cover
Contact Name
Kautsar Eka Wardhana
Contact Email
borjuprima@gmail.com
Phone
+6281350014222
Journal Mail Official
borjuprima@gmail.com
Editorial Address
Jl. H. A. M. Rifaddin, Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Borneo Journal of Primary Educaton
ISSN : -     EISSN : 27755258     DOI : https://doi.org/10.21093/bjpe
Borneo Journal of Primary Education (E-ISSN 2775-5258) is a scholarly academic journalpublished by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an article in Borneo Journal of Primary Education is an essential building block in the development of a respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editors, the peer reviewers, and the publisher. The journal is published twice a year in June and December. It was firstly published in 2021. Borneo Journal of Primary Education, accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related research and education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025" : 5 Documents clear
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Qreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS Ulfa, Ina; Rustini, Tin; Sutisna, M. Ridwan
Borneo Journal of Primary Education Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/bjpe.v5i3.11302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Qreatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS dengan topik rantai makanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Qreatif dan kelompok kontrol yang menggunakan model PBL dengan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan aplikasi Qreatif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen meningkat dari 61,15 menjadi 85,77, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 56,20 menjadi 74,60 pada hasil post-test. Berdasarkan uji statistik N-Gain, rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen sebesar 63,33%, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai 41,40%.Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen lebih aktif, antusias, serta menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik selama proses pembelajaran berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Qreatif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan media konvensional. Dengan demikian, disarankan agar satuan pendidikan mempertimbangkan integrasi model pembelajaran ini ke dalam pembelajaran IPAS, khususnya pada materi rantai makanan, guna menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi aktif siswa.
Penerapan Kode Etik Berpakaian Islami di PGMI UNU Purwokerto Rifngatin, Refdahria; Wulandari, Fitri
Borneo Journal of Primary Education Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/bjpe.v5i3.11598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kode etik berpakaian Islami pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto. Sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, UNU Purwokerto menetapkan aturan berpakaian yang berpedoman pada prinsip-prinsip syariat Islam. Namun, dalam praktiknya masih terdapat mahasiswa yang belum sepenuhnya mematuhi ketentuan tersebut, seperti mengenakan pakaian ketat, transparan, atau tidak sesuai dengan peraturan kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran terhadap kode etik berpakaian dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain perbedaan latar belakang pendidikan, pengaruh lingkungan pergaulan, kurangnya pemahaman terhadap peraturan kampus, serta dominasi tren mode modern. Beberapa mahasiswa juga melakukan pembenaran pribadi (self-serving justification) terhadap pilihan berpakaian mereka dengan alasan kenyamanan atau tuntutan gaya hidup. Sebaliknya, mahasiswa yang berasal dari keluarga religius atau berlatar belakang pesantren lebih konsisten dalam menerapkan busana Islami. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan kode etik berpakaian Islami memiliki kontribusi penting dalam pembentukan pendidikan karakter calon guru Madrasah Ibtidaiyah. Oleh karena itu, diperlukan penguatan edukasi, sosialisasi, serta penegakan aturan yang tegas dan berkesinambungan untuk menumbuhkan profesionalisme, integritas, dan nilai-nilai Islami yang mencerminkan identitas institusi.
Nature Exploration in the Schoolyard: Creating a Play Environment that Teaches Environmental Care to Young Children Sriyanto, Agus; Fa'izah, Tuhrotul; Entriza, Aditya Niko; Saputra, Alan Lutfi Gesang
Borneo Journal of Primary Education Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/bjpe.v5i3.11737

Abstract

Early environmental education is important for developing an environmentally conscious character. This study aims to describe the implementation of nature exploration in the schoolyard in developing environmental awareness in early childhood at RA Nawa Kartika VIII Sidolaju Widodaren Ngawi. Using a qualitative approach with a case study design, data were collected through observation, interviews, and documentation. The results of this study found that nature exploration activities in the schoolyard can increase environmental awareness and develop children's cognitive, socio-emotional, and motor skills. Direct involvement in activities such as planting, cleaning the environment, and making compost fosters a sense of responsibility from an early age. Obstacles faced can be overcome through collaboration and training. This study recommends optimal use of the schoolyard as an environment-based learning medium.
Analysis of The Implementation of Songs and Chants in English Language Learning for Elementary School Students Eriyani, Yeni Ikawati; Satriyawan, Aziz Nuri; Handaru, Galih Dian Dwi
Borneo Journal of Primary Education Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/bjpe.v5i3.11745

Abstract

This study aims to analyze the implementation of the Songs and Chants method in English language learning for fifth-grade students at MI Al Huda Pengkol and to describe students’ responses toward its application. The research employed a descriptive qualitative approach involving 27 students and one English teacher. Data were collected through observation, interviews, documentation, and focus group discussions, and analyzed using descriptive and triangulation techniques. The results show that the application of songs and chants increases student participation, enhances learning interest, and creates a more active and enjoyable classroom atmosphere. Students find it easier to remember vocabulary and sentence structures due to repetition and rhythm. Of the 27 students, the number who actively spoke English increased from 13 to 23. Challenges include limited facilities, infrastructure, and preparation in selecting and adapting songs according to the curriculum. Overall, this method proves to be an effective and enjoyable alternative for English learning at the Madrasah Ibtidaiyah level. Further research is suggested to develop more structured songs and chants materials.
Analisis Kompetensi Kepribadian Guru dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Febyanti, Elma; Juhairiah, Juhairiah; Syamsi, Nur
Borneo Journal of Primary Education Vol 5 No 3 (2025): Borneo Journal of Primary Education, 5 (3), Oktober 2025
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21093/bjpe.v5i3.11253

Abstract

Seorang guru harus menguasai kompetensi kepribadian dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan menjalankan tugas serta fungsinya sebagai pendidik dalam upaya pengembangan karakter peserta didik. Hal ini dapat ditingkatkan dan dikembangkan melalui pelatihan, seminar, pengalaman, dan yang tidak kalah menarik adalah membaca buku termasuk karya sastra seperti novel. Salah satu novel yang memuat indikator-indikator kompetensi kepribadian guru adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Sehingga melatarbelakangi untuk dapat dianalisis lebih dalam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan buku Kompetensi Kepribadian Guru karya Chaerul Rochman dan Heri Gunawan serta sumber data sekundernya yaitu, buku, jurnal, artikel, dan media tulisan yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat 38 data kompetensi kepribadian guru dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang meliputi kepribadian yang mantap dan stabil, kepribadian yang dewasa, kepribadian yang arif, kepribadian yang berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan. Selain kompetensi kepribadian guru, ditemukan pula kompetensi guru lainnya, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Page 1 of 1 | Total Record : 5