cover
Contact Name
Mursal Aziz
Contact Email
mursalaziz7@gmail.com
Phone
+6285361163293
Journal Mail Official
mursalaziz7@gmail.com
Editorial Address
http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/about/editorialTeam
Location
Kab. labuhanbatu utara,
Sumatera utara
INDONESIA
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 27983757     EISSN : 27210561     DOI : -
Core Subject : Education,
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleg Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara yang terbit 4 kali dalam setahun. adapun edisinya yaitu: Januari – Maret, April - Juni, Juli-September, Oktober – Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2023): September (2023)" : 5 Documents clear
Implementasi Program Tahfizhul Al-Qur'an dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tanjung, Rohimatul Bayani; Lubis, Robi’atul Hafizoh
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 No 3 (2023): September (2023)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61082/bunayya.v4i3.529

Abstract

Pendidikan karakter pada anak usia dasar menjadi tantangan penting di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi yang mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Salah satu upaya untuk mengembangkan karakter siswa adalah melalui program tahfidz Al-Qur'an yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz Al-Qur'an dalam mengembangkan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengumpulkan data dari berbagai penelitian terdahulu, buku, dan jurnal ilmiah terkait. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten untuk menggali informasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa, seperti meningkatkan disiplin, ketekunan, rasa tanggung jawab, serta akhlak mulia. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, terutama terkait keterbatasan waktu dalam jadwal pelajaran dan kurangnya dukungan orang tua. Faktor-faktor yang mendukung, seperti kompetensi guru dan fasilitas yang memadai, turut meningkatkan keberhasilan program ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perhatian lebih terhadap faktor-faktor pendukung pelaksanaan program tahfidz untuk memaksimalkan dampaknya, serta memberikan wawasan bagi pengelola dan pendidik Madrasah Ibtidaiyah untuk mengembangkan program tahfidz yang lebih efektif dalam pembentukan karakter religius siswa.
Strategi Pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian Teoritis dan Praktis Masfufah, Masfufah
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 No 3 (2023): September (2023)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61082/bunayya.v4i3.530

Abstract

Quran learning in Madrasah Ibtidaiyah (MI) has an important role in the formation of character and morals of the young generation. However, in practice, the learning strategies used are often less effective in improving students' understanding of the teachings of the Quran, both in terms of understanding the meaning and its application in everyday life. This problem is exacerbated by the lack of diversity in teaching methods, limited technology, and differences in the level of understanding between students. This study aims to explore the Quran learning strategies applied in MI, identify the challenges faced, and analyze the potential use of technology in improving the quality of Quran learning. The research method used is a literature study, by analyzing various relevant literature on learning theories, Al-Quran teaching methods, and the use of technology in education. This study found that the lecture and memorization methods often used in MI tend to be ineffective in building a deep understanding of the Al-Quran. Contextual and thematic approaches that connect the teachings of the Al-Quran with students' daily lives have proven to be more effective. In addition, the integration of technology such as digital Al-Quran applications and e-learning platforms can enrich students' learning experiences, although technology accessibility is a major challenge. The implications of this study indicate the importance of innovation in Al-Quran learning strategies in Madrasah Ibtidaiyah, by emphasizing a more flexible, technology-based approach that is relevant to students' needs. Teacher training is also needed to optimize the use of methods and technology in learning.
Penerapan Pembelajaran Al-Qur'an Berbasis Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar Rizkinta, Elga Novira
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 No 3 (2023): September (2023)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61082/bunayya.v4i3.531

Abstract

Abstrak penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca pada siswa sekolah dasar. Masalah umum yang dihadapi adalah kurangnya pendekatan yang mengutamakan keterampilan membaca yang benar dalam pembelajaran Al-Qur'an, sehingga banyak siswa yang hanya mampu menghafal tanpa memahami kaidah tajwid yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan pembelajaran berbasis keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai kaidah tajwid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan mengenai pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca. Penelitian ini juga menganalisis peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam mendukung pembelajaran keterampilan membaca Al-Qur'an di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis keterampilan membaca yang mengintegrasikan metode tajwid terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Penggunaan media berbasis teknologi juga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meskipun tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru masih menjadi hambatan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pelatihan guru untuk mengajarkan keterampilan membaca dan penggunaan media teknologi yang dapat mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar.
Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Tamrin, Muhammad
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 No 3 (2023): September (2023)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61082/bunayya.v4i3.532

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah umum yang dihadapi adalah kurang optimalnya penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an, yang lebih fokus pada aspek teknis seperti bacaan dan hafalan, tanpa memperhatikan penerapan nilai-nilai moral dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana cara mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an secara efektif dan aplikatif, serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu yang membahas tentang pembelajaran Al-Qur'an dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, di mana sumber-sumber data primer dan sekunder dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam integrasi nilai-nilai Islam adalah keterbatasan waktu, sumber daya yang terbatas, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih holistik, dengan memanfaatkan teknologi dan pelatihan guru, untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek pembelajaran Al-Qur'an. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran Al-Qur'an dapat membentuk karakter siswa yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Peran Pembelajaran Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Agama Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Harahap, Muhammad Rifai
Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 4 No 3 (2023): September (2023)
Publisher : Prodi PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61082/bunayya.v4i3.533

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan literasi agama siswa di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah umum yang diangkat adalah tantangan dalam pengajaran Al-Qur'an yang seringkali hanya berfokus pada aspek hafalan, tanpa memperhatikan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran Al-Qur'an dapat meningkatkan literasi agama siswa, serta mengidentifikasi metode-metode pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan, baik dari jurnal, buku, maupun artikel ilmiah yang membahas pembelajaran Al-Qur'an dan literasi agama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait dengan pembelajaran Al-Qur'an dan peningkatan literasi agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur'an yang berbasis pemahaman tafsir, kontekstual, dan interaktif dapat secara signifikan meningkatkan literasi agama siswa. Pembelajaran Al-Qur'an yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa juga berkontribusi dalam memperkuat penghayatan terhadap ajaran agama. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif untuk meningkatkan literasi agama di SD dan MI, guna mencapai pendidikan yang lebih holistik dan mendalam bagi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5