cover
Contact Name
Berti Arsyad
Contact Email
daarulqimmah92@gmail.com
Phone
+6285241468709
Journal Mail Official
daarulqimmah92@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sultan Amay, Pone, Kec. Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo 96181
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
ISSN : -     EISSN : 29864313     DOI : https://doi.org/10.60040/jak
Core Subject : Education,
AlKalim Journal is a periodical scientific journal published two times a year in April and October by Daarul Qimmah Gorontalo. This Jurnal contains scientific articles, research, and research of community society. The aim is to provide readers with a better understanding of Arabic language education in Indonesia and present its development through the publication of articles, research reports, and book reviews. AlKalim journal publishes original research and review articles on the topics of Arabic language education, including; Arabic language learning, teaching Arabic as a foreign language, and Arabic language studies.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024" : 4 Documents clear
The Role-Playing Method To Improve Learning Outcomes Of Arabic Speaking Skills: Process And Student Perception: Role-Playing Method To Improve Learning Outcomes Of Arabic Speaking Skills: Process And Student Perception Zulpianto, Redi; ilhami, rosita; M Daud, Sulhi
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v3i2.81

Abstract

This research aims to determine students' processes and perceptions of Arabic learning skills using the role-playing method. The population in this study was 18 grade 10th students at MAS Mamba'ul Ulum Jambi. This research is qualitative research with a descriptive method. The data was collected by observation, interview, and documentation. The researcher analyzed the data using triangulation techniques. The process is a teacher appoints 2 or 3 students to a group, divides the roles, and instructs other students to pay attention. The advantages are: a) students enjoy learning using the role-playing method, b) students easy to memorize vocabulary, and c) there is an increase in students' Arabic-speaking learning outcomes with a score of 62.77 increasing to 84.72 after learning using the role-playing method. However, the researcher also finds a drawback, namely that it takes a long time to implement and disturbs other classes because the class becomes noisier.
Kritik Sastra Feminis Dalam Novel “The Girls Of Riyadh” Karya Rajaa Al Saneaa Latif, Veronika; P. Doni, Chaterina; Syafi’i, Randi
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v3i2.82

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tokoh melalui kritik sastra feminisme yang terdapat pada novel “The Girls Of Riyadh” karya Rajaa Al Sanea. Sumber informasi yang penulis pakai dalam penelitian ini adalah buku “The Girls Of Riyadh” karya Rajaa Al Sanea. Metode penelitian yang digunakan berbentuk kajian pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pustaka yaitu dengan menggunakan sumber tertulis. Langkah yang dilakukan dalam pengumpulan data ini yaitu dengan mencatat dan membaca.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga citra perempuan kontrafeminis yang membangun eksistensi stereotip perempuan antara lain: [1] citra diri perempuan sebagai tokoh pendukung [2] citra perempuan dalam internalisasi peran tradisional [3] citra sosial terkait stigma perempuan subordinat dalam novel The Girls of Riyadh.
ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM TERJEMAHAN AL-QUR’AN SURAH LUQMAN Manangin, Nelpia; Kasan, Yuslin
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v3i2.32

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi dalam Surah Luqman dalam Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan Al-Qur’an sebagai data primer dan sumber-sumber sekunder yang relevan. Analisis tindak tutur ilokusi dilakukan untuk memahami tujuan komunikatif yang terkandung dalam ayat-ayat Surah Luqman. Hasil kajian menunjukkan adanya berbagai jenis tindak tutur ilokusi dalam Surah Luqman. Salah satu jenisnya adalah tindak tutur asertif, yang terkait dengan pernyataan yang bersifat netral. Contoh ayat yang mengandung tindak tutur asertif adalah ayat 6 yang mengingatkan tentang bahaya percakapan kosong yang menyesatkan manusia dari jalan Allah. Selain itu, tindak tutur ilokusi lain yang ditemukan dalam Surah Luqman adalah tindak tutur direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Setiap jenis tindak tutur ilokusi memiliki implikasi dan pesan yang tersirat yang penting untuk dipahami dalam konteks terjemahan Al-Qur’an. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami makna dan pesan dalam Surah Luqman serta menggambarkan berbagai tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam surah tersebut. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengkajian lebih lanjut tentang pragmatik Al-Qur’an dan pemahaman kontekstual dalam memahami ayat-ayat kitab suci Islam.
PENGARUH METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB ( MAHARAH KITABAH ) SISWA KELAS VII MTs MASYARIQUL ANWAR CARINGIN Nabilah, Rahma; Ussyafiqoh, Fitria Nisa; Hisbiatul Jannah, Kholisah; Indriana, Dina; Hidayat, Wahyu
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 3 No. 2: OKTOBER 2024
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v3i2.98

Abstract

Pentingnya kemampuan menulis bahasa arab dalam kehidupan sosial menjadi dasar dalam penelitian. Metode imla menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan tesebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan metode imla' mempengaruhi kemampuan siswa kelas tujuh di MTs Masyariqul Anwar dalam menulis (maharah kitabah). Metode yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan sampel berjumlah dua puluh siswa dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil temuan menunjukkan adanya hubungan yang baik antara kemampuan menulis siswa dan pendekatan imla' dengan koefisien korelasi sebesar 0,72. Hal ini menunjukkan bahwa, penggunaan pendekatan ini menyumbang 72% dari peningkatan kemampuan menulis. Skor rata-rata total kemampuan menulis siswa adalah 77,3, yang dianggap tinggi, sementara skor rata-rata imla' mereka adalah 75. Studi ini menunjukkan nilai metode imla' sebagai strategi yang berhasil untuk meningkatkan kemahiran siswa tingkat madrasah dalam menulis bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 4