Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) diterbitkan oleh Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv dengan periode penerbitan 4 (empat) kali dalam setahun yaitu Bulan Maret, Juni, September dan Desember. Jurbisman (Jurnal Bisnis Manajemen) berfokus pada berbagai tema, topik, dan aspek bisnis dan manajemen, termasuk (namun tidak terbatas) pada topik berikut: •Manajemen Pemasaran •Manajemen keuangan •Manajemen Sumber Daya Manusia •Manajemen operasi •Manajemen Strategis •Manajemen Agribisnis •Manajemen Pengetahuan dan Inovasi •Pariwisata dan Ekonomi Kreatif •Kewiraswastaan •Ekonomi
Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)"
:
20 Documents
clear
Peran Mediasi Tourist Satisfaction of Memorable Tourism Experience Dan Citra Destinasi Revisit Intention Wisatawan Pantai Sebalang Lampung Selatan
Junice Esti Pratiwi;
Fatih Fuadi;
Vicky F Sanjaya
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.742
Dalam industri pariwisata Memorable Tourism Experience dan citra destinasi adalah faktor penting dalam menentukan niat wisatawan untuk kembali ke suatu destinasi (Revisit Intention). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Tourist Satisfaction sebagai mediator dalam hubungan antara Memorable Tourism Experience dan citra destinasi terhadap Revisit Intention. Metode yang digunakan metode kuantitatif dan analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM – PLS) dengan sampel 97 responden. Hasil penelitian ini memperoleh Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Memorable Tourism Experience dan Citra Destinasi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tourist Satisfaction. Variabel Tourist Satisfcation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention. Variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dan variabel Tourist Satisfaction memediasi pengaruh Citra Destinasi terhadap Revisit Intention dengan model Full Mediation atau memediasi secara penuh. Dalam perspektif bisnis Islam, Memorable Tourism Experience, Citra Destinasi, Tourist Satisfaction, dan Revisit Intention harus sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran ayat 104, Q.S Al-Baqarah ayat 195, Q.S Ali’Imran ayat 159, dan Q.S Taha ayat 132.
Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Inflasi Dan Suku Bunga Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub-Sektor Perbankan Periode 2020-2022
Putu Dewi Ambar Wati;
Hairudin;
Rini Lolyani
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.744
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga, inflasi dan suku bunga terhadap profitabilitas. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia dengan sampel sebanyak 21 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang dilakukan adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan hipotesis. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan pengaruh dana pihak ketiga, inflasi dan suku bunga berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada sub-sektor perbankan yang terdaftar dibursa efek indonesia. Dan secara parsial masing-masing variabel dapat disimpulkan bahwa variabel dana pihak ketiga berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada sub-sektor perbankan yang terdaftar dibursa efek Indonesia, dan variabel inflasi dan suku bunga tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas pada sub-sektor perbankan yang terdaftar dibursa efek indonesia.
Analisis Penggunaan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Dalam Mempermudah Pelayanan Transaksi Nasabah Pada Pegadaian (Persero) Cabang Talang Kelapa
Reka Amelia;
Havis Aravik;
Fadilla
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.747
Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih pelayanan Pegadaian Digital Service (PDS) dan efektivitas penggunaan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) bagi nasabah PT Pegadaian (Persero) Cabang Talang Kelapa. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih pelayanan Pegadaian Digital Service (PDS) dan efektivitas penggunaan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) bagi nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Talang Kelapa. Nasabah yang dituju penulis adalah nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Talang Kelapa pada tanggal 23 April – 17 Mei 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, dimana peneliti mencoba untuk menggambarkan kondisi yang terjadi selama penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor yang memengaruhi nasabah dalam memilih pelayanan Pegadaian Digital Service (PDS) yaitu, kualitas pelayanan dan mudah diakses, dan terdapat juga efektivitas dari penggunaan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Talang Kelapa yaitu, jumlah nasabah meningkat, kemudahan dalam penggunaan aplikasi, pengajuan dan verifikasi dokumen dengan cepat.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening
Inggrid Kusuma Dewi;
Kartawan;
Apip Supriadi
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.753
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Studi dilakukan pada member pelanggan Yomart Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah ukuran sampel sebanyak 230 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; 2) Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; 4) Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Pln Persero Up 3 Tanjung Karang Menurut Manajemen Sumber Daya Insani
Jenny Zuan Sherliva;
Fatih Fuadi;
Liya Ermawati
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.754
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme kerja terhadap kinerja karyawan Pt Pln Persero Up 3 Tanjung Karang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan angket secara offline. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang ada di PLN Up 3 Tanjung Karang sebanyak 70 karyawan diambil dengan cara probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data diolah menggunakan Spss versi 25. Hasil pengujian dan analisis yang dilakukan menyatakan bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PLN Up 3 Tanjung Karang,profesionalisme kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PLN Up 3 Tanjung Karang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PLN Up 3 Tanjung Karang. Secara simultan kualitas sumber daya manusia, dan profesionalisme kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan PLN Up 3 Tanjung Karang.
Analisis Kepatuhan Syariah Terhadap Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Indonesia KC Baturaja
Veronika Meltayani Putri;
Choirunnisak;
Havis Aravik
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.756
Penelitian ini membahas mengenai analisis kepatuhan syariah terhadap produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KC Baturaja. Prinsip syariah adalah landasan beroprasinya Bank Syariah yang harus dijaga sedangkan dalam praktik dilapangannya belum sepenuhnya dipenuhi, terutama untuk praktik produk dan layanan erbankan syariah, dimana masih banyak masyarakat yang belum memahami secara mendalam tentnag prinsip-prinsip perbankan syariah, termasuk produk gadai emas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2024 sampai dengan Mei 2024. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah : (1) Bagaimana praktik kepatuhan syariah pada kantor cabang Baturaja (2) Apa faktor yang menyebabkan ketidakpatuhan syariah terhadap produk gadai emas di Bank Syariah Indonesia KC Baturaja (3) Bagaimana respon masyarakat terhadap produk gadai emas di bank Syariah Indonesia KC Baturaja. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan produk gadai emas pada Bank Syariah Indonesia KC Baturaja telah telah memenuhi ketentuan syariah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional-MUI dan peraturan Indoensia. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nasabah terpenuhi dengan tetap mengacu pada nilai-nilai syariah. Kepatuhan syariah yang sesuai syariah antara lain, tidak ada unsure bunga, keuntungan bank berasal dari biaya aministrasi, sewa modal ijarah. Sedangkan kepatuhan syariah yang tidak sesuai syariah yaitu tidak mengandung unsure riba, dan gharar. Faktor Yang Menyebabkan Ketidakpatuhan Syariah Pada Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia yaitu mereka kurang memahami prinsip-prinsip syariah yang terkait dengan produk Gadai Emas. Setelah mereka sudah mengetahui prosedur dan tata cara tentang produk gadai emas mereka sangat berminat untuk melakukan gadai emas di Bank BSI KC Baturaja.
Pembuktian Kepemilikan Aset Investasi dengan Trading Kripto di Indonesia
Irfa Khunainah;
Soesi Idayanti;
Kanti Rahayu
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.757
Trading kripto merupakan salah satu instrumen investasi di Indonesia yang memiliki banyak pengguna. Berbeda dengan investasi pada umumnya yang berbentuk fisik, investasi ini dilakukan secara online. Objek investasi ini adalah mata uang kripto yang diperjualbelikan di pasar fisik aset kripto atau blockchain, atau yang sering disebut dengan perdagangan kripto. Banyak yang beranggapan bahwa investasi jenis ini adalah perjudian, karena tidak jelas legalitas dan legalitasnya. Selain itu juga terkait dengan lokasi bukti kepemilikan aset investasi, sedangkan proses perdagangannya dilakukan melalui jaringan internet. Hal ini menjadi persoalan terkait kekuatan hukum pembuktian kepemilikan aset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui legalitas investasi perdagangan kripto dan bentuk bukti kepemilikan aset investasi tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau kepustakaan dengan pendekatan normatif yaitu deskriptif analisis. Data penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi literatur peraturan perundang-undangan, serta pengumpulan data secara online pada website dan berita. Data penelitian diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa legalitas investasi perdagangan kripto mempunyai kekuatan hukum dan diakui secara hukum serta memiliki perlindungan dan pengawasan yang diatur dalam hukum Indonesia. Bukti kepemilikan aset investasi dengan perdagangan kripto hanya disimpan secara elektronik, seperti bukti pembayaran dan penerimaan, riwayat transaksi, dan deklarasi aset. Namun bukti kepemilikan aset tersebut tidak diberikan secara fisik sehingga membuat kekuatan bukti kepemilikan aset investasi masih lemah dan berisiko tinggi.
Analisis Populasi Penduduk, Tingkat Pengangguran Terbuka Dan Inflasi Daerah Terhadap Ketimpangan Pendapatan Daerah Dalam Perspektif Ekonomi Islam Periode 2018-2023 (Studi Pada Provinsi Sesumatera)
Nora Diana;
Ahmad Hazas Syarif;
Nurhayati
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Ketimpangan pendapatan di Pulau Sumatera mempunyai perbedaan yang mencolok antara penduduk kaya dan penduduk miskin. Elit kaya, seringkali terkonsentrasi di perkotaan, menikmati standar hidup yang tinggi, sementara sebagian besar masyarakat miskin, yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan, berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penyebab ketimpangan pendapatan di Sumatera mempunyai banyak aspek, termasuk distribusi sumber daya alam yang tidak merata, kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan, serta peluang ekonomi yang tidak memadai. Penelitian ini bertujuan menganalisis populasi penduduk, tingkat pengangguran terbuka dan inflasi daerah terhadap ketimpangan pendapatan daerah pada provinsi sesumatera selama periode 2018-2023ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dalam bentuk panel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 10 sebagai alat bantu analisis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel populasi penduduk berpegaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan daerah dengan nilai koefisien sebesar 0.041876. Variabel tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif dan tidak signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0.007385. Sedangkan inflasi daerah berpengaruh positif dan tidak signifikan dengan nilai koefisien sebesar 0.006426. Secara bersama-sama antara variabel independent dan dependent pada penelitian ini menunjukkan hasil yang tidak berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ketimpangan pendapatan daerah mampu dijelaskan oleh populasi penduduk, tingkat pengangguran terbuka dan inflasi sebesar 6%.
Pengaruh Kenaikan Harga Jual Rumah Bersubsidi Terhadap Keuntungan Pada PT. Unggul Perkasa Propertindo
Devina Aulia Muslimah;
Choiriyah;
Choirunnisak
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.768
Penelitian ini mengambil judul tentang Pengaruh Kenaikan Harga Jual Rumah Bersubsidi Terhadap Keuntungan Pada PT. Unggul Perkasa Propertindo (2022-2023). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kenaikan harga jual rumah bersubsidi terhadap keuntungan di PT. Unggul Perkasa Propertindo Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 40 orang responden yang merupakan karyawan PT. Unggul Perkasa Propertindo. Data dikumpulkan melalui kuisioner secara online menggunkan goggle form. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,Analisis regresi linier sederhana. Pengujian yang telah dilakukan menunjukan hipotesis dari hasil uji F adanya pengaruh harga terhadap keuntungan Perusahaan menghasilkan nilai positif dan juga sihnifikan diperoleh nilai F hitug 26,720 nilai signifikan 0.000 < 0.05, hasil dari uji t harga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 5,169 > 2,024. hasil uji koefisien determinasi (Rsquare) adjusted R Square sebesar 0,742 artinya harga berpengaruh terhadap keuntungan dengan tingkay persentase 41,3%. Dapat disimpulankan variable harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keuntungan PT. Unggul Perkasa Propertindo.
Analisis Peran Fintech Dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia ( BSI ) KC Demang Lebar Daun Palembang
Jihan Khairunnisa;
Choirunnisak;
Choiriyah
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.61930/jurbisman.v2i3.771
Penelitian ini berjudul "Analisis Peran Fintech Dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Demang Lebar Daun Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk fintech di Bank BSI Demang Lebar Daun Palembang, dan apakah fintech berperan dalam meningkatkan pelayanan nasabah di BSI KC Demang Lebar Daun Palembang dan untuk mengetahui bagaimana Peran Fintech Dalam Meningkatkan Pelayanan Nasabah di BSI KC Demang Lebar Daun Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripsi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan wawancara dan data sekunder dengan internet serta Teknik analisis data dengan metode deskripsi kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu produk fintech di BSI KC Demang Lebar Daun yaitu BSI Mobile, BSI Qris, BSI Transfer, BSI Tabungan Mudharabah, BSI Tabunganku, Outlet Prioritas, Bsi Kpr, Sukuk, E-Mas. Fintech Berperan Dalam Meningkatkan Dan Memberikan Kemudahan Dalam Pelayanan di BSi KC Demang Lebar Daun Palembang. Hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI), dengan cara, membantu pelanggan mendapatkan kebutuhan, mampu memberikan solusi, menyediakan layanan komplain, memberikan layanan yang cepat dan tepat, menerima kritik dan saran.