cover
Contact Name
Alfian Qomaruddin
Contact Email
eic.journal@nuris.ac.id
Phone
+6285335339697
Journal Mail Official
admin@nuris.ac.id
Editorial Address
Yayasan Ponpes Nurul Islam Mojokerto (2nd Campus) Jl. Raya Pondok Pesantren Nurul Islam, Pungging Kabupaten Mojokerto 61384, INDONESIA Official email: admin@nuris.ac.id
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Nuris Journal of Education and Islamic Studies
ISSN : 27762653     EISSN : 27762653     DOI : https://doi.org/10.52620/jeis
Core Subject :
Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 Aim and Scope: Teaching and learning, education development and society, education management, philosophy of education, religious education. Learning of Islamic Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation; Learning content of Islamic Education includes learning of al-Quran Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh, and History of Islamic Culture; Science integration in learning of Islamic Education. Fundamentals of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), Development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) Studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1: 2025" : 6 Documents clear
Peranan Pembelajaran Kewirausahaan dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Nurlia, Tri Wahyu; Firdaus, Firdaus; Prasetyo, Muhammad Doni; Mulyani, Endang Sri; Rosyidah, Rosyidah; Rahmawati, Imelda Dian
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.91

Abstract

Penelitian ini tentang peranan pembelajaran kewirausahaan dalam pembentukan karakter islami peserta didik. dengan permasalahan bagaimana peran pendidikan kewirausahaan dalam pembentukan karakter islami peserta didik, apa saja nilai-nilai islam yang dapat diintgrasikan dalam pendidikan kewirausahaan. tujuan penelitian ialah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kewirausahaan dalam pembentukan karakter siswa yang baik secara moral dan akademismenggunakan pendekatan kualitatif dan berfokus pada analisis literatur (Systematic Literature Review). 1. pendidikan kewirausahaan berfungsi sebagai sarana pembentukan karakter islami 2. penerapan kurikulum kewirausahaan berbasis nilai islami 3. metode pembelajaran yang membangun kreatifitas dan inovasi 4. peranan pendidikan kewirausahaan terhadap moralitasi siswa 5. integrasi pendidikan islam dan kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatpendidikan kewirausahaan memegang peranan penting dalam pembentukan karakter islami para peserta didik. dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral dan keterampilan praktis, pendidikan ini tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan teknis, namun juga membentuk individu yang unggul secara akademis dan bermoral.
Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pencegahan Kasus Bullying pada Anak Usia Dini Maudy, Nurul Maulidiya Agustina; Oktavianingsih, Eka; Fitroh, Siti Fadjryana
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.93

Abstract

Sekolah Ramah di Taman Kanak-kanak berkomitmen menjamin, memenuhi, dan menghormati hak anak, sekaligus menjamin perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, dan penganiayaan selama pendidikannya. Adanya sekolah ramah anak belum tentu menjamin tidak ada kasus kekerasan termasuk perundungan pada anak usia dini. Kasus intimidasi masih terjadi, termasuk pelecehan verbal (mengejek) dan agresi fisik (memukul). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam mencegah bullying. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan sebanyak lima guru di TK Anna Husada. Pengambilan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilalui melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru meliputi: 1) Memahami karakteristik peserta didik dan menyelenggarakan kelas untuk memastikan kesempatan yang sama; 2) Menerapkan teori dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak; 3) Mendemonstrasikan komunikasi yang saling menghormati sebagai teladan; 4) Mengevaluasi pembelajaran melalui teknik penilaian yang beragam dan melibatkan orang tua dalam diskusi.
Transformasi Pendidikan Karakter berbasis Pendidikan Agama Islam untuk Generasi Berakhlak Mulia Arizal, Muhammad; Husniyah, Himmatul
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.94

Abstract

Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam memegang peranan vital dalam membentuk generasi berakhlak mulia di tengah tantangan zaman modern. Penelitian ini menggali efektivitas integrasi nilai Islam dalam pendidikan karakter dengan pendekatan fenomenologi, melalui wawancara, diskusi, dan observasi di sekolah berbasis Islam. Hasilnya, penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kebiasaan sehari-hari terbukti meningkatkan disiplin, kejujuran, tanggung jawab, serta toleransi siswa. Peran guru sebagai teladan yang baik dan dukungan aktif orang tua memperkuat proses internalisasi nilai tersebut. Selain itu, teknologi interaktif turut membantu memperdalam pemahaman siswa, meski memerlukan pengawasan agar tetap terarah. Kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dalam pendidikan karakter Islam untuk menciptakan generasi yang cerdas, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan zaman.
Strategi Implementasi Manajemen Marketing Pendidikan di MA Miftahul Ulum Sukaoneng Riyawati, Riyawati; Aisiyah, Safitri; Ariyani, Ariyani; Ariyana, Ariyana
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.97

Abstract

Penerapan manajemen marketing dalam Lembaga Pendidikan sangat berpengaruh terhadap minat peserta didik baru. Strategi marketing yang baik sangat dibutuhkan menghadapi persaingan Lembaga pendidik dalam menarik minat peserta didik baru yang semakin ketat pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai strategi implementasi manajemen marketing pendidikan di MA Miftahul Ulum Sukaoneng, serta faktor penghambat dan solusinya. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif pendekatan  deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observassi, wawancara serta dokumentasi. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling, menganalisi data menggunakan redukasi data, penyajian data, perbandingan dan ditarik Kesimpulan dengan validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah implementasi strategi manajemen marketing pendidikan di MA Miftahul Ulum Sukaoneng meliputi perencanaan yang melibatkan pihak internal maupun eksternal. Pengorganisasian dilaksanakan dengan membentuk panitia PPDB yang melibatkan stakeholder sekolah. Pelaksanaan melalui bauran pemasaran (marketing mix) yakni produk, harga, tempat, promosi, SDM, bukti fisik serta proses. Evaluasi dilakukan secara berkla untuk mengukur keberhasilan pemasaran. Terdapat beberapa hambatan dalam implementasi manajemen marketing Pendidikan yang meliputi persaingan antar Lembaga Pendidikan, kurangnya segmentasi pasar dan lainnya.
A Critical Study of Abdullahi Ahmed An-Na'im's Thought on Islamic Law Reform Musadad, Ahmad; Syamsi, Ahmad Badarus; Baihaqi, Baihaqi; Khazin, A. Mufti; Pujiati, Tri
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.98

Abstract

This study aims to critically analyze Ahmed An-Na’im’s thoughts in the renewal of Islamic law, which offers a new perspective on sharia as a dynamic interpretation of sacred texts. The urgency of this study lies in the need to understand the contextual approach to sharia in facing the challenges of modernity, especially in relation to Human Rights (HAM) and constitutionalism. This study uses a qualitative method with a literature study approach, which focuses on An-Na’im’s main works and relevant secondary literature. Data analysis was carried out through the content analysis method to identify patterns, themes, and implications of An-Na’im’s ideas. The results of the study show that An-Na’im defines sharia as an interpretation of texts that are equivalent to Islamic jurisprudence and law, not something sacred and static. His thoughts underline the relevance of sharia to the development of the times through the distinction between universal Makkiyah sharia and contextual Madaniyyah sharia. This idea is influenced by the nasakh theory of his teacher, Mahmoud Muhammad Thaha. However, An-Na’im’s approach has been criticized for being too focused on modern standards such as human rights, giving the impression that Islam needs to adapt to Western values. This study contributes to the discourse on Islamic legal reform by showing how An-Na’im’s approach opens up new interpretative space that remains relevant without ignoring the essence of justice in Islamic teachings
Analisa Tradisi Pernikahan Siji Jejer Telu Ditinjau dari Fiqih Munakahat dan ‘Urf Awalia, Fadhila Tianti Mudi; Syarifah, Eka Sayidatu; Hidayati, Noor Kholifah; Sarjana, Sunan Autad; Elita, Yana
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 5 No. 1: 2025
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52620/jeis.v5i1.102

Abstract

This study aims to examine the view of fiqh of marriage (fiqh munakahat) and the principle of ‘urf regarding the prohibition of the siji jejer telu marriage, as well as to understand the community's perspective on this prohibition in Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. The research method used is qualitative descriptive. The data collected by the researcher comes from interviews, observations, and documentation. The results of the study show that most of the people in Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo still believe in the prohibition of the siji jejer telu marriage with the aim of avoiding several negative consequences that are believed to occur if the prohibition is violated. This belief is based on the source from one of the community leaders, Mr. Sukar. In fiqh munakahat, there is no prohibition on marriage based on birth order, such as the siji jejer telu marriage. Islam stipulates that if the essential elements and conditions of marriage are fulfilled, the marriage is considered valid. However, if any of the conditions are missing, the marriage is considered invalid because it does not meet the necessary requirements. The siji jejer telu marriage tradition falls into the category of incorrect customs or ‘urf fasid, as this belief contradicts and is inconsistent with Islamic law (syariat).

Page 1 of 1 | Total Record : 6