cover
Contact Name
MUHAMAD ARIFIN
Contact Email
liberosisjurnalpsikologi@gmail.com
Phone
+281238233442
Journal Mail Official
liberosisjurnalpsikologi@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.warunayama.org/index.php/tashdiq/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30308917     DOI : -
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini juga membahas tentang pengajaran dalam ilmu agama khususnya yang ada di Indonesia. Isu-isu mutakhir yang berkaitan dengan agama dan multikultur budaya juga dibahas dalam jurnal ini. Kami mengundang bagi para akademisi dan praktisi untuk menulis di jurnal ini guna menambah khasanah pengetahuan terutama yang berkaitan dengan ilmu agama dan dakwah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah" : 11 Documents clear
PENANAMAN POLA PIKIR ANAK DALAM KONTEKS AKHLAK DI DESA UJUNG BATU III KECAMATAN HUTA RAJA TINGGI KABUPATEN PADANG LAWAS Cahya, Harvi Ain Dwi; Betti megawati; Maisaroh Ritonga
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i2.5320

Abstract

Abstrak Skripsi ini membahas tentang penanaman pola pikir anak dalam konteks akhlak di desa ujung batu III Kecamatan Hutaraja tinggi kabupaten Padang Lawas penelitian ini bertujuan : 1. Cara orang tua dalam menanamkan nilai akhlak di desa ujung batu III kecamatan Hutaraja tinggi kabupaten Padang Lawas 2. Untuk mengetahui faktor pendukung pada penanaman nilai ahklak di desa ujung batu III Kecamatan Hutaraja tinggi kabupaten Padang Lawas 3. Gambaran umum pendidikan agama anak dalam desa ujung batu III Kecamatan Hutaraja tinggi kabupaten Padang Lawas. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa : 1. Cara orang tua dalam menanamkan nilai akhlak di desa ujung batu III suda cukup baik dalam penerapan nilai agamanya dan memberikan contoh langsung dan berdiskusi dengan anak mengenai perilaku yang sesuai dengan ajaran agama. 2. Faktor pendukung penanaman nilai ahklak di desa ujung batu III kecamatan Hutaraja tinggi kabupaten Padang Lawas yaitu sarana dan prasarana yang memadai, tersedianya media pembelajaran yang baik, kondisi anak yang semangat antusias dan siap belajar. 3. Keadaan pendidikan agama pada keluarga muslim di wilayah desa ujung batu III secara keseluruhan lebih efektif dalam mengimplementasikan nilai - nilai agama. Kata Kunci: Penanaman Pola Pikir Anak Tentang Akhlak, Keluarga Muslim, Desa Ujung Batu III Abstract His thesis discusses instilling children's mindsets in the context of morals in Ujung Batu III village, Hutaraja Tinggi subdistrict, Padang Lawas district. This research aims: 1. How parents instill moral values ​​in Ujung Batu III village, Hutaraja Tinggi subdistrict, Padang Lawas district 2 ‎To find out the supporting factors in instilling moral values ​​in the village of Ujung Batu III, Hutaraja Tinggi District, Padang Lawas Regency 3. General description of children's religious education in Ujung Batu III Village, Hutaraja Tinggi District, Padang Lawas Regency. From the research results, it is known that: 1. The way parents instill moral values ​​in the village of Ujung Batu III is quite good in applying religious values ​​and providing direct examples and discussing with children about behavior that is in accordance with religious teachings. 2. Supporting factors for cultivating moral values ​​in Ujung Batu III village, Hutaraja Tinggi subdistrict, Padang Lawas district, namely adequate facilities and infrastructure, the availability of good learning media, the condition of children who are enthusiastic and ready to learn. 3. The condition of religious education in Muslim families in the Ujung Batu III village area as a whole is more effective in implementing religious values. Keywords: Cultivating Children's Mindsets About Morals, Muslim Families, Ujung Batu Village ‎III
PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN YANG BERAKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI LABUHANBATU Hasibuan, Ermila Yanti; Jailani Syahputra Siregar; Nursalimah, Nursalimah
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5321

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Yang Berakhlakuk Karimah kelas X MAN Labuhanbatu.populasi penelitian ini adalah kelas X MAN yang berjumlah 286 siswa. Dalam penelitian ini angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 15 soal untuk pembelajaran Aqidah Akhlak dan 15 soal untuk Kepribadian siswa sehingga total angket berjumlah 30 soal.skor yang digunakan dalam angket adalah berkisar 1 sampai 5. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode diskusi qiro’ah dengan minat belajar bahasa arab siswa. Hal ini diketahui dengan melakukan uji analisis regresi linier sederhana yang menunjukan behwa nilai koefisien determasi (R2) sebesar 0,3282 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabell bebas (Pembelajaran Aqidah Akhlak) terhadap variabel terikat (kepribadian yang berakhlakul karimah siswa) adalah sebesar 75%. Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak,Kepribadian siswa ABSTRACT This research was conducted to find out how much influence Aqidah Akhlak learning has in forming a personality with good morals in class X MAN Labuhanbatu. The population of this research was class X MAN, totaling 286 students. In this research, the questionnaire used was a closed questionnaire with 15 questions for learning Aqidah Akhlak and 15 questions for student personality so that the total questionnaire was 30 questions. The score used in the questionnaire was in the range of 1 to 5. Based on the results of data analysis, it shows that there is a significant influence between the qiro'ah discussion method and students' interest in learning Arabic. This is known by carrying out a simple linear regression analysis test which shows that the coefficient of determination (R2) is 0.3282, which means that the influence of the independent variable (Learning Aqidah Morals) on the dependent variable (personality with good morals of students) is 75%.Keywords: Learning Aqidah, Morals, Student Personality
KONSEP HALALAN THAYYIBAN TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA DALAM TAFSIR AL-MISBAH Aswan Lubis, Aswan
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5447

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Halalan Thayyiban Terhadap Kehidupan Manusia Dalam Tafsir Al-Misbah, yang membahas tentang apa makna halalan thayyiban menurut para Ulama‟, dan khususnya menurut kitab tafsir al-misbah, dan penelitian ini diteliti dengan penelitian perpustakaan (Library research) dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian ini, kemudian diuraikan berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengumpulkan buku, kitab, dan artikel terkait. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah: Apa itu makanan dan minuman Halalan Thayyiban menurut perspektif kitab tafsir Al Misbah, Bagaimana Pandangan Medis tentang Halalan Thayyiban, Apa pengaruh Halalan Thayyiban terhadap kehidupan manusia dalam kajian kitab tafsir al Misbah dan Bagaimana upaya Menjaga Halalan Thayyiban. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, Dari berbagai penjelasan dalam setiap pembahasan pada setiap bab penelitian ini, serta berdasarkan dari rumusan masalah yang ada, maka dapat diambil sebuah kesimpulan yaitu: Dalam tafsir Al-Misbah penjelasan Quraish Shihab mengenai ayat Halalan Thayyiban tema makanan dan minuman yang tergabung dalam satu ayat ditemukan empat ayat hampir sama, bahwa tidak semua yang ada di bumi lantas otomatis bisa dimakan atau digunakan begitu saja, bahwa tidak semua makanan yang halal otomatis baik. Karena yang dinilai halal terdiri dari empat macam, yaitu: wajib, sunah, mubah, dan makruh. Ada makanan yang halal, tetapi tidak bergizi, dan ketika itu ia menjadi hal yang kurang baik.
ENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU PUTRI, DESI MELINDA; Megawati, Betti; ulya, basyarul
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5453

Abstract

This research aims to to determine the Influence of Emotional Intelligence on the Learning Achievement of Class XI MIPA 1 Students at SMA Negeri 2 Rantau Selatan, both through Tests and Non-Tests. The population in this study were Class XI Mas Al Washliyah Marbau Students, the research time was from March to May 2024 whose number could not be determined. Determination of the number of samples using the Arikunto formula with a total of 35 people and the analysis method used was the Test analysis method, Test Validity Test, Reliability, and Hypothesis Testing. The results of partial hypothesis testing (t-test) showed that Emotional Intelligence had a significant effect on the Learning Achievement of Class XI MIPA 1 Students at SMA Negeri 2 Rantau Selatan. The results of the hypothesis test obtained that t count <t table, namely 3.329 <1.689, then H0 was rejected and Ha was accepted, so there was a significant influence between Emotional Intelligence on the Learning Achievement of Class XI MIPA 1 Students at SMA Negeri 2 Rantau Selatan.
Teachers' efforts to instill the values ​​of Islamic religious education in children with autism at SDLB Negri Rantauprapat: Teachers' efforts to instill the values ​​of Islamic religious education in children with autism at SDLB Negri Rantauprapat Syahputra, Agus; megawai, betti; Syawaluddin, Fauziahmad
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5461

Abstract

This research aims to determine teachers' efforts to instill Islamic religious education values ​​in children with autism at SDLB Rantauprapat, both through tests and non-tests. The population in this research were children with autism at SDLB Rantauprapat. This research was conducted at SDLB Rantauprapat with the aim of finding out 1) The teacher's work program in instilling Islamic religious values ​​in students with autism at SDLB Rantauprapat. 2) Obstacles Encountered by Teachers in Instilling Islamic Values ​​in Students with Autism at SDLB Rantauprapat. 3) Solutions implemented by teachers in instilling Islamic religious values ​​in students with autism at SDLB Rantauprapat. This research uses descriptive qualitative research methods. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The observation method is carried out by observing the school and the school environment related to the teacher's efforts in instilling Islamic religious education values ​​in children with autism. The interview method used was a planned-unstructured interview. The final method is documentation in the form of documents, school files, photos and other data. Then the technique for analyzing data in this research uses triangulation. From the explanation above, it can be concluded 1. The efforts of parents and teachers to instill Islamic religious values ​​in students with autism are carried out well and optimally. Parents and teachers both use habituation methods, example and advice in instilling Islamic religious values, including the values ​​of piety, gratitude and patience. In instilling the value of piety, parents try to provide good religious knowledge for their children so that they can know their God.
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KESADARAN BERAGAMA SISWA SMP NEGERI 3 MARBAU Tanjung, Abdul Hakim Hanafia Tanjung; Megawati, Betti; Syawaluddin, Fauziahmad
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5465

Abstract

This research aims to determine the effect of Islamic Religious Education Learning with a Contextual Approach on Students' Religious Awareness. This research was conducted at SMP Negeri 3 Marbau with the aim of finding out 1 Islamic Religious Learning with a Contextual Approach at SMP Negeri 3 Marbau. 2) To find out the religious awareness of students at SMP Negeri 3 Marbau. 3) To determine the effect of learning Islamic religious education using a contextual approach in increasing religious awareness of students at SMP Negeri 3 Marbau. This research uses quantitative research methods. The data collection technique used in this research is by using Research Instrument Data Collection. Research Method was carried out using questionnaire data collection techniques and documentation studies. From the data collection carried out in the research, there are still many religious activities carried out at SMP Negeri 3 Marbau because there are still a large number of students who are Muslim, so there is an influence of Islamic religious education learning activities on the moral religious awareness of SMP Negeri 3 Marbau students. This is obtained from the results of calculations using the spss program, namely 1.935 which is greater than the t table at the 5% significance level, namely 1.697 with N = 30. Thus t count > t table obtained from the results is 1.935 > 1.697 with N = 30. Thus , the hypothesis proposed by the author can be accepted that there is an influence of Islamic Religious Education Learning on the Religious Awareness of Students at SMP Negeri 3 Marbau.
KONSEP KELUARGA HARMONIS : (Perbandingan Buya Hamka dan Wahbah Al- Zuhayli dalam Qs. Ar-Rum 21) Yunita, Nabella Deliana; Miftarah Ainul Mufid; M. Mukhid Mashuri; Ahmad Zainuddin
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5467

Abstract

ABSTRAKDalam prespektif Tafsir al- Azhar dan al- Munir konsep keluarga harmonis , dengan fokus pada Surat Ar-Rum ayat 21. Dalam Tafsir Al-Azhar, konsep keluarga harmonis dijabarkan sebagai ketentraman dan ketenangan rumah tangga terdapat dalam sebuah ikatan pernikahan dalam rumah tangga, serta menghasilkan keturunan dengan melakukan hubungan seksual . Sementara itu, dalam Tafsir Al-Munir, konsep keluarga harmonis didefinisikan dengan suami istri berdasarkan cinta dan sayang akan menimbukan ketenraman dan kedamaian, serta penuhi hak dan kewajiban antara keduanya. Penelitian kualitatif dan analisis data yang digunakan pada metode ini dari kitab Tafsir Al-Azhar dan Al-Munir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tafsir Al-Azhar lebih fokus pada aspek dalam rumah tangga menuju ketenangan dan ketentraman, sedangkan Tafsir Al-Munir lebih menekankan pada aspek cinta dan kasih sayang suami istri.Dalam penelitian ini, beberapa postulat dijabarkan untuk membangun idealitas keluarga harmonis, seperti membangun prinsip berpasangan dan berkesalingan, menjaga diri panasnya kobaran neraka, agar menjadi keluarga yang bahagia dunia akhirat dengan meminta ridha dari Allah SWT. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Tafsir Al-Azhar dan Al-Munir memiliki persamaan dalam menjelaskan konsep keluarga harmonis, tetapi memiliki perbedaan dalam fokus dan penekanan pada beberapa aspek.Keyword: Al-Qur’an, Tafsir al-Azhar, Tafsir Al- Munir.
UPAYA MEMBANGUN KESEHATAN MENTAL ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Muhammad Fitri Al Muzakki; Miftarah Ainul Mufid; Ahmad Zainuddin; M. Mukhid Mashuri
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5512

Abstract

Mental health atau kesehatan mental anak sangat perlu di perhatikan guna mengkontrol tingkat kemampuan anak dalam melangsungkan sosialisasi di sekolah dan di area sosial. Menjaga kesehatan mental anak pula hendak berakibat pada kepuasan hidup serta sikap anak. Masa anak muda ialah fase pertumbuhan mental berikutnya sehabis masa- masa kritis yang kerap terjalin pada masa anak- anak. Penyakit kesehatan mental anak datang dalam berbagai bentuk, seperti gangguan perilaku, kecemasan, kesedihan, dan gangguan defisit perhatian serta hiperaktif. Dari bermacam kasus yang timbul dalam kehidupan keluarga, seperti halnya anak yang mengalami broken home dapat menjadi benih dan menumbukan sifat anak menjadi cemas, sampai-sampai anak menjadi depresi dan yang yang lebih parah lagi akan menyebabkan retaknya struktur keluarga. Masa anak- anak dini merupakan masa dimana seorang anak dapat meningkatkan bermacam kemampuan, salah satunya mempersiapkan kesehatan mentalnya di masa depan serta meningkatkan karakter yang menyenangkan. Oleh sebab itu, kesehatan mental seseorang anak mencakup 3 aspek: 1) bagaimana perasaannya terhadap dirinya sendiri( ialah apakah dia bisa menerima dirinya apa adanya), 2) bagaimana perasaannya terhadap orang lain ( ialah apakah dia bisa menerima orang lain apa adanya), 3) seberapa baik anak dapat menghadapi tantangan dalam kehidupan tiap hari. Hari. 4) Pengasuhan keluarga pada anak. 5) Memilih teman yang baik. 6) Lingkungan yang sehat.
REINTERPRETASI KONSEP DAKWAH QS. AN-NAHL AYAT 125 (APLIKASI TEORI HERMENEUTIKA MA’NA CUM MAGHZA) KGS. Muhammad Zaki; Ahmad Zainuddin; M. Mukhid Mashuri; Miftarah Ainul Mufid
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5513

Abstract

Sejalan dengan pesatnya kemajuan zaman dan semakin kompleksnya kehidupan masyarakat, tuntutan terhadap dakwah semakin beragam. Dakwah tidak lagi dapat dilaksanakan hanya dengan cara konvensional. Saat ini, dakwah diuntut untuk lebih profesional, memerlukan pengetahuan, keterampilan, planning, dan manajemen yang handal. Al-Quran telah menyediakan konsep dan metode untuk berdakwah agar proses dakwah dapat dilaksanakan dengan efektif. Alih-alih memberikan solusi dalam perkembangan dakwah, sering kali, dakwah digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan ajaran Islam namun malah menimbulkan aksi-aksi intoleran. Beberapa pihak berpegang pada prinsip “untuk menegakkan nahi munkar’’, yang sering kali diartikan dengan tindakan kekerasan dan anarkis, mereka menganggap tindakan tersebut sesuai dengan konsep dakwah tuntutan al-Qur’an. Berbeda dengan golongan toleran berprinsip moderat menyeru dengan tanpa unsur kekerasan atau paksaan yang lebih mengedepankan islam rahmatan lil ‘alamin. Terlihat perbedaan nyata, dalam polemik yang terjadi, disebakan pemahaman substansi nash yang dipahami dari setiap golongan ini terjadi kontras.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggali makna dakwah kembali (reinterpretasi), yang tertulis di dalam al-Quran. Metode penelitian yang dipakai dalam studi ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yang akan menganalisis pemahaman konsep dakwah dalam Q.S An-Nahl: 125 dengan menerapkan pendekatan Ma’na Cum Maghza. Agar menghasilkan solusi atau jalan tengah pada peneltian yang dibahas, dalam teori ini terdapat tiga tahapan yang harus diteliti seorang peneliti yakni : (1) makna historis (al-ma’na at-tarikhi), (2) signifikansi fenomenal historis (al-maghza at-tarikhi), dan (3) signifikansi fenomenal dinamis (al-maghza al-mutaharrik), untuk konteks ketika teks al-Qur’an ditafsirkan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa al-Maghza al-mutaharik li al-Mu’ashiri (signifikansi fenomenal dinamis) Q.S an-Nahl [16]: 125 adalah anjuran untuk menjaga perdamaian dan kerukunan antar sesama, kemudian sabar ketika mendapat musibah atau ujian serta memberikan pendidikan yang baik dan benar dalam lingkup keluarga maupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
PENAFSIRAN DZIKIR DALAM SURAT AL-BAQARAH AYAT 152 MENURUT SYEKH IBNU AJIBAH (STUDI ANALISIS KITAB TAFSIR BAHRUL MADID) Muhammad Abbel Saktya Nugraha; M. Mukhid Mashuri; Ahmad Zainuddin; Miftarah Ainul Mufid
Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.4236/tashdiq.v6i3.5514

Abstract

Artikel ini dibuat berdasarkan mirisnya kondisi masyarakat dizaman modern ini yang tersebar maraknya kegelisahan disebabkan berbagai macam problematika kehidupan. Permasalahan ini membutuhkan jawaban dari Al-Qur’an dimana Al-Qur’an adalah sumber cahaya kehidupan yang menerangi alam semesta serta pusat jawaban dari segala macam permasalahan, yakni satu-satunya metode yang terpampang denan jelas adalah dengan berdzikir. Demikian ini penulis mencoba menganalisis penafsiran tentang dzikir dalam surat Al-Baqarah Ayat ke 152 menurut penafsiran Syekh Ibnu Ajibah dalam Tafsir Bahrul Madid. Sementara metode penelitian yang digunakan adalah analis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara menganalisa makna yang termuat dalam berbagai sumber primer maupun sekunder dan mengeksplorasi serta menguraikan penelitian dengan deskripsi. Selain itu, metode penelitian tafsir yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode riset dokumentasi, yaitu dengan cara mengumpulkan buku-buku, jurnal, artikel, catatan, lampiran,dan literatur-literatur lainnya untuk memahami bagaimana ayat 152 surat Al-Baqarah tentang dzikir ini menyelesaikan problematika diantara umat pada zaman sekarang.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 13 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 13 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 4 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 12 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 11 No. 1 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 4 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 3 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 2 (2025): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 10 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 9 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 8 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 4 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 7 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 6 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 5 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 4 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 3 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 3 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 2 No. 1 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 3 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 2 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah Vol. 1 No. 1 (2023): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah More Issue