cover
Contact Name
Muhammad Syahrir
Contact Email
syahrir_gassa@yahoo.com
Phone
+6282252143772
Journal Mail Official
lppm@unm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Gedung Menara Phinisi Lt 10 UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 97862374     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari editor
Articles 13 Documents
Search results for , issue "SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5" : 13 Documents clear
Keanekaragaman Tumbuhan Toga dan Pembudidayaannya melalui Taman Konservasi Toga di Desa Timbuseng Naufal, Muhammad Ammar; Nurfadillah, Nurfadillah; Nabil, Zaky An; Mardin, Mardin; Arjun, Uun Ade
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek yang diikuti oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. PPK Ormawa bertujuan untuk meningkatkan kualitas Ormawa dan sekaligus menumbuhkembangkan soft skills dan kompetensi mahasiswa seperti kemampuan berorganisasi, penguatan karakter Pancasila, bela negara, cinta tanah air, dan kebangsaan, kepemimpinan, dan bekerja sama (team work). Mahasiswa pelaksana PPK Ormawa diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengasah kemampuan dalam berpikir kritis, kreatif, menyelesaikan masalah, komunikatif, kolaboratif, berliterasi teknologi informasi, memiliki jiwa kepemimpinan, bertindak positif dan produktif atas dorongan nurani, memiliki rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa/kelurahan agar terbangun wilayah binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Kata Kunci: PPK Ormawa, Tumbuhan Toga, Taman Konservasi Toga, Desa Timbuseng
Tari Pakarena Sebagai Instrumen Penanaman Nilai Tradisional bagi Siswa Penyandang Tunarungu SLB Pembina Tk. Provinsi Sulawesi Selatan Padalia, Andi; Saputra, Andi Taslim; Salawati, Bau
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Sangat sedikit penyandang tunarungu yang menari, setidaknya tidak dalam skala yang cukup besar. Setelah mempelajari program sepulang sekolah, kami menemukan bahwa penyandang tunarungu hampir tidak pernah diikutsertakan dalam program tari. Data observasi awal menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengikuti kegiatan menari sama dengan jumlah siswa yang menari. Penyandang tunarungu tidak terlalu termotivasi untuk menari. Hal ini dialami oleh peserta tunarungu di TK SLB Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Perlu adanya solusi yang dapat mengantisipasi dan mendorong partisipasi siswa tunarungu dalam menari. Salah satu upayanya adalah memperkuat adat istiadat komunitas tunarungu dengan pengajaran tari ahli yang menggabungkan aspek moral, pendidikan, hiburan, dan budaya daerah tersebut. Tari Pakarena adalah cara yang bagus untuk membantu siswa mempelajari dan menghargai budaya. Dapat dipadukan dengan permainan untuk kelompok mitra. Siklus hidup pengembangan multimedia digunakan dalam program kegiatan mahasiswa ini; pendekatan ini mencakup pengumpulan konsep, desain, dan dokumentasi. Tari Pakarena dapat dimanfaatkan dalam pelatihan khusus untuk mendorong penyandang tunarungu agar berkreasi dan menghidupkan ciri khasnya dalam kerangka identitas daerah. Prosesnya melibatkan perakitan, pengujian, dan distribusi. Tim pengabdian masyarakat kami menawarkan ragam gerak tari Pakarena sebagai sarana penguatan nilai-nilai tradisional dan mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi penyandang tunarungu. Pada kegiatan pertama dijelaskan tahap konsep, agenda, tujuan, konsep, dan modalitas pelatihan. Pengumpulan dan ringkasan data adalah tahap kedua. Ketiga, adegan uji coba tari Pakarena. Dengan memasukkan tari Pakarena ke dalam kehidupan sehari-hari, maka potensi peserta pelatihan dinilai dan dijabarkan pada fase terakhir ini.Kata Kunci : Pelatihan, Tari Pakarena, SLB  
Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar Abidin, Aslan; Satriani, Irma; Faisal, Faisal
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Menulis puisi merupakan bentuk penyampaian gagasan dalam bentuk bahasa yang estetik. Aktivitas menulis puisi menjadi masalah tersendiri bagi siswa kelas X SMAN 10 Makassar. Hal itu disebabkan penguasaan bahasa dan pengetahuan mengenai puisi serta cara menuliskannya yang masih kurang. Hal ini terlihat pada minimnya puisi yang ditulis dan diterbitkan oleh siswa di majalah dinding sekolah maupun media lain. Padahal, rangkaian panjang dalam proses menulis puisi –mulai dari membaca karya sastra dan buku-buku pendukung lainnya sampai melakukan pengamatan maupun penelitian— merupakan kegiatan literasi yang akan meningkatkan kualitas intelektual siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih siswa menambah pengetahuan dengan membaca, menulis dan menghasilkan karya sastra berupa puisi. Keterampilan menulis puisi dapat diperoleh dan dikuasai melalui pelatihan dan praktik intensif sehingga membuat siswa menjadi kreatif dan produktif. Pelatihan ini dilakukan secara langsung dan beberapa tahap. Pertama, mengidentifikasi kemampuan awal siswa. Kedua, memberikan pelatihan menulis puisi. Ketiga, memberikan penugasan menulis puisi. Hasil pelatihan menulis puisi ini menghasilkan 34 puisi untuk diterbitkan menjadi sebuah buku kumpulan puisi siswa kelas X SMAN 10 Makassar.Kata kunci : Pelatihan, menulis puisi, SMAN 10 Makassar
Pelatihan pembuatan Modul Keaksaraan Segitiga A-I-U Bagi Anak Usia Dini di Kabupaten Polewali Mandar Natsir, Nasrah; Abdal, Nurul Mukhlisah; Herlina, Herlina
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Media pembelajaran menarik menjadi satu daya tarik dalam pembelajaran anak usia dini. Penggunaan media dapat memberikan kemudahan bagi guru Pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam menyampaikan materi yang akan diberikan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelitian pengembangan dalam pembuatan media pembelajaran. Media yang dikembangkan adalah modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U bagi anak usia dini di Kabupaten Polewali Mandar. Pengembangan media ini dilakukan untuk pengenalan keaksaraan awal, dengan menggunakan model penelitian Research and Development (R & D). Tahapan penelitian R & D mencakup potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, produk, uji coba produk skala kecil, uji coba skala besar dan produksi massal. Pada penelitian ini tidak semua tahapan dilaksanakan mengingat keterbatasan waktu dan biaya sehingga penelitian hanya sampai tahap validasi kelayakan dan revisi desain menjadi produk akhir. Kelayakan produk pelatihan modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U divalidasi oleh ahli dan penilaian dari pengguna dalam hal ini guru PAUD. Berdasarkan analisa data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran keaksaraan segitiga A-I-U cukup layak untuk  dijadikan media. Nilai Hasil rerata validasi menunjukkan 3,25 dari skala 5 yang artinya  cukup layak. Kata kunci: Pengembangan model, Pembelajaran keaksaraan, Segitiga AIU, Anak Usia Dini, Bahasa Ibu.
Pelatihan Model-Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA Negeri 11 Pangkep Auliah, Army; Dini, Iwan; Ruslan, Zuhrah Adminira
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Kurikulum Merdeka menjadi salah satu solusi dari pemerintah untuk menciptakan pembelajaran intrakurikuler yang beragam sesuai dengan konsep dan menguatkan kompetensi peserta didik berdasarkan konten waktu belajar yang lebih optimal. Kegiatan PKM yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep yang bermitra dengan UPT SMA Negeri 11 Pangkep, Sulawesi Selatan dengan memberikan materi tentang model-model pembelajaran yang dapat diterapkan pada Kurikulum Merdeka seperti Discovery Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Blended Learning. Setelah mengikuti pelatihan ini, maka diharapkan guru – guru dapat meningkatkan tingkat profesionalitasnya sebagai pendidik. Selain itu, kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik yang menerapkan keterampilan abad 21 yaitu 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity) sebagai generasi Z untuk menghadapi perkembangan informasi dan teknologi. Sebanyak 15 peserta pelatihan telah mengerti dan  memahami  dengan baik cara memilih, menyusun, dan menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif pada era Kurikulum Merdeka.  Hal ini dibuktikan dari animo peserta PKM yang terlihat serius dan antusias selama kegiatan PKM berlangsung dengan melibatkan beberapa guru-guru yang tergabung dalam MGMP tingkat SMA di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.Kata kunci: Keterampilan 4C, Kurikulum Merdeka, Model Pembelajaran
PKM Pemberdayaan Pemuda Melalui Keterampilan Servis Barang Elektronik Di Kota Makassar Mantasia, Mantasia; Ponta, Tasri; Darmawan, Fitrah Asma; Saharuddin, Saharuddin
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. PKM Pemberdayaan Pemuda Pengangguran di Kota Makassar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan hidup ( life skills ) yang dapat mereka gunakan untuk berwirausaha ataupun bekerja pada orang lain. Kegiatan ini sangat membantu mitra dan menjadi solusi alternatif dalam mengurangi angka kemiskinan di Kota Makassar. Selain dari itu, mereka dapat membantu perekonomian keluarga, minimal mereka tidak lagi menjadi beban keluarga dan beban masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Pemberian keterampilan servis barang elektronik serta pemeliharaannya, dan 2) Peningkatan pemahaman dan wawasan kewirausahaan. Pemberian keterampilan dilakukan dengan cara simulasi dan praktek langsung dengan objek yang sesungguhnya. Sedangkan pemahaman kewirausahaan dan pengembangan karakter dilakukan melalui metode ceramah dan tanya jawab, peserta diarahkan untuk membuka lapangan kerja sendiri ataupun bila bekerja dengan orang lain dapat diterima dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan peserta pelatihan servis barang elektronik dan munculnya minat pemuda untuk berwirausaha. Kata kunci: Pelayanan Barang Elektronik, pemuda kemiskinan, pemberdayaan masyarakat.
PKM Pendekatan Role Playing pada Guru-Guru UPTD SDN 55 Dateng-dateng Kab. Majene Pasinggi, Yonathan Saba’; Tuken, Ritha; Usman, Usman
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak.  Berdasarkan, rumusan dalam PKM ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing pada guru-guru SDN 55 Dateng-dateng pembelajaran PKn. Adapun tujuan yang diharapkan dari PKM ini adalah untuk penyamaan persepsi proses penerapan pembelajaran kooperatif tipe role playing dalam pembelajaran  pada mata pelajaran PKn di kelas VI  SDN 55 Dateng-dateng Kab. Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah melati guru-guru-dalam menerapkan pendekatan role playing, yaitu pendekatan penyuluhan ini untuk mendeskripsikan aktifitas langkah-langkah model pada guru-guru dalam pelaksanaan  penyuluhan. Jenis penyuluhan   ini   yang biasa juga disebut PKM dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan pembuatan media, Penyusunan RPP, peragaan model role playing. Pada Pelaksanaan dimulai dari memberikan angket untuk mengetahui kemampuan awal para guru-guru, dari angket ternyata guru- guru SDN 55 Dateng-dateng sudah mengetaui tentang pendekatan role playing tapi tidak pernah menggunakan pendekatan ini dalam pembelajaran . Berawal dari situ Tim pelaksana PKM memberikan penyuluhan melalui power point, menjelaskan cara menyusun rancangan pembelajaran pendekatan role playing   pada guru-guru SDN 55 dateng-dateng. Kemudian setelah sesesai penjelan Tim guru-guru di bagi menjadi dua kelompok yaitu kelas tinggi dan kelas rendah. Kedua kelompok membuat RPP  dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing. Sesudah selesai menyusun masing-masing kelompok mempresentasikan kemudian  kemudian masing-masing kelompok diberikan masukan untuk perbaikan pembelajarannya untuk di gunakan pada saat merekan di kelasnya masing-masing.Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Pendekatan Kooperatif tipe role playing
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classpoint Di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Yusuf, Muhammad; Syamsunardi, Syamsunardi; Mannan, Abdul; Almeyda, Resky; Hidayah, Nurul; Naufal, Muhammad Ammar; Haris, Haris
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan . Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan berbagai media pembelajaran yang interaktif. Aplikasi Classpoint adalah sebuah perangkat lunak yang dapat terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint sehingga dapat menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Terdapat banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk membuat media pengajaran melalui aplikasi ini. Saat ini, guru-guru SD Inpress Parangmalengu belum mahir menggunakan aplikasi Classpoint, padahal aplikasi ini merupakan salah satu media berbasis teknologi yang memiliki keunggulan dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Untuk itu Program Pascasarjana S2 Pendidikan Geografi UNM berinisiatif memberikan pelatihan Penggunaan aplikasi Classpoint bagi Guru-Guru di SD Negeri 2 Kampung Baru Majene. Peserta pelatihan ini terdiri dari 15 peserta yang semuanya merupakan guru SD Negeri 2 Kampung Baru Majene. Evaluasi dari pelatihan ini berdasarkan atas pemahaman peserta pelatihan pada setiap sesi. Berdasarkan hasil evaluasi, Classpoint ini sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif. Semua indikator dari respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi serta reratanya berkategori baik sekali.Kata kunci: Pelatihan, Classpoint, Media Pembelajaran Interaktif.
Pelatihan Penyusunan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Kelompok Usaha Batu Bata Ipoatmodjo, Tenri S. P. D; Musa, M. Ichwan; Riu, Isma Azis; Amin, Andi Mustika; Abadi, Rahmat Riwayat; Aslam, Annisa Paramaswary
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Pembangunan yang berkelanjutan mampu memberikan peluang bagi banyak orang. Dengan pendapatan yang tinggi untuk menunjangnya, hal ini akan memberikan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti tempat tinggal. Bisnis batu bata adalah salah satu dari banyak jenis pekerjaan dalam perekonomian. Salah satu sumber pendapatan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Gowa di Provinsi Sulawesi Selatan adalah industri batu bata. Setiap bisnis ingin berkembang, dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan berupaya meningkatkan pendapatan. Program-program dalam pembangunan masyarakat yang disusun harus memenuhi kebutuhan masyarakat. Adapun perencanaan dalam penyusunan program-program pembangunan atau membangun kegiatan usahanya pada suatu daerah harus dilakukan analisis kebutuhan masyarakat. Bisnis batu bata diperkirakan akan meningkatkan pendapatan masyarakat, dan ketika pendapatan meningkat, kesejahteraan masyarakat dan peluang kerja juga akan meningkat. Agar dapat bersaing, kelompok usaha juga harus fokus pada metode untuk mengembangkan dan mempertahankan usaha yang sudah ada. Analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threats) merupakan salah satu metode yang sering digunakan.Kata kunci: bisnis, pengembangan, strategi, SWOT
PKM Pelatihan Pembelajaran Digital Untuk Guru SMP di Kabupaten Takalar Andayani, Dyah Darma; Khadanah, Ummu; Rismawati, Rismawati
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Pembelajaran digital adalah proses belajar yang menggunakan teknologi digital dan internet untuk memfasilitasi dan meningkatkan pengalaman belajar. Beberapa manfaat pembelajaran digital antara lain kenyamanan waktu dan tempat, akses ke berbagai sumber belajar, interaktivitas yang lebih baik, dan pemantauan pembelajaran yang lebih baik. Namun, pembelajaran digital juga memiliki beberapa tantangan seperti jangkauan digital dan keterbatasan akses internet. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama ke teknologi dan internet agar tidak ada siswa yang tertinggal. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di Kabupaten Takalar, tim peneliti berkesimpulan bahwa proses pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan masih dibuat dan dilaksanakan secara konvensional. Masih terdapat kesenjangan dalam pengembangan dan penggunaan konsep serta penerapan media berbasis digital. Padahal teknologi-teknologi ini memungkinkan guru dan siswa untuk berinteraksi secara virtual dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih terstruktur dan terukur. Hal ini menjadi alasan peneliti menganggap penting untuk mengembangkan keterampilan para guru di Kabupaten Takalar sehingga pelatihan yang diselenggarakan diharapkan dapat memperkuat keterampilan para guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan mencapai tujuan yang diinginkan.Kata kunci: Pelatihan, Pembelajaran Digital, Guru.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 1 Vol 2019, No 11: PROSIDING 11 Vol 2019, No 10: PROSIDING 10 Vol 2019, No 9: PROSIDING 9 PROSIDING EDISI 10: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 9: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 8: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 7: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 6: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 5: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 4: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 3: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 2: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 1: SEMNAS 2020 Vol 2019, No 3 (2019): PROSIDING 3 Vol 2019, No 12 : PROSIDING 12 Vol 2019, No 8: PROSIDING 8 Vol 2019, No 7: PROSIDING 7 Vol 2019, No 6: PROSIDING 6 Vol 2019, No 5: PROSIDING 5 Vol 2019, No 4: PROSIDNG 4 Vol 2019, No 2: Prosiding 2 Vol 2019, No 1: Prosiding 1 Vol 2018, No 9: POSIDING 9 Vol 2018, No 8: PROSIDING 8 Vol 2018, No 4: Prosiding 4 Vol 2018, No 2: Prosiding 2 Vol 2018, No 7: PROSIDING 7 Vol 2018, No 6: PROSIDING 6 Vol 2018, No 5: Prosiding 5 Vol 2018, No 3: Prosiding 3 Vol 2018, No 1: Prosiding 1 More Issue