cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia" : 6 Documents clear
Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia Putri, Rizka Maylaffayza; Arianingrum, Retno
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.20733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, kepraktisan, dan uji keterbacaan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian pengembangan berikut dilakukan dengan mengadopsi model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan lima guru kimia, angket analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi kepada dua ahli media dan materi, angket kepraktisan diberikan kepada lima guru kimia, serta angket keterbacaan peserta didik diberikan kepada 60 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Yogyakarta. Data kuantitatif dikumpulkan dengan angket berskala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD dinyatakan layak oleh validator ahli media dan materi dengan revisi sesuai saran. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-LKPD memiliki tingkat kepraktisan 88% dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan mendapat skor sebesar 86% dengan kategori sangat baik.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF MATERI KIMIA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP SADAR LINGKUNGAN SISWA SMA Rahmawati, Dita; Budimarwanti, Cornelia
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.20893

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kemampuan kognitif kimia dengan sikap sadar lingkungan siswa, serta untuk menganalisis hubungan tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan siswa SMA MIPA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis survei dengan populasi sejumlah 5349 siswa dan diambil 390 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif materi kimia lingkungan dan angket sikap sadar lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan kognitif kimia lingkungan dengan sikap sadar lingkungan siswa secara signifikan dengan nilai koefisien korelasi 0,119. Adapun pengaruh kemampuan kognitif kimia lingkungan terhadap sikap sadar lingkungan memiliki kontribusi sebesar 3,4%, sedangkan tingkat kelas memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,135 terhadap sikap sadar lingkungan siswa. Secara berurutan, perbedaan antara tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan dan kemampuan kognitif kimia lingkungan siswa siswa dimulai dari urutan terendah yaitu kelas X, XI, dan XII. 
PROFIL TINGKAT KECEMASAN BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII IPA SEMESTER 1 PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN KLATEN Rahmawati, Linda Azizah; Aloysius, Heru Pratomo
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.21568

Abstract

Difficulties and failures in learning chemistry can lead to chemophobia or chemistry learning anxiety among students.. This study aims to measure the level of learning anxiety among 12th-grade science students in the odd semester of chemistry learning. This is a non-intervention quantitative study using a survey method. The result showed that the average level of learning anxiety among 12th-grade science students in the odd semester of chemistry learning was in the low category. Specifically, the distribution of anxiety levels is as follows: very high (2,63%); high (9,63%); moderately anxious (20,57%); low (42,01%); and very low (25,16%). These findings indicate that although a small portion of students experience high anxiety, the majority of students have a low level of anxiety in learning chemistry. These findings can serve as a basis of designing more effective teaching strategies to reduce anxiety about learning chemistry among students.
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI ASAM BASA DENGAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST MENGGUNAKAN CERTAINTY RESPONSE INDEX Lumadya, Sih Agung; Wiyarsi, Antuni
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.21286

Abstract

Soal tes bertingkat dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa pada materi asam basa. Salah satu kategori pemahaman siswa dapat diketahui dari tingkat miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan profil tingkat pemahaman siswa kelas XII pada materi asam basa, menentukan persentase miskonsepsi tiap topik asam basa, dan menentukan profil miskonsepsi siswa kelas XII pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di empat SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada bulan November 2023 dengan responden sejumlah 264 siswa. Instrumen penelitian menggunakan three-tier multiple choice test dengan Certainty Response Index (CRI) yang terdiri dari 17 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 42,80% siswa tidak paham konsep asam basa dan 36,83% lainnya mengalami miskonsepsi. Persentase miskonsepsi terbesar teridentifikasi pada konsep perhitungan pH asam basa sebesar 41,67% dan konsep asam basa 39,90%.
Inovasi Pembelajaran Kimia Berorientasi SDGs Pada Materi Konsep Mol Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem Aini, Habibah Nur; Sari, Rr. Lis Permana
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.20640

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang abstrak dan sulit dipahami. Indikator terpenting dalam keberhasilan belajar kimia adalah dengan memahami konsep kimia dan mengaitkan konsep kimia dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran sebagai sarana untuk mengimplementasikan pembelajaran pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Konsep dalam pembelajaran kimia erat hubungannya dengan lingkungan sehingga dapat merangsang siswa dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan sekitar menggunakan konsep kimia. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah akan berkembang apabila siswa dilatih berpikir secara sistemik atau yang biasa disebut kemampuan berpikir sistem. Berpikir sistem terdapat berbagai skala, termasuk dimensi makroskopik, submikroskopik, simbolik, dan human element. Keempat dimensi ini disebut sebagai mahaffy’s tetrahedral. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa penerapan pembelajaran yang merepresentasikan tetrahedral kimia sebagai skala dalam berpikir sistem memberikan hasil capaian yang baik. Artikel ini akan mengkaji tentang inovasi pembelajaran kimia berbasis Pembangunan berkelanjutan untuk penguatan berpikir sistem siswa. Melalui artikel ini diharapkan pendidik dapat menyisipkan dan menerapkan prinsip Pembangunan berkelanjutan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa.
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL KIMIA SISWA Nurhananti, Dinda Aryuni; Sunarto, Sunarto
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v9i2.21696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan spasial kimia siswa, serta menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi geometri molekul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas penelitian yang melibatkan 72 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test untuk menganalisis pengaruh penerapan cooperative learning tipe GI dan uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa pada sebelum dan sesudah adanya penerapan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa yang menerapkan cooperative learning tipe GI. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan spasial kimia siswa SMA pada materi geometri molekul.

Page 1 of 1 | Total Record : 6