cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019" : 4 Documents clear
ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR Santi Kusuma Dewi
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan pengurus Gugus Mawar, efesiensi dalam pelaksaan kegiatan dan memotivasi setiap anggota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir dengan jumlah lembaga 8 PAUD dan jumlah Guru 27 orang, subjek penelitian yaitu Ketua, dan Sekretaris. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi langsung (participantobserver) ke Gugus Mawar untuk mengamati bagaimana meningkatkan program bergugus guru PAUD di Kecamatan Rumbai Pesisir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kegiatan pelaksanaan program Gugus PAUD tiga bulan kegiatan terlaksana dengan baik. Pada pelaksanaan program di bulan Oktober yaitu“ Membuat brus bajud ari kain perca”. Guru yang hadir 60% dan menyelesaikan tugas 40 % yang tidak 20%. Pada pelaksanaan program di bulan November yaitu ”APE dari botol aqua bekas “. Guru yang hadir 85% dan yang menyelesaikan kegiatan 83 % , permisi 2 %. Pada pelaksanaan program di bulan Desember dengan yaitu“ Sosialisasi Penilaian ke Buku Narasi” dengan guru yang hadir 95%. Program Gugus Guru PAUD Mawar sudah terbentuk dan tersusun sesuai dengan program yang disusun secara bersama oleh pengurus,anggota,pengawas dan pemilik. Hanya saja pelaksanaan program di lapangan berjalan dan di ikuti seluruh anggota gugus.
ANALISIS INTERIOR KELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TK AL-HUSNA PEKANBARU Herwina
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan interior kelas sebagai media pembelajaran di TK Al-Husna Pekanbaru, penelitian ini di fokuskan pada Kurangnya elemen dinding kelas hanya terdiri dari satu warna yaitu kuning..Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang yaitu satu guru kelas dan juga Kepala Sekolah. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran, interior kelas dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran dan selalu mengaitkan interior kelas dengan tema pembelajaran yang berlangsung di sentra masing-masing kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan mengenai analisis interior kelas sebagai media pembelajaran di TK Al-Husna Pekanbaru maka dapat diambil kesimpulan bahwa desain interior kelas sudah memberikan kontribusi yang positif dalam proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Kontribusi yang positif tersebut didapatkan melalui pengaruh-pengaruh yang ditimbulkan dari interior kelas.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TK NEGERI PEMBINA PANGKALAN KERINCI Susi Herlinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kompetensi Kepribadian Guru Di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada guru yang ada di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci dan untuk dimana guru sebagai sampel untuk melihat hubungan kepemimpian kepala sekolah dengan kompetensi kepribadian guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t menunjukkan bahwa koefisien regresi bertanda positif. Dari nilai koefesien tersebut dapat dijelaskan bahwa Variabel (X) yaitu kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kompetensi kepribadian guru (Y) dengan nilai regresi 0,541 dan nilai t hitung sebesar 2,876 lebih besar dari t tabel dari n:22 sebesar 2,076 dengan tingkat signifikansi 0,009. artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi kepribadian guru di TK Negeri Pembina Pangkalan Kerinci. Artinya dengan semakin tinggi kepemimpinnan kepala sekolah maka kompetensi kepribadian guru akan semakin tinggi pula
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN Nopa Wilyanita
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun Di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memberikan perlakuan terhadap variabel penelitian (variabel bebas), kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian (variabel terikat). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yaitu sebanyak 1 kelas yaitu 17 orang anak yang terdapat pada kelas B2 yang berusia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Media gambar memiliki pengaruh sebesar 29,1% terhadap kemampuan bahasa arab anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Petapahan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Hal ini menunjukkan nilai 29,1% tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Nilai ini diperoleh dari nilai pre test dan post test. Dimana jumlah skor yang diperoleh dalam pre test sebesar 325 dengan nilai persentase sebesar 47,8%, dan jumlah skor yang diperoleh dalam post test sebesar 523 dengan nilai persentase sebesar 76,9%. Maka besar pengaruh media gambar terhadap kemampuan bahasa arab adalah 76,9% - 47,8% = 29,1%.

Page 1 of 1 | Total Record : 4