cover
Contact Name
Yudhi Nugroho Adi
Contact Email
library@tekomuniversity.ac.id
Phone
+628128000110
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Jl. Telekomunikasi No. 1 Gedung Manterawu Lt. 5
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
eProceedings of Art & Design
Published by Universitas Telkom
ISSN : 23559349     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing terkait.
Articles 127 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023" : 127 Documents clear
PERANCANGAN STORYBOARD UNTUK ANIMASI 2D BAHAYA LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA EDUKASI LINGKUNGAN BAGI REMAJA DI KOTA DEPOK Dharmawan, Aliefki Pradithya; Sudaryat, Yayat; Afif, Riky Taufik
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Plastik merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan pada kehidupansehari-hari. Dengan adanya plastik segala macam kebutuhan hidup menjadi lebih mudah,seperti wadah makanan dan minuman, kemasan barang, dan lain-lainnya. Meskipun gerakanuntuk mengurangi penggunaan limbah plastik sudah dilaksanakan, namun sepertinya masihkurang adanya sosialisasi sehingga masih kurang maksimal. Masyarakat masih banyakmenggunakan medium plastik dikebutuhan sehari-harinya serta masih kurang paham betapabahayanya limbah plastik bagi lingkungan serta kesehatan. Dengan adanya perancangananimatic storyboard untuk animasi 2D ini diharapkan dapat memberikan pemahaman padamasyarakat, khususnya remaja agar lebih sadar akan bahayanya penggunaan limbah plastik,serta memberikan opsi medium lain yang dapat digunakan. Metode perancangan yang akandilakukan adalah pengumpulan data (Studi Pustaka, wawancara dan observasi), kemudiandata analisa menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisa data yang telah diperoleh ialahwawancara dengan warga Depok dan juga dokter spesialis paru tentang bahaya dari limbahplastik dan juga alternatif penggunaan medium plastik, serta wujud penggayaan animasi yangtepat untuk diterapkan pada animasi tersebut agar dapat menarik anak muda. Kata Kunci: Animasi, Animatic Storyboard, Artbook, Limbah, Plastik, Remaja.Abstract: Plastic is one of the most commonly used materials in everyday life. With plastic, allkinds of necessities of life are made easier, such as food and beverage containers, packagingof goods, and others. Although the movement to reduce the use of plastic waste has beenzzKeywords: Animation, Animatic Storyboard, ArtBook, Waste, Plastic, Youth.
PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI UD MITRA COFFEE YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN BRAND SALIENCE Adiningtyas, Afifa; Ilhamsyah, Ilhamsyah; H, Sri Maharani Budi
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menurut  survey  ICO  pada  tahun  2017  angka  konsumsi  kopi  di  Indonesia mengalami kenaikan sebesar 8%, hal  ini membuat coffee shop digandrungi pengusaha. UD Mitra Coffee  Yogyakarta merupakan  coffee  shop  yang memiliki  konsep  self-service sebagai  brand  salience  namun  tidak  adanya  brand  communication  membuat  tidak tersampaikannya pesan kepada pelanggan. Agar konsep self-service dapat tersampaikan, perlu  dirancangnya promosi  sebagai  brand  communication  untuk meningkatkan  brand image yang nantinya akan menimbulkan brand awareness kepada konsumen. Tujuan dari perancangan ini yaitu terbentuknya rancangan strategi kreatif yang dapat meningkatkan citra brand melalui media dan visual. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan model analisis AISAS. Teori yang digunnakan yaitu promosi, iklan,  strategi  kreatif,  brand  salience  dan  awareness,  pesan  iklan  dan  teori  desain komunikasi visual. Hasil akhir dari penelituan ini adalah rancangan promosi dalam bentuk ekperimental media melalui coffee tumbler.Kata kunci : promosi, eksperimental media, UD mitra coffee
PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA PROMOSI THINK WONDERFUL COFFEE SPACE Gusti Ramadhan, Raden Theo; Aditia, Patra; Nuraini Fadilla, Atria
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Cirebon adalah salah satu kota kecil yang ada di Jawa Barat yangmemiliki banyak daya tarik bagi wisatawan baik wisata religi, kuliner, dan sejarah.Think Wonderful Coffee Space sendiri merupakan salah satu kedai kopi yangmenawarkan konsep arsitektur bangunan minimalis dengan sedikit sentuhan tropisyang dapat dilihat dari banyaknya tanaman yang digunakan sebagai aksen di setiapsudut bangunan. Tujuan awal terciptanya Think Wonderful Coffee Space selainuntuk berbisnis adalah dapat menciptakan ruang kreatif bagi siapapun yang inginberkreasi dan tertarik untuk mempelajari dunia kreatif dari ahlinya. Kota Cirebonsendiri memiliki banyak kedai kopi dengan berbagai konsep yang berbeda beda.Pada penelitian ini penulis berencana untuk merancang identitas visual agar dapatmenciptakan citra sehingga mudah dikenal dan dapat bersaing dengan kedai kopilainnya di Kota Cirebon dan untuk dapat menyampaikan informasi secara tepatseputar brand. Berdasarkan data yang sudah didapatkan, penulis akan membuatidentitas visual dan implementasinya pada media promosi yang bertujuan untukmenciptakan karakteristik brand yang dapat memperkuat perbedaan antara branddan memudahkan dalam menyampaikan informasi.Kata kunci: identitas visual, media promosi,think wonderful
PERANCANGAN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK MEMPERKENALKAN KEMBALI TRADISI NEURAJAH ACEH UNTUK MENJAGA KELESTARIAN HARIMAU SUMATERA Fatiha, Qinthara Mumtaz; Hidayat, Syarip; Desintha, Siti
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh tradisi bermantra atau neurajah asal Aceh adalah salah satu kekayaan  budaya  yang  akan  dikenalkan  kembali.  Masalah  yang  dibahas  adalah  neurajah  sudah menjadi tradisi yang di lakukan oleh para leluhur sejak dahulu kala untuk berbagai tujuan bertahan hidup,  salah  satunya  adalah  bermantra  untuk  menjinakkan  harimau.  namun  tradisi  ini  mulai menghilang seiring berjalannya waktu dan anak muda di Aceh tidak banyak yang mengetahui bahwa tradisi  ini  ada.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  bagaimana  mengangkat  tradisi  Neurajah  atau bermantra  sebagai  warisan  budaya  melalui  ilmu  Desain  Komunikasi  Visual.  Berdasarkan  hasil pembahasan,  ditemukan  bahwa  pentingnya memperkenalkan  tradisi  bermantra  terutama  kepada generasi  muda  penerus  bangsa,  selain  sebagai  bentuk  upaya  pelestarian  warisan  tradisi  budaya Indonesia,  juga  sebagai  upaya  pelestarian  kekayaan  alam  yang  kita  miliki  seperti  harimau  yang memang saat  ini pun terancam punah. Hal  ini agar pengetahuan mengenai  tradisi bermantra tidak terputus hanya pada generasi tertentu, tetapi agar generasi selanjutnya tetap bisa lebih mudah untuk mengenal,  menjaga,  memahami  dan  memaknai  esensi  dari  tradisi  tersebut.  Menggunakan kemampuan desain komunikasi visual, aplikasi game mobile di pilih untuk membuat rancangan media edukasi  interaktif  yang  akan memperkenalkan  performansi  dari  tradisi  bermantra  (neurajah)  agar penyampaian dan penggambaran narasi tentang konsep bermantra lebih jelas dan menarik.  Kata kunci: aceh, harimau, permainan gawai, neurajah.
PERANCANGAN PROMOSI UNTUK MIE BASO SARI RASA TASIKMALAYA Fadillah, Muhammad Ferdy; Syafikarani, Aisyi; Ningrum, Nina Nursetia
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia mengalami kemajuan yangpesat, pertumbuhan tersebut ditandai dengan banyaknya usaha kuliner baru tersebar diseluruh Indonesia. Kuliner bakso adalah salah satu dari banyaknya kuliner yang saat iniberkembang pesat, khususnya di kota Tasikmalaya. Persaingan yang tinggi akhirnyamemunculkan masalah yang dihadapi oleh beberapa usaha kuliner di Tasikmalaya. MieBaso Sari Rasa merupakan salah satu usaha kuliner bakso yang mengalami penurunanpenjualan dikarenakan semakin bertambahnya kompetitor, dan menyebabkan eksistensiMie Baso Sari Rasa tersaingi oleh kompetitor usaha mie bakso lainnya, denganpermasalahan yang dihadapi oleh Mie Baso Sari Rasa yaitu kurangnya awarenessdikalangan masyarakat. Untuk itu penulis akan merancang promosi yang tepat untuk MieBaso Sari Rasa dengan tujuan agar dapat menarik konsumen dan meningkatkanawareness yang baik kepada calon konsumen. Perancangan ini dibuat menggunakanmetode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka,serta metode analisis data berupa SWOT, AISAS dan AOI.Kata Kunci: bakso, kuliner, kuliner tasikmalaya, promosi
PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI KULINER LEGENDARIS AYAM BAKAR RENCONG Hambali, Muhammad Azriel Allaika; Hidayatulloh, M.; Ariprahara, Gema
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 melumpuhkan perekonomian Indonesia dan menurut survei yang dilakukan Paper.id pada Desember 2020 berkolaborasi dengan Smesco dan OK OCE menyebut terdapat tiga jenis usaha yang mengalami dampak, dan dampak paling besar adalah kuliner sebanyak (43,09%). Pandemi tersebut memberikan dampak pada sektor kuliner  terutama  kuliner  legendaris Ayam  Bakar  Rencong  dan mengharuskan menjual produk  secara online. Akan tetapi, wisata kuliner Ayam Bakar Rencong hanya menjual produk  untuk  mendapatkan  pendapatan  sehari-hari  saja  dan  tidak  memanfaatkan dampak  pandemi  tersebut  untuk mempromosikan  produk  secara  online  terutama  di media  sosial  ataupun  e-commerce.  Dengan  memanfaatkan  pandemi  untuk mempromosikan  produk  dibutuhkan  sebuah  rancangan  strategi  promosi  yang  efektif dengan memperhatikan konsep visual dan pesan visual kepada target konsumen yang akan  dituju.  Metode  yang  digunakan  untuk  penelitian  ini  adalah  metode  observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner serta model analisis yang digunakan adalah AOI dan AISAS. Sementara untuk teorinya digunakan teori Promosi, Pemasaran, Advertising, Perilaku Konsumen, Media Sosial, Influencer, Desain Komunikasi Visual. Hasil akhir dari penelitian  ini  berupa  rancangan  kegiatan  strategi  promosi  dalam  bentuk  pesan  visual through the line.Kata Kunci: pandemi, promosi, ayam bakar rencong, media sosial
PERANCANGAN ACTIVITY BOOK BERTEMAKAN KEBUDAYAAN SUNDA UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN DI KOTA BANDUNG Safara, Audi Xena; Kadarisman, Asep; Siswant, Riky Azharyandi
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi yang semakin maju seiring berkembangnya zaman membuat generasimuda mulai meninggalkan nilai-nilai budaya dalam negeri, dengan adanya smartphoneyang semakin canggih setiap tahunnya dan kepemilikan gadget di kalangan anak-anakmengakibatkan nilai-nilai budaya yang ditanam pada anak perlahan mulai lenyapmengikuti arus teknologi tersebut. Orang tua berperan penting dalam mengembangkandan mengenalkan budaya nusantara pada anaknya di era digital ini dan juga mencegahagar anak-anak tidak bergantung terhadap gadget. Perancangan Activity BookBertemakan Kebudayaan Sunda, bertujuan untuk mengenalkan anak tepatnya umur 3-6tahun tentang anak nusantara, mengedukasi orang tua untuk sering berkomunikasidengan cara membimbing, mengajari, dan mengenalkan anaknya terhadap budaya dalamnegeri.Kata kunci: media edukasi anak, buku aktivitas anak, lunturnya kebudayaan dalam negeri
PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL BEBAS DAGING ANJING UNTUK TOBA ANIMAL FRIENDS Maysari, Tiavanka Putri; Nurusholih, Sonson; Alam, Samsul
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Daging adalah makanan pokok yang penting untuk memenuhi kebutuhan protein.Daging berasal dari penyembelihan hewan-hewan ternak. Hewan yang tidak termasukhewan ternak dilarang untuk dikonsumsi, salah satunya adalah daging anjing. Daging anjingsangat berbahaya jika dikonsumsi karena berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebarkanpenyakit salah satunya adalah rabies. Selain rabies, masih banyak penyakit lainnya sepertiparasit karena anjing yang disembelih bukan dari perternakan melainkan anjing liar dananjing peliharaan yang diberi racun. Oleh karena itu Toba  Animal  Friends  membuatkampanye sosial untuk mengedukasi masyarakat Kota Medan tentang bahayamengkonsumsi daging anjing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodekuantitatif dengan wawancara, observasi dan studi Pustaka. Hasil penelitian ini adalahmedia kampanye yang berkaitan dengan media visual, diharapkan dari rancangan strategiini dapat membangun Awareness  masyarakat akan bahayanya mengkonsumsi daginganjing. Kata Kunci: anjing, daging anjing, kampanye
PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI ARCHAIC COFFEE UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TERHADAP KONSUMEN. Dwianto, Muhammad Agung Yoga; Syafikarani, Aisyi; Ningrum, Nina Nursetya
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan  tugas  akhir  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  awareness  dan penjualan  Archaic  Coffee.  Kedai  kopi  ini menjual  beberapa menu  yang menjadikannya pembeda dari kedai kopi  lainnya serta  service yang ditawarkan oleh Archaic coffee. Lalu Permasalahan yang dihadapi Archaic coffee yaitu kurang nya awareness kosumen karena kurangnya  promosi  dilakukan, menurut  Jeon  Jaya  pemilik  Archaic  coffee  penurunan  ini terjadi hingga 80%. namun Archaic coffee  juga  tidak memiliki  team promosi yang  tetap, promosi yang telah dilakukan oleh Archaic coffee ini yaitu di media sosial Instagram tetapi kedai  kopi  ini  kurang  aktif  pada  kegiatan  promosi  Instagram,  lalu  metode  yang  akan digunakan  untuk  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif  yang  digunakan  analisis  yaitu AISAS,  SWOT  dan  AOI.  Lalu  pada  hasil  akhir  penelitian  ini  yaitu  berupa  booth  pameran yang nantinya akan bergabung di event Bekasi Coffee Week.Kata kunci : archaic coffee, perancangan strategi promosi, kopi
PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI MUSEUM WAYANG DI JAKARTA Najmilla, Nadien; Ariprahara, Gema; Hidayattuloh, Muhammad
eProceedings of Art & Design Vol. 10 No. 2 (2023): April 2023
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Jakarta sebagai Ibukota Indonesia, tentunya memiliki banyak destinasi wisata. Tempat yang  ditawarkan  pun  sangat  beragam,  mulai  dari  tempat  wisata  keluarga,  alam,  kuliner, budaya,  edukasi,  hingga  sejarah. Museum  Wayang merupakan  salah  satu  destinasi  wisata bertema  sejarah yang sudah berdiri sejak 22 Desember 1939. Terdapat 4000  - 6000 koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, letaknya yang berada di Kawasan kota Tua Jakarta membuat lokasi Museum Wayang cukup strategis. Maka dari itu selain dapat berwisata, aspek lain yang bisa didapat dari berkunjung ke Museum Wayang adalah edukasi serta pengenalan budaya  antar  daerah  atau  bangsa. Namun  ada  beberapa masalah  yang membuat Museum Wayang kurang diminati seperti halnya minimnya informasi, serta tantangan di era teknologi yang semakin maju. Dalam hal ini generasi sekarang lebih sering menghabiskan waktu dengan gadget  dibandingkan  dengan  berkunjung  ke museum.  Dengan  adanya  fenomena  tersebut, penulis memiliki asumsi bahwa Musuem Wayang memerlukan strategi promosi yang baru agar dapat bersaing di era yang digital seperti sekarang.Kata kunci: destinasi wisata, museum wayang, promosi  

Page 1 of 13 | Total Record : 127