cover
Contact Name
Elsita Lisnawati Guntar
Contact Email
lp3m_stiebiitm@yahoo.com
Phone
+628113908829
Journal Mail Official
lp3m_stiebiitm@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Tukad Badung VII No.9 Renon Denpasar Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Majalah Ilmiah Widyacakra
ISSN : 20877730     EISSN : 26556782     DOI : 10.56915
Jurnal Majalah Ilmiah Widyacakra adalah jurnal ilmiah elektronik milik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Institut Manajemen Pariwisata Internasional Bali (STIE BIITM) yang terbit setiap enam bulan sekali. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan menyalurkan minat dalam berbagi dan menyebarluaskan pengetahuan bagi para sarjana dan praktisi di bidang Manajemen. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan ilmiah khususnya dalam bidang Manajemen di perusahaan atau organisasi. Artikel-artikel yang dimuat dalam jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah yang ditulis oleh peneliti, dosen, dan mahasiswa program studi Manajemen STIE-BIITM. Selain itu, artikel yang diterbitkan juga ditulis oleh universitas dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan STIE BIITM.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra" : 10 Documents clear
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN SAPULIDI RESORT SPA & GALLERY UBUD Ni Putu Widiastuti; Mutria Ferhaeni; Andre Adi Rizky Merta Wijaya
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.848 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.123

Abstract

ABSTRACTThis research aims to find out: (1) the influence of the work environment on the work performance of Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud employees,(2) the effect of workload on the work performance of Sapulidi ResortSpa& Gallery Ubud employees and (3) the influence of the work environment and workloadon the work performance of Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud employees. This research is a type of quantitative research. The population in this study was all employees of Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud as many as 42 people, the sample taken in this study the entire population of 42 people.Sampling techniquesusing census methods. The data was collected with questionnaires that hadbeen tested for validity and reliability. The data analysis techniques used are multiple linear regression analysis, multiple correlation analysis, determination analysis,t test, and f test. Data analysis uses multiple linear regressions. These results found that: (1) the work environment had a positive and significant effect on employee performance obtained sig.t value of 1.945 with a sig value of 0.028 < α (0.05) then H0 was rejected. (2) workload negatively and significantly affects employee performance obtained sig.t value of -1.715 with sig value of 0.023 < α (0.05) then H0 isrejected. (3) there is a significant positive influence equally (simultaneously) from the work environment and workload on employee performance with F-calculated valuesof 11,861 and sig 0.009 on employee performance variables.Keywords : Work Environment, Workload, Employee Perform ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan kerjaterhadap kinerja kerja karyawan Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud, (2) pengaruh beban kerja terhadap kinerja kerja karyawan Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud dan (3) pengaruh lingkungan kerja dan beban kerja terhadap kinerjakerja karyawan Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Sapulidi Resort Spa & Gallery Ubud sebanyak 42 orang, sampel yang diambil dalam penelitian ini seluruh populasi sebanyak 42 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, uji t, dan uji f. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil ini menemukan bahwa: (1) lingkungan kerja berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kinerja karyawandiperoleh nilai sig.t sebesar 1,945 dengan nilaisig 0,028 < α (0,05) maka H0 ditolak. (2) beban kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai sig.t sebesar -1,715 dengan nilai sig 0,023 < α (0,05) maka H0 ditolak. (3) terdapat pengaruh positif signifikan secara besama-sama (simultan) darilingkungan kerja dan beban kerja terhadap kinerja karyawan dengan hasil nilai F- hitung sebesar 11,861 dan sig 0,009 terhadap variabel kinerja karyawan.Kata kunci : Lingkungan Kerja, Beban Kerja, Kinerja Karyawan
ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA COFFEE SHOP DENGAN PENDEKATAN PEST PASCA PANDEMI COVID-19 DI KOTA DENPASAR I Wayan Sunia; I Gusti Ngurah Putra Suryanata; I Made Suidarma; I Dewa Nyoman Marsudiana; Made Arya Segara Wilis; I Nyoman Taun
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.782 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.124

Abstract

ABSTRACTAnalysis of Coffee Shop Business Development with the Post-Covid-19 PEST Approach in Denpasar City. This study intends to understand the effect of the analysis of coffee shop business development with the PEST approach after the Covid-19 pandemic in Denpasar city, with a sample of 48 respondents and using saturated sampling techniques in sampling. The data collection technique used a questionnaire using a Likert scale. The type of data in this study uses quantitative data the data analysis method used is validity test analysis, reliability test, classical assumption test, multiple regression analysis, coefficient of determination, partial significance test (t test), and simultaneous test (t test). The result of study prove that partially, politics has a positive and significant influence in increasing the development of the Coffee Shop business in the city of Denpasar, this can be seen from the results of the t-test, namely the t coefficient is 3,465. The economy has a positive and significant influence in increasing the coffee shop business development in the city of Denpasar, this can be seen from the results of the t-test, namely the t coefficient is 3,588. Social has a positive and significant influence in increasing the coffee shop business development in the city of Denpasar, this can be seen from the results of the t test, namely the t coefficient is 2,958. Technology has a positive and significant influence in increasing the coffee shop business development in the city of Denpasar, this can be seen from the results of the t-test, namely the t coefficient is 2.436. Simultaneously Politics, Economy, Social and technology have a positive and significant influence on the Coffee Shop Business Development in Denpasar City by 55.10%, while the remaining 45.90% is influenced by other factors that are not discussed in this study.Keywords: Political, Economic, Social, Technological and Business Development ABSTRAK Penelitian ini bermaksud untuk memahami Pengaruh Analisis Pengembangan Usaha Coffee Shop dengan Pendekatan PEST Pasca Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar, dengan sampel 48 responden dan menggunakan teknik sampel jenuh dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan menggunakan skalalikert. Jenis data yang dalam penelitian ini memakai data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, Koefisien determinasi, uji signifikan parsial (uji t), dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial politik memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pengembangan usaha Coffee Shop di kota Denpasar, ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yaitu koefisien t diperoleh sebesar 3.465. Ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pengembangan usaha Coffee Shop di kota Denpasar, ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yaitu koefisien t diperoleh sebesar 3.588. Sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pengembangan usaha Coffee Shop di kota Denpasar, ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yaitu koefisien t diperoleh sebesar 2.958. Teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pengembangan usaha Coffee Shop di kota Denpasar, ini dapat dilihat dari hasil uji t-test yaitu koefisien t diperoleh sebesar 2.436. Secara simultan Politik, Ekonomi, Sosial dan teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Pengembangan Usaha Coffee Shop di Kota Denpasar sebesar 55,10%, sedangkan sisanya sebesar 45,90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.Kata kunci : Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, dan Pengembangan Usaha
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN NASABAH DI LPD DESA PEKRAMAN BANJAR DINAS DUKUH PULU KAJA TABANAN Elsita Lisnawati Guntar; Ni Putu Widiastuti; I Gede Agus Suardana Putra
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.52 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.125

Abstract

ABSTRACTThe purpose of thisstudy was to determine the effect of corporate image and servicequality on customer satisfaction at LPD Desa Pekraman Br Dinas Dukuh Pulu KajaTabanan. This research is a descriptive analysis research using a quantitative approach. Collecting data using a questionnaire. The sample of this study was 83 respondents and used the Slovin formula method. The data analysis technique usedmultiple linear regression analysis. The results of the study found that: (1) Companyimage (X1) had a positive and significant effect on customer satisfaction (Y) with asig.t value of 0.023 <0.05. (2) Service Quality (X2) has a positive and significant effect on customer satisfaction (Y) with a sig.t value of 0.004 <0.05. (3) Company image and service quality have a significant effect on customer satisfaction with a sig.f value of 0.000 <0.05, indicating that H0 rejected and H1 accepted. Contribution or contribution simultaneously variable corporate image and service quality to customer satisfaction is 58.7% while the remaining 41.3% is determined by other variables not examined in this study.Keywords : Corporate Image, Service Quality, Customer Satisfaction ABSTRAKTujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah pada LPD Desa Pekraman Br Dinas Dukuh Pulu Kaja Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 83 respondendan menggunakan metode rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisisregresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Citra perusahaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keupasan nasabah (Y) dengan nilai sig.t 0,023 < 0,05. (2) Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai sig.t sebesar 0,004 < 0,05. (3) Citra perusahaan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig.f 0,000 < 0,05 mengidentifikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah adalah 58,7% sedangkan sisanya 41,3% ditentukan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci : Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
PENGARUH.ELECTRONIC.WORD OF.MOUTH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN,PEMBELIAN,PADA APLIKASI E-COMMERCE BUKALAPAK DI KOTA DENPASAR Ni Ketut Sukanti; Desak Nyoman Rinawati; Putu Gede Denny Herlambang
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.764 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.126

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of, trust in purchasing decisions on the Bukalapak application in Denpasar City. This study usesa quantitative approach. The data used is data on users in Indonesia and data on complaints from Bukalapak users on the Playstore, the sampling technique is carried out through testing methods through classical testing methods, determination analysis, multiple linear analysis, partial (t test) and simultaneous testing (t test). The results of this study prove that electronic news has a positive and significant effect on purchasing decisions,trust has a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, electronic word of moth and trust have a significant effect on purchasing decisions. Keywords: Electronic word of mouth, Trust, Purchasing Decisions ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh electronic,Word, of Mouth, kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi e-commerce Bukalapak, di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data pengguna e-commerce di Indonesia dan data keluhan pengguna Bukalapak pada PlayStore, teknik penentuan sampel dilakukan melalui metode sampling melalui pengujian asumsi klasik, analisis determinasi, analisis linear berganda, pengujian parsial (t-test) serta pengujian simultan (f-test). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, electronic word, of mouth, berpengaruh positif, dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan, Pembelian.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT CENDANA INDOPEARLS BULELENG BALI A.A. Istri Ngurah Dyah Prami; Elsita Lisnawati Guntar; I Putu Deddy Setiawan
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.935 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.127

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine: (1) The effect of job satisfaction on employeeperformance at PT PT Cendana Indopearls Buleleng – Bali, (2) The effect of employee loyalty on employee performance at PT Cendana Indopearls Buleleng – Bali, (3) The effect of job satisfaction and employee loyalty on the performance of employees of PT Cendana Indopearls Buleleng – Bali. This research is a descriptive analysis research using a quantitative approach. Data collection usinga questionnaire. The sample in this study amounted to 70 people. The validity test used Alpha Cronbach. Data analysis using multiple linear regression. The results of the study found that: (1) job satisfaction had a positive and significant effect on employee performance, the Sig.t value was 0.001 <0.050, indicating that H0 was rejected and H1 was accepted. (2) employee loyalty has a positive and significant effect on employee performance, the Sig.t value is 0.000 <0.050 indicating thatH0 is rejected and H1 is accepted. (3) job satisfaction and employee loyalty together have a positive and significant impact on employee performance. The contribution of job satisfaction and employee loyalty to explain employee performance was 64.0%, while 36.0% was determined by other variables not examined in this study.Keywords : Job Satisfaction, Employee Loyalty, and Employee Performance ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Cendana Indopearls Buleleng - Bali, (2) Pengaruh Loyalitasterhadap Kinerja Karyawan PT Cendana Indopearls Buleleng - Bali, (3) Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas terhadap Kinerja Karyawn PT Cendana Indopearls Buleleng - Bali. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskritif denganmenggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan koesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Uji validitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai Sig.t sebesar 0,001 < 0,050 mengidentifiikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (2) loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai Sig.t sebesar 0,000 < 0,050 mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (3) kepuasan kerja dan loyalitas karyawan secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifkan terhadap kinerja karyawan. Kontribusi kepuasan kerja dan loyalitas karyawan untuk menjelaskan kinerja karyawan adalah 64,0% sedangkan 36,0% ditentukan oleh variabel yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan, dan Kinerja Karyawan
MANAJEMEN SUPPORT SYSTEM DAMPAK DARI DISIPLIN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA CV. ASTA BALI CARGO DENPASAR I Made Ferry Sanjaya; Putu Ari Mulyani; I Nyoman Supartha
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.864 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.128

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to determine the impact of employee discipline and employee performance on the management support system at CV. Asta Bali Cargo Denpasar. The population in this study were all employees at CV. Asta Bali Cargo Denpasar. The sample of this research is 50 respondents. Sources of data used are primary and secondary data. Data analysis using SPSS for Windows version 25. The data collection procedure in this study used observation techniques, documentation studies, and questionnaires using a Likert scale. The data analysis technique used multiple linear regression analysis.The results obtained from statistical analysis showed that the magnitude of the influence of work discipline on the management support system at CV. Asta Bali Cargo Denpasar is 51.4% by testing the hypothesis using the t-test, with the result that the work discipline variable (X1) has a significant effect with the t-count result of 4.087 and sig 0.000 on the management support system variable (Y). Employee performance variable (X2) has a significant effect with t-count results of 2.335 and sig 0.024 on the support system management variable.Keywords: Work Discipline, Employee Performance, Management Support System ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari disiplin kerja karyawan dan kinerja karyawan terhadap manajemen support system pada CV. Asta Bali Cargo Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV. Asta Bali Cargo Denpasar. Sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 50 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data analisis dengan menggunakan SPSS for Windows version 25. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisisdata menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian diperoleh dari analisis statistikmenunjukan bahwa besarnya pengaruh disiplin kerja terhadap manajemen support system pada CV. Asta Bali Cargo Denpasar adalah sebesar 51,4% dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan hasil bahwa variabel disiplin kerja (X1) berpengaruh signifikan dengan hasil t-hitung sebesar 4,087 dan sig 0,000 terhadap variabel manajemen support system (Y). Variabel kinerja karyawan (X2) berpengaruh signifikan dengan hasil t-hitung sebesar 2,335 dan sig 0,024 terhadap variabel manajemen support system.Kata kunci : Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan, Manajemen Support System
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN TAMU YANG MENGINAP DI SAMAJA KUNTI BALI VILLAS Ejasa Sembiring; Luh Kadek Budi Martini; I Nyoman Dama; Putu Ade Wijana
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.379 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.129

Abstract

ABSTRACTThe Title Research is The Effect of Promotion And Service Quality On The Level Of Satisfaction Of Guests Staying At Samaja Kunti Bali Villas. This study aims to determine the effect of promotion and service on customer satisfaction at Samaja Kunti Bali Villas. The research method used in this study is a quantitative method. The type and data used are primarydata, namely the results of filling out questionnaires by respondents from Samaja Kunti Bali Villascustomers.The population in this study are customers who stay at Samaja Kunti Bali Villas. The research sample was 82 customers using the Acidential Sampling method.The results of this study indicate that partially the promotion and service variables have a positive and significant effect on customer satisfaction. Simultaneously, promotion and service variables have a positive and significant effect on customer satisfaction.Keywords: Promotion, Service Quality, and Customer Satisfaction ABSTRAKJudul penelitian ini adalah Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu Yang Menginap Di Samaja Kunti Bali Vilas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Samaja Kunti Bali Villas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis dan data yang digunakan adalah data primer, yaitu hasil pengisian kuesioner oleh responden pelanggan Samaja Kunti Bali Villas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menginap di Samaja Kunti Bali Villas. Sampel penelitian sebanyak 82 pelanggan dengan menggunakan metode Acidential Sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Variabel promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan variabel promosi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata Di PT. Nusa Devata Bali Holiday Nurul Hakiki; Luh Komang Candra Dewi; Luh Kadek Budi Martini
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.839 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.130

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze the effect of price, product quality, promotion on purchasing decisions of tourist packages at PT. Nusa Devata Bali Holidays. The sampling technique used in this research is purposive sampling research method. The research analysis used multiple regression analysis. The sample in this study were consumers or customers of PT. Nusa Devata Bali Holiday who are 17 years old and over who are considered capable of providing information in accordance with the facts. The results of the analysis show that 1) Price has a significant effect on purchasing decisions, 2) Product quality has a significant effect on purchasing decisions, 3) Promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions at PT Nusa Devata Bali Holiday. Suggestions in this study is that the leadership of PT Nusa Devata Bali Holiday is expected to pay attention to price, product quality and promotions to improve purchasing decisions.Keywords: Price, Product Quality, Promotion, Purchase Decision ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk, promosi terhadap keputusan pembelian peket wisata di PT. Nusa Devata Bali Holiday. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan dari PT. Nusa Devata Bali Holiday yang sudah berumur 17 tahun ke atas yang dianggap mampu memberikan informasi sesuai dengan fakta yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian, 3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Nusa Devata Bali Holiday. Saran dalam penelitian ini adalah pimpinan PT Nusa Devata Bali Holiday diharapkan memperhatikan harga, kualitas produk dan promosi untuk meningkatkan keputusan pembelian.Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SERAYU POT & TERACOTT Mutria Farhaeni; Elsita Lisnawati Guntar; Luh Putu Desy Aryati
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.314 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.131

Abstract

ABSTRACTThis research is a descriptive analysis research using aquantitative approach. Data collection using a questionnaire. The sample in this study amounted to 89 people and used the data collection procedure in thid study used interview, documentation and questionare techniques using a likert scale. Thedata analysis technique used multiple linier regression analysis. The hypothesis testing were using F test and t test with a significance level of 5%. As for measuringthe validity and reliability this study using Pearson’s product moment and cronbach's alpha. And the tool to test the statistical analysis is SPSS for windows 25 version. Based on the research that has been done, it can be concluded as follows: (1) Based on the results of multiple linear regression analysis in this study,obtained the regression equation as follows: Y = 4,717 + 0,112 X1 + 0,073 X2 + 0,219 X3. (2) It discovered that the price variable (X1) has a positive and significant influence on customer loyalty as dependent variables (Y). (3) It discovered that thepromotion variable (X2) has a positive and significant influence on customer loyalty as dependent variables (Y). (4) It is known that the quality of product (X3) has a positive influence but not significant on customer loyalty as dependent variable (Y). Therefore, Serayu Pot & Teracotta is expected to maintain the factorof price, promotion and Quality of product to achieve a greater customer loyalty.Keywords: Price, Promotion, Quality of Product, Customer Loyalty ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan kuesioner dengan menggunakan skala likert.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, analisis regresi linier berganda,dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t dengan tarafsignifikansi 5%. Pengukuran uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakanproduct moment Pearson dan cronbach’s alpha. Serta untuk melakukan pengujiananalisis statistik digunakan alat bantu yaitu program SPSS untuk windows versi 25.Berdasarkan hasil penelitian dan analsis data yang telah dilakukan,ditemukan bahwa (1) pada hasil analisis regresi linier berganda yang telahdilakukan pada penelitian ini, didapat persamaan regresi sebagai berikut : Y =0,352 X 1 + 0,043 X 2 + 0,536 X 3; (2) diketahui bahwa variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitaspelanggan (Y); (3) diketahui bahwa variabel promosi (X2) memiliki pengaruhpositif dan signifikan terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y); dan (4)diketahui bahwa kualitas produk (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikanterhadap variabel dependen loyalitas pelanggan (Y). Oleh karena itu, diharapkanSerayu Pot & Teracotta tetap menjaga faktor harga, promosi dan kualitas produk agar pelanggan tetap royal menggunakan produk pot Serayu Pot & Teracotta.Kata Kunci : Harga, Promosi, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN GIANYAR) Putu Gede Denny Herlambang; Ni Ketut Indri Dharma Putri
Majalah Ilmiah Widyacakra Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra
Publisher : STIE BIITM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.408 KB) | DOI: 10.56915/miw.v5i2.132

Abstract

ABSTRACKPerformance is a person success in carrying out a job, how a person completes his work. The success of an organization cannot be separated from the improvement of superior and quality human resources, must always be managed and emphasized by the organization to get the expected performance. This study aims to determine the effect of simultaneously or partially between organizational culture and work stress on employee performance at the Regional Financial and Asset Management Agency (BPKAD) Gianyar Regency. The total population in this study amounted to 330 people. The number of samples used were 77 samples. The sampling method was simple random sampling. The data were analyzed using the classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation analysis, analysis of determination, partial significance test (t-test) and simultaneous significance test (F-test). The results showed that organizational culture partially had a significant positive effect on the performance of BPKAD employees in Gianyar Regency, work stress partially had a significant positive effect on the performance of BPKAD employees in Gianyar Regency and organizational culture and work stress simultaneously affected the performance of BPKAD employees in Gianyar Regency.Keywords: Organizational Culture, Work Stress and Employee Performance ABSTRAKKinerja merupakan kesuksesaan seseorang di dalam melaksanakan suatu pekerjaan, bagaimana seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya.Keberhasilan suatu organisasi tidak terlepas dari peningkatan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, harus selalu dikelola dan ditekankan oleh organisasi untuk mendapat kinerja yang diharapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial antara budaya organisasi dan stres kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelolaaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Gianyar. Jumlah Populasi pada penelitian ini berjumlah 330 orang.Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 77 sampel. Adapun pengambilan sampelnya adalah secara simple random sampling.Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, uji signifikansi parsial (t-test) dan uji signifikansi simultan (F-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai BPKAD Kabupaten Gianyar, Stres kerja secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai BPKAD Kabupaten Gianyar dan Budaya organisasi dan Stres kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai BPKAD Kabupaten Gianyar.Kata Kunci : Budaya Organisasi,Stres Kerja dan Kinerja Pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 10