cover
Contact Name
Muhamad Zen
Contact Email
journal.md@uinjkt.ac.id
Phone
+628129563750
Journal Mail Official
journal.md@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Tangerang Selatan Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dakwah
ISSN : 23383992     EISSN : 27979849     DOI : 10.15408/jmd
Core Subject : Religion, Economy,
Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah management, dakwah strategies, dakwah administration, Hajj and Umrah management, zakat management, donations and alms, and Islamic Financial Management.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2023): -" : 10 Documents clear
MANAJEMEN MASJID UNTUK KEMAKMURAN JAMA’AH PADA TIPOLOGI MASJID DI KABUPATEN KENDAL Saerozi, Saerozi; Riyadi, Agus; Hamid, Nur; Hakim, Lukmanul
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.31787

Abstract

Memakmurkan masjid berarti mengelola aspek idarah, imarah, dan riayah sesuai dengan standar Kementerian Agama. Memakmurkan masjid termasuk juga salah satu upaya merealisasikan motto Dewan Masjid Indonesia (DMI) yaitu memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian standar manajemen masjid pada tipologi masjid di Kabupaten Kendal, dan untuk mengetahui upaya mencapai standar manajemen masjid pada tipologi masjid di Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dibantu dengan deskriptif kuantitatif, untuk menggambarkan realitas di lapangan berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan Capaian standar manajemen masjid dalam tipologinya menunjukkan manajemen Masjid Agung Kendal nilai rata-rata kondisi 77,7 persen dengan kategori Sangat Baik, Masjid Besar Al Muttaqin Kaliwungu nilai rata-rata kondisi 68,8 persen kategori Baik, dan Masjid Jami’ Baitussalam Boja nilai rata-rata kondisi 59,8 persen kategori Baik, dengan demikian semakin tinggi tingkat tipologi masjid maka menunjukkan bukti capaian yang semakin baik. Upaya yang dilakukan ta’mir dalam mencapai standar manajemen masjid yaitu, dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masjid pada bidang idarah, imarah, dan riayah masjid. Mengupayakan standar manajemen masjid juga melalui penyelenggaraan ibadah mahdhoh (pelaksanaan ibadah sholat, dll) dan ghoiru maghdhoh (pembangunan fisik masjid, peningkatan ekonomi jama’ah, pendidikan berupa besiswa, dan kesehatan berupa pengobatan gratis, dll).
KEPEMIMPINAN KYAI GONTOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR Darajat, Deden Mauli; Rahmi, cinta
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.32027

Abstract

Kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah organisasi. Kepemimpinan yang kuat akan menjadikan organisasi atau lembaganya menjadi lebih baik. Pondok Modern Darussalam Gontor merupakan lembaga pendidikan berbasis pesantren modern pertama di Indonesia yang lahir pada 1926.Penelitian tesis ini menjawab pertanyaan mayor bagaimana Kyai Gontor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor? Dan pertanyaan minor, bagaimana tipologi kepemimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor? Bagaimana perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia di Pondok Modern Darussalam Gontor? Apa saja indikator-indikator keberhasilan kyai dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor?Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis dalam penyajian datanya. Metode ini merupakan salah satu pendekatan dalam meneliti masalah manajemen kepemimpinan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Prosedur dalam metode ini adalah dengan cara pengumpulan data dalam praktiknya  menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Gontor dipimpin oleh tiga pimpinan yang saling bersinergi dan bahu-membahu untuk kepentingann pondok. Tipologi kepemimpinan Gontor mendekati tipe kharismasik. Pengembangan SDM di Gontor dengan kaderisasi yaitu memberikan beasiswa kepada kader Gontor. Salah satu indikator keberhasilan Kyai Gontor adalah lembaga ini diakui oleh pemerintah, lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri.
PERAN MUI PUSAT DALAM DIGITALISASI DAN TANTANGAN DAKWAH DI ERA DIGITAL: STUDI KASUS IMPLEMENTASI APLIKASI DAKWAH MUI Wirianisa, Syifani; Zen, Muhamad
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.33647

Abstract

Artikel ini menjelaskan mengenai implementasi aplikasi Dakwah MUI, kelebihan dan kekurangan serta strategi pengembangan dari aplikasi tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data secara kepustakaan (library research) dari berbagai literatur, buku maupun informasi lain yang berkaitan dengan topik penelitian. Temuan dari aplikasi tersebut ialah terdapat fitur waktu sholat, Al-Qur'an, halal, hitung zakat, peta dakwah, fatwa, buku saku, khutbah dan ceramah, media dakwah, panduan dakwah, kalender islami, da'i, solusi umat (pegadaian syariah) akan tetapi beberapa fitur terdapat yang tidak bisa dibuka dan tidak lengkap sehingga menghasilkan penelitian bahwa harus banyak perbaikan agar dapat berjalan dengan baik dan optimal.
IMPLEMENTASI TA’WIDH DAN TA’ZIR SERTA PENDISTRIBUSIANNYA DALAM AKAD MUROBAHAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Idrus, Ali
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.33687

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada lembaga keuangan syariah masih belum tepat sasaran dalam pelaksanaan pendistribusian ta’widh dan ta’zir. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan yang dilakukan lembaga keuangan syariah, yakni Adira Finance Syariah dalam pendistribusiannya dalam akad murobahah. Jenis metode penelitian ini kualitatif dan pendekatan deskripsi, dan data yang diambil dari hasil wawancara yang diperolah dari informan yang bekerja di Adira Finance Syariah, instrumen penelitian menggunakan angket wawancara, serta sumber data primer adalah informan dan data skunder dari beberapa sumber buku dan artikel ilmiah. Adapun temuan penelitian ini bahwa penerapan yang dilakukan pihak Adira Finance Syariah pada ta’widh dan ta’zir dalam akad murobahah dikemukan bahwa dana ta’diwh dan ta’zir di Adira Finance Syariah di distribusikan dalam 4 pilar antara lain untuk pendidikan dan penelitian, pembangunan dan pengembangan sarana/fasilitas umum, kesehatan serta pendayagunaan UMKM pada masyarakat agar mengalami peningkatan dalam kesejehatreraan hidup. Rekomendasi peneliti adalah bahwa penelitian penting untuk dikembangkan agar pihak lembaga keuangan syariah dapat belajar dari pengalaman maupun ilmu yang baru.
STRATEGI PRODUK KAJIAN AFTERWORK MASJID AL LATHIIF BANDUNG Syauqi, Rasyid Ilyasa
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.34591

Abstract

Masjid Al Lathiif in Bandung is actively involved in religious and educational activities. The regular program called "Afterwork Study" is held every Monday night, covering topics such as business, motivation, daily life issues, and mental health. These sessions are conducted by experts in their respective fields. This research aims to describe the product strategy implemented by the mosque in the Afterwork Study program. Qualitative methods were employed, involving data collection through observation, interviews, and documentation. The findings reveal four effective product strategy points: 1) building a strong brand identity and brand equity, 2) thoughtful packaging with consideration for value impact, 3) a focus on delivering relevant and high-quality content, and 4) providing excellent services while creating a deep connection between participants and the program. This study is expected to contribute insights into the management and marketing of religious activities in a mosque.Keywords: Al Lathiif Mosque, Afterwork, Product Strategy
HAJI DAN INOVASI: INVESTIGASI PROSES INOVASI PELAYANAN HAJI DALAM NEGERI Atmadja, Ferry Setyadi
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.35237

Abstract

This view of innovation is a potential basis for meeting the needs of today's society. Observing the success of realizing innovation in the Hajj services sector can certainly be a breath of fresh air in facing the challenges of globalization and answering the classic pathologies of organizing the Hajj. One of them is the Yogyakarta City Ministry of Religion Office which has proven that the presence of innovative Hajj services has become a benchmark for other organizations. Based on this, this research seeks to investigate how the innovation process carried out as an integral part of realizing Hajj service innovation can be said to be successful. This study uses a qualitative research approach with strategic case studies to empirically reveal experiences in the field. The results of this research show that innovation in the Hajj Service PTSP program does not occur incidentally but can be traced into a framework for realizing innovation through the initiation, implementation and diffusion stages. The third stage in the Hajj Service PTSP innovation process should follow a simple linear model where these stages have their own actions that run progressively.
EFEKTIVITAS PROGRAM SERTIFIKASI PEMBIMBING HAJI DAN UMRAH SECARA ONLINE DI INDONESIA Amirudin, Amirudin; Mastanah, Mastanah; Maknun, Lu’luil
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.36590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program sertifikasi manasik haji dan umrah. Haji adalah acara keagamaan di mana umat Islam dari seluruh dunia berkumpul setiap tahun untuk melakukan ritual tertentu di zona sekitar Mekah, dan umrah adalah ziarah kecil (Buskens & Sijpesteijn, 1950). Manasik adalah Ritual haji adalah demonstrasi pelaksanaan haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Program ini dijalankan selama 10 hari dan dilakukan secara online. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (eksperimen). Dengan jumlah responden sebanyak 148 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi pengawas haji dan umroh online efektif.Kata Kunci : Sertifikasi Haji dan Umrah, sertifikasi daring
STANDARDISASI PELAYANAN TRANSPORTASI DAN AKOMODASI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN JAMAAH UMRAH PADA PT. TANUR MUTHMAINNAH JAKARTA BARAT Hafiz, Abdul; Imamuddin, Muhammad Faiz; Nizar, Rasya Ahmad
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.36592

Abstract

Tahun 2022 kementrian agama (kemenag) Indonesia kembali memberangkatkan jamaah umrah di Indonesia setelah sekian lama keberangkatan umrah terhalang akibat pandemi. Pihak penyelenggara ibadah umrah seperti travel-travel pun mulai bernafas lega untuk kembali menjalankan aktivitasnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang kesesuaian pelayanan transportasi pelayanan transportasi dan akomodasi pada jamaah umrah PT. Tanur Murhmainah dengan Permenag (PMA) No, 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Karena PT. Tanur Muthmainnah adalah salah satu travel yang pernah membantu menyelamatkan jamaah umrah yang terlantar, diharapkan untuk bisa menjadi contoh yang baik untuk travel lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara langsung. Hasil dari analisis penelitian, penulis menjelaskan bahwa PT. Tanur Muthmainnah mempunyai pelayanan transportasi dan akomodasi yang sesuai dengan PMA No. 8 Tahun 2018. Dan hasil dari evaluasi penulis, PT. Tanur Muthmainnah mempunyai kualitas pelayanan yang sangat bagus dalam bidang transportasi dan akomodasi, bekerja sama dengan PO. Bus yang berkualitas, baik di Indonesia maupun Arab Saudi, serta hotel berbintang 4 dan 5.
HISTORY OF THE HAJJ DEVELOPMENT IN TURKEY: HISTORICAL AND CONTEMPORARY PERSPECTIVE Bagaskara, Faishal Sultan
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.36884

Abstract

The management of the Hajj pilgrimage in Turkey continues to evolve as the ruling government regime changes. During the Ottoman Turkish period, the Hajj was managed directly by the Sultanate. When the Republic of Turkey was established and gradually eliminated the religious aspect, the religious institution also transformed, followed by the Religious institution which was then managed by the State which upholds secularism. This article examines the development of Hajj in the Republic of Turkey from a historical and contemporary perspective by tracing the process of change in accordance with political conditions from the Ottoman Turkish period to the modern period. The finding of this research is that the dynamics of religious activities, especially Hajj, cannot be dissociated from the influence of political transformations that occurred throughout the Ottoman Turkish era, the Republic until the 21st century. The method used in this research is descriptive analytical which refers to the historical research method. 
SISTEM PENDAFTARAN HAJI KHUSUS DALAM MEMBERIKAN KEPASTIAN BERANGKAT KE TANAH SUCI akkas, amin; Prameswari, Aulia Hermayanti; Illahi, Taufiq
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 2 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i2.37236

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pendaftaran haji khusus dalam memperoleh kepastian keberangkatan masyarakat Indonesia ke Tanah Suci serta faktor pendukung dan penghambat dalam memperoleh kepastian keberangkatan, tujuan tersebut akan dicapai dengan mengemukakan dua pertanyaan penelitian yaitu bagaimana sistem pendaftaran haji khusus dalam memperoleh kepastian keberangkatan jemaah haji dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam memperoleh kepastian keberangkatan ke Tanah Suci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif serta penelitian ini merupakan jenis penelitian studi lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Dalam penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa penerapan sistem pendaftaran haji khusus dalam memperoleh kepastian keberangkatan masyarakat Indonesia ke Tanah Suci berjalan secara optimal, dikarenakan adanya pengaruh yang bersifat positif dari kapasitas dan performansi sistem teknologi informasi sebagai supporting system yang di sediakan oleh pemerintah, dengan pendukung utama adalah SISKOHAT (Sistem Informasi Dan Kompiterisasi Haji Terpadu).Kata Kunci : Sistem; Kepastian; Berangkat; Haji Khusus; SISKOHATABSTRACTThis study aims to determine the special Hajj registration system in obtaining certainty of departure Indonesian people to the Holy Land as well as supporting and inhibiting factors in obtaining certainty of departure, this goal will be achieved by posing two research questions, namely how the Hajj registration system is specific in obtaining certainty departure of pilgrims and supporting factors as well as inhibiting factors in obtaining certainty of departure to the Holy Land. This research uses descriptive qualitative research methods and this research is a type of field study research (field research) and literature study (library research). In the research conducted it was found that the application Hajj registration system specifically in obtaining certainty of departure of the Indonesian people to the Holy Landrun optimally, due to the positive influence of the capacity and performance of information technology supporting system provided by the government, with the main supporter being SISKOHAT(Integrated Hajj Computerization and Information System).Keywords : System; Certainty; Departure; Special Hajj; SISKOHAT

Page 1 of 1 | Total Record : 10