cover
Contact Name
Rahmat Sulaiman
Contact Email
rahmatsulaiman@atmaluhur.ac.id
Phone
+6285314412010
Journal Mail Official
lppm@atmaluhur.ac.id
Editorial Address
Jalan Jendral Sudirman, Selindung Baru, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia
Location
Kota pangkal pinang,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)
ISSN : 27458725     EISSN : 27458725     DOI : -
Jurnal ABDIMASTEK adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Teknologi yang diterbitkan 2 kali dalam setahun, yaitu pada Bulan April dan Oktober. Artikel yang dimuat pada Jurnal ABDIMASTEK adalah artikel yang berkaitan tentang Teknologi (Teknologi Pangan, Teknologi Industri.dll), Peningkatan Kualitas SDM, dan Kewirausahaan yang telah dipertimbangkan dan disetujui oleh Dewan Editor.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI DESAIN GRAFIS UNTUK MEDIA PROMOSI UMKM DI PANGKALPINANG Fitriyani, Fitriyani; alkodri, Ari Amir; Isnanto, Burham; Kirana, Chandra; Adiwinoto, Bambang
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2240

Abstract

Dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat terkait sektor perdagangan, UMKM di Pangkalpinang Bangka Belitung seperti banyak UMKM di wilayah lain menghadapi tantangan dalam memanfaatkan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik produk mereka. Sebagian besar pelaku UMKM, khususnya penjual belum memahami cara membuat brosur dan spanduk yang menarik untuk promosi. berbagai masalah dalam memanfaatkan ilmu desain untuk bisnis mereka. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang cara membuat desain grafis yang menarik dan efektif untuk promosi produk. Hal ini menyebabkan brosur dan spanduk yang mereka buat kurang menarik dan tidak mampu menarik perhatian konsumen potensial. Selain itu, desain kemasan produk yang tidak optimal juga menjadi kendala dalam meningkatkan daya tarik produk dan brand awareness. Pelaksanaa kegiatan ini dilaksanakan melibatkan mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang bekerjasama dengan UMKM di seputaran Pangkalpinang selama 3 hari mulai dari proses pembelajaran desain ke mahasiswa, proses cetak dan implemantasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat dalam proses digitalisasi UMKM melalui pembuatan desain digital dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM.Kata kunci: UMKM, Desain Digital, Media Sosial.
PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI CANVA SEBEGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU Kirana, Chandra; Wahyuningsih, Delpiah; anisah, anisah; Supardi, Supardi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2284

Abstract

SMK Negeri 1 Mendobarat merupakan salah satu sekolah yang mempunyai jurusan DKV. Dimana pelatihan ini diberikan merupakan untuk meningkatkan wawasan guru untuk pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran untuk siswa-siswi mereka. Pelatihan ini mengajarkan kepada guru pembuatanpersentasi, quis, serta video pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Mendobarat. Pelatihan ini dilakukan secara praktikum langsung bersama dengan narasumber selaku pengisi kegiatan pengabdian ini. adapun jumlah peserta yang mengikuti sebanyak tiga puluh orang dimana 43% diikuti oleh guru berjenis kelamin laki-laki dan 57% diikuti oleh guru berjenis kelamin perempuan. Kebermanfaatan dari peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini yaitu 100% mengatakan mereka terbantukan dengean mudah melalui proses pelatihan ini. adapun hasil dari kegiatan pelatihan Canva ini untuk guru yaitu para guru merasakan manfaat dari Canva dari media pembelajaran.
DESAIN GRAFIS BAGI PELAKU USAHA KULINER LOKAL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KERAKYATAN DI KOTA PANGKALPINANG Sujono, Sujono; Irawadi, Syafrul; Rizan, Okkita; Hamidah, Hamidah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2291

Abstract

Usaha kuliner menjadi pemeran penting dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga perlu sarana penunjang keberhasilan kuliner lokal tersebut dengan memanfaatkan varian teknologi informasi berupa desain grafis. Melalui aplikasi ini pelaku usaha kuliner lokal dapat menyajikan produk kulinernya secara maksimal dengan sentuhan seni visual. Permasalahannya, teknologi ini sangat jarang diketahui oleh pelaku usaha tersebut, terutama dikalangan ibu ibu. Sehingga tim kegiatan pengabdian dari ISB Atma Luhur mengadakan pelatihan menggunakan aplikasi desain grafis. Melalui pelatihan ini, pelaku usaha kuliner lokal ini dapat meningkatkan daya tarik produk dan memperkuat identitas merk, dengan menciptakan kemasan yang menarik, visual menu yang informatif dan estetis, serta promosi melalui media sosial kreatif. Setelah mengikuti pelatihan ini menunjukkan bahwa 75,4 % pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi desain grafis, 15,2 % sedikit mahir menggunakan aplikasi desain grafis dan 9,4 % tetap tidak mahir menggunakan aplikasi desain grafis. Pada kategori kreativitas produk, 60,4% peserta menunjukkan memiliki  ide yang kuat dalam mendesain produk, 25,3% cukup memiliki ide yang kuat dan 14,3 % masih perlu bimbingan teknis untuk memvisualisasikan ide kreatifnya.
Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset UMKM di Bangka Belitung Sugihartono, Tri; Sulaiman, Rahmat; Yanuarti, Elly
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2301

Abstract

Kegiatan pelatihan digital marketing bagi 16 pelaku usaha UMKM di Bangka Belitung, yang dilaksanakan oleh LPK Atma Luhur bekerja sama dengan BPVP Belitung dari 16 September hingga 16 Oktober 2024, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Materi pelatihan mencakup riset pasar, analisis SWOT, value proposition, riset keyword, penggunaan media sosial, pembuatan konten, copywriting (AIDA, PAS, Hook), serta pengelolaan Google Bisnis dan website. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan omset peserta hingga 25% melalui strategi digital marketing, serta peningkatan keterampilan dalam membuat konten promosi yang optimal. Studi ini membandingkan hasil pelatihan ini dengan program pelatihan digital marketing serupa yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia..
PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM BAGI PELAKU USAHA DI DESA KACE TIMUR Vebrian, Rajab; Mayasari, Melati Suci; Andrika, Yuyi; Saftari, Maya; Irawadi, Syafrul; Ainulfitri, Safira; Alkodri, Ari Amir
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2319

Abstract

Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi produk Usaha Menengah Mikro dan Kecil (UMKM) bagi pelaku usaha khususnya ibu-ibu PKK di Desa Kace Timur Kecamatan MendoBarat Kabupaten Bangka ini terselenggara atas kerjasama Ibu-Ibu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kace Timur dengan Kampus Universitas Muhammadiyah Pangkalpinang dan Kampus Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur Pangkalpinang, yang diikuti oleh Ibu-ibu PKK, pelaku usaha UMKM, dan masyarakat Desa Kace Timur sebagai peserta pelatihan tersebut yang merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma dosen yaitu pengabdian kepada masyarakat dosen ISB Atma Luhur. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (Dua) hari dari pukul 09.00 sampai pukul 15.00 di Kantor Desa Kace Timur Kecamatan MendoBarat Kabupaten Bangka. Yang menjadi narasumber pelatihan ini adalah dosen tetap beserta mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang dengan presentasi mengenai media-media sosial, pemanfaatan media sosial,  tehnik promosi menggunakan media sosial, serta praktek promosi produk melalui media sosial yang merupakan media online yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha dalam memasarkan produk-produk mereka. Besar harapan kami melalui pelatihan yang diberikan dapat membantu para peserta khususnya pelaku usaha UMKM  agar tidak bingung lagi dalam memasarkan produk-produk mereka tanpa harus mempunyai toko atau ruko sendiri, namun bisa dengan hanya menggunakan smart phone yang rata-rata sudah dipunyai oleh setiap orang khususnya para pelaku usaha di Desa Kace Timur.
WORKSHOP MANAJEMEN USER DAN BANDWIDTH DENGAN ROUTER MIKROTIK UNTUK SISWA KELAS XII JURUSAN TKJ SMK N1 SUNGAILIAT Putra, Rendy Rian Chrisna; Dian Novianto; Wijaya, Benny; Setiawan Japriadi, Yohanes; Tommy, Lukas; Sujono; Brososaputro, Goenawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pengembangan dan peningkatan keterampilan dan kemampuan siswa yang ada di Indonesia terkhususnya di Bangka Belitung pada saat ini, dirasa perlu untuk melalukan pelatihan terhadap kemampuan kejuruan yang ada. Pada hal ini dikuhuskan pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dimana TKJ merupakan salah satu jurusan dengan minat yang tinggi pada Tingkat SMA. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan lebih banyak pilihan terhadap siswa Ketika lulus nanti. Selain itu kegiatan ini mererapkan metode ceramah dan diskusi serta pemecahan masalah yang ada yang didasari pada materi-materi pengembangan atau advance yang diperlukan. Hasil dari kegiatan ini adalag peningkatan kemampuan dan keterampilan siswa terhadap materi-materi yang ada pada TKJ. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari dan diikuti sekita 17 orang siswa. Dari hasil pemantauan terhadap kegiatan pengabdian masyarkat ini dapat ditarik Kesimpulan bahwa kegiatan seperti ini sangat diperlukan untuk kebutuhan terhadap menghadapi tantangan kedepannya
IMPLEMENTASI DESAIN GRAFIS UNTUK MEDIA PROMOSI UMKM DI PANGKALPINANG Fitriyani, Fitriyani; alkodri, Ari Amir; Isnanto, Burham; Kirana, Chandra; Adiwinoto, Bambang
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2240

Abstract

Dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat terkait sektor perdagangan, UMKM di Pangkalpinang Bangka Belitung seperti banyak UMKM di wilayah lain menghadapi tantangan dalam memanfaatkan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik produk mereka. Sebagian besar pelaku UMKM, khususnya penjual belum memahami cara membuat brosur dan spanduk yang menarik untuk promosi. berbagai masalah dalam memanfaatkan ilmu desain untuk bisnis mereka. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang cara membuat desain grafis yang menarik dan efektif untuk promosi produk. Hal ini menyebabkan brosur dan spanduk yang mereka buat kurang menarik dan tidak mampu menarik perhatian konsumen potensial. Selain itu, desain kemasan produk yang tidak optimal juga menjadi kendala dalam meningkatkan daya tarik produk dan brand awareness. Pelaksanaa kegiatan ini dilaksanakan melibatkan mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang bekerjasama dengan UMKM di seputaran Pangkalpinang selama 3 hari mulai dari proses pembelajaran desain ke mahasiswa, proses cetak dan implemantasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat dalam proses digitalisasi UMKM melalui pembuatan desain digital dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM.Kata kunci: UMKM, Desain Digital, Media Sosial.
PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI CANVA SEBEGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU Kirana, Chandra; Wahyuningsih, Delpiah; anisah, anisah; Supardi, Supardi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2284

Abstract

SMK Negeri 1 Mendobarat merupakan salah satu sekolah yang mempunyai jurusan DKV. Dimana pelatihan ini diberikan merupakan untuk meningkatkan wawasan guru untuk pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran untuk siswa-siswi mereka. Pelatihan ini mengajarkan kepada guru pembuatanpersentasi, quis, serta video pembelajaran. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari di laboratorium komputer SMK Negeri 1 Mendobarat. Pelatihan ini dilakukan secara praktikum langsung bersama dengan narasumber selaku pengisi kegiatan pengabdian ini. adapun jumlah peserta yang mengikuti sebanyak tiga puluh orang dimana 43% diikuti oleh guru berjenis kelamin laki-laki dan 57% diikuti oleh guru berjenis kelamin perempuan. Kebermanfaatan dari peserta setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini yaitu 100% mengatakan mereka terbantukan dengean mudah melalui proses pelatihan ini. adapun hasil dari kegiatan pelatihan Canva ini untuk guru yaitu para guru merasakan manfaat dari Canva dari media pembelajaran.
DESAIN GRAFIS BAGI PELAKU USAHA KULINER LOKAL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KERAKYATAN DI KOTA PANGKALPINANG Sujono, Sujono; Irawadi, Syafrul; Rizan, Okkita; Hamidah, Hamidah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2291

Abstract

Usaha kuliner menjadi pemeran penting dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga perlu sarana penunjang keberhasilan kuliner lokal tersebut dengan memanfaatkan varian teknologi informasi berupa desain grafis. Melalui aplikasi ini pelaku usaha kuliner lokal dapat menyajikan produk kulinernya secara maksimal dengan sentuhan seni visual. Permasalahannya, teknologi ini sangat jarang diketahui oleh pelaku usaha tersebut, terutama dikalangan ibu ibu. Sehingga tim kegiatan pengabdian dari ISB Atma Luhur mengadakan pelatihan menggunakan aplikasi desain grafis. Melalui pelatihan ini, pelaku usaha kuliner lokal ini dapat meningkatkan daya tarik produk dan memperkuat identitas merk, dengan menciptakan kemasan yang menarik, visual menu yang informatif dan estetis, serta promosi melalui media sosial kreatif. Setelah mengikuti pelatihan ini menunjukkan bahwa 75,4 % pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi desain grafis, 15,2 % sedikit mahir menggunakan aplikasi desain grafis dan 9,4 % tetap tidak mahir menggunakan aplikasi desain grafis. Pada kategori kreativitas produk, 60,4% peserta menunjukkan memiliki  ide yang kuat dalam mendesain produk, 25,3% cukup memiliki ide yang kuat dan 14,3 % masih perlu bimbingan teknis untuk memvisualisasikan ide kreatifnya.
Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset UMKM di Bangka Belitung Sugihartono, Tri; Sulaiman, Rahmat; Yanuarti, Elly
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi Vol 5 No 2 (2024): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2024
Publisher : ISB Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/abdimastek.v5i2.2301

Abstract

Kegiatan pelatihan digital marketing bagi 16 pelaku usaha UMKM di Bangka Belitung, yang dilaksanakan oleh LPK Atma Luhur bekerja sama dengan BPVP Belitung dari 16 September hingga 16 Oktober 2024, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Materi pelatihan mencakup riset pasar, analisis SWOT, value proposition, riset keyword, penggunaan media sosial, pembuatan konten, copywriting (AIDA, PAS, Hook), serta pengelolaan Google Bisnis dan website. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan omset peserta hingga 25% melalui strategi digital marketing, serta peningkatan keterampilan dalam membuat konten promosi yang optimal. Studi ini membandingkan hasil pelatihan ini dengan program pelatihan digital marketing serupa yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia..

Page 1 of 2 | Total Record : 11