cover
Contact Name
Saiful Amin
Contact Email
dinamikasosial@uin-malang.ac.id
Phone
+6285815388569
Journal Mail Official
dinamikasosial@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Jalan Gajayana No.50, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
ISSN : -     EISSN : 28284763     DOI : -
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan jurnal berkala ilmiah yang mempublikasikan artikel hasil penelitian tugas akhir mahasiswa di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial" : 12 Documents clear
METODE PEMBELAJARAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Firda Nur Rofiqoh; Abdul Bashith
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2080

Abstract

In the learning process, learning motivation is needed in students because motivation plays an important role in the success of the learning carried out, there are 2 factors, namely intrinsic which comes from oneself and extrinsic with outside help. In addition, there is a learning component that affects student learning outcomes, namely the learning method used by the teacher in delivering the subject matter so that the desired learning objectives are achieved. Especially social studies lessons that seem boring, the teacher's job is to choose methods that can increase students' learning motivation. The focus of this research is: what learning methods are applied by social studies teachers to increase students' learning motivation. This research uses a descriptive qualitative method. The data collection technique was through observation, interviews, and documentation, with the resource persons being the homeroom teacher of class VIII, social studies teacher, junior high school assistant, and several students of class VIII, then analyzing the data using miles and huberman. The results showed that: Students' learning motivation in participating in social studies learning is influenced by intrinsic motivation and extrinsic motivation, social studies teacher learning methods in class VIII vary, namely the lecture method, question and answer method, discussion method, inquiry method, and assignment method. Then the social studies teacher's obstacles in increasing students' learning motivation depend on the students themselves, namely the lack of awareness of student learning and understanding of learning objectives, as well as factors from peer association. Abstrak Dalam proses pembelajaran, motivasi belajar dibutuhkan pada diri siswa karena motivasi berperan penting dalam mensukseskan pembelajaran yang dilakukan, terdapat 2 faktor yaitu intrinsik yang berasal dari diri sendiri dan ekstrinsik dengan bantuan luar dirinya. Selain itu terdapat komponen belajar yang berpengaruh pada hasil belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Terkhusus pelajaran IPS yang terkesan sebagai pelajaran yang membosankan, tugas guru harus memilih metode yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun fokus dalam penelitian ini yaitu: metode pembelajaran apa saja yang diterapkan guru IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan narasumber yaitu wali kelas VIII, guru IPS, pendamping kamar SMP, dan beberapa siswa kelas VIII, kemudian menganalisis data menggunakan miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS dipengaruhi oleh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, metode pembelajaran guru IPS di kelas VIII bervariasi yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode inkuiri, dan metode penugasan. Kemudian hambatan Guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tergantung pada diri siswa tersebut yaitu kurangnya kesadaran belajar siswa dan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran, serta faktor dari pergaulan teman sebaya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS Siti Zulaihah; Aniek Rahmaniah
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2098

Abstract

The low understanding of students in social science subject matter due to the use of learning models that are not suitable for students, if this is left alone, it will affect the low interest in learning students so that the learning outcomes are also less satisfactory. The purpose of this study is to determine: (1) planning a direct instruction learning model on social science subjects in MTs Muhammadiyah 09 Weru, Paciran, Lamongan; (2) the application of direct instruction learning models to improve student interest and learning outcomes; (3) inhibiting factors in increasing student interest and learning outcomes using a direct instruction learning model. The method used is descriptive qualitative. The data collection technique uses observation, interview and documentation techniques. The results showed that the application of the direct instruction learning model was able to increase students' interest and learning outcomes in social science subjects. The increase in students' interest in learning is in accordance with the indicators of interest in learning, namely the feeling of liking; active participation in activities; paying more attention without anyone telling, as well as learning outcomes as evidenced by an increase in competency test scores. The increase in interest and learning outcomes also does not escape the inhibiting factors such as the less strategic state of the classroom, as well as interference from friends outside the classroom. Abstrak Rendahnya pemahaman siswa pada materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial karena penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan siswa, jika hal tersebut dibiarkan saja maka akan berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa sehingga hasil belajarnya juga kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Muhammadiyah 09 Weru, Paciran, Lamongan; (2) penerapan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa; (3) faktor penghambat dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran direct instruction. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran direct instruction mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Peningkatan minat belajar siswa sudah sesuai dengan indikator dari minat belajar yaitu perasaan lebih menyukai; partisipasi aktif dalam kegiatan; memberi perhatian lebih tanpa ada yang menyuruh, begitupun dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan nilai uji kompetensi. Dalam peningkatan minat dan hasil belajar juga tak luput dari faktor penghambatnya seperti keadaan ruang kelas yang kurang strategis, serta gangguan dari teman luar kelas.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Dwi Rofifah; Ali Nasith
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2100

Abstract

Learning outcomes are results achieved by students after carrying out learning activities. Student learning outcomes are influenced by factors from within students (internal) and outside students (externals). The parenting style of parents is an external factor, while student learning discipline is an internal factor. The aims of this study were to: (1) explain whether or not there was an effect of parenting on student learning outcomes in social studies subjects for class VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya, (2) to explain the effect of student learning discipline on student learning outcomes in social studies subjects in class. VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya and (3) explaining the influence of parenting patterns and student learning discipline on student learning outcomes in social studies subjects for class VIII at SMP Negeri 1 Arosbaya. Both positively significant and negatively significant. The research method, using a quantitative research approach. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The population is 239 class VIII students at SMP Negeri 1 Arosbaya with a sample of 149 students using the Yamane formula. The data analysis technique used multiple linear regression, coefficient of determination and hypothesis testing (t test and F test). The results of the study partially showed that the parenting style variable had a significant negative effect on student learning outcomes with a significance level of 0.009 < 0.05. The student learning discipline variable shows that there is a significant positive effect on student learning outcomes with a significance level of 0.038 < 0.05. Meanwhile, simultaneously parenting patterns and student learning discipline affect student learning outcomes have a significant positive with a significance level of 0.020 < 0.05. The coefficient of determination (R Square) is 0.052 (5.2%) and the remaining 94.8% is influenced by other factors not included in this study. Abstrak Hasil belajar merupakan suatu hasil yang dicapai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor dari dalam siswa (internal) dan luar siswa (eksternal). Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor eksternal sedangkan kedisiplinan belajar siswa merupakan salah satu faktor internal. Tujuan penelitian ini untuk: (1) menjelaskan ada atau tidak pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya, (2) menjelaskan pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya dan (3) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya. Baik secara positif signifikan maupun negatif signifikan. Metode penelitian, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi berjumlah 239 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Arosbaya dengan pengambilan sampel sebesar 149 siswa menggunakan rumus yamane. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian, secara parsial menunjukkan bahwa variabel pola asuh orang tua ada pengaruh negatif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009 < 0,05. Variabel kedisiplinan belajar siswa menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikansi sebesar 0,038 < 0,05. Sedangkan secara simultan pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikansi sebesar 0,020 < 0,05. Adapun nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,052 (5,2%) dan sisanya sebesar 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTSN 1 KOTA MALANG Aisyah Agustin Wahyudi; Muhammad Miftahusyai'an
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2117

Abstract

Character education is the foremost guard in shaping the character of students. However, because character education at this time has begun to fade and the values of Pancasila are rarely practiced in everyday life. Especially related to the phenomenon of intolerance that is rife in the world of education lately as well as the occurrence of bullying and threats of radicalism. Therefore, it is necessary to improve in terms of inculcating an attitude of tolerance in students, especially the younger generation. The focus of the research in this study is how to cultivate an attitude of tolerance in students at MTsN 1 Malang City through the Pancasila Student Profile. The approach used is descriptive type. The data collection technique uses observation, interview and documentation techniques, with sources namely school principals, social studies teachers, PPkn teachers, head of class 8M and chairman of the student council. The results of the study indicate that in an effort to inculcate an attitude of tolerance through the Pancasila Student Profile, the following activities are carried out in the first point. Have faith, fear God Almighty and have noble character, make it a habit to oblige students to pray in congregation which includes dhuha prayer, dhuhur prayer, asr prayer, and Friday prayer. The second point of Independence is the application of the SKS System. Furthermore, Critical Reasoning with the KIR class (Adolescent Scientific Work). Be creative by making art from used items such as used bottles, plates, tote bags, cardboard and other used items. Fifth, Global Diversity with the existence of a student exchange program. Lastly, Gotong Royong, there is community service for non-osis and student council members and there are social service activities carried out by students from one of the 8M grades. While the obstacles are caused by internal factors or within students and external factors, namely the covid-19 pandemic. The solution is to always be guided and control the students so that they have a high tolerance attitude. The role of parents and teachers is very important in working together in inculcating an attitude of tolerance and global diversity in students.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MTs. ALMAARIF 01 SINGOSARI Alfa Aulia Mariani; Imam Wahyu Hidayat
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2955

Abstract

The aims of this study were to: 1) determine the effect of study habits on student achievement; 2) knowing the effect of interest in learning on student achievement; and 3) determine the effect of study habits and interest in learning on student achievement. This study uses a quantitative approach with a correlational type. The population in this study were class VIII students, totaling 358 students with a total sample of 189 students. The technique of collecting data on study habits and interest in learning is in the form of distributing questionnaires, while learning achievement is obtained through documentation of even semester PTS scores. The data analysis technique used included multiple linear regression analysis, T test, and F test. The results showed that 1) there was no effect between study habits on student achievement (p=0.610 > α=0.05); 2) there is an influence between learning interest on student achievement (p=0.003 < α=0.05); and 3) there is an influence between students' learning habits and students' learning interest on student achievement (p=0.003 > α=0.05). Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan 3) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 358 siswa dengan jumlah sampel 189 siswa. Teknik pengumpulan data kebiasaan belajar dan minat belajar berupa penyebaran angket, sedangkan prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi nilai PTS semester genap. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linear berganda, Uji T, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa (p=0,610 > α=0,05); 2) terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa (p=0,003 < α=0,05); dan 3) terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (p=0,003 > α=0,05).
PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI SISWA PADA PELAJARAN IPS Calvin Achmad Noer Rizky; Saiful Amin
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2967

Abstract

Students' high interest in reading is important in improving the quality of education in Indonesia. The high interest in reading among students is determined by the use of the library as a learning resource. This study aims to 1) determine the effect of reading interest on learning achievement; 2) knowing the effect of using the library on learning achievement; and 3) knowing the effect of reading interest and library utilization on learning achievement. Quantitative approach is used in this research with correlational type. The population is 357 students, the sample is 189 students using random sampling technique. Data collection techniques by distributing questionnaires to students and documentation. The data analysis used is multiple linear regression analysis. The population in this study amounted to 357 students in class VIII MTs. Almaarif 01 Singosari, while a sample of 189 students was taken using a random sampling technique. Data collection techniques by distributing questionnaires to students. The data analysis used is multiple linear regression analysis. The results showed that 1) there was no significant effect between reading interest and learning achievement, with a significant value of p = 0.797 > α = 0.05; 2) there is no significant influence between the use of the library on learning achievement, with a significant value of p = 0.833 > α = 0.05; and 3) there is a significant positive effect between reading interest and library utilization on learning achievement, with a significant value of p = 0.004 < α = 0.05. Abstrak Minat baca siswa yang tinggi merupakan hal yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Tingginya minat baca siswa salah satunya ditentukan oleh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar; 2) mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar; dan 3) mengetahui pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis korelasional. Populasi berjumlah 357 siswa, sampel berjumlah 189 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 357 siswa di kelas VIII MTs. Almaarif 01 Singosari, sedangkan sampel berjumlah 189 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel minat baca terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,797 > α = 0,05; 2) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,833 > α = 0,05; dan 3) terdapat pengaruh secara signifikan positif antara minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,004 < α = 0,05.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MTs. ALMAARIF 01 SINGOSARI Alfa Aulia Mariani; Imam Wahyu Hidayat
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2306

Abstract

The aims of this study were to: 1) determine the effect of study habits on student achievement; 2) knowing the effect of interest in learning on student achievement; and 3) determine the effect of study habits and interest in learning on student achievement. This study uses a quantitative approach with a correlational type. The population in this study were class VIII students, totaling 358 students with a total sample of 189 students. The technique of collecting data on study habits and interest in learning is in the form of distributing questionnaires, while learning achievement is obtained through documentation of even semester PTS scores. The data analysis technique used included multiple linear regression analysis, T test, and F test. The results showed that 1) there was no effect between study habits on student achievement (p=0.610 > α=0.05); 2) there is an influence between learning interest on student achievement (p=0.003 < α=0.05); and 3) there is an influence between students' learning habits and students' learning interest on student achievement (p=0.003 > α=0.05). Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa; dan 3) mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 358 siswa dengan jumlah sampel 189 siswa. Teknik pengumpulan data kebiasaan belajar dan minat belajar berupa penyebaran angket, sedangkan prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi nilai PTS semester genap. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis regresi linear berganda, Uji T, dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa (p=0,610 > α=0,05); 2) terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa (p=0,003 < α=0,05); dan 3) terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (p=0,003 > α=0,05).
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS RUMAH Siti Dewi Sartika; Yhadi Firdiansyah
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2477

Abstract

The purpose of this study was to (1) the influence of self-study against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject, (2) parent’s attention against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject, and (3) the influence of self-study and parent’s attention against the student’s ability in doing their homework for Social Science subject. This study uses a quantitative research with the type of correlation research. The population used were all students and parents of MTs NU Pakis and the samples used were 64 students and 64 parents. The analysis technique used is the classical assumption test in the form of normality test, heteroscedasticity test, and multicollinearity test with hypothesis testing in the form of t test and f test. The results showed 1) the influence self-study has a significant positive effect on student’s ability to do homework; 2) parent’s attention has a significant positive effect on student’s ability to do homework; 3) the influence of self-study and parent’s attention has a significant positive effect on the student’s ability in doing their homework. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS, (2) menjelaskan pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS, dan (3) menjelaskan pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dan orang tua MTs NU Pakis dan sampel yang digunakan adalah 64 siswa dan 64 orang tua. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas dengan uji hipotesis berupa uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan 1) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah, 2) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah, 3) kemandirian belajar dan perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas rumah.
PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI SISWA PADA PELAJARAN IPS Calvin Achmad Noer Rizky; Saiful Amin
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2621

Abstract

Students' high interest in reading is important in improving the quality of education in Indonesia. The high interest in reading among students is determined by the use of the library as a learning resource. This study aims to 1) determine the effect of reading interest on learning achievement; 2) knowing the effect of using the library on learning achievement; and 3) knowing the effect of reading interest and library utilization on learning achievement. Quantitative approach is used in this research with correlational type. The population is 357 students, the sample is 189 students using random sampling technique. Data collection techniques by distributing questionnaires to students and documentation. The data analysis used is multiple linear regression analysis. The population in this study amounted to 357 students in class VIII MTs. Almaarif 01 Singosari, while a sample of 189 students was taken using a random sampling technique. Data collection techniques by distributing questionnaires to students. The data analysis used is multiple linear regression analysis. The results showed that 1) there was no significant effect between reading interest and learning achievement, with a significant value of p = 0.797 > α = 0.05; 2) there is no significant influence between the use of the library on learning achievement, with a significant value of p = 0.833 > α = 0.05; and 3) there is a significant positive effect between reading interest and library utilization on learning achievement, with a significant value of p = 0.004 < α = 0.05. Abstrak Minat baca siswa yang tinggi merupakan hal yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Tingginya minat baca siswa salah satunya ditentukan oleh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar; 2) mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar; dan 3) mengetahui pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis korelasional. Populasi berjumlah 357 siswa, sampel berjumlah 189 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 357 siswa di kelas VIII MTs. Almaarif 01 Singosari, sedangkan sampel berjumlah 189 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan angket kepada siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel minat baca terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,797 > α = 0,05; 2) tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,833 > α = 0,05; dan 3) terdapat pengaruh secara signifikan positif antara minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar, dengan nilai signifikan p = 0,004 < α = 0,05.
HISTORIOGRAFI MASA KINI: MENGISI RUANG KOSONG Rika Inggit Asmawati
Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1 (2023): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/dsjpips.v2i1.2625

Abstract

The history of historical writing in Indonesia is interesting to observe. This is because the history of writing Indonesian history continues to experience development. One of the developments in Indonesian historiography is how Indonesia-centric historiography is not only dominated by narratives of political history. The dominance of political history narratives in Indonesian historiography also influences the study of Indonesian national history. In fact, the past life of the Indonesian people was not only dominated by political life. At present, Indonesian historiography tries to provide space for historical studies that are not only dominated by political history, one of which is by presenting the history of everyday life. This is a first step for historians to present a more complete and thorough narrative of the past. However, writing the history of everyday life raises other challenges, one of which is that the use of conventional historical sources usually does not present narratives of everyday life. For that, it is necessary to use unconventional historical sources. Abstrak Sejarah penulisan sejarah di Indonesia menarik untuk dicermati. Hal ini dikarenakan sejarah penulisan sejarah Indonesia (Historiografi Indonesiasentris) terus mengalami perkembangan. Salah satu perkembangan yang terjadi dalam historiografi Indonesia adalah bagaimana historiografi Indonesiasentris tidak hanya didominasi narasi sejarah politik. Dominasi narasi sejarah politik dalam historiografi Indonesia ini turut berpengaruh terhadap kajian sejarah nasional Indonesia. Padahal, kehidupan masa lalu bangsa Indonesia tidak hanya didominasi oleh kehidupan politik saja. Di masa kini, historiografi Indonesia berusaha memberikan ruang terhadap kajian sejarah yang tidak hanya didominasi sejarah politik saja, salah satunya dengan menghadirkan sejarah kehidupan sehari-hari. Ini adalah sebuah Langkah awal dari para sejarawan untuk menghadirkan narasi masa lalu yang lebih lengkap dan menyeluruh. Namun, menulis sejarah kehidupan sehari-hari ternyata menimbulkan tantangan permasalahan lain, salah satunya adalah penggunaan sumber sejarah konvensional biasanya tidak menghadirkan narasi kehidupan sehari-hari. Untuk itu, diperlukan penggunaan sumber sejarah yang tidak konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 12