cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGARUH REKRUTMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS PADA PERGURUAN TINGGI DHARMA WACANA Eka Gustina Sari; Nur Effendi; Dian Komarsyah
Promis Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v5i1.899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabelrekrutmen terhadap kinerja pegawai pada Perguruan Tinggi Dharma Wacana Metro.Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 orang dengan jumlah sampelsebanyak 78 responden. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatifdengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis dan faktual mengenaihubungan antara fenomena yang diselidiki terkait dengan rekrutmen terhadap kinerjapegawai pada Perguruan Tinggi Dharma Wacana.Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana yang dilakukan bahwa rekrutmenmemiliki koefisien regresi nilainya sebesar 0,408 dengan peningkatan 1%. Uji hipotesispada uji t-statistik miliki nilai (4,117) > t-tabel 1,992 dengan signifikan 0,000 < (α ═ 0,05),yang berarti bahwa rekrutmen benar berpengaruh secara signifikan dengan arah hubunganpositif terhadap kinerja pegawai. Rekrutmen berpengaruh positif terhadap kinerja pegawaisehingga persamaan regresinya adalah y= 36,910 + 0,408 X. Hal ini menunjukan bahwakorelasi antara rekrutmen terhadap kinerja pegawai pada Perguruan Tinggi DharmaWacana memiliki korelasi yang sedang dan rekrutmen mempunyai pengaruh sebesar16,6% terhadap kinerja pegawai dan sisanya dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini.Dari uraian diatas, penulis menyarankan bahwa salah satu cara yang tepat untukmeningkatkan kinerja pegawai adalah dengan memberikan hadiah kepada karyawanberprestasi sehingga dapat membuat pegawai saling berkompetisi untuk memberikankinerja yang lebih baik lagi
MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 CIKARANG PUSAT KABUPATEN BEKASI Nasri Kurnialoh; Solihin Sari; Mohamad Rifki
Promis Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v5i1.901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen perencanaan, implementasi danevaluasi kurikulum. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif denganinforman berjumlah 6 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolahbidang kurikulum dan guru-guru SMAN 1 Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi.Teknik pengumpulan data melalui tiga cara, yaitu observasi, studi dokumen, danwawancara. Teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data reduction,analisis data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat evaluasi menyeluruhterhadap kebutuhan siswa, perkembangan pendidikan, dan tuntutan dunia kerja,kolaborasi antara wakil kepala sekolah, tim guru dan pakar pendidikan. Kedua,manajemen implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan mutupendidikan dengan cara: melibatkan pelatihan, dukungan kepada guru dalampembelajaran inovatif dan guru didorong untuk menggunakan metode pembelajaran yangaktif, kolaboratif, dan kontekstual. Ketiga, evaluasi berkelanjutan dan holistik termasukguru, siswa, orang tua, staf sekolah, dan komunitas lokal. Kolaborasi dan komunikasi yangbaik antara semua pihak akan membantu memastikan kesuksesan implementasi kurikulummerdeka belajar dan peningkatan mutu pendidikan di SMAN 1 Cikarang Pusat KabupatenBekasi.
MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN Aliyatus Sania; Muhamad Irfan; Suhadi
Promis Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v5i1.904

Abstract

Manajemen peserta didik sebagai proses yang mengatur semua bentuk aktivitassiswa menjadi tolak ukur keberhasilan dalam upaya menggapai tujuan pendidikan secaraefektif dan efisien. Tujuan dari manajemen peserta didik adalah untuk mengatur segalabentuk kegiatan yang menunjang proses pembelajaran agar peserta didik menjadi tertibdan lancar sehingga memberikan dampak pada tujuan pendidikan secara keseluruhan.Keberhasilan pendidikan sebagi bentuk wujud disiplin di kalangan siswa dalamkondisi yang sesuai antara sikap dan perilakunya dengan nilai dan aturan madrasah.Madrasah perlu melakukan upaya terbaik untuk menjalankan peraturan sehingga ia bisamenjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Untuk mengambil tindakandisiplin, guru harus mempertimbangkan aspek psikologis setiap siswa.Dengan metode model library research, kajian ini menunjukkan bahwa manajemenpeserta didik menghasilkan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan potensipeserta didik berupa pemberian layanan kepada siswa di suatu lembaga pendidikan, baikdi dalam maupun di luar jam belajarnya di kelas; pembinaan peserta didik dapat dilakukanpada orientasi siswa baru, pembinaan kedisiplinan dengan menghasilkan sikap,penampilan, dan tingkah laku siswa sesuai dengan tatanan nilai, norma, dan ketentuanketentuan yang berlaku
MANAJEMEN KEPEMIMIMPINAN DAN RELEVANSINYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AS-SYIFA KAJEN Salma Selfiyana; Ahmad Tarifin; Dinda Wulandari; Diffa Faizah; Hilal Tafattuhil Arzaq
Promis Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v5i1.905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kiai didalam kehidupan pesantren.Kegiatan yang berada dipesantren tidak dapat terlepas dari peran kepemimpinan kiai. Kiaimenjadi sentral utama didalam pesantren sehingga kepemimpinanya sangat berpengaruhterhadap pesantren. Oleh karena itu, kepemimpinan didalam pesantren harus memiliki arahyang baik sebagai langkah membentuk dan meningkatkan mutu pesantren.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) manajemen kepemimpinan kiaidipesantren memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan kegiatan di pondokpesantren tahfidzul Qur’an AS-Syifa Kajen. Untuk membentuk santri yang patuh terhadapperaturan dan pembelajaran pesantren kiai harus senantiasa memberikan arahan berupauswah hasanah dan pemberian pesan-pesan melalui kajian dan pengajaran kitab kuningserta media lainnya. (2) strategi yang dilakukan para pemimpin di pondok pesantrentahfidzul Qur’an AS-Syifa dalam mewujudkan ketercapaian mutu pendidikan yang baik dipondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa yaitu dengan melakukan pembiasaankedisiplinan santri dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam keseharian sertamemberikan takziran kepada santri jika tidak disiplin dalan menjalankan kegiatan. (3)faktor yang mempengaruhi relevansi manajemen kepemimpinan dan mutu pendidikan dipondok pesantren tahfidzul Qur’an As-Syifa Kajen. Kiai sebagai tokoh utama pesantrenmemiliki pengaruh yang besar terhadap jalannya pondok pesantren.
PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA PENDIDIK MELALUI KUALIFIKASI AKADEMIK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN Wahid Dalail; Arif Ismunandar; Hafiedh Hasan
Promis Vol 5 No 1 (2024): Edisi Maret 2024
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v5i1.906

Abstract

Pendidikan yang bermutu hanya terjadi manakala didukung oleh tenaga-tenagapendidik yang memiliki kapasitas mumpuni sesuai dengan bidang keilmuannya danprofesional dalam mendidik. Guru dikatakan memiliki kapasitas jika memilikikualifikasi akademik minimum dan kompeten dibidangnya. Adapun guru profesionaladalah guru yang memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh peraturan danUndang-undang Nomor 20 Tahun 2003.Tulisan ini memaparkan tentang pentingnya pemahaman bahwa seorang pendidikprofesional harus memenuhi kualifikasi akademik sesuai peraturan yang berlaku.Pemaparan tulisan ini didasarkan pada analisis dari data pustaka dengan model deskriptif.Dari hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa seorang pendidik yangprofesional harus memiliki kualifikasi akademik sesuai dengan Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen pada Bab IV Pasal 1, yangmenyatakan bahwa Kualifikasi akademik adalah ijazah jenjang pendidikan akademik yangharus dimiliki oleh guru atau dosen sesuai dengan jenis, jenjang dan satuan pendidikanformal tempat penugasan. Tenaga pendidik merupakan salah satu faktor penentukeberhasilan pembelajaran dan sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan berbagaikebijakan dan arah pendidikan. Dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai denganbidangnya diharapkan guru dapat melaksanakan tugas dengan kompeten dan profesional.

Page 1 of 1 | Total Record : 5