cover
Contact Name
Rani Darmayanti
Contact Email
ranidarmayanti1990@gmail.com
Phone
+6282245549135
Journal Mail Official
editorjurnal@assyfa.com
Editorial Address
Jalan Jambangan II No. 60 Purworejo - Pasuruan - Jawa Timur 67117, Indonesia
Location
Kab. pasuruan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas
ISSN : 29880017     EISSN : 29880017     DOI : https://doi.org/10.61650/jptk
Core Subject : Education, Social,
JPTK (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun pada bulan MEI, SEPTEMBER, JANUARI. Jurnal tersebut berisi jurnal penelitian tindakan kelas pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA Jurnal ini memiliki akses terbuka yang artinya semua konten tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau institusinya. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau memasukkan ke dalam makalah teks lengkap, atau menggunakannya untuk tujuan lain yang sah tanpa meminta izin dari penerbit atau penulis. Redaksi mengundang seluruh akademisi, peneliti, praktisi, atau pihak lain yang terkait untuk menerbitkan artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Jurnal JPTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, Media Pembelajaran, RnD Pembelajaran, Pengembangan Pembelajaran dan Praktek Mengajar Pembelajaran JPTK dikelola oleh Alumni Magister Pendidikan Matematika UMM, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Sidoarjo, dan CV Bimbingan Belajar Assyfa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)" : 6 Documents clear
Peran Dukungan Publik dalam Kesejahteraan Guru Honorer: Studi Kasus Strategi Kebijakan Pendidikan di Jakarta Pusat Wardana, Muhammad Rafli Faishal; Solehudin, Rd. Heri
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dukungan publik dalam meningkatkan kesejahteraan guru honorer di Jakarta Pusat, dengan menempatkan isu ini dalam konteks tren nasional peningkatan kesejahteraan guru honorer sebagai agenda utama pendidikan nasional. Studi kasus ini berfokus pada 50 guru honorer dari lima sekolah di Jakarta Pusat yang dipilih secara acak. Melalui metode survei dan wawancara mendalam, penelitian ini menemukan bahwa 70% responden merasakan peningkatan kesejahteraan berkat adanya dukungan publik, baik berupa subsidi tunjangan maupun akses pelatihan profesional. Selain itu, 60% dari responden melaporkan bahwa dukungan dari masyarakat dan pemerintah lokal telah meningkatkan motivasi kerja mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya penyelarasan strategi kebijakan dengan kebutuhan nyata para guru honorer, yang dapat dilakukan melalui peningkatan transparansi dan partisipasi publik dalam perumusan kebijakan pendidikan. Studi ini juga menggarisbawahi perlunya evaluasi berkelanjutan terhadap kebijakan untuk memastikan efektivitas dukungan yang diberikan.
Implementasi Pembelajaran Bahagia Berbasis Praktikum pada Mata Pelajaran Biologi tentang Mengidentifikasi Fotosintesis Tumbuhan di SMA Safitri, Nur Lina; Vedianty, Adinda Syalsabilla Aidha
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.293

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Biologi, khususnya pada topik fotosintesis. Tujuan utama penelitian ini adalah mengimplementasikan metode pembelajaran bahagia berbasis praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini memadukan unsur-unsur kebahagiaan seperti menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, mendorong interaksi positif antara guru dan siswa, serta menggunakan media praktikum yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 6 siswa kelas X di salah satu SMA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes tertulis, yang dilakukan selama 4 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif dilakukan untuk mengukur peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang fotosintesis, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 25% dari pre-test ke post-test. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang diidentifikasi melalui peningkatan partisipasi aktif dan umpan balik positif selama kegiatan praktikum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran bahagia berbasis praktikum berkontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Oleh karena itu, disarankan agar metode ini diintegrasikan secara lebih luas dalam proses pembelajaran di sekolah untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi pelajaran dengan baik dan memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam belajar
Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pemahaman Membaca Siswa Azizah, Athiq Nur; Hidayatulloh, Rizky; Hasyim, Umar Alfaruq A.
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.538

Abstract

Pengembangan aplikasi media Canva untuk memahami bacaan siswa dapat mengatasi beberapa kesulitan dan menyeimbangkan pembelajaran. Penerapan Canva untuk membaca di kalangan siswa penting dilakukan karena bantuan media Canva memiliki beberapa manfaat, antara lain meningkatkan motivasi dan minat belajar dengan penekanan topik yang terkait dengan pemecahan masalah. Faktor lain dalam pembelajaran yang harus diperhatikan adalah hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah studi dan kreasi. Alih-alih menguji hipotesis, penelitian dan pengembangan (R&D) menghasilkan produk. Penelitian ini menggunakan model 4D untuk mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan mendeskripsikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran membuat presentasi bacaan komprehensif menggunakan Canva mendapat respon positif dari siswa. Kami menyebarkan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan Canva sebagai media pembelajaran bacaan komprehensif. (2) Pembelajaran membaca komprehensif merupakan tantangan bagi banyak siswa, terutama siswa bahasa Inggris pada semester 4. (3) Peningkatan keterampilan membaca komprehensif memerlukan pendekatan yang kreatif dan inovatif. Dalam hal ini, aplikasi Canva terbukti membantu memfasilitasi pembelajaran tersebut secara menarik dan interaktif.
Peningkatan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Melalui Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Ziarah pada Siswa SMK YPM 1 Taman Fuad, M. Zainul; Sugianto, Rahmad
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.557

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan dimensi ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam profil siswa Pancasila melalui penelitian tindakan kelas pada kegiatan ziarah di SMK YPM 1 Taman. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia siswa dengan mengintegrasikan kegiatan keagamaan ke dalam pendidikan mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas, yang melibatkan siswa dari kelas X hingga XII. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, dengan instrumen meliputi daftar periksa observasi, panduan wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dengan fokus pada berbagai aspek karakter religius: 1) Mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa, dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi dalam shalat shafar dan jama' qasar. 2) Memahami agama dan keyakinan, ditunjukkan melalui pengetahuan siswa tentang tokoh-tokoh Islam historis seperti wali songo. 3) Pelaksanaan ritual ibadah, yang diamati melalui keterlibatan siswa dalam doa dan dzikir tahlil selama ziarah ke makam waliyullah. Analisis data melibatkan pengkodean dan pengkategorian data kualitatif untuk mengidentifikasi tema yang berulang. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam moral keagamaan siswa, dengan peningkatan yang nyata dalam pemahaman dan praktik ajaran Islam mereka. Secara khusus, 75% siswa menunjukkan peningkatan pengetahuan dan cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, 80% menunjukkan pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah Islam, dan 85% berpartisipasi aktif dalam ritual ibadah. Sebagai kesimpulan, mengintegrasikan kegiatan ziarah ke dalam kurikulum secara signifikan menumbuhkan pengabdian siswa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Disarankan agar kegiatan keagamaan serupa dimasukkan ke dalam program sekolah untuk lebih memperkuat perkembangan spiritual siswa. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari praktik-praktik ini terhadap pengembangan karakter siswa secara keseluruhan.
Efektivitas Media Pembelajaran dengan Berbagai Aplikasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Siswa Tunagrahita Darmawati, Besse; Darmawan, Agus
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan sains siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa tunagrahita yang dibagi secara acak ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi media pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t untuk mengukur perbedaan peningkatan pengetahuan sains antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan sains siswa tunagrahita yang menggunakan aplikasi media pembelajaran dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional (p < 0,05). Nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen meningkat sebesar 35% dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 10%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan aplikasi media pembelajaran efektif dalam meningkatkan pengetahuan sains siswa tunagrahita. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam proses pembelajaran dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif.
Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Media Twitter dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Budiarti, Erna
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Penelitian Tindakan Kelas (Mei)
Publisher : CV Bimbingan Belajar Assyfa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61650/jptk.v2i1.284

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penggunaan Twitter sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas 8 di SMP Negeri di kota Y, dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar. Dengan metode penelitian tindakan kelas, penelitian melibatkan 30 siswa yang dipilih secara acak dan dilakukan dalam tiga siklus tindakan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus memberikan wawasan tentang strategi pengajaran yang efektif dan tantangan yang dihadapi. Data dikumpulkan melalui tes menulis, wawancara mendalam, dan observasi partisipatif, dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa, terutama dalam kreativitas, struktur argumentasi, dan variasi penggunaan bahasa, dengan peningkatan rata-rata skor sebesar 25%. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan signifikan, seperti keterbatasan akses internet dan kebutuhan pelatihan lebih lanjut untuk guru. Rekomendasi untuk mengatasi tantangan ini termasuk peningkatan infrastruktur jaringan sekolah dan pelatihan intensif bagi pendidik. Dengan demikian, Twitter dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam mendukung Kurikulum Merdeka Belajar, asalkan ada dukungan infrastruktur dan pelatihan yang memadai. Penelitian ini menawarkan panduan praktis untuk guru dalam mengintegrasikan media sosial ke dalam kurikulum secara efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6