cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
jurnal@jurnal-stiepari.ac.id
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
jurnal@jurnal-stiepari.ac.id
Editorial Address
Kampus STIEPARI SEMARANG Jl Lamongan Tengah no. 2 Bendan Ngisor, Gajahmungkur Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan
ISSN : 29624401     EISSN : 29624002     DOI : 10.56910
jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS. Jurnal ini adalah Jurnal Bahasa dan Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk linguistik, sastra, filsafat, psikologi, hukum, pendidikan, sosial dan studi budaya. Jurnal Bahasa dan Pendidikan menerima makalah dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan" : 16 Documents clear
Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Dialog Film Story of Kale : When Someone’s in Love Nabila Anggraeni; Esti Istiqomah; Annisa Dwi Nur Fitriana; Ryan Hidayat; Asep Purwo Yudi Utomo
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.147 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.130

Abstract

Tuturan adalah suatu wujud komunikasi dari masing-masing individu yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu yang ingin diinformasikan seorang penutur kepada mitra tutur. Jika penutur dan mitra tutur saling memahami maksud dan tujuan yang dituturkan masing-masing, maka komunikasi yang baik akan tercipta. Walaupun penutur dalam menginformasikan amanat atau maksud dalam wujud yang berbeda. Artikel ini menjelaskan mengenai tindak tutur perlokusi yang ada pada dialog film “Story of Kale: When Someone’s in Love”. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah tuturan antartokoh dalam film “Story of Kale: When Someone’s in Love”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik simak dan catat. Kemudian data yang didapat akan diidentifikasi dan dianalisis datanya. Penelitian ini menjelaskan bahwa dalam film “Story of Kale: When Someone’s in Love” terdapat bentuk-bentuk tindak tutur perlokusi yang mencakup, membuat jengkel, melegakan, menarik perhatian, membuat petutur melakukan sesuatu, membuat petutur berpikir tentang sesuatu, membuat petutur tahu bahwa, mengalihkan perhatian, membujuk, mendorong, menakut-nakuti, dan menipu. Hasil dari penelitian ini juga akan membantu memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai bentuk-bentuk tuturan perlokusi dalam dialog film “Story of Kale: When Someone’s in Love”.
ANALISIS KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA PADA BERITA ONLINE TENTANG ANCAMAN PENYEBARAN OMICRON PANDEMI COVID-19 TAHAP 3 Reni Sagita Br Barus; Yusni Khairul Amri
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.179 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.166

Abstract

This study aims to determine language impoliteness in online news, especially in online news about the spread of Omicron "Covid-19 pandemic phase 3". The object of formal research is the use of words that use Geoffrey Leech's Theory as a reference, and the object material in the form of maxims that are carried out, maxims of generosity, maxims of appreciation, maxims of simplicity, maxims of appreciation, maxims of consensus, and maxims of sympathy. The object of research material in the background of language speech problems that have an implicit meaning as communication used in conversation by reporters and resource persons during the interview process. This study aims to determine the analysis of language impoliteness through pragmatic studies. The method used is descriptive research in qualitative form and uses a note-taking technique. This research instrument was carried out by means of a documentation study by observing the language used in the online news of covid-19. The results of the data analysis of this study indicate that there is a lot of language use that is not suitable for use in online beita. By combining the six maxims, the data obtained are 81 utterances and 14 utterances that violate language politeness, including 3 maxims of generosity, 2 maxims of generosity, 2 maxims of praise, 3 maxims of humility, 3 maxims of consensus, 1 maxim of sympathy.
KOMUNIKASI TRI PUSAT PENDIDIKAN UPAYA MENCEGAH KEKERASAN TERHADAP SISWA DI SEKOLAH Hilmin Hilmin; Dwi Noviani
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1295.858 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.171

Abstract

Tripusat pendidikan juga diperlukan agar terjalin kerja sama yang baik serta harmonisasi dan sinkronisasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang baik pula. Tripusat pendidikan itu terdiri atas sekolah (guru, kepala sekolah, siswa), keluarga (orang tua/wali murid), dan masyarakat (komite sekolah, organisasi profesi). Peserta didik yang datang ke sekolah memiliki latar belakang yang sangat beragam dan komplek, sehingga dalam pendekatan edukasinya juga haruslah memandang dari sisi heterogen. Keragaman itu muncul dari kondisi keluarga dengan berbagai permasalahannya, ekonomi, keharmonisan keluarga, begitu juga peserta didik berasal dari lingkungan sosial tempat bergaul yang menganut nilai-nilai sosial yang berbeda. Ketika komunikasi tidak tersambung baik maka akn terjadi mis komunikasi yang akan memunculkan interpretasi yang berbeda dan cenderung untuk melakukan tindakan kekerasan. Oleh karena itulah, komunikasi yang terbangun dengan baik bersama tri pusat pendidikan guru, kepala sekolah, peserta didik, orang tua/wali murid adalah solusi utama untuk berbagi tanggung jawab dan beban dalam pendidikan. Karena hakikatnya pendidikan itu bukan hanya tanggung jawab guru dan kepala sekolah saja. Kekerasan terjadi di sekolah karena tidak tersambungnya komunikasi antara guru dengan siswa, komunikasi guru dengan orang tua siswa, komunikasi siswa dengan orang tua siswa, komunikasi guru dengan organisasi di sekolah.
Analisis Kesadaran Metakognisi dan Strategi Belajar Calon Guru Biologi Dalam Menyusun Mini Riset Rasyida, Nisa
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1170.28 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.184

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesadaran metakognisi dan strategi belajar mahasiswa calon guru biologi dalam menyusun mini riset. Melalui lembar inventori MAI (Metacognitive Awarness Inventory) kemampuan metakognitif dan strategi belajar calon guru biologi dikumpulkan dan dianalisis datanya secara deskriptif. Populasi penelitian survei ini adalah mahasiswa yang masih aktif mengikuti perkuliahan tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 108 orang mahasiswa prodi pendidikan biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif calon guru biologi berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 73,8. Tingkatan kemampuan metakognitif ini didasarkan pada kriteria dan penggolongannya mengadaptasi Schraw & Dennison, (Stewart et al., 2007: 34-35), ialah (untuk dewasa): buruk (≤50), kurang (51-69), cukup (70-79), dan baik (≥80). Strategi belajar perlu ditingkatkan lagi dengan melatih kemampuan metakognitif mahasiswa calon guru biologi.  
Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegraan Di Kelas XI PMIA SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 Yulia Malau; Wesly Nababan; Restua Hutahaean
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.978 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Untuk memperoleh data Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar, peneliti menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data dan yang digunakan adalah angket tertutup disusun secara berstruktur dimana item-item pertanyaan yang diikuti dengan jawaban yang terdiri dari empat buah pilihan. Kualitas instrumen penelitian untuk angket dinilai melalui uji vadilitas dan reabilitas. Seluruh data dari kedua variabel diatas terlebih dahulu diuji apakah berdistribusi normal atau tidak dengan menggunakan uji kecocokan atau uji chi kuadrat dan ternyata kedua varibel tersebut berdistribusi normal. Langkah selanjutnya adalah pengujian hipotesis dengan menghitung persamaan regresi linier yaitu Y atas X1 adalah = 81,67+ 0,4 X1 artinya bahwa antara variabel X1 linier dengan Y dan Y atas X2 adalah =86,39 + 0,10 X2 artinya bahwa antara variabel X2 linier dengan Y serta Y atas X1 dan X2 adalah =1,15+0,91 X1+ 0,19X2 artinya bahwa antara variabel X1 dan X2 linier dengan Y.
PENGGUNAAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH HAURGEULIS Hifni Mevin Miavara; Wiena Safitri; Moh. Mas’ud Arifin
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.694 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.190

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode mimicry-memorization dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mim-mem dalam penguasaan mufradat pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII B SMP Muhammadiyah Haurgeulis sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, terdapat faktor pendukung berupa sarana dan faktor penghambatnya berupa faktor guru, terdiri dari latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar guru; dan faktor siswa, yaitu minat siswa, perhatian siswa dan aktivitas siswa.
IMPLEMENTASI METODE TATA BAHASA TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 7 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) MUHAMMADIYAH HAURGEULIS INDRAMAYU Julia Julia; Abdur Rahim; Wiena Safitri
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1012.756 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.191

Abstract

Jurnal ini mengkaji tentang Implementasi Metode Tata Bahasa Terjemah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu. Pokok masalah yang pertama dari penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode tata bahasa terjemah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis, yang kedua yaitu faktor yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi metode tata bahasa terjemah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode tata bahasa terjemah di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis, dan mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan penerapan metode tata bahasa terjemah di kelas 7 SMP Muhammadiyah Haurgeulis. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi kepada guru dan siswa SMP Muhammadiyah Haurgeulis Indramayu yang berjumlah 1 guru dan 5 siswa informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab menerapkan metode tata bahasa terjemah lebih banyak memfokuskan pada Isim, Fi’il dan Huruf, hanya sebagian siswa yang memahami pembelajaran di kelas 7 SMP Muhammadiyah dalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun faktor-faktor penghambatnya yaitu (1) dominannya latar belakang siswa bukan dari pendidikan MDA, (2) masih terbatasnya kemampuan siswa dalam bahasa Arab, (3) adanya semangat dan motivasi yang rendah dari siswa dalam belajar dan tidak mau berusaha belajar, (4) lingkungan keluarga siswa dimana terdapat siswa yang tidak tinggal bersama orang tuanya selama menempuh pendidikan, atau adanya siswa yang lebih sibuk untuk membantu orang tuanya sehingga menggangu proses belajar dirumah, (5) fasilitas buku dan media belajar yang kurang memadai di sekolah. Adapun faktor-faktor pendukungnya antara lain, (1) Guru yang mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan media yang ada, (2) siswa yang rajin belajar dan bisa membaca dan menulis hijaiyah, dan (3) Dukungan orang tua sebagai pihak yang mengetahui karakter siswa.
Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online Lathifah Insani; Abdur Rahim; Ahmad Asrof Fitri
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1604.788 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran metode shorof di Sekolah Islam Online dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pembimbing dan peserta program pembelajaran shorof di tingkat dasar. Dari hasil penelitian ini proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, dengan waktu pembelajaran yang fleksibel dan materi yang dapat diikuti oleh semua kalangan. Namun kegiatan diskusi belum dapat berjalan secara aktif tergantung bagaimana pesertanya karena pembelajaran dalam program ini bersifat mandiri. Sedangkan kelebihan dan kekurangan dari cara ini adalah banyak latihan yang mengasah keterampilan peserta dalam memahami perubahan kata, dalam menghafal wazan peserta tidak diwajibkan menyetorkan hafalannya sehingga peserta masih terbiasa melihat buku dalam mengubah suatu kata untuk mendapatkan makna yang diinginkan.
Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Merdeka Belajar Kampus Merdeka Roni Juliansyah; Rosihan Arbi Said; Masniati Murni Ritonga
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.873 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.199

Abstract

Kehadiran Virus Corona atau yang akrab dikenali dengan Covid-19 telah merubah segala aspek kehidupan, terutama proses belajar mengajar. Peserta didik dan pengajar di Indonesia yang terbiasa melakukan proses belajar mengajar dengan tindakan kelas dan kontak fisik harus beradaptasi ke dunia pembelajaran digital. Ini tentunya bukanlah hal yang kecil bagi pengajar maupun peserta didik. Hal tersebut menjadi satu amukan pada diri peneliti untuk menindaklanjuti fenomena yang terjadi. Adapun Fenomena yang terjadi yaitu 1) baik mahasiswa maupun dosen sulit beradaptasi ke sistem digitalisasi pembelajaran, dibuktikan dengan adanya dosen yang tidak bisa menghidupkan video pada saat pembelajaran online, tidak dapat membagikan layar ataupun menggunakan background di zoom meeting mereka. Terlebih sebahagian besar dosen Universitas Mahkota Tricom Unggul tidak dapat membuat laporan mengajar secara digital,sehingga tidak ditemukan adanya laporan mengajar digital selama pembelajaran daring. 2) Dari sisi mahasiswa, ditemukan adanya mahasiswa yang belum mempunyai laptop dan HP yang mendukung kapasitas dalam menjalankan zoom meeting. 3)Terkhusus bagi mahasiswa yang mempelajari bahasa asing (bahasa Inggris), hal ini sungguh menjadi masalah besar karena seyogyanya mereka butuh interaksi langsung dengan pengajar (dosen) kini harus mengalami bias jarak dan media yang mengakibatkan nilai pencapaian bahasa Inggris mereka menurun drastis (dibuktikan dengan data skunder dari akademik). Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana motivasi belajar mahasiswa dalam mengikuti digitalisasi pembelajaran bahasa Inggris dimasa merdeka belajar. Penelitian akan dilakukan dengan survey sederhana dengan mengaplikasikan kuesioner sebagai data kuantitatif dan hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif. Adapun responden akan diambil dari seluruh mahasiswa tingkat II dan III Program Studi D3 Akuntansi dan S1 Manajemen yang berjumlah 63 orang. Isian kuesioner motivasi belajar disusun berdasarkan Indikator motivasi menurut Fitriyani (2020). Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 75% (47) responden merespon kuesioner motivasi dengan negatif, hal ini membukatikan bahwa mahasiswa Akuntansi dan Managemen Universitas Mahkota Tricom Unggul memiliki motivasi yang tidak baik terhadap digitalisasi pembelajaran bahasa Inggris dimasa kampus merdeka merdeka belajar dikarenakan oleh keterbatan yang ada untuk menjalankan digitalisasi pembelajaran tersebut. Kemudian untuk menjawab permasalahan kedua dalam penelitian ini, 83% (52) responden menjawab bahwa mereka tertarik untuk menggunakan media pembelajaran seperti Zoom dan video pembelajaran, dimana mereka dapat langsung berinteraksi dan merasakan atmosper pembelajaran yang murni atau natural.
ANALISIS HEGEMONI NOVEL SANG KERIS KARYA PANJI SUKMA Safira Wardani Pane; Winarti, Winarti
PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2022): Oktober : Jurnal Bahasa dan Pendidikan
Publisher : BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.177 KB) | DOI: 10.56910/pustaka.v2i4.220

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kajian hegemoni yang terdapat dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan isi novel Sang Keris karya Panji Sukma yang diterbitkan di Pt Gramedia Pustaka Utama, pada tahun 2020. Adapun data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan dialog yang terdapat dalam karya sastra. Dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma dengan menggunakan teori hegemoni dalam novel tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan cara pengumpulan data, mendeskripsikan data, dan menganalisis data dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bentuk hegemoni kekuasaan dalam konteks budaya/kebudayaan, ideologi, kaum intelektual dan negara, dalam novel Sang Keris karya Panji Sukma. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dari sumber data penelitian adalah pedoman dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan mengumpulkan data kemudian meringkas, dan memilih yang pokok berhubungan dengan hegemoni, setelah data terkumpul akan dipaparkan di dalam pembahasan, ditarik simpulan dan menjadi hasil penelitian. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa beberapa kalimat yang muncul dalam novel memiliki unsur bentuk hegemoni dalam konteks budaya/kebudayaan, ideologi, kaum intelektual, dan negara.

Page 1 of 2 | Total Record : 16