cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING BERBASIS PEDAGOGY FOR SUSTAINABILITY TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY DOMAIN KNOWLEDGE DAN DISPOSITIONS PESERTA DIDIK SMP Lestari, Ana; Susilowati, Susilowati
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA menggunakan pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability terhadap environmental literacy domain knowledge peserta didik SMP, terhadap environmental literacy domain dispositions peserta didik SMP, dan terhadap environmental literacy domain knowledge dan dispositions peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Wates tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kurikulum 2013. Data environmental literacy domain knowledge diperoleh dari pretest dan posttest, sedangkan data environmental literacy domain dispositions diperoleh dari angket dan lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan authentic inquiry learning berbasis pedagogy for sustainability berpengaruh terhadap: (1) environmental literacy domain knowledge sebesar 28%, (2) environmental literacy domain dispositions sebesar 14,8%, dan (3) environmental literacy domain knowledge dan dispositions sebesar 42,8%.Kata kunci: authentic inquiry learning, environmental literacy, pedagogy for sustainabilityAbstract
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPLICIT-REFLECTIVE NATURE OF SCIENCE ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP Anisa Dwi Putri; Joko Sudomo; Putri Anjarsari
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis Explicit-Reflective Nature of Science (NOS) Activity terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Moyudan semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment. Pada penelitian ini, kelas eksperimen menggunakan pendekatan berbasis Explicit-Reflective Nature of Science (NOS) Activity dan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan berbasis inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi sebanyak 189 peserta didik dari kelas A-F dan sampel sebanyak 64 peserta didik yang berasal dari 32 peserta didik kelas VII B dan 32 peserta didik kelas VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yakni pretest, kuis, dan posttest keterampilan berpikir kritis dan instrumen non-tes lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengggunakan Independent Sample T-Test, effect size, dan regresi linier sederhana. Hasil analisis skor pretest dan posttest dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) 0,000 0,025, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan. Perhitungan effect size menghasilkan nilai Cohen’s d sebesar 1,4 dengan kategori tinggi. Perhitungan korelasi antara keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran IPA berbasis Explicit-Reflective Nature Of Science Activity menghasilkan R= 0,752 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 dan model persamaan regresi diperoleh Y = 32,609 + 0,832X.Kata kunci: Pembelajaran IPA, Explicit-Reflective NOS Activity, Keterampilan Berpikir Kritis.
PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Ningrum, Vitria Oktavia; Roektiningroem, Ekosari
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA berbasis model Children Learning in Science (CLIS) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan design non equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas VII di SMP Negeri 2 Wates. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) dan kelas VII B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M (Scientific Approach). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, lembar observasi keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian berupa uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis penelitian menggunakan uji t (Independent Sample t-test), selanjutnya dilakukan dengan perhitungan Effect Size Cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Besarnya pengaruh model Children Learning In Science (CLIS) disajikan pada perhitungan Effect Size Cohen’s dengan kategori “Sedang”.Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, model Children Learning in Science (CLIS), pembelajaran IPAAbstract
PENGARUH MODEL PENGEMBANGAN MORAL KOGNITIF TERHADAP KESADARAN BAHAYA NARKOBA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP Nafisah, Hikmatun; Nurohman, Sabar
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek pengetahuan pada siswa SMP, menganalisis pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek sikap pada siswa SMP, menganalisis pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek tindakan pada siswa SMP. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan jenis desain nonequivalent control group design. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pengembangan moral kognitif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Soal pretest dan posttest, (2) Angket Sikap, (3) Angket Tindakan. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji normalized gain, uji mann whitney, uji independent sample t-test dan uji effect size yang menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek pengetahuan, didasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 dan nilai effect size sebesar 0,97. (2) ada pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek sikap, didasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,019 dan nilai effect size sebesar 0,79. (3) ada pengaruh model pembelajaran pengembangan moral kognitif terhadap kesadaran bahaya narkoba aspek tindakan, didasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,031 dan nilai effect size sebesar 0,42.Kata Kunci: Kesadaran, Model Pengembangan Moral Kognitif
PENGARUH MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP Rusti, Rusti; Wilujeng, Insih
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains model Advance Organizer terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini merupakan quasy experiment menggunakan control group pretest and postest design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas 7 di SMP Negeri 1 Piyungan Tahun 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen menggunakan Pembelajaran Model Advance Organizer dan kelas kontrol menggunakan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013/5M. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest, posttest, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, Uji N-Gain dan Uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains Model Advance Organizer berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan dengan N-Gain pada kategori sedang dan effect size pada kategori tinggi.Kata Kunci: pembelajaran sains, model pembelajaran, advance organizer, berpikir kritis

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue