GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari setiap kegiatan ilimiah tersebut, atas isu dan problematika seputar Ekonomi dan Ilmu Sosial. Artikel pada jurnal ini telah di review oleh Redaktur Ahli, Editor, dan mitra bestari (reviewers)
Articles
40 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial"
:
40 Documents
clear
PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA VIRTUAL DAN INTENSI KECANDUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELI ULANG ITEM VIRTUAL GAME ONLINE MOBILE LEGENDS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA MAHASISWA DI KOTA KUPANG
Pandie, Christeven Johusua Gilbert;
Fanggidae, Ronald P C;
Aman, Dominikus K T;
Fanggidae, Apriana H J
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18821
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, Untuk mengetahui harga virtual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, Untuk mengetahui kecanduan game berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, Untuk mengetahui desain produk, harga virtual dan kecanduan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang di mediasi oleh kepuasan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif populasi atau sampel tertentu, mengumpulkan data, analisis data untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil peneltian membuktikan bahwa Desain Produk berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil hasil penelitian membuktikan bahwa harga virtual berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecanduna game berpengaruhpositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menjabarkan bahwa kepuasan konsumen mampu memoderasi namun memperkuat hubungan antara desain produk, harga virtual dan kecanduan game terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Desain Produk, Harga Virtual, Kecanduan Game, Keputusan Pembelian Ulang, Kepuasan Konsumen
PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN KONSUMEN PADA PLATFROM DIGITAL GRAB DAN OVO DI KOTA KUPANG
Yaris, Benyamin;
Dhae, Yosefina K I D D;
Riwu, Yonas F;
Fanggidae, Ronald P C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18822
Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi co-branding dan faktor psikologias terhadap keputusan penggunaan konsumen pada platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang dengan rumus Lemeshow diperoleh 100 responden dengan menggunakan teknik random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial strategi co-branding berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen, serta faktor psikologis berpegaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen. Sementara itu hasi pengujian secara simultan strategi co-branding dan faktor psikologis berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan konsumen pada pengguna platform digital Grab dan OVO di Kota Kupang. Kata Kunci : Strategi Co-Branding, Faktor Psikologis dan Keputusan Penggunaan Konsumen
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA KOPERASI BERBASIS DIGITAL (STUDI KASUS PADA KSP CITRA HIDUP TRIBUANA KALABAHI)
Laukamang, Adigama F;
de Rozari, Petrus E;
Ndoen, Welhelmina M;
Fanggidae, Rolland E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18825
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa simpan pinjam berbasis digitalisasi yang dilakukan (KSP) Citra Hidup Tribuana Kalabahi.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu strategi meneliti yang lebih banyak memanfaatkan dan mengumpulkan informasi secara mendalam terhadap fenomena yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukan Pemasaran jasa simpan pinjam merupakan unit usaha yang dikembangkan oleh ksp citra hidup tribuana kalabahi sejak tahun 2007 hingga kini tahun 2024. Untuk mendukung pemasaran produk simpan pinjam yang lebih baik maka pihak koperasi citra hidup tribuana kalabahi bekerja sama dengan pihak perbankan yang ada di kalabahi antara lain bank BNI, bank BRI dan bank NTT dalam hal ini terkait dengan pembayaran cicilan pinjaman oleh nasabah selain dilakukan di koperasi juga dapat dilakukan melalui bank yang bekerja sama dengan koperasi melalui penerapan digitalisasi dalam hal ini aplikasi Cubiz Pay. Terdapat kendala dalam pemasaran jasa simpan pinjam KSP Citra Hidup Tribuana Kalabahi hingga kini yakni terkait dengan adanya kelalaian dalam pengembalian pinjaman oleh anggota maupun calon anggota dan juga belum meleknya anggota koperasi dalam penerapan digitalisasi pemasaran jasa simpan pinjam ini yang memberi dampak pada menurunnya pendapatan yang diperoleh dan kurang lancarnya penggunaan digitalisasi pada koperasi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jasa Koperasi, Digitalisasi
PENGARUH REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK SYARIAH INDONESIA KC KUPANG
Prasetyo, Bintang Nadia;
Timuneno, Tarsisius;
Dhae, Yosefina K I D D;
Nursiani, Ni Putu
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18864
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja karaywan PT. Bank Syariah Indonesia KC Kupang. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Bank Syariah Indonesia KC Kupang Diperoleh jumlah sampel 30 orang dengan menggunakan teknik sampel jenuh, untuk mengumpulkan data di lapangan melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi yang dibagikan kepada karyawan PT. Bank Syariah Indonesia KC Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial rekrutmen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan seleksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, secara simultan rekrutmen dan seleksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kata Kunci : Rekrutmen, Seleksi, Kinerja Karyawan
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KOPDIT SWASTI SARI KANTOR PUSAT KOTA KUPANG
Lede, Yuliana Priskalia;
Nursiani, Ni Putu;
Aman, Dominikus K T;
Fanggidae, Rolland E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18974
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja karyawan Kopdit Swasti Sari Kantor Pusat Kota Kupang, serta untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja karyawan Kopdit Swasti Sari Kantor Pusat Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menyoroti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilapangan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan SPSS V.22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, secara simultan disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarakan Adjusted R Square menunjukkan kontribusi pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 43,7% sedangkan 56,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar fokus penelitian ini. Kata Kunci : Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan
STRATEGI PROMOSI PENYEWAAN PERALATAN CAMPING MELALUI PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS PADA ADVENTURE INKLUSI)
Bait, Aprilia Dolly Hetty;
Fanggidae, Ronald P C;
Aman, Dominikus K T;
Bunga, Markus
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.18980
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Promosi Penyewaan Peralatan Camping Melalui Pemberdayaan Penyandang Disabilitas (Studi Kasus Pada Adventure Inklusi). Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian data yang dikumpulkan melewati tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adventure Inklusi mengimplementasikan konsep pemberdayaan dengan melibatkan penyandang disabilitas, khususnya anggota komunitas tuli dalam melakukan promosi. Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian mereka, sehingga mereka tidak bergantung pada orang lain dan memiliki peluang untuk mengembangkan keterampilan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Strategi promosi penyewaan peralatan camping pada Adventure Inklusi dengan menggunakan kaum kerja penyandang disabilitas melalui personal selling, whatsapp grup dan instagram story. Dengan adanya peran komunitas dalam kegiatan promosi maka dapat memberikan kontribusi langsung terhadap pertumbuhan dan perkembangan bisnis tersebut. Namun disamping itu juga terdapat beberapa kendala yang masih saja dihadapi oleh Adventure Inklusi dalam melakukan promosi diantaranya aksesibilitas, presepsi masyarakat, dan hambatan psikologis yang menjadi penghalang bagi penyandang disabilitas dalam melakukan promosi. Aksesibilitas yang terbatas dapat menghambat partisipatif aktif penyandang disabilitas, sementara stigma sosial dan stereotip negatif dapat mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap kemampuan mereka. Selain itu, hambatan psikologis yang dialami penyandang disabilitas juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan antisipasi mereka dalam kegiatan promosi. Kata Kunci : Strategi Promosi, Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas
PENGARUH ETHICAL BEHAVIOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INJOURNEY AIRPORTS BANDAR UDARA EL TARI KUPANG
Killok, Wistiliana;
Nursiani, Ni Putu;
Maak, Clarce S;
Fanggidae, Rolland E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.19004
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ethical behavior terhadap kinerja karyawan pada injourney airports bandar udara El Tari Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 49 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi dengan bantuan IBM SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial ethical behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Injourney Airports bandar udara El Tari Kupang. Kata Kunci : Ethical Behavior, dan Kinerja Karyawan
ANALISIS KETERLIBATAN ANGGOTA KELUARGA DALAM PENINGKATAN KINERJA BISNIS PADA JABAL MART SWALAYAN DI KOTA ATAMBUA KABUPATEN BELU
Rian Ara Mali, Yohanes Don Bosko;
Salean, Debryana Y;
Riwu, Yonas F;
Fanggidae, Rolland E
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.19327
Bisnis Keluarga merupakan bisnis atau perusahaan yang dikendalikan oleh beberapa orang yang memiliki hubungan darah atau keluarga, perusahaan keluarga ini mayoritas kepemilikan adalah sekelompok orang yang memiliki hubungan kekeluargaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlibatan anggota keluarga dalam meningkatkan kinerja bisnis pada Jabal Mart Swalayan di Kota Atambua, Kabupaten Belu. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami peran dan kontribusi masing-masing anggota keluarga dalam manajemen operasional serta strategi bisnis yang diterapkan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan anggota keluarga yang terlibat langsung dalam pengelolaan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif anggota keluarga dalam berbagai aspek manajemen, seperti pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengembangan strategi pemasaran, secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kinerja bisnis. Keberhasilan sebuah usaha tidak hanya bergantung pada kompetensi individu, tetapi juga pada kekompakan dan nilai-nilai bersama yang dimiliki oleh keluarga dalam menjalankan bisnis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara anggota keluarga menjadi faktor kunci dalam pencapaian kinerja bisnis yang optimal. Kata Kunci : Keterlibatan Anggota Keluarga, Kinerja Bisnis
ANALISIS POTENSI PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR KOTA KUPANG
Obaria, Yoakim Helio Dorus;
Kiak, Novi Theresia;
Tiwu, Maria I H;
Ballo, Fransina W
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.23013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan kontribusi retribusi parkir terhadap pendapata asli daerah kota kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif sedangkan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, serta Teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang terdapat dalam penelitian ini sebanyak 7 orang diantaranya Kepala Bagian Retribusi dan 6 orang Tukang Parkir. Hasil penelitian ini menunjukan perhitungan dengan mengalikan jumlah kendaraan parkir dan besarnya tarif parkir maka dapat diketahui jumlah pendapatan retribusi parkir di RSU Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang, Toko Glory, Pasar Inpres dan Subasuka dalam Sehari, Bulan dan Tahun. Untuk penerimaan retribusi parkir mengalami penurunan sehingga retribusi parkir hanya dapat memberikan sedikit kontribusi terhadap Pendapatan asli Daerah. Maka pemerintah harus membuat regulasi tentang pengelolaan retribusi parkir di Kota Kupang. Kata Kunci : Potensi, Kontribusi Retribusi Parkir, Pendapatan Asli Daerah
EFEKTIVITAS PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN SOLOR KOTA KUPANG
Ahmad, Rafli Alathur Hamdani;
Tungga, Cicilia A;
Bolang, Rikhard T C
GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 6 No 4 (2025): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Nusa Cendana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.70581/glory.v6i4.23200
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program beras miskin (Raskin) terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Solor Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif sedangkan sumber datanya adalah data primer dan sekunder, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 12 orang diantaranya 2 orang pihak Kantor Kelurahan Solor, 8 orang masyarakat yang menerima bantuan dan 2 orang yang tidak menerima bantuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas program beras miskin (Raskin) terhadap kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Solor Kota Kupang belum efektif, ditandai dengan Pelaksanaan program raskin di kelurahaan solor, penelitian masih terdapat ketidaktepatan pada beberapa indikator yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pelaksanaan program raskin yaitu pada ketidaktepatan sasaran, ketidaktepatan jumlah, ketidaktepatan waktu namun terdapat dua indikator yang berhasil dalam pembagian raskin di Kelurahan Solor yaitu pada ketepatan kualitas dan ketepatan administrasi. Kata Kunci : Efektivitas, Program Beras Miskin