cover
Contact Name
Muhammad Saleh
Contact Email
journaleduligment@gmail.com
Phone
+6285280526379
Journal Mail Official
journaleduligment@gmail.com
Editorial Address
Jl. Permata Hati 2 No.5, Alue Awe, Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, Indonesia, 24351
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
ISSN : -     EISSN : 30252946     DOI : https://doi.org/10.21268/ajcie.v1i1
Core Subject : Religion, Education,
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is publishes scholarly research on Contemporary Islamic educational institutions and Islamic education. The articles of this journal are published bi-annually: June and December. ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion concerning Islamic Education in Academic disciplines and Institutions, focusing on the advancement of scholarship both formal and non-formal education. Topics might be about Islamic educational studies in madrasah (Islamic schools), pesantren (Islamic boarding school), and Islamic education in university.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education" : 6 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Mawaris Samhudi
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning  terhadap hasil belajar siswa dalam materi mawaris pada siswa kelas XII di SMAN 1 Nisam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMAN 1 Nisam yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sederhana yakni terpilih dua kelas berjumlah 55 siswa yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan model PBL berjumlah 29 siswa dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang akan diajarkan dengan metode ceramah berjumlah 26  siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pada kedua kelas dengan bentuk dan bobot yang sama. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen adalah 63,3 sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol adalah 62,5. Selanjutnya setelah diberikan treatment selama 3 kali pertemuan di kelas ekperimen yakni pembelajaran materi mawaris dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, hasil post-test mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yakni 73,2 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yakni 68,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning memberi dampak terhadap hasil pembelajaran siswa kelas XII SMAN 1 NIsam dalam materi mawaris.
Peran Metode Pembelajaran Interaktif Dalam Peningkatan Literasi Membaca di Kelas 2 MIN 13 Aceh Utara Khatimah, Husnul
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 MIN 13 Aceh Utara yang mengalami kesulitan membaca. Metode penelitian melibatkan survei literatur, pengukuran awal, dan akhir terhadap kemampuan membaca siswa. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aspek pemahaman teks dan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran. Pembahasan mengidentifikasi variasi individual dalam respons siswa dan implikasi praktisnya untuk peningkatan kurikulum dan pendekatan pembelajaran yang diferensiasi. Kesimpulan menegaskan bahwa penerapan strategi pembelajaran interaktif memiliki dampak positif yang dapat memajukan literasi membaca di MIN 13 Aceh Utara. Implikasi lebih lanjut melibatkan perlunya dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah dan keluarga untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan strategi pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang upaya meningkatkan kemampuan membaca di tingkat pendidikan dasar melalui pendekatan yang berfokus pada responsif dan interaktif.
Analisis Dampak Positif Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat di SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe Inda, Isna
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan permainan ular tangga sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di SDN 1 Banda Sakti Lhokseumawe pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Metodologi penelitian melibatkan pendekatan eksperimental dengan desain penelitian kuasi-eksperimen, di mana siswa diacak menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran dengan permainan ular tangga, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan akhir, serta kuesioner motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji statistik ANOVA dan uji-t independen. Hasil menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung penggunaan permainan ular tangga sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Implikasi praktis dan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibahas.
Taxonomi’s Bloom and Level In Reading Comprehension Test Erlidawati; Aulia, Shirma
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.156

Abstract

The capacity to comprehend the factual information provided in a text passage after reading it is known as reading comprehension. Reading comprehension is divided into four categories: literal, interpretive, evaluative, and creative. The goals of the study were to identify the levels and characteristics that teachers employed when administering reading comprehension tests. The researcher employed a descriptive qualitative method to collect the data. Interviews and documentation sheets are the tools used to collect data. This study's findings are qualities and levels that teachers use in their reading comprehension assessments. First, questions are tested in a mixed category, which indicates a medium's quality even though more questions fall into the high category than the low category. Twelve products that revealed the dominating. Out of all the reading comprehension test questions in the classification, the literal level (which appears five times) and the form C1 (remember) comprise the twelve items that determined the dominant cognitive thinking and levels of the category. The second question, which had three appearances throughout the test overall, was in the format of C2 (comprehend), C4 (analyze), interpretive, and critical level. The third, the C5 (evaluate) question form and creative level, appeared once during the entire test.
Komunikasi Islami Dalam Pendidikan Tasawuf: Membentuk Kecerdasan Spiritual di Lingkungan Pembelajaran Mildad, Jamal; Nuraini
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.157

Abstract

Jurnal ini menyelidiki peran komunikasi Islami dalam konteks pendidikan tasawuf untuk membentuk kecerdasan spiritual di lingkungan pembelajaran. Fokus penelitian adalah integrasi nilai-nilai tasawuf dalam kurikulum, pembentukan akhlak, dan pengembangan kecerdasan emosional serta sosial. Penelitian ini melibatkan analisis terhadap praktik komunikasi Islami yang memfasilitasi pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep tasawuf, seperti tawakal, ikhlas, dan mujahadah. Hasilnya menunjukkan bahwa komunikasi Islami dalam pendidikan tasawuf dapat efektif membimbing peserta didik menuju pemahaman spiritual yang lebih dalam. Lingkungan pembelajaran yang memanfaatkan komunikasi Islami dan pendekatan tasawuf mampu membentuk karakter, memperbaiki akhlak, dan mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik. Implikasi jurnal ini mencakup pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana komunikasi Islami dapat menjadi sarana untuk membentuk kecerdasan spiritual dalam pendidikan tasawuf, memperkaya pengajaran, dan memperkuat nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran.
Institusi Pendidikan dan Pengembangan Karakter Bangsa Murtadha
ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education Vol. 1 No. 2 (2023): JURNAL ABANNA: Journal Of Contemporary Islamic Education
Publisher : Enlightenment Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71036/ajcie.v1i2.158

Abstract

Educational institutions are official institutions that play an important role in passing on knowledge, culture and religion as well as being the main institutions that hold responsibility for the formation and development of the character of the nation's generations. Educational institutions have long been known by the world's population as institutions that inherit values ​​and knowledge so that generations are able to take responsibility for their every action. Education is the learning of knowledge, skills, and habits of a group of people that is transferred from one generation to the next. In Law no. 20 of 2003 has stated that education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and the skills needed by themselves and society, nation and state. The good civilization of a nation can be seen from the number of problems experienced by that nation, or it can be seen from the level of prosperity of its people. The younger generation is the party who most determines the condition of a nation in the future. A good and quality young generation can be created through the education process. Through education, we will create a generation that has great abilities in overcoming various problems of a nation.

Page 1 of 1 | Total Record : 6