cover
Contact Name
Qholiva Yuni Fadilla
Contact Email
qholiva.yuni.fadilla@umy.ac.id
Phone
+6282323199490
Journal Mail Official
audiens.ik@umy.ac.id
Editorial Address
Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Audiens
ISSN : -     EISSN : 27224856     DOI : https://doi.org/10.18196/jas
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, Disaster Communications, Sport Communication 4. Political Communication, Political Marketing 5. Multiculturalism, Islam and Communication
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): September" : 15 Documents clear
Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia Dalam Iklan Citra Okta Pratiwi; Luthfianiza
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12016

Abstract

Setiap perempuan pastinya berharap memiliki kecantikan yang dikagumi oleh semua orang. Hanya saja saat ini makna kecantikan alami seolah terhapus oleh iklan-iklan industri kecantikan. Beberapa iklan menampilkan cantik ideal yaitu yang berkulit putih, langsing, dan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode semiotika untuk menganalisis objek penelitian. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan Citra White Lotion Indonesia versi kembar Santi dan Sinta Tahun 1996. Objek penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi identitas kulit perempuan ideal Indonesia dalam iklan Citra yang berubah dari kuning langsat di tahun 1980-an menjadi putih pasca tahun 2000-an. Analisis yang dilakukan yaitu melalui tanda yang muncul dari cuplikan adegan-adegan yang diambil dalam iklan Citra mulai dari ekspresi gerak tubuh, dan kombinasi warna yang digunakan.
Model Manajemen Media Komunitas Berbasis Fans Sepak Bola Pasoepati.Net dalam Perspektif Structure Conduct Perform (SCP) Taufiq Syarifudin
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12017

Abstract

Pasoepati.net merupakan media komunitas berbasis fans sepak bola Persis Solo yang dihidupi oleh para fansnya sendiri. Media ini muncul pada tahun 2008 karena keresahan sulitnya mengakses informasi mengenai Persis Solo di media arus utama, jika adapun jumlahnya hanya sedikit. Pasoepati.net yang menggunakan platform media online sebagai conduct (operasional) yang dapat digunakan dengan mudah dan murah, selain itu kebijakan redaksi dalam pengumpulan beritapun sangat mengakomodir bagi siapa saja yang ingin membuat konten, sepanjang konten tersebut membicarakan Persis Solo dan Pasoepati. Kasus ini menarik untuk diangkat menjadi sebuah penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui model manajemen media Pasoepati.net dengan perspektif SCP, untuk mempertahankan eksistensinya. Media komunitas Pasoepati.net ini dapat membuktikan bahwa fenomena blog kolektif dalam strukturnya dapat bertahan atas dasar kegemaran bersama terhadap klub sepak bola. Ditambah lagi dengan pondasi perform (kinerja) Pasoepati.net yang dikelola oleh kebanyakan anak muda yang memiliki kompetensi di bidang jurnalisme, membuat media komunitas dapat bertahan bahkan terus berkembang.
Representasi Perempuan Berhijab dan Budaya Konsumen dalam Iklan Wardah Exclusive Series in London Ersa Nur Oktavia; Pinto Rizqan Palma Putra; Sabrina
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12018

Abstract

Produk kosmetik Wardah adalah salah satu dari sekian banyak produk komestik yang menggunakan televisi sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Wardah juga membuktikan bahwa semua aktivitas masih dilakukan menggunakan pakaian muslim dan hijab, tetapi penggunaan pakaian muslim dan hijab disesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Hal ini dibuktikan melalui berbagai macam jenis pakaian muslim dan model hijab yang dipakai saat melakukan beberapa kegiatan berbeda. Misalnya Iklan Wardah Exclusive Series In London ini merepresentasi gaya hidup modern wanita muslim. Iklan Wardah Exclusive Series In London menunjukkan wanita berhijab tersebut sangat nyaman dalam perjalanannya mengelilingi Kota London. Melalui metode semiotik ditemukan bahwa perempuan berhijab juga terbukti dapat aktif dan stylish dalam melakukan berbagai kegiatan.
Eksploitasi Tubuh Wanita dalam Iklan Dolce & Gabbana Tasya Nurian Afifah; Azizah Wiladatur Rahma; Yusack Tri Nur Cholis
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12019

Abstract

Iklan merupakan suatu media untuk mempromosikan sebuah produk atau brand. Banyak pengiklan berlomba-lomba mencari cara untuk menarik minat pembeli agar barangnya dibeli oleh masyarakat. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, adalah dengan menampilkan sisi sensualitas dari perempuan. Sisi sensualitas dari perempuan menjadi bumbu tambahan dalam sebuah iklan, perempuan selalu menarik untuk dijadikan objek bagi para pengiklan dan hanya dijadikan sebagai penambah keuntungan semata. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis iklan Dolce & Gabbana pada tahun 2007 yang mengeksploitasi tubuh dari perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif dan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat tanda-tanda yang muncul dalam gambar iklan di media cetak Dolce & Gabbana tahun 2007, mulai dari ekspresi wajah, pose tubuh, busana yang digunakan, jumlah pria dalam gambar, hingga teknik pengambilan gambar dalam iklan tersebut.
Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah Ilma Hanifa Madina; Ajeng Dyah Kumala
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12020

Abstract

Seringkali sensualitas perempuan dieksploitasi melalui iklan-iklan komersil dengan tujuan menarik perhatian audiens. Dalam iklan, tubuh perempuan dieksploitasi dengan menampilkan gambar atau kata-kata yang berbau erotis. Tujuan pengiklan menggunakan perempuan sebagai model, tak lain adalah untuk menarik perhatian target audiens dan mendapatkan keuntungan. Iklan cat Avian versi Awas Cat Basah adalah salah satu iklan yang dinilai telah mengeksploitasi sensualitas tubuh perempuan secara gamblang. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar visualisasi dan narasi eksploitasi sensualitas perempuan dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah male gaze theory. Adapun teknik analisis yang dilakukan adalah dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi kamera dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah digambarkan sebagai perpanjangan mata laki-laki. Posisi laki-laki merupakan objek aktif, sementara perempuan merupakan objek pasif yang tidak memiliki kendali atas dirinya sendiri melainkan hanya sebagai pemuas hasrat dari kaum laki-laki.
Representasi Perempuan Sosialita dan Budaya Konsumen pada Iklan Magnum Istifa Nastia; RR. Almira Rahma F
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12021

Abstract

Es krim Magnum telah hadir di Indonesia dengan segmentasi yang berbeda dari es krim lainnya. Iklan Magnum telah memberikan sensasi kemewahan layaknya kalangan sosialita. Sebagai es krim yang memiliki kualitas tinggi, iklan Magnum membuat perempuan ingin memanjakan diri di tengah kesibukan sehari- hari. Objek penelitian ini adalah iklan Magnum. Iklan Magnum menjelaskan sosok perempuan sosialita yang sedang menikmati waktu luang disela kesibukannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana representasi perempuan sosialita dan budaya konsumen pada iklan Magnum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Magnum telah merepresentasikan kehidupan perempuan sosialita yang konsumeris ditunjukkan dengan hobinya mengunjungi café atau klub malam mewah, memakai pakaian glamor, dan berpesta di diskotik yang megah.
Representasi Stereotip Etnis Tionghoa dalam Iklan Bukalapak Edisi Imlek Salma Safira Salsabila; Fara Afwa Nasikha; Maudy Aulia Putri
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12022

Abstract

Iklan merupakan bentuk komunikasi berbayar tentang suatu organisasi, produk, servis, atau ide oleh sponsor yang diidentifikasi. Iklan dibuat untuk menerima timbal balik yang cepat dari penerima pesan. Untuk memenuhi timbal balik yang cepat, Bukalapak membuat iklan dengan menampilkan budaya etnis Tionghoa sebagai alat untuk menarik perhatian penerima pesan. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis stereotip dalam iklan Bukalapak edisi Imlek. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat tanda-tanda yang digunakan dalam iklan Bukalapak edisi Imlek tahun 2017. Temuan penelitian menunjukan bahwa iklan Bukalapak edisi Imlek mengandung stereotip etnis Tionghoa.
Representasi Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Wardah Aulia Kholqiana; Qoyyum Fauzianin; Shafa Tasya Azzahra
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12023

Abstract

Sebagaimana diketahui publik, iklan Wardah selalu menekankan produk kecantikan dengan sertifikasi halal. Penekanan tersebut sebenarnya merupakan bentuk komodifikasi dalam penyampaian pesan iklan. Penelitian ini membahas tentang komodifikasi agama yang terdapat pada iklan Wardah Tone Up Cream. Iklan tersebut menyebutkan klaim halal dengan dibintangi perempuan berhijab sebagai simbol religiusitas bagi kalangan muslimah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan paradigma kritis. Secara operasional, metode penelitian yang digunakan adalah semiotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Wardah menunjukan adanya tiga bentuk komodifikasi agama dalam iklan berlabel halal, pertama adalah pemanfaatan ikonografi (pengambaran identitas) islami, kedua adalah penggunaan tokoh yang berpengaruh, dan yang ketiga adalah pengunaan teks-teks ataupun isi dari iklan dengan pesan islami yang jauh dari penggunaanya.
Representasi Male Gaze terhadap Perempuan dalam Iklan Dot Dodo Fajar Mahanani; Safa Aqilla D; Salsabiela Aurelia P. B
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12024

Abstract

Di dalam sebuah iklan, perempuan sering kali dijadikan objek eksploitasi. Perempuan dengan pakaian seksi serta sorotan kamera yang fokus pada lekuk dan gerak tubuh seakan membuat iklan lebih menarik khalayak, begitu juga dalam iklan Dot Dodo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi tatapan laki-laki (male gaze) dalam Iklan Dot Dodo berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode semiotika untuk menganalisis objek penelitian berupa iklan Dot Dodo versi jalan-jalan tahun 2013 dengan video berdurasi 29 detik. Objek penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Analisis yang dilakukan yaitu melalui tanda yang muncul dari cuplikan adegan-adegan yang diambil dalam Iklan Dot Dodo mulai dari ekspresi, gerak tubuh, maupun monolog atau kalimat yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi male gaze camera terhadap perempuan sangatlah dominan. Dalam hal ini, secara tidak sengaja, perempuan dituntut untuk tampil sempurna dalam media iklan dengan bentuk tubuhnya.
Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan WRP Versi Limited Edition Sabila Putri Annafi; Latifah Nurul Azizah
Jurnal Audiens Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammdiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/ja.12025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana tubuh ideal perempuan direpresentasikan dalam iklan WRP versi Limited Edition. Tubuh ideal perempuan serigkali direpresentasikan dengan makna berbeda oleh media, yang mana makna tersebut berbeda dengan makna alami tentang tubuh ideal perempuan. Sehingga masyarakat sepakat dan terbentuklah persepsi akan makna tubuh ideal perempuan sesuai dengan apa yang media representasikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian kritis, atau secara operasional menggunakan metode semiotika untuk menganalisis obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah iklan WRP versi Limited Edition berusaha membangun pesan bahwa perempuan ideal haruslah perempuan yang memiliki tubuh langsing tanpa lemak berlebih sehingga muncul rasa percaya diri. Sebaliknya perempuan yang memiliki lemak berlebih dianggap tidak ideal.

Page 1 of 2 | Total Record : 15