cover
Contact Name
Muhammad Syamsussabri
Contact Email
jurnal.insanmulia@gmail.com
Phone
+6285205033979
Journal Mail Official
jurnal.insanmulia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Halmahera Raya, Kec. Selaparang, Kota Mataram, NTB, Indonesia 83124
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Science and Education Research
ISSN : -     EISSN : 28282361     DOI : https://doi.org/10.62759/jser
Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, etc.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research" : 16 Documents clear
View From Home: Seberapa Besar Peran Keluarga dalam Menentukan Kesulitan Belajar Biologi? Halifah Pagarra; Andi Rahmat Saleh; Putri Nurul Utami
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor keluarga sebagai salah satu faktor penyebab kesulitan belajar materi biologi pada siswa SMA Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif kuantitatif dengan 128 sampel yang ditentukan melalui metode sensus. Instrumen penelitian yakni angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menghitung persentase tiap indikatornya kemudian mengkategorikannya. Faktor keluarga yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik terdiri dari lima indikator yaitu cara mendidik anak, hubungan orang tua dan anak, suasana rumah tangga, keadaan ekonomi, dan perhatian orang tua. Berdasarkan hasil penelitian, factor keluarga yang menyebabkan kesulitan belajar tergolong pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62,17%. Rata-rata persentase tertinggi terdapat pada indikator faktor keluarga yaitu hubungan orang tua dan anak dengan rata-rata persentase tergolong pada kategori tinggi yaitu 64,37% sedangkan rata-rata persentase indikator terendah yaitu suasana rumah tangga dengan rata-rata persentase tergolong pada kategori sedang yaitu 58,78%.
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Kelas XI IPA SMAN 9 Mataram Riza Apriana; I Wayan Merta; Yen Kusnita
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.43

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar materi sistem reproduksi manusia pada siswa kelas XI IPA SMAN 9 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMAN 9 Mataram dengan menggunakan alat soal ujian dan lembar observasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan nilai hasil belajar, dan teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif yaitu evaluasi nilai setiap siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa memperoleh nilai tuntas dan 11 siswa tidak memperoleh nilai tuntas. Sedangkan pada Siklus II terdapat 30 siswa memperoleh nilai tuntas dan 2 siswa tidak tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mengenai materi sistem reproduksi manusia.
Pengembangan E-Modul Biologi Pada Materi Pembelahan Sel SMA Kelas XII Siti Ainunnisa Lingga Winari Setiawan; Hartono Hartono; Muhiddin Palennari
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul pada materi pembelahan sel di kelas XII SMA yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Bahan ajar E-Modul yang dikembangkan akan diuji validitasnya oleh 2 validator dan uji kepraktisan oleh guru dan siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 orang peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 14 Makassar untuk dilakukan uji coba terhadap kepraktisan bahan ajar E-Modul yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Berdasarkan analisis data, nilai kevalidan yang diperoleh dari kedua validator menunjukkan bahwa E-Modul berada pada kategori sangat valid dengan hasil persentase sebesar 94,2%. Hasil penilaian kepraktisan E-Modul yang diperoleh dari respon guru sebesar 93,6%, dan persentase kepraktisan yang didapatkan dari respon peserta didik sebesar 89,6%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa E-Modul biologi pada materi pembelahan sel SMA kelas XII yang dikembangkan bersifat valid dan praktis.
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Minat Bakat Siswa Febby Eka Putri Saiful; Milatul Hasanah; Amir Bandar Abdul Majid
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.108

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan dan mereview Kurikulum Merdeka dengan melihat minat siswa. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan guru-guru telah memahami terkait kurikulum merdeka dan telah mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam sebuah perencanaan pembelajaran dalam modul ajar sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Asesmen pembelajaran diharapkan dapat mengukur aspek yang seharusnya diukur dan bersifat holistik
Pembinaan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas IV di SDN 26 Cakranegara Irsa Aulia; S. Ali Jadid Al Idrus; Pinton Setya Mustafa
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IV di SDN 26 Cakranegara, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi non-partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan memastikan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional dilakukan melalui kegiatan perkemahan seperti pesta siaga dan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), serta kegiatan mingguan seperti latihan baris-berbaris, tali-temali, dan Semaphore. Faktor-faktor pembinaan meliputi faktor internal, yaitu agama atau keyakinan, dan aspek genetik seperti fisik, kognitif, dan sikap, serta faktor eksternal, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pembinaan kecerdasan spiritual dan emosional pada siswa kelas IV melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SDN 26 Cakranegara dilakukan melalui latihan rutin mingguan yang mengajarkan tanggung jawab, disiplin, keterampilan, kerja sama, kebersihan, dan percaya diri. Faktor lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat turut berperan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa.
Implementasi Kegiatan Apel Pagi terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo Rizka Lestari Idayanti; Mufaizah Mufaizah
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Apel Pagi terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Jati Agung Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertempat di SMA Jati Agung Sidoarjo. Sumber data primer digunakan dalam penelitian ini yang terdiri dari kepala sekolah untuk mencari/mengumpulkan data kegiatan apel pagi dan mencari karakter siswa yang berkaitan dengan aktivitas tersebut dan dapat mempengaruhi karakter siswa. Sumber data sekunder yaitu data dokumentasi, gambar kegiatan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan observasi yang dikumpulkan peneliti yaitu aktivitas siswa di lapangan pada saat apel pagi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini dapat menjadi temuan bagi pihak sekolah dalam mengembangkan dan memajukan SMA Jati Agung Sidoarjo.
Penerapan Program Entrepreneurship di MINU Waru 1 Sidoarjo Adila Firdausi; Qurrotin Ayuni Li Afafina; Hanik Yuni Alfiyah
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.125

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang penerapan program entrepreneurship yang berlaku di MINU Waru 1. Urgensi program kewirausahaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan minat dan membentuk karakter berwirausaha dalam diri peserta didik. Program kewirausahaan ini berbeda dengan program pendidikan lainnya. Hal ini dikarenakan program kewirausahaan lebih difokuskan pada sikap, karakter, kemampuan dan mental peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang input, proses dan output dalam makna implementasi entrepreneurship di MINU Waru 1. Sumber data dalam penelitian ini terdapat data utama (primer) dan data pendukung (sekunder). Sumber data primer pada penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Waka Kurikulum. Sumber data sekunder penelitian ini meliputi buku-buku yang digunakan sebagai referensi, serta laporan-laporan dan jurnal ilmiah yang diakses melalui internet.Penerapan entrepreneurship di MINU Waru 1 mengarah pada dua aspek penting 1) jual beli, 2) penanaman nilai-nilai entrepreneur. Penerapan entrepreurship tentunya memberikan dampak positif bagi peserta didik, hal tersebut dapat diamati pada hasil setiap karya yang dibuat semakin baik dan beragam yang menandakan bahwa kemampuan kreativitas dan karakter berwirausaha peserta didik meningkat.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Bagian-bagian Rumah di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Irodatul Hasanah Hannah; Desi Eka Pratiwi; Herlia Nimas Ayu Hastungkoro
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning, PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Putat Jaya IV-380. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, mayoritas siswa memperoleh nilai di bawah KKM, sementara setelah intervensi pada siklus 1, persentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM meningkat menjadi 81,48%, dan pada siklus 2 meningkat lebih lanjut menjadi 92,59%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan PjBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan kolaborasi antar siswa. Hasil penelitian ini sejalan dengan temuan Mariska et al. (2021), yang menunjukkan bahwa PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta kemampuan keterampilan lainnya yang mendukung pembelajaran.
Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Ilmi Aliya Firdausy; Desi Eka Pratiwi; Herlia Nimas Ayu Hastungkoro
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.127

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, kegiatan belajar sering kali berpusat pada guru dan latihan soal di buku LKS, sehingga sebagian peserta didik tidak memahami konsep dan aplikasi materi dalam kehidupan sehari-hari. Di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya, masalah yang terjadi adalah kurangnya inovasi guru dalam menerapkan model dan pendekatan pembelajaran, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti desain Kemmis dan McTaggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, yang juga tercermin dalam peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2 yang mencapai 93%, melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Oleh karena itu, penerapan model Project based learning (PjBL) dan pendekatan Culturally responsive teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya.
Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya Hanik Oktaviasari; Desi Eka Pratiwi; Herlia Nimas Ayu Hastungkoro
Journal of Science and Education Research Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research
Publisher : Yayasan Pendidikan Insan Mulia Utan Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62759/jser.v3i2.128

Abstract

Salah satu mata pelajaran dasar yang penting dalam pendidikan adalah Matematika, namun banyak siswa merasa bahwa Matematika itu sulit dan kurang menarik saat pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengadopsi pendekatan yang lebih menyenangkan dengan menggunakan platform media Wordwall sebagai metode untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil pembelajaran Matematika, khususnya pada Materi Konsep Penjumlahan di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya, dengan memanfaatkan platform media Wordwall sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra-siklus, persentase ketuntasan siswa adalah 37,03%. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 70,37% dengan 17 siswa mencapai ketuntasan. Di siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 88,88% dengan 24 siswa tuntas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Wordwall secara efektif meningkatkan hasil pembelajaran Matematika, khususnya pada Materi Konsep Penjumlahan di kelas I SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya.

Page 1 of 2 | Total Record : 16