cover
Contact Name
Yuwin R. Saleh
Contact Email
yuwinsaleh@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6285240079114
Journal Mail Official
jurnalmadani5@gmail.com
Editorial Address
Pusat Pengabdian pada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo Kampus 1 Jl. Gelatik No. 1, Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah.
ISSN : 20878761     EISSN : 24428248     DOI : https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2600
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah adalah jurnal ilmiah berbasis open-access yang dikelola dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jurnal Madani mempublikasikan hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berbasis riset dengan tema pemberdayaan masyarakat atau kelompok profesi dan komunitas tertentu, pemberdayaan keluarga, pengembangan sekolah/madrasah, penerapan teknologi tepat guna, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, dan pelatihan. Jurnal Madani menerbitkan artikel jurnal dalam dua edisi setiap tahun, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Print ISSN : 2087-8761 E-ISSN: 2442-8248
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 57 Documents
KONSEP SYURA DAN DEMOKRASI DALAM AL-QUR’AN PANDANGAN AKTIVIS KAMMI UIN SUNAN KALIJAGA Ahmad Zaenuri; Nurul Aini Pakaya
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.916 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.714

Abstract

Terdapat perbedaan pandangan dalam menerima konsep demokrasi pada gerakan kemahasiswaan. Sebagian menerima konsep tersebut dan sebagian lagi menolaknya. Penerimaan dan penolakan terjadi, umumnya dikarenakan perbedaan dalam memaknai konsep “syura” dalam al-Qur’an. Penelitian ini membahas pandangan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia dalam memaknai konsep syura dalam al-Qur’an dengan menggunakan teori kritik nalar Arab Muhammad Abid al-Jabiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia memaknai syura identik dengan demokrasi saat ini. Dengan demikian, metode penelaahan yang digunakan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia lebih mendekati pendekatan burhani yang disebut al-Jabiri.
SERTIFIKASI ARAH KIBLAT DI KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH nursodik nursodik
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.4 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.715

Abstract

Di Indonesia, problematika umat mengenai kiblat masih mengakar di masyarakat. Banyak ditemukan masjid dan mushalla yang kiblatnya berbeda. Sebagai akibat perbedaan tersebut sering terjadi perselisihan atau sengketa antar kelompok. Di Kudus, daerah yang terkenal dengan ketokohan falaknya di Indonesia ditemukan adanya permasalahan mengenai sertifikasi arah kiblat yang dilakukan oleh tim Badan Hisab Rukyah Daerah masih mengundang gejolak di tengah masyarakat. Hal ini karena adanya anggapan atau respon remeh dan sikap acuh masyarakat saat pembangunan dan penentuan arah kiblat masjid, musala, ataupun surau. Mereka cenderung menyerahkan sepenuhnya pada tokoh-tokoh dari kalangan yang menjadi figur yang berpengaruh, berkarisma, dan berwibawa diantara mereka. Tulisan ini merupakan hasil pengabdian masyarakat, Dimana sumber data yang ada dalam tulisan ini dari masyarakat langsung, dan wawancara informan. Hasil pengabdian masyarkat ini menunjukan beberapa pandangan dari kalangan masyarakat seperti takmir dan tokoh masyarakat peran dan langkah yang dilakukan oleh tim Badan hisab Rukyah dalam melakukan sertifikasi arah kiblat. Mereka menginginkan adanya proses pendekatan mufakat antar masyarakat, ulama, dan takmir masjid setempat sebelum diadakannya pengukuran arah kiblat.
PEMBERDAYAAN PADA ANAK-ANAK GANG DOLLY DI SMA ARTANTIKA SURABAYA DENGAN METODE ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT Nurul Mahmudah; Supiah supiah
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.499 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas Independen Forum Indonesia Muda Regional Surabaya (baca: Heroes) dengan melakukan Pemberdayaan anak-anak gang dolly dengan melakukan segala upaya fasilitasi yang bersifat non instruktif, guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat, agar mampu mengidentifikasi masalah yang dihadapi, potensi yang dimiliki, merencanakan dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat. Pendampingan ini menggunakan metode pendampingan ABCD (Asset Based Community Development). Hasil penelitian ini adalah Pemberdayaan anak-anak gang Dolly dapat dilakukan melalui lokasi sekolah yang mendukung pembelajaran. Menggunakana Model ABCD yaitu membantu anak mengembangkan potensi mereka masing-masing yang akhirnya memberikan hasil yang sesuai dengan harapan tim pendamping.
PELATIHAN MANAJEMEN DESA DAN PENYUSUNAN SOP PELAYANAN DESA DESA SALILAMA KECAMATAN MANANGGU KABUPATEN BOALEMO Yulia Puspitasari Gobel; Hendra Dukalang
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.534 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.717

Abstract

Berlakunya kebijakan alokasi dana desa menuntut perangkat desa dapat meningkatkan kualitas layanan pemerintahan desa yang lebih baik. Tidak hanya layanan masyarakat, pemerintah desa juga diharapkan mengetahui prinsip dasar administrasi. Melalui pelatihan manajemen desa dan penyusunan standar oprasional prosedur (SOP) diharapkan dapat (1) meningkatkan kualitas SDM (perangkat desa) dalam pelayanan kepada masyarakat (2) Meningkatkan kedisiplinan perangkat pemerintahan desa yang menduduki lembaga yang ada (3) Memaksimalkan kemampuan perangkat desa dalam hal pengolahan data yang tersedia (4) meningkatkan Pola kerja perangkat desa agar tertib dalam administrasi maupun dalam pelaporannya.
PELATIHAN GEOTAGING PERTANAMAN KELAPA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DESA HUIDU UTARA Romansah Wumu
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.436 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.723

Abstract

Kelapa merupakan tree of life karena banyak manfaat yang diperoleh dari tanaman kelapa. Potensi kelapa yang cukup besar di Indonesia mendorong terbentuknya Koalisi Nasional Kabupaten Penghasil Kelapa (KNPK). KNPK bertujuan mengembalikan kejayaan kelapa di Indonesia. Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan terus berupaya mendata potensi kelapa Indonesia. Indikator potensi perkebunan kelapa di suatu wilayah dapat terlihat melalui luas perkebunan dan jumlah kelapa. Sistem Informasi Geografi (SIG) mampu menghitung luas perkebunan dan jumlah pohon kelapa dengan baik dan mudah. Pengabdian masyarakat ini dilakukan kepada masyarakat Desa Huidu Utara dalam pemanfaatan SIG untuk geotaging kelapa serta untuk mengetahui potensi kelapa pada Desa Huidu Utara.
URGENSI PENINGKATAN PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN MAHASISWA PPL PADA MASYARAKAT DESA TERTINGGAL Baso Tola
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.975 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.724

Abstract

Kehidupan manusia yang berperadaban tinggi ditandai oleh tingkat pendidikan manusia yang semakin maju dan modern. Dengan kemajuan intelektualitas manusia, dapat menciptakan berbagai fasilitas untuk mempermudah kehidupan manusia. Kini aktualitas pendidikan semakin dinamis dalam mengembangkan bakat dan minat anak didik sehingga pengembangan pendidikan dikaitkan secara langsung dengan kebutuhan hidup manusia meskipun pada daerah yang sangat tertinggal. Oleh karenanya jika pendidikan dikaitkan secara langsung dengan kebutuhan manusia maka bentuk pengabdian pada masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengangkat kualitas hidup masyarakat yang lebih manusiawi agar kualitas kehidupannya selevel dengan masyarakat lainnya yang telah mapang kehidupannya. Maka dengan demikian, dimana tujuan yang diharapkan dalam peningkatan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat agar pendidikan selalu siap untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan manusia meskipun kondisinya termasuk Desa tertinggal selama yang bersangkutan berusaha sekuat tenaga, karena sejalan misi agama Islam yang diturunkan Allah kepada manusia, proses pendidikan Islam berusaha merealisasikan misi itu dalam tiap pribadi manusia, yaitu pendidikan menjadikan manusia sejahtera dan bahagia. Karena kesejahteraan dan kebahagiaan tergantung individunya menyikapi situasi kebutuhannya, artinya, dia menentukan keberhasilannya, dan nasibnya sangat ditentukan dari usahanya untuk mendapatkan dan meraih keinginannya melalui pendidikan.
REVITALISASI PERPUSTAKAAN; (Upaya Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Pembelajaran Di Iain Sultan Amai Gorontalo) Ampauleng Zaenuddin
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.13 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.725

Abstract

Munculnya berbagai tawaran ide merevitalisasi perpustakaan, tidak lain agar keberadaannya menjadi bagian penting terciptanya budaya baca mahasiswa. Sehingga kampus menjadi tempat strategis menambah pengetahuan ditengah fungsi membaca yang zaman now nihil di masyarakat. Adapun masalah yang dicoba dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam merevitalisasi perpustakaan di IAIN Sultan Amai Gorontalo? (2) Bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di IAIN Sultan Amai Gorontalo, (3) Apa yang menjadi hambatan dalam merevitalisasi perpustakaan di IAIN Sultan Amai Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini; untuk memahami upaya yang dilakukan dalam merevitalisasi perpustakaan di IAIN Sultan Amai Gorontalo; untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber pembelajaran di IAIN Sultan Amai Gorontalo, dan untuk menganalisis persoalan yang menjadi hambatan dalam merevitalisasi perpustakaan di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif (Qualitative Research) pendekatan deskriptif (Deskriptif Research. Penelitian ini menegaskan perlunya revitalisasi perpustakaan guna sesuai dengan perkembangan perpustakaan modern, juga menghilangkan pemahaman perpustakan di IAIN dengan koleksi buku yang minim, kedaluarsa dan ruangan yang tak representatif. Selain itu juga masalah sarana dan prasarana dan juga SDM pustakawan. Perpustakaan IAIN harusnya menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan pada sema bidang studi.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM TRADISI MO ME’RAJI (STUDI ETONOGRAFI DI GORONTALO) Susanti Tangahu
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 1 (2018): MADANI Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1250.246 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i1.726

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian etnografi yang membahas tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian yang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dari berbagai masyarakat atau kelompok. Peneliti mencatat semua fenomena menarik yang dijumpai selama perjalanannya, antara lain berisi tentang adat istiadat, susunan masyarakat, bahasa dan ciri-ciri fisik dari suku Gorontalo. Sumber data yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh adat, perempuan sebagai wakil (sampel) masyarakat Gorontalo yang melaksanakan secara tradisional, menerima tapi tidak melaksanakan dan masyarakat yang tidak melaksanakan, sementara dalam menganalisis data ini penulis menggunakan teori diagram Spradley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perayaan Isra’ mi’raj secara tradisional dalam catatan sejarah seiring masuknya ajaran Islam di Gorontalo, Cerita perjalanan Isra’ M’iraj Rasulullah s.a.w., ditulis dengan aksara Arab Kawi (pegon) dibaca dengan berbahasa Gorontalo yang selalu diperingati pada Bulan Rajab. Tradisi ini dilakukan oleh Masyarakat Gorontalo secara Nasional dan Tradisional, sedangkan sikap masyarakat tentang peayaan tradisional ini ada yang menerima dan melaksanakan, menerima tetapi tidak melaksanakan serta masyarakat yang menolak acara peringatan secara tradisional. Sedangkan Nilai-nilai Pendidikan Islam yang tertuang dalam pelaksanaan peringatan secara tradisional ini meliputi nilai Ubudiyah, Religi, Budaya, Toleran dan Humanis.
PEMBENTUKAN IDENTITAS KEAGAMAAN MAHASISWI BERCADAR DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI GORONTALO Sriwahyuningsih R. Saleh; Nurul Aini Pakaya; Chaterina Putri Doni
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 2 (2019): Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.747 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i2.915

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap proses pembentukan identitas keagamaan mahasiswa bercadar di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang ada di Gorontalo. Dengan menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologis, penelitian ini diharapkan akan diperoleh informasi yang akurat terhadap pembentukan identitas keagamaan mahasiswa bercadar dimaksud. Adapun kampus yang akan menjadi obyek penelitian yaitu IAIN Sultan Amai Gorontalo sebagai satu-satunya PTAIN yang ada di Gorontalo. Metode perolehan datanya dilakukan dengan tiga cara. Pertama, melakukan wawancara mendalam dengan mahasiswa bercadar yang berada di IAIN Sultan Amai Gorontalo, unsur pimpinan dan dosen yang terkait. Kedua, melakukan observasi terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan yang selalu diikuti, khususnya kegiatan di luar kampus. Ketiga, melakukan telaah dokumen terhadap bacaan-bacaan yang sekiranya turut membentuk identitas keagamaan mahasiswa. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan akan menghasilkan satu publikasi ilmiah yang dapat memberikan informasi seputar pembentukan identitas keagamaan mahasiswa bercadar pada perguruan tinggi agama Islam negeri umumnya dan di kawasan Gorontalo khususnya.
ANALISIS PENGEMBANGAN PERILAKU DAMAI DIKALANGAN REMAJA TINGKAT SMA SE-KABUPATEN GORONTALO Chaterina Putri Doni; Nurul Aini Pakaya; Sriwahyuningsih R. Saleh
Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah Vol. 1 No. 2 (2019): Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah
Publisher : LP2M IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.316 KB) | DOI: 10.30603/md.v1i2.981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pengembangan perilaku damai di kalangan reaja tingkat SMA se Kabupaten Gorontalo. Untuk mencapai tujuan tersebut, tahun ini peneliti melakukan penelitian analisis pengembangan perilaku damai di kalangan remaja tingkat SMA se Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di sepuluh SMA Kabupaten Gorontalo, terdiri dari tujuh SMA negeri dan tiga SMA swasta. Menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologis,. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI diambil dari sepuluh SMA Negeri dan Swasta sebagai representasi dari populasi siswa SMA kelas XI yang ada di SMA Kabupaten Gorontalo. Data diperoleh dengan metode kuesioner yang didistribusikan kepada 100 responden mengenai analisis pengembangan perilaku damai remaja tingkat SMA se Kabupaten Gorontalo. Data kemudian di analisis dengan menggunakan tekhnik Content Analysis untuk mengetahui pengembangan perilaku reamaja tingkat SMA se Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Remaja memiliki konsep yang beragam tentang perilaku damai. Konsep yang dikembangkan mulai dari aspek cara berinteraksi satu sama lain, dilihat dari efek yang ditimbulkan dari perilakunya, dan dilihat dari segi kondisi yang dimilikinya. Perilaku damai kalangan remaja mencakup berilaku diri sendiri dan perilaku yang ditujukan kepada orang lain, baik yang bersifat protektif maupun promotif. Yang tercakup dalam perilaku damai segenap perilaku yang individu sendiri merasa nyaman tidak menimbulkan masalah dalam masyarakat, dan perilaku-parilaku yang menyuburkan persahabatan di antara remaja. Pengertian ini memberi implikasi teoritik, bahwa pengembangan perdamaian di kalangan remaja dapat dibentuk dari yang sifat­nya preventif antisipatif hingga usaha-usaha peningkatan perdamaian di kalangan mereka. Usaha yang dilakukan secara langsung dapat memberikan peningkatan pemahaman dan pengembangan perilaku kepada remajatingakat SMA.