Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada topik berikut : Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu Edisi April, Agustus, dan Desember.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan"
:
10 Documents
clear
PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN
Iskandar, Rhoma;
Suarsih, Euis
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (477.561 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.66
Promotion is one of the most important marketing mix variables applied by companies in marketing their products. Without promotion, the product gets less attention from consumers. The promotion target can be achieved if the company allocates adequate promotional costs and with the promotion costs it is expected to help the company achieve higher sales volume. This study aims to determine the effect of promotional costs on sales volume. The samples taken in this study were obtained from the financial statements of PT. Gudang Garam Tbk, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk and PT Wismilak Inti Makmur Tbk. This study uses a simple linear regression analysis method, testing with a significance of 5%. The results of hypothesis testing, namely the relationship between advertising costs and sales, show that promotional costs have a significant positive effect on sales (significance value 0.000 <0.05). Thus, the hypothesis is supported. The adjusted R Square value is 0.932 or 93.2%, this implies that the regression model has an effect on sales of 93.2% and the rest are other factors that are not measured in this study.
Fungsi Sekretaris dalam Penyelesaian Efisiensi Kerja di Perusahaan
Imhar, Imhar;
Fajri, Siti Mutia
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (387.145 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.68
This review plans to decide the viability of the secretarial capacity in the organization. Quantitative Spellbinding Exploration. The populace just as the examination test is an irregular number of 15 representatives. Information assortment is taken through perception, polls and documentation. Investigation of the information utilized is unmistakable factual examination, in particular the rate equation. The aftereffects of the review portray the adequacy of the secretarial capacity in accomplishing work proficiency in the organization, seen from different viewpoints, specifically Fruitful or Compelling, Conservative, Responsible Work Execution, Genuine Work Division, Objectivity of Power and obligation, Commonsense work strategies, work and can be carried out, has been executed adequately.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD)
Tesmanto, Joni;
Subarja, Nijan
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (432.254 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.69
Bisnis dalam bidang kesehatan atau rumah sakit semakin tajam di era globalisasi. Hal ini menuntut pengelola atau perusahaan rumah sakit kanker dharmais untuk siap bersaing. Pelaksanaan pelatihan pelayanan dokter pada Rumah Sakit Kanker Dharmaissudah berjalan sesuai dengan SOP.Rumah Sakit Kanker Dharmais telah menetapkan standar fasilitas Rumah Sakit dan pelayanan dokter yang baik, serta pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan pasien pada Rumah Sakit Kanker Dharmais sangat berhubungan. Pelayanan yang baik merupakan penentu keberhasilan tingkat kepuasan pasien. Meski begitu, fasilitas yang lengkap tetap menjadi prioritas. Pelayanan dan fasilitas yang semakin baik akan berbanding lurus dengan kepuasan pasien, namun sebaliknya jika menurun maka akan berdampak pada jumlah pasien. Kualitas pelayanan dokter secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka saran yang diberikan adalah fasilitas rumah sakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Rumah sakit harus selalu meningkatkan fasilitas dari waktu ke waktu dan mengikuti perkembangan teknologi kedokteran terkini. RS Kanker Dharmais juga diharapkan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pelayanan dokter kepada pasien agar pasien tidak berpindah ke rumah sakit lain dan dapat meningkatkan jumlah pasien. Sebisa mungkin ciptakan suasana yang aman, nyaman, dan bersahabat bagi pasien sehingga pasien merasa dihargai dan dihormati.
Pengaruh Store Atmosphere Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian
Supardi, Supardi;
Maryanto, Maryanto
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (835.994 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.70
Penelitian dilakukan untuk mencari tahu dan menganalisis perihal yang menjadi pertimbangan atas keputusan pembelian oleh konsumen dalam suatu transaksi pembelian. Oleh karenanya, setiap konsumen akan mempunyai pertimbangan yang berbeda atas keputusannya untuk membeli sebuah produk. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menunjukan besarnya faktor-faktor yang memberi pengaruh pada keputusan untuk membeli oleh konsumen. Faktor tersebut diantaranya meliputi Store Atmosphere, harga dan tentu saja Lokasi took berada. Proses analisis data menggunakan metode Uji Regresi Linear Berganda yang memberikan hasil bahwa ada kontribusi sebesar 28,1% dari lokasi, harga, dan suasana toko yang berdampak terhadap keinginan untuk membeli konsumen. 71,9% sisanya menunjukkan bahwa faktor-faktor lain seperti persepsi pelanggan, gaya hidup, motivasi, dan kelas sosial memiliki pengaruh yang lebih besar.
Analisa Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank China Construction bank Indonesia TBK
Sumardi, Sumardi;
Anggraini, Yeyen
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (608.289 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.71
This journal aims to examine the effect of the variable quality of customer service on customer satisfaction. The research was conducted at the bank CCB KK LAGUNA PLUIT. Collection of this analysis by providing questionnaires to customers who come 150 samples. In this analysis, the service performed by Bank CCBI Laguna Pluit is to provide services by paying attention to accuracy, speed, friendliness, and speeding up queues so that they do not stagnate. Some of the customer service priorities are providing ATM machines that work with the Prima network with excess withdrawals and balance checks on the Prima network without being charged. Settlement of customer complaints quickly and precisely which in the end obtains very satisfying results by paying attention to CCBI bank services can maintain its customers until now. Companies must always improve and improve the quality of customer service provided so that customers who become will feel satisfied so that they will loyally use the products and services offered. This will have a positive impact in the future for the company.
Analisa Manajemen Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan PT. Dantosan Precon Perkasa
Tanjung, Boma Jonaldy;
Handayani, Tantri
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (531.338 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.72
In today's era of marketing is very influential in the development of a company, especially a company engaged in the field of Products and Services, it certainly makes a company rely heavily on the role of marketing is to increase the productivity of the company. One of the companies that need marketing role is PT. Dantosan Precon Perkasa, one of the companies engaged in the field of products and services requires a petrified figure marketing can develop products owned, the company manufactures precast concrete and possess marketing experience that can compete with other competitors in the field are the same, and marketing a very influential role in the sale of products and be able to continue to increase the volume of product sales increasing each time. PT. Dantosan Precon Perkasa is a company engaged in the field of products and services provide solutions for more rapid development and not discard or remove the cost is too great. By launching products that are useful for irrigation, construction of buildings, overpasses, fencing, etc., as well as providing important information on precast concrete. The conclusion of the research conducted by the authors showed that marketing is very influential figure for PT. Dantosan Precon Perkasa to increase the volume of sales of products owned, and can compete with other competitors kompetito-its, is evident from the increased sales levels each time, so the PT. Dantosan Precon Perkasa be a company to be reckoned with
NASCENT ENTREPRENEUR: A SYSTEMATIC REVIEW AND FUTURE RESEARCH DIRECTION
Panjaitan, Roymon
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (725.8 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.94
The growth of new entrepreneurs becomes a benchmark of entrepreneurial spirit to be independent. The performance of MSMEs still has a number of problems in entrepreneurs first explaining the growth intentions of new business teams with greater family ties. The method used in this study is to collect a number of article literature from reputable journal sources Q1 to Q2. Data collection is done by prisma method which is then data dioalh using Watase software and article clustering using Vos Viewer. Literature searches based on articles published from 2011 – 2021 based on titles, keywords and abstracts. The findings from data sources obtained that the improvement in business planning achieved from nascent entrepreneurs can be improved through institutional strength. The practical implication of these findings is that institutional forces will always be able to excel at measuring the sustainability of innovation performance especially in the context of nascent entrepreneurs. While theoretically strengthening that the institutional strength of the adoption of institutional theory and resource advantage theory of competition to improve the sustainability of MSME performance.
PERAN WORD OF MOUTH (WOM) DAN PERSONAL BRANDING DALAM BUYING DECISION PADA KONSUMEN E-COMMERCE
Sintesa, Nika;
Diah Astuti, Enny
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (397.747 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.104
Di era digitalisasi untuk menghadapi era tersebut semua SDM diwajibkan untuk selalu melakukan perubahan perubahan guna bisa mengikuti perkembangan yang ada, yaitu dengan cara melakukan pengembangan SDM. Saat ini pengembangan SDM merupkan salah satu yang wajib dibenahi yaitu salah satunya tentang kemampuan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal serta pengembangan diri secara konseptual yang dapat mengubah menjadi sebuah kompetetif di fase industri revolusi 5.0 sehingga dapat menjadi pribadi yang sukses di masa yang akan datang dan bisa bersaing dengan perubahan zaman yang terjadi. Setiap individu atau setiap orang mempunyai keunikan atau unik selling ataupun mempunyai keunikan terhadap dirinya sendiri.Personal branding merupakan citra yang dimiliki seseorang kepada masyarakat, dimana zaman sekarang dengan semakin banyak dan maraknya media online , media sosial yang bisa diakses siapapun, kapanpun dan dimanapun,sehingga banyak orang yang melakukan atau melakukan cyber public relations sekaligus sebagai personal branding termasuk praktisi komunikasi demi menunjang perkembangan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen serta kompetensi yang menjadi kekuatan dari setiap bisnis, kendala yang dihadapi, peran penting personal branding dalam perkembangan bisnis. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara dan observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi personal branding diantaranya komponen pendorong dengan memaksimalkan fitur, kompetensi yang dijadikan kekuatan dalam menghadapi kompetitor dengan personal branding dominan, personal branding berperan untuk promosi diri, mencari pekerjaan, networking profesional, referensi penilaian profesional, serta perkembangan karir di masa datang ataupun dalam berbisnis. Dalam melakukan usaha pemasaran yang baik untuk menarik buying decision konsumen adalah dengan cara memperhatikan personal branding, social media marketing dan word of mouth atau mulut ke mulut. Dengan semakin meningkatnya buying decision terutama yang ditujukan pada konsumen E-Commerce.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS SRONDOL
Anzie, Lutfy Purnanta;
Zusrony, Edwin;
Ibaneza, Nada Trashtya
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (384.321 KB)
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.107
This study aims to measure the effect partially and simultaneously on the marketing mix variable and the trust variable on patient satisfaction at PUSKESMAS Srondol Semarang city. The object of the research is the Srondol PUSKESMAS patients who have used the service facilities in the last 3 months or from January to March 2021 a total of 30 people. Collecting data using an online questionnaire/questionnaire using Google Form and measured by a Likert scale. The research method uses multiple linear regression with the help of SPSS 23 data processing. The results show that the marketing mix variable and the trust variable have a significant influence on patient satisfaction at PUSKSMAS Srondol and marketing mix variables have a dominant effect on patient satisfaction at PUSKSMAS Srondol in Semarang.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. AFRA INSAN AMANAH (STUDI KASUS PADA AGEN DI JABODETABEK)
Arif , Muhammad;
Rosa, Nageeta Tara;
Domos, Erma
Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2022): APRIL : Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Pusat Riset dan Inovasi Nasional
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.55606/jumbiku.v2i1.230
PT. Afra Insan Amanah merupakan salah satu bentuk badan usaha yang brand produk kebutuhan anak muslim, PT. Afra Insan Amanah memakai nama Afrakids dalam memasarkan produk. Afrakids dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen tak lepas dari bantuan agen yang berperan serta dalam merebut potensi pasar dan sekaligus sebagai mitra usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal dalam strategi pemasaran PT. Afra Insan Amanah pada agen di jabodetabek, untuk mengetahui strategi pemasaran berdasarkan SWOT pada agen afrakids di jabodetabek.. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah agen Afrakids yang berada di jabodetabek sebanyak 12 agen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, obserservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah rumusan alternatif strategi pemasaran yang didapatkan berdasarkan faktor-faktor eksternal dan internal adalah memaksimalkan lokasi yang strategis, memperluas dan meningkatkan promosi, memperdalam jalinan dengan mitra, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, mempertahankan kualitas produk. Strategi yang dapat digunakan Agen Afrakids di jabodetabek berdasarkan matriks SWOT yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, Memperbanyak serta memperdalam jalinan dengan reseller