cover
Contact Name
Ismail Fikri Natadiwijaya
Contact Email
tpack.ipa@uny.ac.id
Phone
+6285717351210
Journal Mail Official
tpack.ipa@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Technological Pedagogical Content Knowledge
ISSN : -     EISSN : 30327164     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science subjects.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)" : 10 Documents clear
PERBEDAAN LKPD BERBASIS SIKLUS BELAJAR LAWSON DAN 5M TERHADAP KETERAMPILAN INVESTIGASI DAN HASIL BELAJAR Galih Widi Astuti; Zuhdan Kun Prasetyo
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan LKPD IPA berbasis Siklus Belajar Lawson dan 5M terhadap (1) keterampilan investigasi dan (2) hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan non-equivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan pemilihan secara acak (cluster random sampling) sehingga diperoleh kelas VIII E SMPN 1 Sewon sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan LKPD berbasis Siklus Belajar Lawson dan kelas VIII H SMPN 1 Sewon sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan LKPD berpendekatan 5M. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan LKPD berbasis Siklus Belajar Lawson dan berpendekatan 5M terhadap (1) keterampilan investigasi peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dan (2) hasil belajar kognitif peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.Kata kunci : LKPD IPA, Siklus Belajar Lawson, 5M, Keterampilan Investigasi, Hasil Belajar Kognitif.
PENGARUH PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP ENVIRONMENTAL LITERACY SISWA SMP Ardhya Handayani; Purwanti Widhy Hastuti
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran socioscientific issues terhadap environmental literacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan pretest dan posttest group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII, VIII, dan IX di SMP Negeri 2 Klaten. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VII G dan 23 siswa kelas VII H, yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII G digunakan sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan socioscientific issues dan VII H sebagai kelas kontrol menggunakan scientific approach. Instrumen yang digunakan dalam penelitan ini adalah soal pretets dan posttest. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji anakova dan effect size. Hasil penelitan dari analisis melalui uji anakova, mendapatkan nilai signifikasi dari pendekatan SSI terhadap environmental literacy sebesar 0,047 (Sig α),dan didapatkan effect size sebesar 0,408, yang masuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukan adanya pengaruh signifikan dari pendekatan socioscientific issues terhadap environmental literacy.Kata kunci: pendekatan socioscientific issues, environmental literacyAbstract
PENGARUH MODEL SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN (STML) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN Tatap Pamuji; Ekosari Roektiningroem; Eko Widodo
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains, Teknologi, Masyarakat dan Lingkungan (STML) pada materi pencemaran lingkungan terhadap literasi sains dan sikap peduli lingkungan bagi peserta didik kelas VII MTs N 7 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A dan VII D MTs N 7 Bantul. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi sikap peduli lingkungan, angket sikap peduli lingkungan, soal pretest dan posttest literasi sains. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t sampel independent menggunakan SPSS 21, uji N gain, anaisis keterlaksanaan pembelajaran dan uji effect size standar cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran STML berpengaruh dalam peningkatan literasi sains peserta didik dengan kategori berpengaruh sedang. (2) Model pembelajaran STML berpengaruh dalam sikap peduli lingkungan peserta didik yang ditunjukan dengan adanya perbedaan yang signifikan setelah diuji-t.Kata kunci: Literasi sains, Model Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan, Sikap peduli lingkungan (STML)
EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KETERAMPILAN KOOPERATIF DAN HASIL BELAJAR Herdinawati, Noviastri; Wilujeng, Insih; Hastuti, Purwanti Widhy
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan model pembelajaran langsung ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa, serta efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest, soal posttest, dan lembar observasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent samplet t-test. Efektivitas model TGT dianalisis dengan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas yang diberi perlakuan pembelajaran TGT dengan kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran langsung ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa, serta pembelajaran model TGT lebih efektif ditinjau dari keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif siswa. Ukuran efek yang diberikan model TGT dalam peningkatan keterampilan kooperatif dan hasil belajar kognitif termasuk kategori besar.Kata kunci: Team Games Tournament (TGT), keterampilan kooperatif, hasil belajar kognitif
PENGARUH PENGGUNAAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP Sholihah, Titis Akmalia; Maryanto, Allesius
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami siswa SMP antara kelas yang menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa SMP antara kelas yang menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dengan kelas yang kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami dan pemahaman konsep siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Girisubo Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk mengetahui peningkatan hasil pretest dan posttest menggunakan perhitungan nilai n-gain, dan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan kesiapsiagaan bencana tsunami siswa SMP N 2 Girisubo antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa SMP N 2 Girisubo antara eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) terdapat pengaruh penggunaan SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terhadap kesiapsiagaan bencana tsunami dan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa SSP IPA berbasis model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai bencana tsunami sehingga kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana tsunami juga meningkat.Kata Kunci : Kesiapsiagaan Bencana, Model Pembelajaran Inkuiri, Pemahaman Konsep, Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA
PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS SIKLUS BELAJAR LAWSON TERHADAP KEMAMPUAN OBSERVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Hanif Faturohmah; Zuhdan Kun Prasetyo
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berbasis Siklus Belajar Lawson terhadap kemampuan observasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan pretest dan posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Berbah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pemilihan kelas secara acak (cluster random sampling) sehingga diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan LKPD IPA berbasis Siklus Belajar Lawson dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang menggunakan LKPD sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kognitif, lembar observasi kemampuan observasi, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan meliputi independent sample t-test, uji manova, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis melalui uji independent sample t-test pada kemampuan kognitif diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,595 (Sig ½ α). Besar pengaruh diukur menggunakan effect size pada kemampuan observasi sebesar 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang dan pada hasil belajar kognitif sebesar 0,45 yang termasuk dalam kategori rendah, sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan LKPD IPA berbasis Siklus Belajar Lawson berpengaruh signifikan terhadap kemampuan observasi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis Siklus Belajar Lawson merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan cara berpikir melalui keterampilan mengobservasi fenomena-fenomena alam di sekitar mereka sehingga hasil belajar menjadi lebih bermakna.Kata kunci: Kognitif, LKPD, Siklus Belajar Lawson, Kemampuan Observasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REPRESENTASI GANDA (GAMBAR DAN VERBAL) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA Badriyah, Yuli Emi; Wilujeng, Insih; Hastuti, Purwanti Widhy
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap: (1) keterampilan komunikasi dan (2) pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap keterampilan komunikasi peserta didik dengan kategori kuat, dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan model representasi ganda (gambar dan verbal) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik dengan kategori sedang.Kata kunci: representasi ganda, keterampilan komunikasi, pemahaman konsep IPAAbstract
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN KELAS VII SEMESTER GENAP MELALUI MODEL ROLE PLAYING Nurahmadi, Rosita Sari; Wibowo, Widodo Setiyo
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik melalui menggunakan model Role Playing kelas VII D SMP Pembangunan Piyungan semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Tata Surya. Hasil belajar yang ditingkatkan adalah hasil belajar afektif, psikomotorik, dan kognitif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII D SMP Pembangunan Piyungan yang berjumlah 27 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen berupa: 1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 2) Lembar observasi aspek afektif 3) Lembar observasi aspek psikomotorik 4) Soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data berupa: 1) observasi dan 2) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dekripstif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model Role Playing. Peningkatan hasil belajar afektif, psikomotorik, dan kognitif peserta didik dapat dilihat dari hasil persentase setiap aspeknya mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada hasil belajar afektif peserta didik meningkat dari 64,81% menjadi 73,14% dan terus meningkat menjadi 87,95%. Hasil belajar psikomotorik peserta didik meningkat dari 62,95% menjadi 70,36% dan terus meningkat menjadi 85,18%. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik ditandai dengan ketercapaian KKM ≥75 yang meningkat dari 7,41% menjadi 11,11% dan 18,52%.Kata kunci : Role Playing, hasil belajar IPA
PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI PQ4R TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SMP Miftakhurofiah, Miftakhurofiah; Prasetyo, Zuhdan Kun; Roektiningroem, Ekosari
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII, dan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII, serta terhadap baik motivasi dengan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Piyungan. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Instrumen yang digunakan adalah (1) soal pretest dan posttest, dan (2) angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji normalized gain, uji mann whitney, uji manova dan uji Cohen’s effect size menggunakan program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, dengan kategori effect size besar, (2) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik, dengan kategori effect size besar, (3) perangkat pembelajaran berbasis strategi PQ4R berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000.Kata kunci: hasil belajar kognitif, motivasi, perangkat pembelajaran, strategi PQ4R
PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK IPA SMP YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INQUIRY Nurhidayati, Nurhidayati; Sudomo, Joko; Nurohman, Sabar
Jurnal TPACK IPA Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan model discovery learning dan inquiry learning di SMP Negeri 1 Wonosari. Desain penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan one case study dan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini ialah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen-1 menggunakan model pembelajaran discovery dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen-2 menggunakan model pembelajaran inqury (structured inquiry). Instrumen yang digunakan adalah (1) lembar observasi keterampilan proses sains dan (2) soal pretest-posttest hasil belajar kognitif. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample T-test menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning dengan nilai signifikansi 0,014; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan inquiry learning.Kata kunci: model discovery learning, model inquiry learning, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2025): Jurnal TPACK IPA (August, 2025) Vol 9, No 1 (2025): Jurnal TPACK IPA (January,2025) Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024) Vol 8, No 1 (2024): Jurnal TPACK IPA (January, 2024) Vol 7, No 8 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (December, 2018) Vol 7, No 7 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (November, 2018) Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (October, 2018) Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (September, 2018) Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (August, 2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (July, 2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (June, 2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan IPA (May, 2018) Vol 6, No 8 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2017) Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (September, 2017) Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2017) Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2017) Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2017) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2017) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2017) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (January, 2017) Vol 5, No 9 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (December, 2016) Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (October, 2016) Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (August, 2016) Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (November, 2016) Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (July, 2016) Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (June, 2016) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (May, 2016) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (April, 2016) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (February, 2016) More Issue