cover
Contact Name
Noor Afy Shovmayanti
Contact Email
noorafyshov@umkla.ac.id
Phone
+6281228866680
Journal Mail Official
noorafyshov@umkla.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir Soekarno Km.1 Buntalan Klaten Tengah Klaten Jawa Tengah
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
Analogi
ISSN : 29645794     EISSN : 29872014     DOI : -
Analogi: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora publish twice a year January and July by Faculty of Social Sciences and Humanities, Universitas Muhammadiyah Klaten. Analogi seeks to publish original research articles on Communications, Managements, and Accounting. The Journal Published manuscript in Bahasa Indonesia and English. There are no submission fees for this journal.
Articles 39 Documents
Analisis Konten Pesan Penerimaan Diri @chriseldamd dalam Reels Instagram Noor Afy Shovmayanti; Faizah Khotimatul Husna
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i1.584

Abstract

Media sosial saat ini merupakan platform yang paling banyak digunakan beberapa segmen masyarakat. Salah satu tujuan penggunaan media sosial adalah cara untuk mengekspresikan diri. Reels di Instagram dianggap menarik karena di dalamnya kita dapat membuat video yang menarik dan imersif. Pengguna secara kreatif dapat mengekspresikan cerita, membuat konten edukasi, dan membantu mempromosikan bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pesan teks dari akun @chriseldamd dengan caption “Menangis tanpa suara. Bicara dalam tulisan, Menatap penuh arti” yang ditonton lebih dari 17.000 viewers, 889.000 likes, dan komen sebanyak 8.000-an. Video reels tersebut menunjukkan bagaimana Selda berproses untuk menerima kondisi dirinya dan mencintai diri seutuhnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pesan yang dibentuk dalam konten tersebut menyiratkan bahwa proses penerimaan diri dibangun dari pembentukan konsep diri untuk menerima kelebihan dan kekurangan diri seutuhnya.
Strategi Komunikasi Pemasaran Beras Istimewa Sebagai Produk Baru Dalam Menggaet Pasar Komunitas. Dani Kurniawan; Muhammad Zulfi Ifani
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i1.585

Abstract

Beras Istimewa adalah merek produk beras baru yang dikelola oleh CV. Sang Pencerah dari Pemuda Muhammadiyah D.I. Yogyakarta. Sebagai produk baru Beras Istimewa kini telah beredar pasaran. Akan tetapi yang menjadi target utama dalam pemasaran Beras Istimewa adalah pasar khusus yang berbasis komunitas yaitu komunitas muhammadiyah. Menurut kajian tim pemasaran BI muhammadiyah adalah pasar yang potensial. Karena memiliki jumlah sekolah, rumah sakit dan perguruan tinggi banyak. Walaupun demikian, bukan berarti BI mudah untuk melakukan pemasaran di situ. Sebab Beras Istimewa adalah barang baru yang belum banyak dikenal orang muhammadiyah. Kemudian sifat pengikut muhammadiyah adalah kritis dan rasional sehingga penjulan beras dengan idelogis itu kurang mempan. Apalagi selama ini kalangan muhammadiyah sudah memiliki langganan beras yang sudah puluhan tahun. Itulah tantangan yang dihadapi pemasaran BI di komunitas muhammadiyah. Oleh karena itu riset ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan teori tentang komunikasi pemasaran dan segmentasi, targeting dan posisioning. Metodelogi yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan model komunikasi pemasaran yang dilakukan Beras Istimewa belum terserap di komunitas muhammadiyah. Dari target yang diputuskan 1 ton tiap bulan baru 30 persen yang terjual atau sekitar 300 kg.
STRATEGI KOMUNIKASI BIDHUMAS POLDA DIY DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE PROGRAM APLIKAS E-DUMAS PRESISI Asfarotun Naja; Popi Andiyansari
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i1.586

Abstract

Aplikasi Elektronik Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (E-Dumas Presisi) adalah aplikasi digital kepolisian yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam melakukan pengaduan penyimpangan atau pelayanan terhadap anggota kepolisian. Aplikasi E-Dumas Presisi hadir disebabkan oleh tingginya kasus yang menjerat anggota kepolisian seperti kekerasan, pungutan liar maupun pelecehan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dianalisis dengan menggunakan model analisis PII yang membagi analisis menjadi tiga tahapan yakni, tahap persiapan, tahap impelementasi dan tahap dampak. Subjek dalam penelitian ini adalah program aplikasi E-Dumas Presisi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap persiapan, Bidhumas Polda DIY menentukan strategi berupa pengumpulan informasi mengenai program aplikasi E-Dumas Presisi. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dalam proses berlangsungnya sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi mengenai program Aplikasi E-Dumas Presisi. Terakhir tahap dampak, yaitu keberhasilan dalam menciptakan brand image program aplikasi E-Dumas Presisi dilihat dari respon masyarakat dan kasus pidana di Kota Yogyakarta. Selain itu, Aplikasi E-Dumas Presisi mempermudah masyarakat dalam melaporkan tindak keamanan dan ketertiban kepada anggota kepolisian di wilayah Yogyakarta.
CORPORATE GOVERNANCE, ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX DAN FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA Marsih; Nur Kabib
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i1.587

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh GCG dan IPI terhadap fraud pada Bank Umum Syariah (BUS) Indonesia periode tahun 2015-2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh BUS yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 70 sampel dari data keuangan BUS yang memenuhi kriteria yang ditentukan peneliti dengan kurun waktu tujuh tahun dari tahun 2015 sampai tahun 2021. Menggunakan jenis data panel. Metode uji analisis meliputi uji stasioneritas, uji asumsi klasik, uji statistik t, uji statistik F, dan uji koefisien determinasi (R2). Pengujian dilakukan dengan alat analisis software Eviews 12. Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa variabel GCG berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Fraud. PSR dan IIR berpengaruh positif signifikan terhadap Fraud. Sedangkan IsIR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Fraud.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendidikan Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten) Erma Widyastuti; Rahmawati Riantisari
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i1.588

Abstract

Sumber daya manusia menjadi faktor terpenting dalam organisasi maupun perusahaan. Sumber daya manusia yang dikelola dengan baik, memberikan dampak yang positif untuk organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja kepala sekolah Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini mengambil sampel sebesar 35 yaitu kepala sekolah SD negeri maupun swasta, dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan kerja kepala sekolah. Budaya organisasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepemimpinan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Kepuasan kerja kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja kepala sekolah. Saran dari penulis UPTD memberikan model kepemimpinan yang mencerminkan berperilaku adil, pemimpin yang mempunyai kepedulian terhadap permasahan lembaga, mempunyai empati terhadap permasalahan bawahan, bersikap baik serta menjadi contoh keteladanan. Menciptakan budaya organisasi seperti budaya terhadap ketaatan peraturan dan kekompakkan. Perlu ditingkatkan kepuasan terhadap gaji ketepatan pemberian gaji, kepuasan terhadap model promosi yang dijalankan, kepuasan terhadap model hubungan antar rekan kerja, kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri.
Persepsi Pengecer Akhir Terhadap Variabel Dalam Marketing Mix Pada Perusahaan U.D Salam Grup ismail, Habib; Buya Al Ghazali
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 02 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i02.672

Abstract

Perusahaan baik jasa maupun perusahaan dagang sangat bergantung pada marketing mix yang dijalankan. Startegi marketing mix yang diterapkan hendaknya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Kebutuhan dan keiginan konsumen menjadi hal yang paling krusial di bagian pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji marketing mix yang ada pada UD Salam Grup yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Metode dalam kajian ini menggunakan kuantitatif. Populasi 420 pengecer akhir UD Salam Grup. Metode pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga untuk sampel sebanyak 105 pengecar akhir UD Salam Grup. Hasil analisis data masing-masing variabel yang mewakili 4 variabel dalam bauran pemasaran atau Marketing Mix, yaitu: produk, harga, promosi dan distribusi dengan nilai akhirnya sebesar 4,045 sehingga dapat dikategorikan persepsi akhir terhadap variabel dalam marketing mix baik. Saran dari peneliti jika marketing mix yang diterapkan sudah baik, maka langkah selanjutnya ialah memotivasi pengecer akhir UD Salam Grup untuk dapat meningkatkan penjualan. Selanjutnya penelitian ini akan lebih baik lagi jika sampel yang digunakan bisa hampir mendekati populasi yang ada.
Peran Humas sebagai Fasilitator Komunikasi dalam Program "Kembali Sekolah" Komunitas Sekolah Marjinal Dwiyana Wijayanti; Popi Andiyansari
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 02 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i02.685

Abstract

Penelitian ini berupaya memahami bagaimana peran Humas sebagai fasilitator komunikasi pada program “kembali sekolah” pada komunitas sekolah marjinal. Konteks peran humas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persiapan, implementasi, dan dampak program yang dolakukan oleh humas KSM. Program “kembali sekolah” merupakan program yang didirikan komunitas sekolah marjinal dalam memberikan akses kepada anak-anak kaum marjinal untuk mendaapatkan pendidikan informal dan formal. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif, prosedur pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pemilihan informan secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa peran humas sebagai fasilitator komunikasi dalam program kembali sekolah melakukan strategi kehumasan yang terencana dan sistematis dengan mengadopsi model dari Cutlip, Center dan Broom yang berfokus pada penilaian atau evaluating yaitu dengan melakukan konseptualisasi dan desain program, monitoring dan akuntibilitas implementasi program dan penilaian utilitas program:dampak dan efisiensi.
Peran Orang Tua Dalam Financial Education Pada Anak Usia Dini Arie Rachma Putri; Faizah Khotimatul Husna; Habib Ismail; Tutik Indraswati; Safira Nur Sulistya
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 02 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i02.689

Abstract

Dalam meningkatkan pendidikan pada anak, peran orang tua sangatlah diperlukan. Saat ini kehidupan anak semakin kompleks, begitu juga untuk masa depan mereka, sehingga apa yang ditanamkan dan diajarkan saat ini menjadi penentu kesejahteraan anak dimasa yang akan datang. Tanggung jawab orang tua tidak sekedar membesarkan anak secara fisik, materi dan emosional saja, tetapi orang tua juga perlu menanamkan nilai-nilai kehidupan sebagai bekal untuk perkembangan anak, seperti mengajarkan tentang kecerdasan financial pada anak dalam mengelola keuangannya dengan cara menabung.. Financial education pada anak usia dini perlu diawali oleh orang tua yang menjadi pendidik pertama di keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam melakukan financial education pada anak usia dini. Metodologi pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan responden murid dan wali murid siswa Paud Kasih Ibu Desa Delanggu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebesar 87% siswa sudah mengenal tentang uang dan 80% siswa memperoleh pendidikan keuangan dari orang tua. Selain itu 86% siswa sudah melakukan aktivitas menabung dan 64% siswa memperoleh pengajaran menabung dari orang tua, sehingga nampak bahwa peran orang tua dalam Financial Education sangatlah penting.
Komunikasi Lingkungan Di Masjid Al-Azhar Dalam Menumbuhkan Kepedulian Jama’ah Terhadap Penanganan Sampah Kurniawan, Dani; Muhammad Zulfi Ifani
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 02 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i02.691

Abstract

Sampah sekarang menjadi masalah utama dalam sebuah wilayah. Salah satunya di kawasan DIY. Hal ini dikarenakan volume sampah yang tidak terkendali sehingga Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Piyungan Kabupaten Bantul ditutup sekitar dua bulan (juli-september 2023). Atas dasar itulah, peneliti memilih daerah tersebut sebagai lokasi penelitian, tepatnya di RW 06 Suryowijayan Kecamatan Matrijeron Kota Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan model komunikasi yang tepat dari komunitas sosial masyarakat (jama’ah Masjid Al-Azhar) dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap penanganan sampah. Teori dalam riset ini menggunakan komunikasi lingkungan dengan pendekatan strategi memilih media, strategi desain intruksional dan strategi partisapasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukan seluruh jama’ah (anak-anak, remaja, dewasan dan orang tua) Masjid Al-Azhar telah mendapatkan sosialisasi atau kampanye tentang kepedulian terhadap sampah. Kemudian jama’ah anak-anak dan ibu-ibu lebih mudah menerima terhadap isu tersebut. Hal ini ditunjukan dengan keaktifan mengikuti kegiatan recycle sampah.
Analisis Penentuan HPP dengan Metode Full Costing dan Variable Costing (Studi pada IKM Batik Ecoprint Lancar Jaya Abadi) Prasetyo, iwan; Gunarti Septianawati; Nanang Ari Utomo
ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 02 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Klaten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61902/analogi.v1i02.693

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menentukan biaya produksi dengan melakukan perhitungan menggunakan metode full costing dan variable costing. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dimana permasalahan yang dikemukakan oleh peneliti dilakukan analisis secara kuantitatif melalui perhitungan dan dilakukan analisis penjabaran melalui penjelasan yang telah diuraikan. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder, dimana data promer diperoleh dari hasil wawancara secara langsung dan data sekinder berupa buku referensi dan jurnal penelitian. Hasil penelitian ini adalah HPP dengan menggunakan metode full costing Rp 341.100/lembar dan variable costing Rp 332.800/lembar sedangkan harga jual dengan profit sebesar 25% dengan metode full costing Rp 426.875/lembar dan variable costing Rp 416.000/lembar.

Page 1 of 4 | Total Record : 39