cover
Contact Name
Anton Subarno
Contact Email
antonsubarno@fkip.uns.ac.id
Phone
+6281329027365
Journal Mail Official
jikap@fkip.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Gedung B Lantai 1 FKIP UNS, Jl. Ir, Sutami, No.36A Kentingan Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi (JIKAP)
ISSN : -     EISSN : 26140349     DOI : https://dx.doi.org/10.20961/jikap
Core Subject : Education, Social,
JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) berisi artikel tentang hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang bidang komunikasi, administrasi perkantoran dan pendidikan.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 5 (2024): September" : 10 Documents clear
Archive structuring strategies to improve work effectiveness at Junior High School NU Al-Itqon Cimerak Hade Yustika Prayoga; Sahmidin Sahmidin
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.89738

Abstract

Abstrak:  Penataan arsip yang efektif memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penataan arsip guna meningkatkan efektivitas kegiatan kantor di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Metode penelitian meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami proses penyimpanan dan pengelolaan arsip di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP NU Al-Itqon Cimerak menghadapi tantangan terkait kurangnya sistematisasi dan pengelolaan arsip yang optimal, menyebabkan sulitnya informasi dalam pencarian dan pemanfaatan yang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menganalisis strategi penataan ini, diharapkan efektivitas kegiatan kantor dapat meningkat, proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, dan risiko kehilangan informasi dapat diminimalkan. Temuan penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi SMP NU Al-Itqon Cimerak dan institusi sejenis dalam meningkatkan tata kelola arsip. Kata kunci: efektivitas kantor; manajemen arsip; penataan arsipAbstrak:  Penataan arsip yang efektif memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi dan kinerja kantor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penataan arsip untuk meningkatkan efektivitas kegiatan kantor di SMP NU Al-Itqon Cimerak. Metodologi penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk memahami proses penyimpanan dan pengelolaan arsip di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP NU Al-Itqon Cimerak menghadapi tantangan terkait dengan kurangnya sistematisasi dan pengelolaan arsip yang belum optimal, sehingga menimbulkan kesulitan dalam mencari dan memanfaatkan informasi yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan menganalisis strategi penataan arsip, diharapkan efektivitas kegiatan kantor dapat ditingkatkan, proses pengambilan keputusan dapat dipercepat, dan risiko kehilangan informasi dapat diminimalkan. Temuan penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi SMP NU Al-Itqon Cimerak dan lembaga sejenis dalam meningkatkan praktik pengelolaan arsip. Kata Kunci: efisiensi kantor , manajemen arsip , organisasi kearsipan
Pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa kelas XII SMK Batik 2 Surakarta Syifa Arrinalhaq; Subroto Rapih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.87319

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan siswa; (2) pengaruh efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa; (3) pengaruh lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode korelasional. Populasi berjumlah 154 siswa kelas XII SMK BATIK 2 Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin, sehingga sampel penelitian berjumlah 111. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel lingkungan keluarga terhadap sikap kewirausahaan siswa yaitu thitung 2,073 > ttabel 1,982 (α = 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel efikasi diri terhadap sikap kewirausahaan siswa yaitu thitung 4,721 > ttabel 1,982 (α = 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel lingkungan keluarga dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap sikap kewirausahaan kelas XII SMK Batik 2 Surakarta yaitu Fhitung 21,066 > Ftabel 3,08 (α = 0,05). Hasil semua temuan mendukung hipotesis yang diajukan. Kata Kunci: efikasi diri; lingkungan keluarga; sikap kewirausahaan Abstract: This research aims to determine (1) the influence of the family environment on students' entrepreneurial attitudes; (2) the influence of self-efficacy on students' entrepreneurial attitudes; (3) the influence of family environment and self-efficacy on students' entrepreneurial attitudes. This research uses quantitative correlational research. The population is 154 class XII students at SMK BATIK 2 Surakarta. Sampling used a proportional random sampling technique with the Slovin formula, so that the research sample was 111. The data collection technique used a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the IBM SPSS Statistics 25 program. The results of the research show that: (1) there is a positive and significant influence of family environmental variables on students' entrepreneurial attitudes, namely tcount 2.073 > ttable 1.982 (α = 0.05) ; (2) there is a positive and significant influence of the self-efficacy variable on students' entrepreneurial attitudes, namely tcount 4.721 > ttable 1.982 (α = 0.05); (3) there is a positive and significant influence between family environment variables and self-efficacy together on the entrepreneurial attitude of class XII SMK Batik 2 Surakarta, namely Fcount 21.066 > Ftable 3.08 (α = 0.05). The results of all findings support the proposed hypothesis. Keywords: self-efficacy; family environment; entrepreneurial attitude
Analisa efektifitas SURADI terhadap perhitungan angka kecermatan dan penemuan kembali arsip Puput Permatasari; Atika Noor Aziza; Feby Naomi Kardila; Alfani Putri Fahira; Muhammad Nur Ilham Maulana; Rachma Bhakti Utami
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.88489

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas dari SuratDIGITAL (SURADI) melalui perhitungan angka kecermatan dan penemuan kembali arsip surat. Studi ini dilakukan di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Metodologi penelitian yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan melakukan kegiatan observasi secara langsung dan wawancara yang memfokuskan pada efek implementasi SURADI terhadap proses penemuan kembali arsip surat, yang dilakukan dengan cara mengetahui jumlah surat yang ditemukan dan tidak ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2023 angka kecermatan SURADI di Kantor Kecamatan Lowokwaru sebesar 0,06%. Hal ini menandakan efisiensi penemuan kembali arsip surat di Kantor Kecamatan Lowokwaru cukup baik. Sementara itu, responsivitas SURADI terhadap surat masuk juga tergolong cepat. Kemampuan SURADI untuk menyimpan data secara digital juga memberikan keunggulan dalam mengatasi kehilangan surat fisik, karena dokumennya dapat dicari kembali menggunakan subjek yang tercatat dalam sistem. Penelitian ini menegaskan bahwa SURADI memiliki peran krusial dalam meningkatkan manajemen arsip dan responsivitas dalam penanganan maupun pengarsipan surat di Kantor Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.  Keywords : efisiensi; kuantitatif; manajemen arsip; responsivitasAbstract: This research aims to measure the effectiveness of SuratDIGITAL (SURADI) on the calculation of accuracy and retrieval of letter archives. This study was conducted at the Lowokwaru Sub-District Office, Malang City. The research methodology used is a quantitative approach by conducting direct observation activities and interviews that focus on the effect of SURADI implementation on the process of recovering letter archives, which is done by knowing the number of letters found and not found. The research results show that in 2023, the accuracy rate was 0,06 %. This indicates a significant increase in the efficiency of letter archive retrieval. In addition, SURADI's responsiveness to incoming letters is also relatively fast. SURADI's ability to store data digitally also provides an advantage in overcoming the loss of physical letters because the documents can be searched again using the subject recorded in the system. The research confirms that SURADI has a crucial role in improving archive management and responsiveness in handling and archiving letters at the Lowokwaru Sub-district Office in Malang City. Keywords : efficiency; quantitative; record management; responsiveness
Pengaruh micro teaching dan pengenalan lapangan persekolahan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS Lathifah Nurul Hasanah; Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.89501

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Micro Teaching dan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 318 responden dari populasi 1.554 mahasiswa FKIP UNS Angkatan 2020 yang telah melaksanakan PLP pada Tahun 2023. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mata kuliah Micro Teaching terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 11,010 > t-tabel 1,967; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05 dan nilai t-hitung 2,320 > t-tabel 1,967; dan 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara mata kuliah Micro Teaching dan pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F-hitung 123,651 > F-tabel 3,871, serta koefisien determinasi sebesar 44%. Kata kunci : kesiapan menjadi guru; kuantitatif;  pengalaman mengajarAbstract: The aim of this research is to determine the influence of Micro Teaching and Introduction to Schooling courses on students' readiness to become teachers partially and simulatively. This study uses a quantitative descriptive method. The results of this research showed that, 1) there is a positive and significant influence between Micro Teaching courses on readiness to become teachers as evidenced by the significance value of 0.000 < 0.05 and the t-count value of 11.010, > t-table 1.967; 2) there is a positive and significant influence between the Implementation of Introduction to School Field on readiness to become teachers as evidenced by a significance value of 0.021 < 0.05 and a t-count value of 2.320 > t-table 1.967; and 3) there is a positive and significant influence between the Micro Teaching course and the implementation of School Field Introduction on readiness to become teachers as evidenced by a significance value of 0.000 < 0.05 and an F-count value 123.651 > F-table 3.871, as well as a determination coefficient 44%.Keywords : quantitative; readiness to become a teacher;  teaching experience
Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran FKIP UNS Sanndy Mahardhika Kurniawan; Tri Murwaningsih; Susantiningrum Susantiningrum
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.90195

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; (2) Pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS; dan (3) Pengaruh pegetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2021 dan 2022 dengan jumlah sampel 126 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (nilai thitung 8,454 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepribadian terhadap minat berwirausaha (thitung 3,209 > ttabel 1,979) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha dengan hasil uji F (Fhitung 55,546 > Ftabel 3,06) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Keseluruhan pada hasil analisis penelitian ini mendukung hipotesis yang telah diasumsikan. Kata Kunci : karakter; ketertarikan berwirausaha; psikologi; penelitian kuantitatif; wawasanAbstract: The purpose of this research is to determine: (1) The influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; (2) The influence of personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students; and (3) The influence of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest of FKIP UNS Office Administration Education students. This research is a quantitative research with correlational method. The population in this research is the student of Office Administration Education Study Program Class of 2021 and 2022. The research sample was taken using proportionate stratified random sampling technique and resulted in 126 students. The data collection method used a questionnaire. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis techniques with the help of the IBM SPSS ver 26.0. From the results of the study it can be concluded that: 1) there is a positive and significant influence of entrepreneurial knowledge on entrepreneurial interest (tcount value 8.454> t table 1.979) with a significance value of 0.000. 2) there is a positive and significant effect of personality on entrepreneurial interest (tcount 3,209 > t table 1,979) with a significance value of 0.002. 3) there is a positive and significant effect of entrepreneurial knowledge and personality on entrepreneurial interest with the results of the F test (Fcount 55.546 > Ftable 3.06) and a significance value of 0.000. Overall, the results of this research analysis support the hypothesis that has been assumed Keywords: characteristic; entrepreneurial interest; psychology; quantitative research; insight
Pengaruh tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Wiji Rahayu Azzahro; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.89945

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, (2) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, dan (3) pengaruh tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Populasi dalam penelitian ini yakni 44 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling yaitu sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan (sign 0,098), (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (sign 0,006), dan (3) terdapat pengaruh secara simultan tingkat pendidikan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan (sign 0,012). Koefisien determinasi Nagelkerke R Square sebesar 0,529 yang berarti bahwa 52,9% kinerja karyawan (Y) dipengaruhi oleh variabel tingkat pendidikan (X1) dan disiplin kerja (X2), dan sisanya sebanyak 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata kunci : efektivitas kerja; faktor kinerja; latar pendidikan; regresi logistikAbstract: This study aims to determine: (1) the influence of education level on employee performance, (2) the influence of work discipline on employee performance, and (3) the simultaneous influence of education level and work discipline on employee performance. This is a quantitative study with a causal associative design. The data source used is primary data. The population in this study consists of 44 individuals. The sampling technique used is non probability sampling, specifically saturated sampling. Data collection was conducted through the distribution of questionnaire surveys. The data analysis technique used is multinomial logistic regression. The results of the study indicate that: (1) there is no significant influence of education level on employee performance (sign 0,098), (2) there is a significant influence of work discipline on employee performance (sign 0,006), and (3) there is a simultaneous (sign 0,012). The Nagelkerke R Square coefficient is 0,529, which means that 52,9% of employee performance (Y) is influenced by the variables of education level (X1) and work discipline (X2), while the remaining 47,1% is influenced by other variables outside of the study. Keywords : educational background; logistic regression; performance factors; work effectiveness
Kualitas pelayanan prima Kantor Kecamatan Jebres Kota Surakarta Siti Malikhah; Hery Sawiji
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.87820

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi kasuistik terkait penerapan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres ditinjau dari dimensi kualitas pelayanan prima yang dipopulerkan oleh Parasuraman yaitu ServQual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan terkait kualitas pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres mengacu pada (1) penerapan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres; (2) hambatan dalam implementasi pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres; (3) upaya yang dilakukan Kantor Kecamatan Jebres dalam meningkatkan pelayanan prima. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) penerapan pelayanan prima ditinjau dari kelima dimensi kualitas pelayanan prima yaitu dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy; (2) hambatan dalam implementasi pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres yaitu keterbatasan jumlah sumber daya manusia dan kurangnya kesadaran pegawai dalam penerapan pelayanan prima; (3) upaya yang dilakukan untuk menunjang pelayanan prima di Kantor Kecamatan Jebres mencakup koordinasi dengan BKPSDM terkait kekurangan SDM, pelatihan front office, Pemantauan dan Evaluasi Kinerja  Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPP), standarisasi ISO 9001:2015, dan penanganan aduan. Kata kunci: kualitatif; kualitas pelayanan; pelayanan prima; pelayanan publik; ServQualAbstract: This research is based on casuistry regarding the implementation of excellent service at the Jebres District Office in terms of the dimensions of excellent service quality popularized by Parasuraman, namely ServQual. The aim of this research is to describe the quality of excellent service at the Jebres District Office referring to (1) the implementation of excellent service at the Jebres District Office; (2) obstacles in implementing excellent service at the Jebres District Office; (3) efforts made by the Jebres District Office to improve excellent service. This study uses a qualitative method. The data collection techniques include interviews, observation and document analysis. The validity testing technique used is triangulation of techniques and sources. Data were analyzed using Miles and Huberman's interactive analysis model including data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The research results concluded that (1) the implementation of excellent service is seen from the five dimensions of excellent service quality, namely the tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy dimensions; (2) obstacles in implementing excellent service at the Jebres District Office, namely the limited number of human resources and lack of employee awareness in implementing excellent service; (3) Efforts made to support excellent service at the Jebres District Office include coordination with BKPSDM regarding human resource shortages, front office training, Monitoring and Evaluation of Public Service Delivery Performance (PEKPP), ISO 9001:2015 standardization, and handling complaints. Keywords: excellent service; public service, ServQual; service quality; qualitative
Pelaksanaan uji kompetensi skema junior administrative assistant (JAA) di LSP-P1 Universitas Sebelas Maret Dian Azizah Nur Aini; Tri Murwaningsih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.90253

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tujuan pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (2) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (3) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS, (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan yakni menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS (a) mengukur sejauh mana mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu dan keterampilan mereka dalam dunia kerja nanti, serta  (b) mendukung pencapaian profil PAP yaitu sebagai praktisi di bidang administrasi perkantoran. (2) pelaksanaan uji kompetensi skema JAA di LSP-P1 UNS meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. (3) hambatan dalam pelaksanaan: (a) hambatan yang dialami dalam pelaksanaan uji kompetensi ini adalah kurangnya persiapan mahasiswa, (b) fasilitas yang kurang optimal. (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan (a) upaya yang dapat dilakukan adalah sosialisasi yang intensif kepada mahasiswa, serta (b) meningkatkan sarana dan prasarana. Kata kunci : asesor; sertifikasi; TUKAbstract: This research aims to determine (1) the objectives of the JAA competency test implementation at LSP-P1 UNS, (2) the execution of the JAA competency test at LSP-P1 UNS, (3) the challenges faced during the implementation of the JAA competency test at LSP-P1 UNS, and (4) the efforts made to address these challenges. This study employs a descriptive qualitative approach with a case study type. Sampling techniques include purposive sampling and snowball sampling. Data collection methods involve interviews, observations, and document analysis. Data validity is ensured through source and technique triangulation. Data analysis uses interactive analysis. The research findings are as follows: (1) The implementation of the JAA competency test at LSP-P1 UNS aims to (a) measure the extent to which students can apply their knowledge and skills in the workplace, and (b) support the achievement of the PAP profile as practitioners in office administration. (2) The implementation process includes preparation, execution, and evaluation stages. (3) Challenges encountered include: (a) insufficient student preparation, and (b) suboptimal facilities. (4) Efforts to overcome these challenges involve (a) intensive socialization to students, and (b) improving facilities and infrastructure. Keywords : assessor; certification; TUK
Pengaruh motivasi belajar dan teman sebaya terhadap kesiapan kerja mahasiswa PAP UNS Puji Rahayu Ningsih; Cicilia Indrawati; Tri Murwaningsih
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.90024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja (2) pengaruh teman sebaya terhadap kesiapan kerja, (3) pengaruh motivasi belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear berganda. Sumber data penelitian ini meliputi data yang didapat melalui penyebaran angket pada sejumlah 184 populasi (mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2021 dan 2022). Teknik pengambilan data dilakukan dengan simple random sampling. Rumus Issac dan Michel digunakan menentukan besaran 127 sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan IBM SPSS 26.0. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji heterokodastesitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa (thitung 6,886 > ttabel 1,979). (2) terdapat pengaruh positif teman sebaya terhadap kesiapan kerja (thitung 5,944 > ttabel 1,979). (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja (thitung 164,644 > ttabel 3,07). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sumbangan efektif sebesar 54,4% dan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci : grup sosial; kuantitatif; motivasi; teori scctAbstract: This study aims to determine (1) the effect of learning motivation on work readiness, (2) the  influence of peers group on work readiness, (3) the effect of learning motivation and peers together on work readiness. This research is a descriptive quantitative research with multiple linear regression analysis. The data sources for this study include data obtained through distributing questionnaires to the population (PAP students class of 2021 and 20211). The data collection technique was carried out by simple random sampling. Data collection was carried out by distributing questionnaires to Office Administration Education students using the Issac and Michel formula to get 127 samples. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis and is processed using IBM SPSS 26.0. Prerequisite tests use normality test, linearity test, heterocodastity test and multicollinearity test. The results of this study indicate that: (1) there is a significant positive effect of learning motivation on student work readiness (tcount 6.886> ttable 1.979). (2) there is a positive influence of peers on work readiness (tcount 5.944> ttable 1.979). (3) there is a significant positive effect of learning motivation and peers together on work readiness (tcount 164.644 > ttable 3.07). The results of this study indicate that the effective contribution is 54.4% and the remaining 45.6% is influenced by other variables not examined by the researcher. Keywords : peer group; quantitative; motivation; scct theory
Evaluasi hasil belajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian Aprilia Viona Putri; Anton Subarno
JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) Vol 8, No 5 (2024): September
Publisher : Program Studi Pendidikan Administrasi perkantoran FKIP UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jikap.v8i5.88297

Abstract

Abstrak: Evaluasi hasil belajar menjadi bagian penting dari proses pembelajaran untuk menentukan seberapa efektif kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian di SMK N 3 Surakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dengan interaktif yaitu pengumpulan, penyajian, reduksi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut, dan identifikasi hambatan serta solusinya. Perencanaan evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menetapkan tujuan evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perencanaan evaluasi dilaksanakan di awal pembelajaran, sedangkan pelaksanaannya di akhir pembelajaran. Guru menggunakan tes tertulis yaitu pilihan ganda. Setelah evaluasi, guru melakukan tindak lanjut berupa remedial dan pengayaan. Hambatan dalam evaluasi hasil belajar sebagai berikut : a) penyusunan soal, b) siswa sulit memahami soal, d) bosan dengan metode evaluasi yang monoton, e) kesulitan guru dalam penggunaan teknologi. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah : a) pelatihan, b) variasi metode evaluasi, c) komunitas belajar, d) peningkatan penggunaan teknologi dalam evaluasi hasil belajar.  Keywords : kendala; penilaian; prestasi belajar; tindakanAbstract: Evaluation of learning outcomes becomes an important part of the learning process to determine how effective learning activities are. The purpose of this study is to determine the implementation of evaluation of learning outcomes in the subject of Automation of Personnel Governance at SMK N 3 Surakarta. This research is descriptive qualitative with purposive sample data collection techniques. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation. Test validity using source triangulation and techniques. Interactive data analysis techniques are collection, presentation, reduction, and conclusion. The results showed that the implementation of learning outcome evaluation includes planning, implementing, following up, and identifying obstacles and solutions. Planning for the evaluation of learning outcomes is carried out by setting evaluation objectives that are in accordance with the learning objectives. Teachers use a written test that is multiple choice. The teacher conducts follow-up in the form of remedial and enrichment. Obstacles in evaluation are: a) preparation of questions, b) students have difficulty understanding the questions, d) bored with monotonous evaluation methods, e) teacher difficulties in using technology. While efforts to overcome these obstacles are: a) training, b) variations in evaluation methods, c) learning communities, d) increased use of technology in evaluating learning outcomes.Keywords:  action; evaluation; learning achievement; problem

Page 1 of 1 | Total Record : 10