cover
Contact Name
Mimin Mintarsih
Contact Email
miensh66@gmail.com
Phone
+6281310477675
Journal Mail Official
abdimaslemujtamak@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Islam Jakarta, Jalan Balai Rakyat, Utan Kayu Matraman Jakarta Timur 13120
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas Le Mujtamak
ISSN : -     EISSN : 27977765     DOI : https://doi.org/10.46257/jal
Jurnal Abdimas Le MUJTAMAK adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Jakarta. Jurnal Abdimas Le MUJTAMAK menerbitkan makalah asli hasil pengabdian kepada masyarakat baik dari penulis umum maupun dosen yang ada di Universitas Islam Jakarta, Jurnal Abdimas Le MUJTAMAK diterbitkan dalam versi cetak dan online. Versi online dapat diakses dan diunduh secara gratis. Jurnal Abdimas Le MUJTAMAK merupakan jurnal pengabdian masyarakat yang terbit 1 tahun 2 kali, yaitu yang pertama januari-juni dan kedua juli-desember. Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Jakarta, dengan tujuan sebagai wadah dan media komunikasi, serta sarana untuk mempublikasikan hasil pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai permasalahan terkait kemasyarakatan yang berguna bagi kalangan dosen, peneliti, dan masyarakat itupun juga.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni" : 5 Documents clear
Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Video Pada Siswa Kelas 8 SMP Sahabat Alam Palangka Raya: Effectiveness of Video Learning for Grade 8 Students of Sahabat Alam Junior High School Palangka Raya Qamariah, Zaitun; Erliana, Santi; Sari, Putri Sulastri Permata; Komariah, Refi; Suryani, Yeni
Jurnal Abdimas Le Mujtamak Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46257/jal.v4i1.832

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai-nilai moral keislaman pada siswa kelas VIII SMP Sahabat Alam. Dengan melibatkan media pembelajaran yang inovatif, menggunakan video cerita "Burung Merpati dan Semut" dalam bahasa Inggris, tujuan utama kegiatan ini untuk menguji efektivitas penggunaan video dalam keterampilan menggunakan kosa kata bahasa inggris dan memperkuat nilai-nilai moral keislaman. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung (offline) yang dihadiri oleh 27 siswa kelas VIII SMP Sahabat Alam Palangka Raya. Pengabdian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang melibatkan penyampaian materi dengan video cerita, tanya jawab, dan kegiatan interaktif lainnya berhasil meningkatkan kosa kata pada siswa dan berhasil mengintegrasikan moralitas dengan penguasaan kosa-kata. Keterlibatan 27 siswa dari SMP Sahabat Alam Palangka Raya menunjukkan minat yang tinggi terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Diharapkan, integrasi pendidikan bahasa Inggris dan nilai-nilai moral keislaman melalui pendekatan inovatif semacam ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan generasi cerdas, beretika, dan berwawasan luas di era digital.
Sosialisasi Implementasi Kurikulum Computational Thinking pada Guru SD dan Pengaruhnya Terhadap Perolehan Score Tantangan Bebras: Socialization of The Implementation of The Computational Thinking Curriculum Among Elementary School Teachers and Its Influence on Obtaining Bebras Challenge Scores Solihah, Binti; Najih, Muhammad; Mardianto, Is; Ariwibowo, Anung B
Jurnal Abdimas Le Mujtamak Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46257/jal.v4i1.941

Abstract

Computational Thinking merupakan kemampuan berpikir High Order Thinking  untuk menyelesaikan masalah kompleks. Kemampuan ini perlu dilatih sejak usia sekolah (K-12) dan dapat diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran seperti matematika, IPA, IPS, bahkan seni musik. Biro Bebras Trisakti sebagai salah satu biro dari Bebras Indonesia ikut serta mensosialisasikan penerapan CT di sekolah dasar dan menengah melalui kegiatan webinar dan tantangan Bebras. Webinar bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana mengintegrasikan CT ke mata pelajaran di tingkat dasar dan menengah. Sedangkan Tantangan Bebras merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Bebras untuk menguji kemampuan CT pada anak-anak di level dasar dan menengah. Pada 2023 Biro Trisakti melaksanakan webinar sosialisasi kurikulum CT dan menyelenggarakan tantangan Bebras. Webinar diikuti oleh 6 orang guru. Tantangan Bebras 2023 diikuti oleh 170 siswa dari SD sd SMA dan 21 % dari peserta mendapatkan skor diatas 50.
Pengenalan Basic English morphology (Morfologi Bahasa Inggris Dasar) dan Vocabulary (Kosakata) bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII melalui Fun learning (Pembelajaran Menyenangkan): Introducing Basic English morphology and Vocabulary to Seventh Graders Through Fun learning Maulana, Alvin; Qamariah, Zaitun; Sabarun, Sabarun; Mirza, Akhmad Ali
Jurnal Abdimas Le Mujtamak Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46257/jal.v4i1.1011

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan Morfologi Bahasa Inggris Dasar dan Kosakata bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII melalui Fun learning yang menggabungkan unsur permainan dan aktivitas interaktif. Fun learning, yang memanfaatkan media audiovisual dan permainan seperti tebak gambar dan tebak suara, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Morfologi Bahasa Inggris Dasar dan Kosakata. Siswa tidak hanya lebih mudah menguasai materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama yang lebih baik. Pendekatan ini juga memberikan dampak positif bagi guru, memungkinkan terciptanya suasana kelas yang dinamis dan kreatif. Kesimpulannya, fun learning adalah metode yang efektif untuk pengajaran bahasa Inggris di tingkat MTS, memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran bagi UKM Suku Baduy di Provinsi Banten: Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran bagi UKM Suku Baduy di Provinsi Banten Windianingsih , Agustin; Muhaimin, Muhaimin; Sekarini, Ratih Ayu
Jurnal Abdimas Le Mujtamak Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46257/jal.v4i1.1028

Abstract

Suku Baduy dikenal karena budayanya yang unik dan sangat mentaati aturan adat yang mengatur berbagai aspek kehidupan sehari-hari mereka. Aktivitas ekonomi suku Baduy terutama bersumber dari pertanian dan kerajinan tradisional. Masyarakat Baduy terutama suku Baduy Luar kini lebih terbuka dalam pariwisata budaya walaupun masih terbatas. Peningkatan aktivitas wisata mendorong keterlibatan dalam penggunaan gawai dan akses internet untuk mendukung promosi wisata budaya dan penjualan hasil produksi UKM suku Baduy. Namun karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan UKM suku Baduy sehingga rumusan masalah pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana keterampilan digital dapat memperbaiki strategi pemasaran produk UKM suku Baduy. Sedangkan tujuan pengabdian masyarakat ini menentukan strategi pemasaran produk UKM dan kegunaannya adanya pemahaman akan pentingnya penerapan digitalisasi pemasaran dan penggunaan sistem pembayaran online dengan metode QRIS. Hal ini menjadi penting karena suku Baduy mempunyai pilihan mendiversifikasi sumber pendapatannya dari sektor pariwisata, sehingga berpengaruh positif dalam menjaga ketahanan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga kelestarian budaya dan tradisi serta meningkatnya profesionalitas UKM suku Baduy.
Sosialiasasi Program Self Declare : Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Desa Pasirjambu: Socialization of Self Declare Program: Free Halal Certification for Micro and Small Businesses in Pasirjambu Village Trisista, Ratna Galuh Manika; Siregar, Ahmad Munawir; Perdana, Nino Agung
Jurnal Abdimas Le Mujtamak Vol. 4 No. 1 (2024): Le MUJTAMAK 2024: Januari - Juni
Publisher : Universitas Islam Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46257/jal.v4i1.1029

Abstract

Sertifikasi halal belum menjadi prioritas utama bagi para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Desa Pasirjambu karena terbatas dengan biaya dan prosedur yang rumit. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku UMK di Desa Pasirjambu dalam mengakses dan menerapkan program sertifikasi halal gratis (Self declare). Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan diskusi untuk memecahkan permasalahan, menjawab pertanyaan dan memahami pengetahuan peserta mengenai penggunaan program Self declare. Hasil kegiatan menunjukkan meningkatnya kesadaran dan pemahaman pelaku UMK untuk melakukan sertifikasi halal melalui program Self declare. Pelaku UMK Desa Pasirjambu memberikan partisipasi aktif dan menunjukan minat yang tinggi untuk bisa memanfaatkan program Self Decleare. Dengan adanya sosialisasi ini, pelaku UMK di Desa Pasirjambu mampu meningkatkan daya saing dan kualitas produk melalui pendaftaran sertifikasi halal. Dalam mewujudkan pelaku UMK Desa Pasirjambu yang berdaya saing tinggi maka perlu dilakukan pendampingan jangka panjang terhadap proses pendaftaran sertifikasi halal.

Page 1 of 1 | Total Record : 5