cover
Contact Name
R. Panca Pertiwi Hidayati
Contact Email
wistara.unpas@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
wistara.unpas@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung, Jl. Sumatera No. 41 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Published by Universitas Pasundan
ISSN : -     EISSN : 27223159     DOI : https://doi.org/10.23969/wistara
Core Subject : Education,
Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta pengajarannya
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024" : 8 Documents clear
Kajian Struktural Sastra Bandingan Cerita Rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang Putri, Fatma Nuraini; Kartikasari, Ratna Dewi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.4966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan serta menjelaskan struktur yang terdapat pada cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan cara mengkaji unsur-unsur intrinsik cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsi, dan menganalisis sehingga dapat diketahui bahwa terdapat keterkaitan erat antara dua cerita rakyat yang dianalisis. Teori yang digunakan adalah teori sastra bandingan. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan struktur yang terdapat dalam cerita rakyat Batu Bagga dan Malin Kundang. Hasil analisis menunjukan hal-hal yang dominan dari dalam segi unsur-unsur pembangun karya sastra yang terdapat dalam teks itu sendiri.
Analisis Wujud Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran SMP Muhammadiyah 2 Kadungora Garut Sulastri, Novi; Hidayati, R. Panca Pertiwi; Fauziyyah, Desti Fatin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.5240

Abstract

Penelitian ini mengkaji ihwal wujud alih kode dan campur kode intern dari bahasa Indonesia ke bahasa Sunda dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 2 Kadungora Garut. Penelitian ini menarik untuk dikaji sebagai bahan evaluasi dan referensi pengajaran bahasa Indonesia yang lebih baik terhadap peserta didik yang masih kental penggunaan bahasa daerah dalam interaksinya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan wujud alih kode dan campur kode dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 2 Kadungora. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam dan catat. Berdasarkan hasil analisis penulis memperoleh data alih kode dan campur kode intern dengan jumlah total 60 data. Penulis menemukan 35 data (58%) alih kode dengan wujud 27 kalimat dan 8 klausa. Lalu penulis juga menemukan 25 (41,2%) data campur kode dengan wujud 20 kata dan 5 frasa. Kata Kunci: Alih Kode; Bahasa; Bentuk, Campur Kode
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meringkas Teks Eksplanasi Siswa SMP Rahayu, Yanti Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.5245

Abstract

Penerapan Pembelajaran Koorperatif Model Student Teams Achievment Division Untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Dalam MeringkasTeks Eksplanasi Siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi melalui pembelajaran kooperatif model student teams achievement division. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, pemberian tugas proyek kepada siswa dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar soal, lembar penilaian meringkas teks eksplanasi, lembar angket, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Kriteria atau indikator keberhasilan penelitian adalah apabila hasil belajar siswa yang memperoleh KKM 75 mencapai 85% dari jumlah siswa aktif telah mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division dapat meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus ke I nilai rata-rata siswa adalah 74,88. Nilai rata-rata kelas ini belum mencapai KKM namun ada sekitar 41,18% siswa yang sudah mampu mencapai KKM. Pada siklus ke II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu sebesar 85,97 dengan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 100%. Ini menunjukkan bahwa siswa sudah mampu meringkas teks eksplanasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model student teams achievemen division merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa.
Implementasi Kemampuan Menerapkan Unsur Mekanik Dalam Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta Indriasari, Mega
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.5263

Abstract

Menulis adalah kemampuan, kemahiran dan kepiawaian seseorang dalam menyampaikan gagasannya ke dalam sebuah wacana agar dapat diterima oleh pembaca yang heterogen baik secara intelektual maupun sosial. Keterampilan menulis harus dibina dan dikembangkan secera berkelanjutan di dalam kegiatan pembelajaran, Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan menulis peserta didik adalah dengan cara menulis peserta didik adalah dengan cara menulis teks eksplanasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan menerapkan unsur mekanik dalam menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan tipe embedded. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran menerapkan unsur mekanik menulis teks eksplanasi berjalan efektif; kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran lain. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen menunjukkan ada peningkatan dengan nilai sebelumnya rata-rata 51,94 , sedangkan hasil rata-rata setelah dilakukan treatment rata-rata menjadi 85,63, terjadinya peningkatan sebesar 33,69. Berdasarkan data uji homogenitas dengan pengujian Homogenitas of Varians (Levene Statistic), bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0,313 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol adalah sama atau homogen. Berdasarkan perhitungan bahwa menunjukkan taraf signifikan perbedaan peningkatan (n-gain) kemampuan berpikir kritis 0,000 < 0,05 , berdasarkan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menerapkan unsur mekanik menulis teks eksplanasi yang mendapatkan perlakuan model discovery learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, Menulis Teks Eksplanasi
Peta Jalan Merdeka Belajar: Korelasi Kebijakan dengan Linguistik dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Marlia, Marlia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.5264

Abstract

Setiap kebijakan yang disusun pemerintah, tentunya berisi dan berniat untuk kebaikan, termasuk kebijakan dalam bidang Pendidikan. Salah satu kebijakan dalam Pendidikan tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). UU No. 20 Tahun 2003 ini pun dipersepsikan dan direalisasikan dengan kebijakan lain yang bergantung kepada para pemangku kepentingan, dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Di Indonesia, sudah menjadi lazim, ganti menteri ganti kebijakan. Kajian ini akan difokuskan pada kebijakan “Merdeka Belajar” Nadiem Anwar Makarim yang tentunya akan dikaitkan dengan UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa secara keseluruhan peta jalan “Merdeka Belajar” yang diusung Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim sangat sesuai dengan isi UU No. 20 Tahun 2003. Hal ini terbukti dengan adanya korelasi yang signifikan antara strategi dan sistem yang ditawarkan dengan konten pasal-pasal dalam UU Sisdiknas tersebut. Dengan demikian, peta jalan yang tercermin dalam kebijakan “Merdeka Belajar” berindikasi dapat merealisasikan seutuhnya tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang dimaksud dalam UU No. 20 Tahun 2003.
Efektivitas dan Kendala Penggunaan Media Digital Dalam Pengajaran Bahasa Kusyana, Kusyana; Muzfirah, Suci; Haryadi, Rofiq Noorman
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.13954

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan kendala penggunaan media digital dalam pengajaran bahasa di MTs Riyadhul Huda Cikalong. Latar belakang dari penelitian ini adalah meningkatnya integrasi teknologi dalam pendidikan, yang memicu perlunya evaluasi terhadap dampak media digital dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam pengajaran bahasa. Dengan meningkatnya penggunaan media digital oleh guru dan siswa, namun masih terdapat perbedaan dalam pemanfaatan yang efektif serta berbagai kendala yang dihadapi. Kurangnya studi yang mengkaji secara mendalam tentang efektivitas dan kendala penggunaan media digital dalam pengajaran bahasa di tingkat madrasah. Sehingga, penekanan pada konteks lokal MTs Riyadhul Huda Cikalong, yang memberikan wawasan khusus mengenai tantangan dan keberhasilan implementasi media digital di lingkungan pendidikan madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods), yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital dalam pengajaran bahasa di MTs Riyadhul Huda Cikalong cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan memudahkan pemahaman materi. Namun, terdapat beberapa kendala yang signifikan, seperti keterbatasan akses internet, kurangnya pelatihan bagi guru, dan minimnya fasilitas teknologi yang memadai. Meskipun media digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa, implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan yang perlu diatasi. Rekomendasi untuk ke depan termasuk peningkatan infrastruktur teknologi, penyediaan pelatihan yang lebih intensif bagi guru, dan pengembangan strategi yang lebih komprehensif untuk mengatasi kendala yang ada. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami dinamika penggunaan media digital dalam pendidikan bahasa di lingkungan madrasah dan menawarkan arah untuk perbaikan di masa mendatang.
Competition In Classroom Activities To Enhance Students’ Communicative Competence Ningtyas, Tutik Ratna; Amirudin, Amirudin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i1.17558

Abstract

This study is a class action research study which is aimed to find out how the competition in classroom activities in relation with communicative competence can be conducted properly. Communicative competence as the ability to utilize both knowledge and skills of a language to communicate appropriately by involving social and cultural context is an essential competence which should be mastered by English learners, especially in college level. Mastering communicative competence means having capacity in four areas of the competence namely grammatical competence, sociolinguistics competence, discourse competence and strategic competence. In achieving this goal of learning, the synergy among strategy, method and learning instruments is a must. The synergy of the mentioned parts of teaching and learning activity then should be presented in effective classroom activities. Classroom activities should be designed to encourage students to perform their communicative competence. Collaborating students and teachers’ roles to trigger students’ motivation to develop themselves by competing in healthy environment is a movement to help students enhancing their communicative competence. The researchers use qualitative approach. The result shows that healthy competition can elevate students’ communicative competence.
Exploring Students’ Perception in Learning Structure & Written Expression in TOEFL through YouTube Channels in English Literature Students of Pamulang University Meylinda, Linda
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana, Universitas Pasundan Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/wistara.v5i2.17572

Abstract

This research aims to explore students' views on learning TOEFL through YouTube channels and assess its effectiveness for English Literature majors at Pamulang University. Data were gathered by analyzing responses from 25 second-semester students via a questionnaire. The data were processed through reduction, presentation, and conclusion drawing. The findings indicate that students responded positively to this learning method, with most finding it engaging and beneficial. The use of YouTube channels in TOEFL preparation, particularly for understanding structure and written expression, was found to enhance students' motivation and deepen their comprehension of the material. Therefore, this study supports the use of YouTube channels as an effective tool for improving TOEFL learning at the university level

Page 1 of 1 | Total Record : 8