Indonesian Journal Of Educational Research and Review
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal of Educational Research and Review. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesian Journal of Educational Research and Review
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 2: July 2019"
:
15 Documents
clear
STUDI KASUS PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SD NEGERI GAYAMSARI 01
Noor Kholifah Sa’idah;
Khusnul Fajriyah;
Fajar Cahyadi
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.885 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17332
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya suatu kasus di Sekolah Dasar yaitu perilaku menyimpang pada perilaku seksual pornografi terhadap siswa. Studi kasus ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab, tempat, waktu, pelaku, proses siswa dapat berperilaku menyimpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa berperilaku menyimpang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles & Huberman ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi siswa berperilaku menyimpang adalah teman sebaya karena adanya partner seks abnormal yaitu pornografi. Meski berperilaku menyimpang, siswa tersebut dalam kesehariannya menunjukkan perilaku baik seperti tertib menaati peraturan sekolah, sopan pada guru, menjalin interaksi yang baik dengan teman. Pihak sekolah, guru dan orang tua berupaya mengatasi perilaku menyimpang siswa dengan menasehati, dan memberikan perhatian khusus pada siswa agar berbuat baik. Kata kunci: Studi Kasus,Perilaku Menyimpang.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
I Dewa Ayu Yoni Dian Anggreni;
I Gede Margunayasa;
Ni Nyoman Kusmariyatni
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (226.2 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17333
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sebelum dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 163 siswa dan sampel diambil dengan teknik random sampling. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independent dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA sebelum mengontrol motivasi berprestasi siswa (thitung = 6,583 dan signifikansi 0,000 < 0,05) dan setelah mengontrol motivasi berprestasi siswa (Fhitung = 76,791 dan signifikansi 0,000 < 0,05). Dari rata-rata hitung, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata hasil belajar IPA kelompok kontrol (22,47 > 16,00). Jadi model pembelajaran kolaboratif ditinjau dari motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran kolaboratif, motivasi berprestasi.
ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND
Meiyani Lutfil Khoiriyah;
Aries Tika Damayani;
Rofian .
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (150.512 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17334
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drum band dilaksanakan setiap hari Sabtu. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drum band berjumlah 23 siswa. Nilai-nilai karakter yang diteliti diantaranya, sikap disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa sikap siswa sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter. Saran yang dapat disampaikan peneliti untuk sekolah telah menjalankan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran ekstrakurikuler drum band SD Al Huda Semarang, hendaknya keadaan seperti ini dipertahankan bahkan ditingkatkan. Kata kunci : nilai karakter, pembelajaran ekstrakurikuler drum band
META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
Siti Khomaidah;
Nyoto Harjono
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (167.536 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17335
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa meta analisis dengan cara menganalisis data-data tentang pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini di awali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online dan skripsi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar mulai dari yang terendah 3.93% sampai yang tertinggi 98.76% dengan rata-rata 27.009%. Kata Kunci: Meta analisis, hasil belajar, media animasi.
KEEFEKTIFAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
Ninda Erni Apriyanti
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (144.137 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17336
Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya dalam pembelajaran IPA.namun pada kenyataannya yang ada di SD Negeri 03 kedalon kecamatan batangan kabupeten pati pada pembelajaran IPA masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional selain itu ada beberapa siswa yang belum memahami materi dalam mata pelajaran IPA. Hal ini berakibat terhadap hasil belajat IPA yang kurang memuaskan. siswa kelas IV SD Negeri 03 kedalon kecamatan batangan kabupaten patiterdapat 21 siswa dari jumlah siswa keseluruhan ada 16 siswa yang nilainya masih di bawah criteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang berbeda dari pembelajran yang konvesional. Salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam penelitian ini adalah model pembelajaran scramble. Dalam berbagai penelitian sudah banyak peneliti menggunakan model pembelajaran scramble salah satunya yang telah di uji oleh (sya'ban, 2016) dan dinyatakan berhasil. Kata kunci : model scramble, hasil belajar.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTU MEDIA PAPAN PUTAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN TEMATIK
Putri Indah Wahyuningsih;
Nur Khoiri;
Ervina Eka Subekti
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (152.516 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17337
Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantu media papan putar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pembelajaran tematik di SD Negeri Rejosari 03. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Simple Random Sampling, dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan strata yang ada dalam populsi itu. Desain Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Designs dengan bentuk Pretest – Posttest Control Group Design. Dalam bentuk desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak (random), kemudian diberi Pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil Pretest yang baik bila nilai kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Pengaruh perlakuan adalah (O2 – O1) – (O4 – O3). Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Media Papan Putar, Prestasi Belajar.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PEMBELAJARAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI RANAH PSIKOMOTOR
I Putu Suarbawa
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (365.713 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17624
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Corell Draw siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan hasil belajar Corel Draw pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,29 yang termasuk ke dalam kategori kurang, dengan sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 53,57 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata Corel Draw siswa sebesar 88,75 yang termasuk klasifikasi baik, dengan daya dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 28 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Corell Draw siswa. Kata Kunci : Hasil belajar Corell Draw, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL
ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS KURIKULUM 2013 SABIUL ULUM MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA
Hesti Nurani;
Filia Prima Artharina;
Kiswoyo .
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (597.711 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17625
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini melibatkan informan penelitian dan data lain berupa dokumen-dokumen seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) serta data yang berbentuk softfile yang meliputi nilai (UH) ulangan harian, dan ulangan akhir melalui scrennshote ARD (Aplikasi Raport Digital). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang di jelaskan dalam tiga tahapan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh temuan bahwa pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor menunjukkan bahwa penilaian kognitif di MI Sabiul Ulum Mayonglor telah dilaksanakan pada semua mata pelajaran yang tergabung dalam pembelajaran tematik seperti PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 1 dari 6 pelaksanaan penilaian kognitif yang termasuk kedalam kriteria pelaksanaan penilaian kategori Cukup baik disemua mata pelajaran yaitu Nilai Akhir (NA) dengan pemerolehan skor 2.2. Hal ini berarti 19% pelaksanaan penilaian pada Nilai Akhir (NA) sudah melaksanakan penilaian kognitif sesuai dengan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Kata Kunci: Pelaksanaan Penilaian, Penilaian Kognitif, Kurikulum 2013
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS PETA KONSEP
I Nengah Suatra
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (292.831 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17626
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran saintifik berbasis peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X AP SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018 semester 1. Data penelitian ini berupa data hasil belajar Pendidikan Agama Hindu yang dikumpulkan melalui tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif yaitu data dilakukan perhitungan kuantitatif dan dideskripsikan untuk memperoleh gambaran hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran saintifik berbasis peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti siswa kelas X AP SMK Negeri 4 Bangli tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rerata nilai hasil belajar dari prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 11,54 poin, dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 15,77 poin, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,23 poin. Kata Kunci : Model pendekatan saintifik, peta konsep, hasil belajar Pendidikan Agama Hindu.
NILAI MORAL FILM ANIMASI BIG HERO 6 PRODUKSI WALT DISNEY TERHADAP SIKAP KEPEDULIAN SISWA SEKOLAH DASAR
Dhena Rismaya;
Husnul Hadi;
Mudzanatun .
Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol. 2 No. 2: July 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (408.791 KB)
|
DOI: 10.23887/ijerr.v2i2.17627
Karakter seorang anak dibentuk tidak lepas dengan adanya nilai-nilai moral. Apabila proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak disertai atau tidak diimbangi dengan penanaman nilai moral tentunya akan berpengaruh terhadap karakternya misalnya sikap kepeduliannya. Dalam membentuk moral anak dapat dilakukan sejak usia dini yaitu dengan memberi tayangan yang mendidik pada anak. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimanakah nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai moral film animasi Big Hero 6 terhadap sikap kepedulian siswa sekolah dasar . Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kebonsawahan 02 tahun 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 34 siswa kelas III. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah pengaruh postif nilai moral film animasi Big Hero 6 untuk siswa kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah dideskripsikan, terdapat banyak sikap kepedulian yang tertanam dalam film animasi Big Hero 6. Nilai moral yang terdapat dalam film animasi Big Hero 6 dapat digunakan sebagai contoh teladan dan penanaman sikap kepedulian pada siswa hal ini terbukti dari hasil wawancara, observasi dan hasil analisis angket yang digunakan. Sikap kepedulian tergambar dalam percakapan serta tindakan yang dilakukan oleh para tokoh cerita didalamnya. Nilai-nilai moral yang terkandung dalam fil animasi Big Hero 6 yaitu tolong menolong, kerja sama, rasa hormat, kebijaksanaan, pemberani, rendah hati, dan pantang menyerah. Kata Kunci : Nilai Moral, Peduli, Film Animasi Big Hero 6.