cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
humanis.unpam@gmail.com
Phone
+6287886553215
Journal Mail Official
humanis.unpam@gmail.com
Editorial Address
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan, Banten, 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26861712     EISSN : 26865858     DOI : 10.32493/jamh
Core Subject : Humanities,
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a scientific multidisciplinary journal is a six-monthly journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners and community representatives to explore issues and reflect on practices relating to the full range of engaged activity. This journal is a peer-reviewed online journal dedicated to the publication of high quality research focused on research, implementation, of policy about community engagement. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or research ideas and results that have been achieved in the field of community service. Community Engagement means community development, community services, community empowerment, community outreach, and action research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis" : 8 Documents clear
Strategi Pemasaran Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen Generasi Z Di Lingkungan Rw 04 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan Rangkuti, Ahmad Yafi; Haryanto, Haryanto; Putri, Feby Widia; Riyanto, Ino; Karimah, Aisyah; Kasmad, Kasmad; Budiman, Surya
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54643

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM terhadap strategi pemasaran berkelanjutan yang sesuai dengan karakteristik konsumen Generasi Z. Metode pelaksanaan meliputi penyuluhan, pelatihan interaktif, serta pendampingan langsung kepada pelaku UMKM. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan pelaku usaha tentang pentingnya keberlanjutan dalam pemasaran, pemanfaatan platform digital seperti Instagram dan TikTok, serta teknik membangun loyalitas konsumen melalui pendekatan nilai dan teknologi. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun kapasitas UMKM lokal agar lebih adaptif dan kompetitif di pasar modern. Melalui strategi pemasaran berkelanjutan, diharapkan UMKM di wilayah tersebut mampu menciptakan hubungan jangka panjang dengan konsumen Generasi Z serta mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis komunitas yang inklusif dan berdaya saing.
Penguatan Kapasitas Sdm Melalui Strategi Rekrutmen Dan Seleksi Yang Efektif Dalam Meningkatkan Produktivitas Umkm Di Perumahan Bukit Rivaria Kel. Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok Sidiq, Asep Zaelani; Livia, Azzhara Owena; Lorensa, Bonanda Iffo; Syaputra S, Jhonny; Sundari, Susi; Mogi, Agustina; Mukrodi, Mukrodi
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54644

Abstract

UMKM merupakan kegiatan usaha mikro, kecil, dan menengah milik perorangan ataupun sekelompok badan usaha yang bertujuan untuk memperluas lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, menumbuhkan perekonomian suatu daerah, dan pemerataan pembangunan. Selama berjalannya sebuah UMKM, terdapat permasalahan yang dihadapi salah satunya berupa ketiadaan strategi proses rekrutmen dan seleksi yang tepat guna memperoleh sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas. Sedikit diketahui bahwa penguatan kapasitas sumber daya manusia sebenarnya menjadi faktor penting dalam meningkatkan produktivitas UMKM. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berfokus dalam meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM di Perumahan Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok terutama dalam menyusun strategi rekrutmen dan seleksi tenaga kerja yang efektif. Metode yang digunakan berupa penyuluhan, pelatihan, diskusi, dan pendampingan UMKM. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kesadaran pelaku UMKM terhadap pentingnya proses rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi. Para pelaku usaha juga mulai mengambil tindakan korektif terhadap sistem kerja yang ada dan menerapkan pendekatan rekrutmen yang lebih profesional. Strategi ini berperan signifikan dalam meningkatkan efisiensi, menurunkan turnover, dan memperkuat daya saing usaha.
Pemberdayaan UMKM Melalui Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Perum Bukit Rivaria Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok Ferdian, Ferdian; Pamungkas, Panji; Arianto, Sigit; Sudita, Sudita; Dewi, Riska
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54646

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan mengurangi ketimpangan sosial. Namun, tantangan dalam pemanfaatan teknologi digital, khususnya dalam hal pemasaran, masih menjadi hambatan bagi banyak pelaku UMKM. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM melalui pelatihan strategi pemasaran digital yang dilaksanakan di Perumahan Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Pelatihan difokuskan pada pemanfaatan media sosial, platform e-commerce, serta peningkatan inovasi produk dan kemasan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara digital, serta mulai diterapkannya strategi pemasaran berbasis teknologi oleh para peserta. Dengan demikian, pelatihan ini menjadi bentuk konkret dukungan terhadap transformasi digital UMKM guna meningkatkan daya saing dan kontribusinya terhadap perekonomian lokal secara berkelanjutan.
Implementasi Literasi Keuangan dalam Penyusunan Financial Modeling untuk Produk Baru, Ekspansi Area dan Bisnis bagi Pelaku UMKM di Perum Bukit Rivaria, Kel. Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok Risal, M.; Roos, Harjo Nakulo Muhammad Ramadhan Putra Wika; Al Faruq, Abdullah Jundi; Nugroho, Arief Novianto; Dwiyana, Aldi; Rusilowati, Umi; Rachmawaty, Rachmawaty
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54647

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan keterampilan penyusunan financial modeling bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Perum Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Literasi keuangan menjadi aspek penting dalam pengelolaan usaha yang sehat dan berkelanjutan, terutama di kalangan UMKM yang sering kali belum memiliki pemahaman dasar mengenai pencatatan keuangan, perencanaan usaha, dan pemisahan keuangan pribadi serta bisnis. Melalui pendekatan partisipatif dan berbasis praktik, peserta pelatihan dibimbing untuk memahami konsep dasar pengelolaan keuangan usaha serta menyusun proyeksi sederhana dalam bentuk financial model yang aplikatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini mendorong perubahan pola pikir peserta terhadap pentingnya perencanaan keuangan dan pengambilan keputusan berbasis data. Kegiatan ini juga memperkuat pemberdayaan ekonomi lokal melalui peningkatan kapasitas pelaku UMKM. Ke depan, kegiatan serupa perlu didampingi secara berkelanjutan agar dampaknya semakin luas dan mendalam.
Strategi Pengelolaan Modal Usaha dalam Meningkatkan Kewirausahaan di RW 04 Kelurahan Cipedak kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan Yanti, Novi Misna; Al Mubarak, Faqih Ramdhani; Mufa’ati, Nurma Dewi; Jumadi, Jumadi; Ramadan , Warisatun; Sampurnaningsih, Sri Retnaning; Rachmawaty, Rachmawaty
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54648

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam menunjang perekonomian masyarakat, namun masih banyak pelaku UMKM yang menghadapi kendala dalam pengelolaan keuangan dan modal usaha. Kondisi ini juga terjadi di RW 04 Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, di mana sebagian besar pelaku usaha belum memahami strategi manajemen keuangan yang tepat.Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kewirausahaan masyarakat melalui pelatihan berjudul “Panduan Sukses Mengelola Keuangan Usaha Kecil”. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman praktis mengenai pengelolaan modal, pencatatan keuangan, serta strategi pengembangan usaha berbasis manajemen keuangan yang sehat.Metode pelaksanaan pelaksanaan pelatihan interaktif, Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan pelaku UMKM, memperkuat keberlanjutan usaha, serta mendorong tumbuhnya jiwa kewirausahaan mandiri di masyarakat.Program ini juga menjadi sarana mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan serta mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengabdian kepada masyarakat.
Pelatihan Manajemen SDM Dan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kapasitas UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Digital Di Perumahan Bukit Rivaria Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok Riyadi, Slamet; Asih, Tiya Putri; Ayu, Ciptaning Retno; Zulkarnaen A, Faiz Furqon; Puputaria, Puputaria; Hamsinah, Hamsinah; Sunarsi, Denok
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54649

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama dalam perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional (BPS, 2023). Namun, di tengah era digital saat ini, UMKM menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan yang semakin ketat sebagai akibat dari digitalisasi. Oleh karena itu, pelatihan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan soft skill menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan tersebut terhadap kapasitas UMKM yang berada di Perumahan Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan UMKM serta menjadi referensi bagi kebijakan pemerintah dan pemangku kepentingan terkait.
Pelatihan Pengembangan Model Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Produktivitas Umkm Di Asrama Haji Jakarta Sunadi, Sunadi; Widiyastuti, Indah Ayu; Dewi, Ita Kania; Firdaus, Muhammad Wildan; Firdaus, Rizki Agung; Hamsinah, Hamsinah; Sunarsi, Denok
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54651

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Namun, banyak UMKM yang masih menghadapi tantangan dalam manajemen kinerja dan pengelolaan sumber daya manusia, yang berdampak pada produktivitas dan daya saing mereka. Dalam konteks ini, pelatihan "Pengembangan Model Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM" di Asrama Haji Jakarta bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan bagi pelaku UMKM. Melalui pendekatan berbasis kompetensi, pelatihan ini tidak hanya mengajarkan teori, tetapi juga praktik yang aplikatif, sehingga peserta dapat langsung menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam usaha mereka. Dengan fokus pada penyusunan indikator kinerja utama dan pemetaan kompetensi, diharapkan pelaku UMKM dapat mengelola kinerja karyawan secara lebih efektif, meningkatkan efisiensi operasional, dan pada akhirnya, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Program ini juga menekankan pentingnya pendampingan pasca-pelatihan untuk memastikan implementasi yang sukses dan keberlanjutan sistem manajemen kinerja. Melalui kolaborasi yang erat dengan pengelola dan pelaku UMKM, diharapkan hasil dari pelatihan ini dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi komunitas dan ekonomi lokal.
Penguatan Daya Saing Umkm Melalui Penerapan Strategi Manajemen Pemasaran Terpadu Pada Umkm Di Perumahan Bukit Rivaria Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan, Kota Depok Muthowwif, Syihabuddin; Asmoro, Satrio Panji; Setiawan, Anwar; Candy, Dwi Yuna Aries; Wiguna, Edo; Sudaryana, Yayan; Arianto, Nurmin
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Abdi Masyarakat Humanis
Publisher : LPPM Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jamh.v7i1.54653

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui penerapan strategi manajemen pemasaran terpadu bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Perum Bukit Rivaria, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah jenis perusahaan di Indonesia yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-undang No. 20 tahun 2008. UMKM dapat berarti bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Penggolongan UMKM didasarkan batasan omzet pendapatan per tahun, jumlah kekayaan aset, serta jumlah pegawai. Metode yang digunakan berupa penyuluhan, diskusi, dan pendampingan pada UMKM. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kesadaran pelaku usaha terhadap pentingnya strategi pemasaran terpadu pada unit usahanya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Strategi ini diharapkan berperan penting dalam membangun kesadaran pelaku usaha dalam mengembangkan unit usaha yang mereka jalankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8