cover
Contact Name
Ali Rahman
Contact Email
ali@uinsgd.ac.id
Phone
+6285721730810
Journal Mail Official
conferences.uinbandung@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. AH Nasution No.105 Cibiru, Bandung 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunung Djati Conference Series
ISSN : 27746585     EISSN : -     DOI : -
Gunung Djati Conference Series merupakan penyedia layanan publikasi dan konferensi berbagai bidang keilmuan yang diterbitkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian. Penerbit ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan. Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel, kemudian penerbit menyerahkan semua template ke pelaksana konferensi keilmuan. Penerbitan artikel ini dilakukan sesuai kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggara konferensi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education" : 10 Documents clear
Pembuatan Multimedia Interaktif Extractum Pada Materi Ekstraksi Beriorientasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dhilla Fikri Fadhillah; Ida Farida; Ferli Septi Irwansyah
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran pentingnya keselarasan antara praktikum dengan teori pada pembelajaran kimia terkhusus pada materi ekstraksi. Pembelajaran kimia hendaknya dilakukan sesuai dengan karakteristik ilmu kimia, antara lain mengharuskan peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat memahami materi kimia dengan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan pembuatan multimedia interaktif extractum pada materi ekstraksi berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan produk, menganalisis hasil uji validasi, dan menganalisis kelayakan multimedia interaktif extractum pada materi ekstraksi berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Melalui metode penelitian design based research dilakukan pembuatan multimedia interaktif extractum dengan tahap analisis, desain dan pengembangan. Multimedia interaktif extractum menampilkan konten dan materi dalam bentuk gambar, audio, video, teks dan simulasi animasi praktikum. Pengujian validasi dilakukan kepada tiga dosen ahli media dan ahli materi dengan hasil sebesar 0,76 dinyatakan valid. Hasil uji kelayakan sebesar 91% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, multimedia interaktif extractum pada materi ekstraksi berorientasi kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat digunakan sebagai media pembelajaran
Konvergensi Tasawuf dan Psikologi sebagai Upaya Rekonstruksi Akhlak Remaja Hidayatul Fikra
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meski disiplin ilmu tasawuf dan ilmu psikologi merupakan dua disiplin ilmu yang berbeda, namun keduanya memiliki persamaan dari segi fokus atau objek kajian, yaitu jiwa manusia. Jiwa yang sifatnya abstrak tentu hanya dapat dilihat atau tercermin dari perilaku manusia. Dalam hal ini, kedua disiplin ilmu ini dapat berkontribusi dalam menjadi suatu bentuk yang konvergen dalam memandang permasalahan kemerosotan akhlak remaja yang terjadi hari ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai metode dalam mengkaji topik penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rekonstruksi akhlak remaja dapat menggunakan social learning theory yang telah dicetuskan Albert Bandura dan dipadukan dengan konsep tazkiyatunnafs dari Imam Al-Ghazali yang menjadi inti dari tasawuf. Keempat fase tersebut yaitu attention (memberikan perhatian kepada model), retention (menyimpan informasi yang diperoleh dalam bentuk kode dalam memori/ingatan); production (mewujudkan perubahan perilaku), dan motivation (pemberian penguatan terhadap perubahan perilaku). Adapun aspek takhalli dan tahalli disisipkan dalam fase production dalam upaya mengubah perilaku agar menjadi lebih baik
Pembuatan Multimedia Interaktif Materi Kristalisasi Berorientasi Literasi Kimia Devi Alfia Ismiyanti; Ida Farida; Ferli Septi Irwansyah
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketercapaian peserta didik terkait materi kristalisasi belum sepenuhnya tercapai karena masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Kesulitan tersebut terjadi akibat peserta didik hanya memahami materi saja tanpa mengaitkannya dengan kehidupan serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Maka, untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kristalisasi dan keterkaitannya dengan kehidupan diperlukan suatu media pembelajaran seperti multimedia interaktif yang berorientasi literasi kimia. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan multimedia dengan mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, dan analisis hasil uji kelayakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu DBR (Design Based Research) dengan menggunakan tahap analisis, desain, dan pengembangan yang mengacu kepada pendekatan ADDIE. Materi dalam multimedia interaktif disajikan dalam bentuk teks, gambar, video, audio, simulasi, dan evaluasi. Hasil uji validasi terhadap multimedia interaktif yang dibuat secara keseluruhan memperoleh nilai r_hitung sebesar 0,78 dan dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi. Pada uji kelayakan kepada 15 orang mahasiswa pendidikan kimia secara keseluruhan memperoleh 90,6% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia interaktif materi kristalisasi berorientasi literasi kimia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran
Analisis Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Fungsi Kuadrat Ditinjau Melalui Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom Deslie Salza Dwikurnia; Cucu Komala; Hamdan Sugilar
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengelompokkan dan menjelaskan analisis hasil belajar peserta didik kelas X salah satu SMK di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2022/2023, dengan ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK dengan dua klasifikasi, yaitu peserta didik dengan kemampuan rendah dan peserta didik dengan kemampuan tinggi. Instrumen penelitian kali ini adalah soal ulangan harian dan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil pebelitian diperoleh klasifikasi soal ulangan harian kelas X ACP pada materi fungsi kuadrat ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom sudah mengkaji soal dengan indikator-indikator dalam ranah kognitif taksonomi bloom, yaitu lengkap mulai dari C1 sampai C6, dengan persentase sebagai berikut: C1 (18,75%), C2 (18,75%), C3 (25%), C4 (18,75), C5 (6,25%), dan C6 (12,5%).
Implikasi Perkembangan Teknologi terhadap Keberagamaan Peserta Didik Tingkat Sekolah Menangah Atas di Era Digitalisasi Fitriani Fitriani; Hasan Basri; Andewi Suhartini
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas implikasi perkembangan teknologi terhadap keberagamaan peserta didik di Tingkat SMA di era digitalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implikasi perkembangan teknologi terhadap keberagamaaan peserta didik terdapat dua, yakni positif dan negatif. Beberapa implikasi positif di antaranya: a) memberi kemudahan dalam mengakses informasi dan sumber belajar; b) memiliki koneksi dengan komunitas keagamaan secara luas; c) tersedianya aplikasi keagamaan dan doa digital; d) tersedianya pembelajaran daring; e) adanya strategi pembelajaran yang interaktif; dan f) meningkatkan kesadaran keberagamaan. Adapun implikasi negatifnya yaitu: a) memiliki akses pada konten negatif; b) menggangu praktik ibadah; c) rentan adanya pencampuran nilai; d) memengaruhi etika dan moral; e) rentan individualis; dan f) rentan mendapat pengetahuan tanpa rujukan. Oleh karena itu, orang tua, guru, dan masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam pembentukan keberagamaan peserta didik melalui pengawasan terhadap intensitasnya dengan teknologi, serta cenderung mengarahkan memanfaatkan kemajuan teknologi
Pragmatics Analysis : Presupposition Analysis of Character Dialogue in The Wednesday Series on Netflix Ayang Winda Sri Widianingsih; Eva Meidi; Devi Indah Wulansari
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis pra-anggapan dan makna yang terkandung di dalamnya. Peneliti menggunakan teori Yule (1998) untuk menganalisis data. metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif dan menggunakan dokumen analisis. Objek dari penelitian ini adalah sebuah series yang ditayangkan di Netflix berjudul “Wednesday”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 12 data yang mencakup 2 existential presupposition, 2 factive presupposition, 2 lexical presuppositions, 2 structural presuppositions, 2 counterfactual presuppositions, and 2 non- factive presuppositions
Kompetensi Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran di Era Industry 5.0 Tamara Sausan; Neng Risya Safitri Haryadi; Hamdan Sugilar
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era revolusi industri 5.0 telah mengakibatkan perubahan akibat teknologi yang semakin maju. Dalam bidang pendidikan, perlu menyiapkan sumber daya manusia, salah satunya calon guru matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon guru matematika dalam menyongsong era revolusi 5.0. Metode penelitian ini dengan studi literatur. Pengumpulan data melalui studi literatur dari berbagai artikel dan buku-buku terdahulu mengenai kompetensi calon guru matematika di era revolusi 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah calon guru matematika harus memiliki kompetensi untuk menyongsong revolusi industri 5.0. Diantaranya adalah kompetensi berpikir tingkat tinggi, mengintegrasikan teknologi ke dalam konten pedagogi, dan keterampilan hidup di era revolusi 5.0. Keterampilan tingkat tinggi yang dibutuhkan di abad 21 adalah keterampilan 6C, yaitu Communication, Critical thinking, Collaboration, Creativity, Character, dan Citizenship. Selain kemampuan berpikir tingkat tinggi, calon guru matematika juga perlu memiliki keterampilan untuk hidup di abad 21, yaitu leaderships, digital literacy skills, communications skills, emotional intelligence, entrepreneurship skills, global citizenships, the ability to work in teams, dan the ability to solve problems. Calon guru matematika juga perlu memiliki kompetensi-kompetensi seperti educational competencies, technology commercialization competencies, the globalization competencies, the competencies of future strategies, dan the competencies of counselors
Inventarisasi Ayat Al-Qur’an mengenai Toleransi Beragama: Penafsiran Ayat Suci Lenyepaneun Karya Moh E. Hasim Iqrimatunnaya Iqrimatunnaya
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas ayat Al-Qur’an mengenai toleransi beragama dengan menggunakan penafsiran Ayat Suci Lenyepaneun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah ilmu Al-Qur’an. Objek materialnya adalah ayat tentang toleransi beragama yaitu surat al-Fatihah ayat 7, al-Kafirun ayat 6, dan al-An’am ayat 108. Hasil dan pembahasan ini menunjukkan bahwa toleransi agama dapat dilakukan dengan tidak mencampuradukan aqidah, tidak ada unsur paksaan dalam proses beragama, dan dilarang menghina agama lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa surat al-Fatihah ayat 7, al-Kafirun ayat 6, dan al-An’am ayat 108 relevan digunakan sebagai acuan untuk toleransi beragama
Strategi Keterampilan Mendengarkan Siswa Menggunakan Aplikasi LingoClip Eva Meidi Kulsum; Devi Indah Wulansari; Rina Mutiarawati
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keterampilan mendengarkan yang digunakan siswa dalam menggunakan aplikasi LingoCLip sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris, penelitian ini termasuk penelitian deksriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian yang diberikan kepada 30 siswa dan didukung oleh wawancara semi terstruktur. Kuesioner tersebut berisi pernyataan-pernyataan yang mewakili enam strategi berdasarkan Oxford, (1990), yaitu strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap aplikasi, berdasarkan nilai rata-rata kuesioner yang diperoleh. Terlihat bahwa strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah strategi sosial, dan yang paling sedikit adalah strategi memori. Dari hasil tersebut guru dapat menyesuaikan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan strategi mendengar yang sering digunakan oleh siswa di kelas sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif
Peran Self-Confidence dalam Penggunaan Media Sosial pada Generasi Z Elza Sabillah
Gunung Djati Conference Series Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas mengenai pentingnya peran self-confidence dalam penggunan media sosial pada generasi Z. Menurut Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mencatat kasus bullying Anak di 2023 Capai 2.325, Kekerasan Seksual 6.316 dalam periode Januari hingga Agustus 2023 salah satu faktornya ialah pengaruh penggunaan media sosial. Setiap orang yang bermain media sosial harus memiliki self-confidence yang baik dan self-esteem yang tinggi agar mempengaruhi diri seseorang untuk berperilaku sesuai dengan norma dan adab yang ada serta menghindari peredaran hoax serta sikap impulsif akibat trand yang terjadi di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Penelitian ini menemukan bahwa self-confidence sebagai tombak awal dalam penggunaan media sosial karena jika bermain media sosial tanpa menggunakan adanya self-confidence akan berdampak pada kesehatan mental

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 49 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2020 Vol. 48 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2019 Vol. 55 No. 1 (2025): International Conference on Language Learning and Literature (ICL3) Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III Vol. 52 (2025): The 9th Conference Series Learning Class: Religious and Social Humaniora Vol. 50 (2025): The 3rd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 56 (2025): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 51 (2025): SCOPE – Sustainability Conference on People and Environment Vol. 47 (2024): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) ke-9 Tahun 2024 Vol. 45 (2024): The 2nd Annual Islamic Education Management Conference 2024 Vol. 44 (2024): Seminar Nasional (SEMNAS) Kimia Tahun 2024 Vol. 38 (2024): Seminar Nasional Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) 2023 Vol. 46 (2024): The 8th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 43 (2024): The 7th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 41 (2024): The 6th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 39 (2024): The 2nd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 42 (2024): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 40 (2024): Mathematics Education Research Publication II Vol. 37 (2024): Conference on Participation and Development in Community Creative Industries (CPD-CC Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023 Vol. 36 (2023): Annual Islamic Education Management Conference 2023 Vol. 35 (2023): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2023 Vol. 34 (2023): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2023 Vol. 33 (2023): Seminar Nasional Pertanian 2023 Vol. 18 (2023): Prosiding Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2022 Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 28 (2023): The 3rd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 27 (2023): The 1st Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 26 (2023): The 1st Arabic Language Learning International Conference (ALLICO) Vol. 21 (2023): The 1st Nurjati Conference Vol. 20 (2023): The 2nd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 19 (2023): The 4th Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 29 (2023): Conference on Islamic Civilization (CIC) Vol. 25 (2023): Seminar Isu Kontemporer Vol. 24 (2023): Multidisciplinary Research Vol. 23 (2023): Religious Studies Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak Vol. 15 (2022): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2022 Vol. 14 (2022): Mercusuar 2022: Studi Keislaman dan Pemberdayaan Umat Vol. 7 (2022): Seminar Nasional Kimia 2021 Vol. 10 (2022): Islamic Religions Education Conference (IRECON) Series 1 Vol. 9 (2022): The 3rd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 8 (2022): The 2nd Conference on Ushuluddin Studies Vol. 17 (2022): Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 16 (2022): CATAH: Conference Article of Takhrij Al-Hadith Vol. 13 (2022): The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE) Vol. 12 (2022): Mathematics Education on Research Publication (MERP I) Vol. 11 (2022): Conference Series Learning Class Vol. 6 (2021): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) 6 Tahun 2021 Vol. 3 (2021): Mini Seminar Kelas Data Mining 2020 Vol. 2 (2021): Seminar Nasional Tadris Kimiya 2020 Vol. 4 (2021): The 1st Conference on Ushuluddin Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadits Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadith Studies Vol. 1 (2021): Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) More Issue