, documents, and reports used in the Financial Report system at Al Hurriyah Islamic Elementary School in October 2021. The result is a prototype of a web-based school financial information system that has passed a system testing process so that the proposed new system is error-free.ekolah Dasar Islam Al-Hurriyah, saat ini menggunakan cara tradisional dalam pengumpulan, pengolahan dan pengelolaan data atau informasi, dikarenakan kurangnya fasilitas serta kurangnya kompetensi atau pengetahuan dari pegawai tentang komputer. Sehingga menyebabkan sering adanya kesalahan pembuatan Laporan Keuangan, bahkan ada beberapa berkas yang hilang. Tujuan penelitian adalah untuk merancang Sistem Informasi Keuangan Sekolah Dasar berbasis web. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi (Pengamatan Langsung) dan interview (wawancara). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan tanya-jawab dengan pihak-pihak terkait dengan Laporan Keuangan terhadap proses, dokumen-dokumen dan laporan-laporan yang digunakan pada sistem Laporan Keuangan di Sekolah Dasar Islam Al Hurriyah pada bulan Oktober 2021. Hasilnya berupa purwarupa sistem informasi keuangan sekolah berbasis web dan telah melalui proses pengujian sistem sehingga sistem baru yang diusulkan bebas dari kesalahan.
IMPLEMENTASI METODE FIRST COME FIRST SERVE PADA SISTEM INFORMASI ANTRIAN PELAYANAN PEGADAIAN MENGGUNAKAN WEBSITE Dharmalau, Andy; Hiswara, Indra; Martiningsih, Noviana
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.401

Abstract

One of the services businesses currently developing is pawnshop services. One of the business actors in the pawnshop business is PT. Pegadaian is a State-Owned Enterprise (BUMN) company. One of them is the North Jakarta branch of the Kelapa Gading pawnshop. Daily operational activities in this Pegadaian business unit are not optimal for servicing the customers. It realized plenty of customer queues piling up when making transactions. A solution is needed to overcome this problem. This research aims to design a queue-based service information system applying the First Come First Serve (FCFS) method. With this designed system, customers come first and will be served first. The results of the tests show that the system design is running well according to plan. It is hoped that the existence of a service application with a queue can improve service quality and operational performance.Bisnis jasa pelayanan yang berkembang pada saat ini salah satunya jasa pelayanan pegadaian. Salah satu pelaku usaha dalam bisnis pegadaian ini adalah PT. Pegadaian, merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satunya kantor pegadaian cabang Kelapa Gading Jakarta Utara.  Kegiatan operasional sehari-hari di unit usaha Pegadaian ini belum maksimal dalam pelayanannya kepada pelanggan. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpukan antrian pelanggan pada saat melakukan transaksi.  Melihat permasalahan yang terjadi, dibutuhkan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi pelayanan dengan antrian berbasis metode First Come First Serve (FCFS). Sehingga dengan sistem yang dirancang ini, pelanggan datang pertama akan dilayani terlebih dahulu. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan pada rancangan sistem berjalan dengan baik sesuai dengan rencana. Adanya aplikasi pelayanan dengan antrian ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja di dalam operasionalnya
SISTEM PENGOLAHAN DATA SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR DI SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDRAL BINA UPAYA KESEHATAN KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA Nasri, Jelman; Taufiqurrochman, Taufiqurrochman; Fitry, Debbie
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.430

Abstract

The implementation of bureaucratic reform in government is accelerated by the implementation of e-government technology. Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Setditjen BUK) uses a manual office administration system. It requires a lot of office stationery supplies, time, and energy to process documents to distribute. Another problem is that searching for documents is difficult. The research objective is to build an incoming mail and outgoing mail data processing system that can convey information in detail, briefly and clearly, easy to understand with an attractive appearance. The data collection methodology used is observation by looking directly at the workings of the sections related to recording the results of activities, and also seeing firsthand the system that works in e-office data processing. In addition, the interview method is used to find out the problems that arise or are experienced by research sources. The result is the design of incoming and outgoing mail data processing applications with complete information delivery according to user needs.Akselerasi penerapan reformasi birokrasi di pemerintahan dapat dipercepat dengan implementasi teknologi e-government.  Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Setditjen BUK) masih menggunakan sistem administrasi perkantoran manual. Membutuhkan banyak persediaan alat tulis kantor, waktu dan tenaga dalam proses pendistribusian dokumen. Masalah lainnya pencarian dokumen masih sulit. Tujuan penelitian adalah untuk membangun sistem pengolahan data surat masuk dan surat keluar yang dapat menyampaikan informasi secara detail, singkat dan jelas, mudah dipahami dengan tampilan yang menarik. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan melihat langsung cara kerja bagian yang terkait dengan pencatatan hasil-hasil kegiatan yang dilakukan, dan juga melihat secara langsung sistem yang bekerja dalam pengolahan data e-office. Selain itu digunakan metode wawancara untuk mengetahui masalah yang timbul atau dialami oleh narasumber penelitian. Hasilnya tersedia rancangan aplikasi pengolahan data surat masuk dan surat keluar dengan penyampaian informasi secara lengkap sesuai dengan kebutuhan pengguna.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK PENYEWAAN JASA FOTOGRAFI BERBASIS WEB PADA APPA PROJECT Nugroho, Prasetyo Adi; Hernandi, Dodi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.399

Abstract

APPA Project is a company engaged in photography services. To compete with other companies, Appa Project must be able to utilize the development of information technology. The current problem is that the processing of photography service order data that is currently running is less effective because it is performed manually, causing the accumulation of orders that are not read, the reports cannot be submitted on time, archiving uses a lot of paper, is not coordinated with the photographer, and documents are easily lost and damaged. The research purpose is to create an application system for ordering photography services that can make order reports accurately and on time and create a secure and neat documentation and archive system to prevent unwanted things. The research uses the System Development Life Cycle (SDLC) method with the Waterfall approach. The results are in the form of a photography service rental information system that is designed to be integrated using internet technology so that information obtained in the form of prices and photo packages available at the company is easily obtained by consumers. The new system also allows consumers to place orders online. The system was implemented using PHP programming language and MySQL database.APPA Project merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa fotografi, agar Appa Project dapat bersaing dengan perusahaan lainnya maka harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Permasalahan saat ini pengolahan data pemesanan jasa Fotografi yang sedang berjalan kurang efektif, karena  masih dikelola secara manual sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan pesanan yang tidak terbaca, laporan yang diminta tidak dapat diserahkan tepat waktu, pengarsipan menggunakan banyak kertas, tidak terkoordinasi dengan photographer, dan dokumen mudah hilang dan rusak. Tujuan penelitian adalah untuk membuat sebuah sistem aplikasi pemesanan jasa Fotografi yang dapat membuat laporan pemesanan secara akurat dan tepat waktu dan membuat sistem dokumentasi dan arsip yang aman dan rapih untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Penelitian menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall. Hasil penelitian berupa sistem informasi penyewaan jasa fotografi yang dirancang terintegrasi secara baik dengan menggunakan teknologi internet sehingga informasi yang didapat berupa harga dan paket foto yang terdapat pada perusahaan mudah didapatkan oleh konsumen. Sistem baru juga memungkinkan konsumen melakukan pesanan secara daring. Sistem diimplemntasikan dengan mengunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL.
RANCANGAN SISTEM PENUKARAN SERAGAM KARYAWAN BERBASIS WEB PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA JAKARTA Sucahyo, Nur; Nursumaryanti, RC. Esti; Hanifah, Ilham
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.431

Abstract

In the current era of globalization, employee uniforms are critical for business entities to recognize each employee as a worker's identity for the company. Given the importance of work uniforms for the company, employees must wear the uniform every day. PT Indomarco is a company engaged in retail that has 9000 employees, and has problems with the procedure for exchanging employee uniforms that are no longer suitable for all employees. The research aim is to create an information system for submitting employee uniform exchanges easily and quickly. This research uses qualitative methods with data collection techniques through field research using observations and interviews. The results of the design were tested with the White Box Testing method when coding the program and the Black Box Testing method to test the functionality of the system. The result is a prototype of a uniform exchange application that runs according to the function, and no errors are found in the new system.Di era globalisasi saat ini seragam karyawan penting bagi badan usaha untuk mengenali setiap karyawan dan sebagai identitas pekerja bagi perusahaan. Mengingat pentingnya seragam kerja bagi perusahaan, maka wajib bagi karyawan untuk memakai seragam tersebut setiap harinya. PT. Indomarco perusahaan bergerak dibidang retail yang memiliki 9000 karyawan memiliki permasalahan dalam prosedur penukaran seragam karyawan yang sudah tidak layak untuk seluruh karyawan. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah membuat sistem informasi pengajuan penukaran seragam karyawan secara mudah dan cepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik Pengumpulan data melalui penelitian lapangan dalam bentuk observasi dan wawancara. Hasil rancangan yang dibuat diuji menggunakan metode White Box Testing saat pengkodean program dan metode Black Box Testing untuk menguji fungsionalitas sistem. Hasilnya berupa purwarupa aplikasi penukaran seragam yang berjalan sesuai dengan fungsi dan tidak ditemukan kesalahan pada sistem baru.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN DAN PERHITUNGAN TAGIHAN KWH METER LISTRIK PASCA BAYAR DI PT. MAHIZA KARYA MANDIRI Sari, Jamah; Syafrizal, Ardiansyah
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.426

Abstract

Electrical energy requirements have increased in line with economic growth and social welfare. Every month, meter recording officers come to record customers' electricity kwh usage. Problems often occur in the recording process using the ACMT application such as errors in inputting the booth meter numbers or the customer's kwh meter as recorded by the officer. The main problem of this research is how to design a system for recording and calculating postpaid electricity kwh meter bills to produce a report that is fast, accurate, and optimal. This research aims to design a postpaid electricity meter recording system that will provide bill estimates for the customers, and reduce complaints and spikes in customer bills due to recording errors. The design created was tested using the White Box and Black Box Testing method as the results worked according to its function defined.Kebutuhan energi listrik selalu meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Setiap bulannya petugas pencatat meter berkeliling untuk mencatat pemakaian kwh listrik pelanggan. Proses pencatatan menggunakan aplikasi ACMT, sering terjadi kendala seperti: kesalahan input angka stan meter dan tertukarnya kwh meter pelanggan yang di catat oleh petugas. Pokok permasalahan penelitian ini, bagaimana merancang sistem pencatatan dan perhitungan tagihan kwh meter listrik pascabayar agar menghasilkan sebuah laporan yang cepat dan akurat serta lebih optimal dalam pelaksanaanya. Tujuan dari penelitian ini adalah: merancang sebuah sistem pencatatan meter lsitrik pascabayar, yang dapat memberikan perkiraan tagihan kepada pelanggan, mengurangi komplain dan lonjakan tagihan pelanggan akibat kesalahan catat. Rancangan yang dibuat dilakukan uji dengan metode White Box Testing dan metode Black Box Testing, hasilnya berjalan sesuai dengan fungsinya dan tidak ditemukan kesalahan.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA PAUD KB PERTIWI LEBETENG Suhanda, Yogasetya; Dartono, Dartono; Ikmalia, Ainun Binta
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.432

Abstract

During the COVID-19 pandemic, the internet has been applied for education as being used for new student registrations (PPDB). As in the KB Pertiwi pre-school, in the current registration process, parents of prospective students must come directly to the school, fill out a paper registration form, attach supporting files, and pay the registration fee in cash. This process takes a long time and causes the registration, reporting, and data processing process ineffective and slow. An information system is needed to help parents of prospective students obtain information and register students to be more efficient, save time, and can be accessed anywhere, especially during the Covid 19 pandemic. Aims of this study was to design a new student admission information system at KB Pertiwi PAUD. The research method used in this research is qualitative. Using field studies with data collection techniques observation, namely by observing how the New Learner Admission Process (PPDB) process works at KB Pertiwi Lebeteng, then an interview process is carried out, namely data collection by conducting questions and answers directly with the committee. The result of this research is a prototype of a web-based new student admission application that has been tested so there are no errors in the applications. The application is done by what is planned and the needs of its users.Pada saat pandemi Covid-19, internet telah dapat bermanfaat dalam bidang pendidikan seperti digunakan untuk proses penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seperti pada sekolah Paud KB Pertiwi, pada proses pendaftaran saat ini orang tua calon siswa harus datang langsung ke sekolah, mengisi kertas formulir pendaftaran dan melampirkan berkas pendukung serta membayar uang pendaftaran dengan tunai. Proses ini memakan waktu lama sehingga proses pendaftaran, pelaporan dan pengolahan data menjadi tidak efesien dan lambat. Dibutuhkan sistem informasi yang dapat membantu orang tua calon siswa memperoleh informasi dan melakukan pendaftaran siswa agar menjadi lebih efesien, hemat waktu dan dapat diakses di mana saja, terutama dalam masa pandemi Covid 19. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi penerimaan peserta didik baru di PAUD KB Pertiwi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Menggunakan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data Observasi yaitu dengan cara melakukan pengamatan terhadap cara kerja  proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di KB Pertiwi Lebeteng, selanjutnya dilakukan proses wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung dengan pihak panitia. Hasil dari penelitian ini menjadi sebuah purwarupa aplikasi penerimaan peserta didik baru berbasis web yang telah dilakukan pengujian sehingga tidak terdapat kesalahan pada aplikasi. Aplikasi yang dibuat sesuai dengan apa yang direncanakan dan kebutuhan dari penggunanya.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENGERJAAN ORDER BERDASARKAN PENILAIAN DAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN PADA PT ABSOLUTE AKUSTIK INDONESIA Dhimas Putra, Dhila Franzely; Sukmawati, Tati; Anggrayani, Nur Lili
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.427

Abstract

A Decision Support System is an information system to help management in the decision-making process. Since the beginning of PT. Absolute Akustik Indonesia has carried out many order transaction processes for customers. The large amount of data stored makes the data classification even more numerous. The system that runs at the company in planning and supervising production does not have a priority system for processing customer orders. The problems in order determining priorities are caused by many orders at the same time by recording them in the book without any given criteria. The formulation of the problem in this research is how to design a customer assessment and grouping system to support decisions in determining order priorities. The results, the customer assessment, and the grouping system to support decisions in determining order priorities are running as planned.Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem informasi yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Sejak awal berdirinya PT. Absolute Akustik Indonesia telah melakukan banyak proses transaksi pelanggannya. Banyaknya data yang tersimpan tersebut membuat pengklasifikasian data menjadi lebih banyak pula. Sistem yang bejalan pada perusahaan dalam perencanaan dan pengawasan produksi, tidak mempunyai system prioritas pengerjaan order pelanggan. Kesulitan dalam menentukan prioritas order diakibatkan permintaan yang banyak di waktu yang sama dengan melakukan pencatatan ke dalam buku tanpa adanya kriteria – kriteria yang dipertimbangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana rancangan sistem penilaian dan pengelompokkan pelanggan untuk mendukung keputusan dalam menentukan prioritas order. Hasil dari rancangan sistem penilaian dan pengelompokkan pelanggan untuk mendukung keputusan dalam menentukan prioritas order yang dibuat berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan.
APLIKASI INVENTARISASI SARANA DAN PRASARANA BERBASIS WEB PADA SMKN 11 JAKARTA Sopian, Adi; Efendy, Abdul Aziz; Prasetyo, Eko
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.433

Abstract

Facilities and infrastructure equipment at SMKN 11 Jakarta is currently recorded in books and recapitulated into Microsoft Excel. It has problems controlling the inventory data of school facilities and infrastructure in detail. Sometimes items recorded in the admin do not match the number of items in the warehouse, resulting in the slow preparation of inventory reports on facilities and infrastructure at the school. This research aims to design an inventory system for facilities and infrastructure at SMKN 11 Jakarta. This research uses a qualitative method using a field research approach and library research in the data collection method. The result is a prototype of the facilities and infrastructure inventory system application at SMKN 11 that passed the testing, and there are no errors and can run well according to the needs.Sistem persediaan peralatan sarana dan prasarana pada sekolah SMKN 11 Jakarta pada saat ini masih dicatat dalam buku dan direkap kembali ke dalam Microsoft Excel. Sehingga memiliki kendala untuk mengontrol data inventarisasi sarana dan prasarana sekolah secara detail. Terkadang jumlah barang yang tercatat di admin tidak sesuai dengan jumlah barang yang ada di gudang, mengakibatkan lambatnya pembuatan laporan inventarisasi sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem inventarisasi sarana dan prasarana yang ada pada sekolah SMKN 11 Jakarta.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam metode pengumpulan datanya. Hasilnya berupa purwarupa aplikasi sistem inventarisasi sarana dan prasarana di SMKN 11 yang setelah diuji tidak terdapat kesalahan dan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.
SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI ASCA MARINA JAYA Usanto, Usanto; Anggriani, Dwi
JRIS : Jurnal Rekayasa Informasi Swadharma Vol 4, No 1 (2024): JURNAL JRIS EDISI JANUARI 2024
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Swadharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56486/jris.vol4no1.428

Abstract

ASCA Marina Jaya Cooperative is a business entity that provides savings and loans for the members. Data processing uses manual bookkeeping so that member activities for savings or loans require a long processing time. The research aims to design a web-based savings and loan cooperative data processing information system at Asca Marina Jaya. The methods used in data collection are observation, interviews, and literature studies. The result is a prototype of a web-based savings and loan information system that have been tested so there are no problems and runs well.Koperasi Simpan Pinjam Marina Jaya adalah badan usaha di bidang simpan pinjam. Pengelolahan datanya menggunakan pembukuan manual, sehingga kegiatan anggota untuk simpanan atau meminjam membutuhkan waktu proses yang lama. Tujuan penelitian merancang sistem informasi pengolahan data koperasi simpan pinjam berbasis web di Asca Marina Jaya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasilnya berupa sebuah purwarupa sistem informasi simpan pinjam berbasis web yang telah dilakukan uji coba sistem dan tidak terdapat masalah serta berjalan dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10