cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2024)" : 10 Documents clear
TINJAUAN PELAYANAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS PADA RSUD OTO ISKANDAR DI NATA Andini, Feby Tri; Fitria, Ida Jalilah
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2900

Abstract

Rumah sakit adalah jenis fasilitas kesehatan yang menawarkan perawatan medis kepada semua orang yang membutuhkan, serta layanan dan tindakan lainnya. Ketika layanan kesehatan dapat memuaskan pasien yang dilayaninya, itu dianggap sebagai kaliber tertinggi.  Ide penelitian ini adalah membandingkan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Oto Iskandar Di Nata dengan tingkat pelayanan yang diberikan oleh Administrasi Registrasi rumah sakit. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Fokus penelitian adalah pada pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Oto Iskandar di Kabupaten Nata Bandung, serta penyedia layanan kesehatan yang bekerja di administrasi rumah sakit yang menangani pendaftaran pasien Instalasi Rawat Jalan BPJS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui interview (wawancara). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada RSUD Oto Iskandar Di Nata selama di lapangan bersama pihak rumah sakit dan pasien, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan kualitas pelayanan pada bagian administrasi pendaftaran pasien BPJS rawat jalan RSUD Oto Iskandar Di Nata sudah dinyatakan baik dengan merujuk kepada dimensi kualitas pelayanan Tangible, Responsiveness, Reliability, Understanding the customer/emphaty dan Accountability. Di dalam pelaksanaannya semua pihak dan kinerja RSUD Oto Iskandar Di Nata sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan. Ada beberapa hal yang diperlukan. evaluasi untuk memberikan layanan yang memenuhi harapan pasien, misalnya dalam hal fasilitas pengambilan antrian pendaftaran online khususnya pasien BPJS. Saran yang dapat diberikan yaitu, agar pihak RSUD Oto Iskandar Di Nata tetap meningkatkan kualitas pelayanan yang telah dirasakan baik oleh pasien/penerima layanan.
PERAN ASERTIVITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI TERHADAP HUBUNGAN JARAK KEKUASAAN DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS Abutabaq, Hussein M H; Hendarsjah, Hidajat
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.3131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara jarak kekuasaan dan gaya kepemimpinan otokratis. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari studi GLOBE di 62 negara, khususnya data masyarakat untuk skala kepemimpinan otokratis dan data masyarakat untuk skala budaya termasuk jarak kekuasaan. Tiga variabel penelitian yang digunakan adalah jarak kekuasaan sebagai variabel independen, gaya kepemimpinan otokratis sebagai variabel dependen, dan Asertivitas sebagai varibale moderasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jarak kekuasaan berhubungan positif dengan gaya kepemimpinan otokratis jika terdapat sikap asertif yang rendah. Individu dengan ketegasan rendah mungkin lebih menerima kepemimpinan otokratis, terutama dalam budaya jarak kekuasaan tinggi di mana otoritas hierarkis diterima dan dihormati. Akan tetapi jika terdapat sikap asertif yang tinggi maka Individu yang sangat tegas dapat menantang atau menolak kepemimpinan otokratis, terlepas dari jarak kekuasaan yang berlaku. Mereka mungkin menganjurkan proses pengambilan keputusan yang lebih partisipatif atau menantang struktur otoritas.
PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT Phasa, Allin Vely; Hadithya, Riyan
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelayanan prima di DISPUSIPDA JABAR terhadap pelayanan prima yang diberikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh DISPUSIPDA JABAR dalam memberikan pelayanan prima. Indikator-indikator tersebut adalah tangible s (kondisi fisik atau fasilitas), keandalan (kehandalan), daya tanggap (ketanggapan atau kecepatan dalam memberikan pelayanan), jaminan (jaminan atau kepercayaan), empati (empati atau perhatian terhadap kebutuhan individu).Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 55 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran dan pengisian kuesioner oleh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pelayanan prima pada DISPUSIPDA JABAR memperoleh nilai 3,6 yang berarti masuk dalam kategori kepuasan. 
PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN REPUTASI KAP TERHADAP AUDIT DELAY Diana, Novita Levi; Hariyanto, Eko; Setyadi, Edi Joko; Kusbandiyah, Ani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.3116

Abstract

The study aims to determine the impact of profitability, solvency, corporate size and KAP reputation on audit delays in companies included in the Jakarta Islamic Index (JII) 30 Indonesia Stock Exchange in 2018–2022. Sixty samples were drawn from twelve firms that were listed on the Indonesia Stock Exchange's Jakarta Islamic Index 30 during the 2018–2022 research period. This study uses a quantitative methodology using secondary data from the Consolidated Financial Report of the business. The test results show that the solvency variable as measured by DER has a negative and significant effect on audit delay, and company size as measured by total assets Ln has a positive and significant effect on audit delay, while profitability as measured by ROA and KAP reputation as measured by dummy variables does not influence on audit delay 
ANALISIS MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS KINERJA GURU PADA SMK AL-AMANAH DAYEUHKOLOT Novianti, Nela; Dewi, Lies Anggi Puspita
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2891

Abstract

ABSTRAKMotivasi kerja menjadi pendorong atau penyemangat dalam melakukan pekerjaan agar bisa lebih besar dan maksimal dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja terhadap peningkatan kualitas kinerja guru pada SMK Al-Amanah Dayeuhkolot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini menggunakan metode observasi di SMK Al-Amanah Dayeuhkolot, metode wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada 3 Narasumber yaitu Kepala Sekolah, Kepala Ketenagakerjaa, dan Guru Produktif TKJ, lalu metode dokumentasi dengan mengambil dokumen secara langsung sebagai pelengkap dari metode observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh motivasi kerja pada SMK Al-Amanah Dayeuhkolot terhadap kualitas kinerja Guru sudah baik, walaupun masih ada guru yang telat dalam menerima motivasi. Hubungan motivasi kerja dengan peningkatan kualitas kinerja Guru sangat berhubungan dan keterkaitan, karena Guru yang termotivasi dengan baik akan meningkatkan kualitas kinerjanya. 
DESKRIPSI ANGGARAN DAN HARGA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN KENTUCKY FRIED CHICKEN (SURVEI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2022 DAN 2023 UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA) Tamherwarin, Muhammad Zakaria Ramadhan; Farianti, Alya; Nugraha, Calvin Triyoga; Nurpadilah, Hanum Dwi; Aliansyah, Mozart
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2911

Abstract

Kesibukan mahasiswa dalam berkegiatan menyebabkan mahasiswa tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan makanan sendiri sehingga mereka memilih opsi yang lebih praktis. Namun, untuk mendapatkan makanan yang praktis tersebut perlu adanya pengorbanan pada biaya, berupa anggaran dan harga. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan variabel anggaran dan harga terhadap preferensi konsumen kepada produk Kentucky Fried Chicken (KFC). Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2022 dan 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner campuran (terbuka dan tertutup). Hasil dari penelitian ini menggambarkan secara nyata bahwa anggaran dan harga berpengaruh terhadap preferensi konsumen khususnya mahasiswa yang mengkonsumsi Kentucky Fried Chicken (KFC). Keterbatasan pada anggaran dan harga seringkali mendorong mahasiswa untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis dalam memenuhi kebutuhan makanan mereka. Maka dari itu, perlu adanya penyesuaian terhadap penentuan harga produk dengan anggaran mahasiswa agar menjadi langkah yang efektif dan efisien bagi Kentucky Fried Chicken (KFC) dalam mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar mereka di kalangan mahasiswa.
ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP IMPLEMENTASI APLIKASI CANDIL (MACA DINA DIGITAL LIBRARY) DI DISPUSIPDA JAWA BARAT Rosyidah, Ghina; Dewi, Lies Anggi Puspita
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi aplikasi CANDIL (Maca Dina Digital Library) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat dan dampaknya terhadap kepuasan pengguna. Latar belakang penelitian menggambarkan pentingnya teknologi informasi dalam meningkatkan literasi dan minat membaca di Indonesia, dengan perpustakaan digital menjadi salah satu solusi inovatif. Namun, implementasi teknologi seperti CANDIL sering menghadapi tantangan, yang mengakibatkan penurunan penggunaan aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna CANDIL dan menyediakan rekomendasi untuk perbaikan.
EKSISTENSI GOFOOD DAN SHOPEEFOOD DALAM PERKEMBANGAN UMKM DI KELURAHAN GEGERKALONG, KOTA BANDUNG Maharani, Nazwa; Oktaviani, Indri; Teguh, Mutiara Ramadhania; Hamdani, Yusuf; Firmansyah, Buyung
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2930

Abstract

The business landscape has changed greatly due to advances in digital technology, especially in the Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) sector. MSME players are able to access a wider market with the help of online platforms such as GoFood and ShopeeFood. This research was conducted with the aim of describing the benefits of GoFood and ShopeeFood existence for MSME in Gegerkalong Village, Bandung City. The qualitative descriptive analysis method was used to collect data by interviewing MSME owners who use the GoFood and ShopeeFood distribution platforms. The results showed that the presence of these services had a significant positive impact on the income and business development of MSMEs. In addition to increasing sales volume, these services play an important role as an effective promotional tool. MSME players also experienced other benefits, such as ease in the delivery process, the ability to focus on important aspects of the business, and an increase in the popularity of their business. However, there are obstacles to overcome, such as rising commission costs and dissatisfaction on the part of drivers. The results of this study provide a more detailed understanding of the positive contributions of GoFood and ShopeeFood services and the constraints faced by MSME players, strengthening the understanding of the importance of food delivery services in supporting the growth and development of MSME businesses. It can be concluded that the data collected from MSME players in Gegerkalong Village, Bandung City, shows the existence of GoFood and ShopeeFood can help develop MSME businesses and increase their income and MSME players can reach consumers outside the area with these platforms.Lanskap bisnis kini sangat berubah karena kemajuan teknologi digital, terutama di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Para pelaku UMKM mampu mengakses pasar yang lebih luas dengan bantuan platform online seperti GoFood dan ShopeeFood. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan manfaat eksistensi GoFood dan ShopeeFood bagi UMKM di Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung. Metode Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data dengan mewawancarai pemilik UMKM yang menggunakan platform distribusi GoFood dan ShopeeFood. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran layanan tersebut memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pendapatan dan perkembangan bisnis UMKM. Selain meningkatkan volume penjualan, layanan ini berperan penting sebagai alat promosi yang efektif. Para pelaku UMKM juga merasakan manfaat lain, seperti kemudahan dalam proses pengiriman, kemampuan untuk fokus pada aspek penting bisnis, serta peningkatan dalam popularitas usaha mereka. Namun, ada kendala yang harus dihadapi, seperti kenaikan biaya komisi dan ketidakpuasan dari pihak pengemudi. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih rinci tentang kontribusi positif layanan GoFood dan ShopeeFood serta kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, memperkuat pemahaman tentang pentingnya layanan pengiriman makanan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis UMKM. Dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan dari para pelaku UMKM di Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung, menunjukkan eksistensi GoFood dan ShopeeFood dapat membantu mengembangkan usaha UMKM dan meningkatkan pendapatan mereka serta para pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen di luar daerah dengan platform ini
HUBUNGAN FLOW STATE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI Ebriyani, Ebriyani; Fadhillah, Saskia Nurul; Sativa, Oryza; Nasir, Fadly Abdullah; Nababan, Heni Pratistha; Hilmiatussadiah, Kinanti Geminastiti; Setiawan, Agung
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2899

Abstract

Maraknya fenomena pembelian impulsif di Indonesia disertai dengan kemunculan e- commerce, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hubungan ketiga faktor flow state pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia. Sebanyak 82 orang yang digunakan sebagai sampel jenuh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan menggunakan teknik sampling jenuh serta pengumpulan data melalui instrumen penelitian kuesioner tertutup pada responden yang pernah melakukan belanja online. Data yang didapat kemudian dianalisis melalui distribusi frekuensi dan penghitungan nilai regresi pada aplikasi excel untuk mengetahui hubungan antara ketiga faktor flow state terhadap perilaku pembelian impulsif Mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya hubungan positif di antara flow state dengan pembelian impulsif yang dapat dibuktikan melalui hasil regresi dengan nilai R2 sebesar 0,4275 atau setara 42,75% yang menunjukkan bahwa perilaku pembelian impulsif dipengaruhi oleh faktor enjoyment, concentration, dan control. Hasilnya menunjukkan faktor enjoyment memiliki hubungan yang berperan besar pada perilaku pembelian impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2023 Universitas Pendidikan Indonesia, sementara itu faktor yang memiliki hubungan yang berperan kecil pada pembelian impulsif adalah concentration karena menurut Wu et al., (2016) mahasiswa cenderung akan lebih mementingkan perasaan senang dan kepuasan ketika berbelanja dibandingkan dengan perhatian terhadap produk dalam berbelanja online. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan indikator pengaruh lain yang memiliki hubungan antara pembelian impulsif serta dapat menggunakan metode penelitian lainnya.
LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KONSUMTIF: ANALISIS LITERASI KEUANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI KALANGAN MAHASISWA Roin, Dzi Annur; Ilham, Muhammad Nazril; Firmansyah, Reinata Luciana; Aviani, Ridha; Firmansyah, Buyung
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 13, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36080/jem.v13i2.2933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dalam pengambilan keputusan di kalangan mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam upaya mengungkap hubungan tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi survei yang diikuti oleh analisis regresi linear berganda untuk mengolah data yang diperoleh dari 96 responden mahasiswa. Pengukuran variabel literasi keuangan dan perilaku konsumtif dilakukan melalui pengisian kuesioner yang menggunakan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa literasi keuangan mempunyai kontribusi sebesar 38% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan, semakin terkendali perilaku konsumtif mahasiswa tersebut. Selain itu, sebesar 62% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini, yang mungkin mencakup faktor psikologis, pengaruh sosial, dan kondisi ekonomi keluarga. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan di universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Terutama terdapat kebutuhan untuk mengintegrasikan program literasi keuangan yang lebih komprehensif ke dalam kurikulum pendidikan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya dilengkapi dengan pengetahuan akademis tetapi juga dengan kemampuan manajemen keuangan yang baik sehingga dapat membantu mereka membuat keputusan konsumtif yang lebih bijak. Penelitian ini juga menyarankan adanya penelitian lebih lanjut yang melibatkan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap dan mendalam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10