cover
Contact Name
Kemala Hayati
Contact Email
kemalahayati1982@gmail.com
Phone
+6281360166220
Journal Mail Official
jurnal.tameh@unmuha.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Aceh JL. Muhammaddiyah No. 91. Desa Bathoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh 23245
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Tameh : Journal of Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27985601     DOI : https://doi.org/10.37598/tameh
Core Subject : Social, Engineering,
Tameh merupakan Jurnal online yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Tameh berkomitmen untuk kemajuan pengetahuan ilmiah dan temuan penelitian dari karya ilmiah. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang keilmuan Teknik Sipil. Jurnal Tameh diharapkan dapat memberi kontribusi kepada mahasiswa, peneliti, engineer, dan praktisi serta para ilmuwan. Jurnal Tameh ini diterbitkan secara berkala 2 (dua) edisi per tahun pada bulan Juni dan Desember, dengan meliputi bidang keilmuan adalah Structural Engineering, Water Resources Engineering,Transportation Engineering,Geotechnical Engineering,Construction Engineering & Management,Disaster Mitigation.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering" : 6 Documents clear
Evaluasi Kinerja pada Ruas Jalan Hasan Saleh Neusu Kota Banda Aceh Wahyu, Wahyu Andira; Tamalkhani Syammaun; Rifki Hidayat
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/10.37598//tameh.v14i1.201

Abstract

Salah satu lokasi rawan kemacetan di Kota Banda Aceh adalah ruas Jalan Hasan Saleh, Kecamatan Baiturrahman, yang merupakan pusat perbelanjaan berupa pasar tradisional dan kawasan pertokoan. Faktor seperti parkir di tepi jalan (On-Street Parking) dan keberadaan pedagang kaki lima (PKL) menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan, diperparah oleh peningkatan volume kendaraan yang menurunkan kinerja ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas dalam kondisi eksisting dan mengevaluasi tingkat pelayanan di ruas Jalan Hasan Saleh menggunakan metode (MKJI) 1997). Hasil penelitian menunjukkan volume lalu lintas puncak terjadi pada hari Minggu pukul 17.00–18.00 WIB sebesar 1254 smp/jam, serta pada hari Sabtu dan Senin pukul 07.00–08.00 WIB masing-masing sebesar 1369 smp/jam dan 1576 smp/jam. Hambatan samping tertinggi tercatat pada hari Senin sebesar 1010 kend/jam (kelas sangat tinggi/very high). Berdasarkan indikator Level of Service (LOS), nilai derajat kejenuhan tertinggi tercatat pada hari Senin dengan DS = 0,78, tergolong dalam kelas C menurut MKJI 1997, yang menunjukkan arus stabil namun dipengaruhi oleh volume lalu lintas. Hal ini mengindikasikan perlunya upaya perbaikan untuk meningkatkan kinerja jalan di kawasan tersebut.
Tinjauan Rencana Anggaran Pelaksanaan Pekerjaan Lean Concrete dan Rigid Pavement pada Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 1 Sta. 24+000 S/D 25+000 AMRI, ZAQIUL; Dian Kurniasari, Febrina; Ariansyah , Dedek
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v14i1.254

Abstract

Proyek Jalan Tol Ruas Sigli – Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans-Sumatera yang terletak di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie. Jalan tol ini memiliki panjang 74 km dengan konfigurasi 2 jalur 4 lajur lalu lintas dengan jenis perkerasan kaku (rigid pavement) memiliki lebar lajur 3,6 m,  bahu dalam 1,5 m, bahu luar 3 m, median jalan sebesar 2,5 m, dan bahu yang diaspal 2,5 m. Metode kontruksi utama yang digunakan adalah lean concrete (tebal 10 cm) dan rigid pavement (tebal 30 cm). Pada setiap proyek kontruksi diperlukan adanya manajemen perencanaan yang baik untuk menghitung rencana anggaran pelaksanaan (RAP) pada setiap item pekerjaan harus sesuai dengan yang dilakukan dilapangan. Namun pada proyek jalan tol ini, setelah dilakukan perhitungan kembali terdapat perbedaan volume pada pekerjaan lean concrete dan rigid pavement yang mengakibatkan deviasi biaya dan waktu pelaksanaan yang berubah. Oleh karena itu, penulis mengangkat permasalahan ini yang bertujuan untuk menghitung volume dan biaya aktual lapangan khususnya pekerjaan lean concrete dan rigid pavement pada proyek jalan tol ruas Sigli – Banda Aceh seksi 1 sta 24+000 s/d 25+000 sesuai dengan gambar rencana (shop drawing). Metode yang digunakan adalah perhitungan volume dengan metode konvensional yang mengacu pada AHSP 2023. Adapun hasil penelitian ini penulis mendapatkan total biaya RAP yaitu sebesar Rp. 6.694.312.968,58 dan  total biaya RAB yaitu sebesar Rp. 7.171.242.560. Berdasarkan total biaya RAP dan RAB, maka didapatkan selisih sebesar Rp. 476.929.591,42 dengan persentase 6,65%. dan durasi waktu pelaksanaan pekerjaan lean concrete dan rigid pavement adalah selama 45 hari.
Studi Eksperimental Kuat Tarik Belah High Early Strength Concrete (HESC) dengan Penambahan Abu Cangkang Sawit(Persentase 0%,3%,5%,7% untuk Mutu Beton 25 Mpa) Rahman, Aulia; Putri, Cut Nadia
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v14i1.259

Abstract

Aceh Barat menghasilkan kelapa sawit sebanyak dengan jumlah limbah cangkang sawit mencapai 1,8 juta ton/tahun. Pemanfaatan dan solusi terhadap limbah cangkang sawit dapat dilakukan dengan pembakaran cangkang sawit pada suhu tinggi hingga menjadi abu. Abu sawit mengandung sejumlah silika dan memiliki kualitas pozzolan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan abu cangkang sawit dan silicafume pada campuran  High Early Strength Concrete (HESC) terhadap besarnya nilai kuat tarik belah maksimum beton. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental laboratotium American Concrete Institute (ACI). Komposisi benda uji yaitu  menggunakan beton normal (BN) beton abu cangkang sawit (BCS) dengan persentase 3%, 5%, dan 7% ditambah silica fume 1,5% terhadap berat semen. Benda uji menggunakan silinder diameter 150 mm x 300 mm berjumlah 12 buah. Hasil kuat tarik belah beton maksimum umur 7 hari sebesar 2,548 MPa benda uji BN, nilai minimum sebesar 2,453 MPa benda uji BCS 3% dan BCS 5%. Pada umur 28 hari kuat tarik belah beton maksimum sebesar 3,020 MPa benda uji BCS 3%, nilai minimum sebesar 2,548 MPa benda uji BCS 5%. Berdasarkan hasil pengujian di lakukan dapat disimpulkan bahwa penambahan abu  dan analisis yang cangkang sawit dan silica fume pada campuran beton dapat meningkatkan kuat tarik belah beton rata-rata. Seiring berjalannya waktu disebabkan pengaruh persentase abu cangkang yang bersifat pozzolan dan adiktif silica fume.  
Analisis Pengaruh Percepatan Lintasan Kritis Terhadap Durasi dan Biaya Proyek dengan Menggunakan CPM Soviana, Widya; Muhammad Iqbal; Eva Herlina
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598//tameh.v14i1.268

Abstract

Pelaksanaan proyek konstruksi memerlukan penjadwalan yang terstruktur guna meminimalkan risiko keterlambatan. Penjadwalan proyek berperan penting dalam merinci progres pembangunan dari aspek durasi, anggaran, kinerja, tenaga kerja, material, hingga peralatan. Dalam praktiknya, sering muncul risiko keterlambatan akibat faktor-faktor tak terduga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur jaringan kerja serta membandingkan durasi dan biaya proyek sebelum dan sesudah dilakukan percepatan menggunakan metode Critical Path Method (CPM). Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi aktivitas-aktivitas utama yang menentukan waktu penyelesaian proyek dan untuk mengevaluasi fleksibilitas dalam penjadwalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (kuantitatif dan kualitatif) dengan teknik analisis deskriptif dan komparatif. Data yang dianalisis mencakup time schedule dan Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang menjadi acuan dalam membandingkan kondisi awal dan hasil percepatan proyek. Temuan penelitian mencakup penyusunan Work Breakdown Structure (WBS), penetapan kode kegiatan, identifikasi ketergantungan antar pekerjaan, perencanaan jaringan kerja, penentuan lintasan kritis, serta strategi percepatan melalui penambahan sumber daya kerja dan evaluasi pembiayaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode CPM mampu mengurangi durasi proyek sebesar 42 hari (10,769%), dari semula 364 hari menjadi 322 hari, tanpa menimbulkan peningkatan biaya, yakni tetap sebesar Rp. 8.055.013.628,53. Dengan demikian, metode CPM terbukti efektif dalam mengoptimalkan penjadwalan dan pengendalian waktu pelaksanaan proyek konstruksi melalui identifikasi lintasan kritis.
KARAKTERISTIK MARSHALL AC-WC MENGGUNAKAN SUBSTITUSI ABU TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI FILLER Iqbal, Deni; Kumita, Kumita; Munandar, Aris
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v14i1.272

Abstract

Jalan dibangun bertujuan sebagai penghubung antara satu wilayah dengan wilayah laiinnya. Banyak kerusakan jalan yang  disebabkan oleh kurang  baiknya  mutu material yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, sekarang banyak diteliti bahan tambah dari material-material lokal untuk memodifikasi sifat-sifat aspal dalam campuran laston sehingga dapat meningkatkan stabilitas perkerasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai karakteristik Marshall jika digunakan bahan tambah lokal yang diambil dari limbah. Bahan yang digunakan pada penelitian sebagai bahan substitusi pada campuran laston AC-WC adalah abu tempurung kelapa sebagai filler. Material lokal seperti tempurung kelapa diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal salah satunya sebagai filler pada perkerasan jalan berdasarkan Spesifikasi Umum Bina Marga Revisi 2 (2018) Penelitian menggunakan tempurung kelapa dengan variasi kadar abu tempurung kelapa sebesar 0%, 15%, 30%, 45%, 60% dari berat filler lolos saringan nomor 200. Berdasarkan evaluasi terhadap karakteristik Marshall AC-WC menggunakan substitusi abu tempurung kelapa sebagai filler dengan kadar aspal optimum 5,76%, maka dapat diketahui persentase terbaik terdapat pada substitusi 15% abu tempurung kelapa dengan nilai stabilitas 1410 kg, nilai MQ 400,49 kg/mm, VIM 4,3 %, VMA 15,9% , flow 3,58, density 2,313, dan nilai VFB 73%. Nilai Parameter Marshall dengan  menggunakan substitusi abu tempurung kelapa sebagai filler semuanya masih memenuhi persyaratan spesifikasi Bina Marga tahun 2018.
Studi Pengendalian Banjir Kawasan di Terminal Kalimas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya anna rosytha; Muhammad Taufik
Tameh Vol. 14 No. 1 (2025): Tameh: Journal of Civil Engineering
Publisher : University of Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/tameh.v14i1.275

Abstract

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya merupakan pintu gerbang keluar masuk barang dan penumpang di Jawa Timur yang dikelola oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) yang mempunyai luas tangkapan air sebesar 284.597 ha yang tersebar menjadi 5 (lima) Cluster kawasan meliputi cluster Jamrud, Cluster Kalimas, Cluster Nilam-Mirah, Cluster Rumah Sakit PHC dan Cluster Terminal Peti Kemas Surabaya.  Pengaruh pasang surut air laut mejadi salah satu kendala dalam pengendalian banjir di system drainase Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dalam studi ini di lakukan Analisa banjir dengan mengacu pada kondisi eksisting saat ini, dimana hasil analisa di dapatkan bahwa saluran eksisting yang tidak dapat menampung debit rencana 25 tahun. Belum ada atau tidak menggunakan kolam retensi pada masing – masing kluster Kalimas 1 dan Kalimas 2. Kapasitas pompa yang dibutuhkan pada setiap outlet belum mampu menanggulagi genangan. Dari hasil perhitungan di dapatkan perencanaan redesign saluran dengan menggunakan U-Ditch dan Box Culvert jenis Top Bottom dengan ukuran 1.2 x 1.2 x 1.2 cm untuk jalan Kalimas 2, sedangkan untuk jalan Kalimas Sisi Barat direncanakan berukuran 2.0 x 2.0 x 1.2 cm

Page 1 of 1 | Total Record : 6