cover
Contact Name
Hamdi Yusliani
Contact Email
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Phone
+62812-6911-445
Journal Mail Official
jurnal.fathanah@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jalan Muhammadiyah No 91 Bathoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh Jalan Muhammadiyah No 91 Batoh Lueng Bata Banda Aceh 23245 Phone: +6285323642520 Email: istiqamahtul.masyithah@unmuha.ac.id Phone: +6212-6911-445 Email: hamdi.yusliani@unmuha.ac.id
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Al-Fathanah Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Core Subject : Religion, Education,
Al-Fathanah : Jurnal studi Islam dan Pendidikan Agama Islam is a journal published by Islamic Education of Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Focus on conceptual research on Islamic education studies in general which includes Philosophy of Islamic Education, Islamic teaching methods, the development of instruments in evaluation of Islamic Education, Islamic Education learning model development, Islamic Education Curriculum. In addition, It also covers various topics related to Islamic Studies.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam" : 9 Documents clear
EKSISTENSI DAYAH DI ACEH: PERAN DAN KIPRAHNYA DALAM MEMAJUKAN MASYARAKAT Saiful Saiful
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1198

Abstract

Dayah sebagai pusat pendidikan agama memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Dayah telah banyak menghasilkan ulama-ilama yang terkenal dan berperan aktif dalam mendidik generasi muda taat menjalankan perintah Allah dan memiliki karakter yang luhur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran dan kiprah Dayah dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian kepustakaan) dengan pendekatan historis yang mengkaji teori-teori tentang eksistensi dayah di Aceh. Adapun hasil penelitian yaitu peran dan kiprah dayah di Aceh meliputi: (a) Dayah sebagai pusat pendidikan agama Islam. Dayah sebagai pusat belajar agama masyarakat telah melahirkan ulama-ulama yang menjadi referensi dalam bidang pendidikan agama. (b) Dayah sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat. Ulama dayah menjadi figur dalam masyarakat dan peduli dengan lingkungan sosial masyarakat sekitarnya. (c) Dayah sebagai lembaga pembangunan masyarakat. Dayah berperan sebagai penggerak pembangunan dan perubahan pola pikir masyarakat Aceh.
PENDIDIKAN AKHLAK DAN KARAKTER MENURUT AL-GHAZALI Cut Nyak Dien
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1143

Abstract

Menjadi manusia yang memiliki karakter mulia (berakhlak mulia), manusia berkewajiban menjaga dirinya dengan cara memelihara kesucian lahir dan batin, menuntut ilmu pengetahuan, membina disiplin diri, dan berusaha melakukan perbuatan-perbuatan terpuji serta menghindarkan perbuatan-perbuatan tercela. Setiap orang harus melakukan hal tersebut dalam berbagai aspek kehidupannya, jika ia benar-benar ingin membangun karakternya. Pendidikan karakter bertujuan agar manusia memiliki karakter yang baik, yang mengarah pada pendekatan diri kepada sang khalik untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK Nurul Jeumpa
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1146

Abstract

Peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa yang dilakukan melalui memberikan bimbingan, pengawasan dan pengajaran akhlak pada siswa sangat diharuskan untuk segera diimplementasikan. Tujuannya supaya siswa dapat membedakan mana akhlak yang baik dan mana akhlak yang buruk. Dengan demikian siswa akan paham dan mengerti bahwa perbuatan yang baiklah yang harus mereka kerjakan. Akhlak merupakan mutiara hidup yang membedakan makhluk manusia dengan makhluk lainnya, seandainya manusia tanpa akhlak, maka akan hilang derajat kemanusiaannya. Dengan demikian peningkatan akhlak merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap akhlak anak didik, guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan akhlak siswa yakni Akhlak kepada sesamanya, Akhlak kepada Allah, dan Akhlak kepada orang tua.
KONSEPSI QADHA DAN QADAR DITINJAU DARI SEGI PENDIDIKAN ISLAM Hanafiah Hanafiah
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1174

Abstract

Biasanya dalam setiap usaha tidaklah semuanya dapat berjalan semulus sebagaimana yang diharapkan, akan tetapi sering mengalami berbagai hambatan yang adakalanya menyebabkan kegagalan, menderita kerugian material maupun non material. Metode pembahasan menggunakan Library research, melalui penelaahan kitab-kitab atau bahan bacaan lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas. Qadha Qadar adalah merupakan ketentuan-ketentuan tertentu yang ditetapkan oleh Allah SWT dan atas dasar ketentuan-ketentuan itulah terwujudnya keberadaan-keberadaan dari seluruh makhluknya secara muthlak. Adapun kepercayaan kepada Qadha Qadar dapat menimbulkan berbagai respon positif dalam kehidupan seperti sikap, optimis, kreatif, dinamis, konsekwen dan retropektif. Disamping itu dapat membentuk juga kestabilan kondisi psikologi dan akhlaq mulia sehingga dengan demukian efek dari kepercayaan kepada Qadha Qadar sangat mendukung terhadap keberhasilan dan kemajuan dalam proses pendidikan Islam
INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM ISLAM TERPADU DI PAUD-IT BUSTANUL MARIF KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR Muhammad Furqan; Sakdiah Sakdiah
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1133

Abstract

Dengan diberlakukannya UU No. 20 Tahun 2003 maka sistem pendidikan di Indonesia sekarang terdiri dari Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan Pendidikan Tinggi, yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. PAUD dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. Pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Pada jalur pendidikan nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. Pada jalur pendidikan informal berbentuk pendidikan keluarga dan yang diselenggarakan oleh lingkungan masyarakat di mana ia tinggal. PAUD IT Bustanul Marif menerapkan pembelajaran anak usia dini berbasis Islam dengan menggunakan sistem terpadu. Fokus masalah dalam kajian ini adalah bagaimana pengelolaan serta penggunaan sistem pengembangan kurikulum Islam terpadu di PAUD-IT Bustanul Marif yang ditetapkan dan dijalankan oleh guru pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian memakai metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam merancang pengembangan kurikulum di PAUD IT Bustanul Marif sudah baik dan sesuai dengan standar yang sudah diatur dan diberlakukan oleh pemerintah, namun kelemahannya ada pada penerapan dari kurikulum tersebut yang diterapkan oleh guru, baik itu secara langsung maupun tidak. Padahal guru merupakan pusat sentralnya dari penerapan kurikulum.
IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QURAN DI TPA ISTIQAMAH KAMPUNG BARU BANDA ACEH Mailisman Cut Shalihin
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1148

Abstract

Sudah sejak lama TPA dijadikan sebagai tempat mempelajari dan mengajarkan isi lafazh-lafazh Al-Quran beserta makna-maknanya, karena Allah memberi pahala bagi yang membacanya, seperti yang ada di TPA Istiqamah Gampong Baru Banda Aceh. Berdasarkan masalah tersebut di atas, maka penelitian ini akan terfokus kepada tiga point diantaranya: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh 2) Apa yang menjadi keunggulan TPA Istiqamah Kampung Baru 3) Apa saja hambatan-hambatan dalam pelaksanaan belajar baca tulis di TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh?. Adapun tujuan dari penulisan ini ialah: 1) Untuk memahami implementasi pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh 2) Untuk memahami hal keunggulan TPA Istiqamah Kampung Baru 3) Untuk memahami hambatan-hambatan dalam pelaksanaan belajar baca tulis di TPA Istiqamah Kampung Baru Banda Aceh. Dan Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: 1) Pengemplementasian pembelajaran baca tulis Al-Quran yang ada diterapkan di TPA Istiqamah menggunakan metode Iqra, dan waktu proses pembelajaran dilakukan dari hari senin hingga hari jumat. 2) TPA Istiqamah memiliki beberapa keunggulan, seperti TPA Istiqamah tidak hanya terfokus kepada sistem baca tulis Al-Quran saja. 3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan belajarnya disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor fasilitas yang kurang memadai, padahal fasilitas ini merupakan penunjang untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar
KIPRAH PESANTREN MODERN DALAM PEMBINAAN KARAKTER SANTRI Ema Wati; Istiqamahtul Masyithah
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1135

Abstract

Pesantren modern sudah berkembang pesat di banyak wilayah, termasuk di Aceh. Para orang tua juga sudah menjadikan lembaga pesantren modern sebagai lembaga pendidikan alternatif. Perkembangan pesantren modern ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan keberadaan pesantren modern. Merujuk kepada popularitas pesantren modern, perlu kiranya dilakukan sebuah kajian bertujuan mengekplorasi kiprah pesantren modern di dalam masyarakat, terutama yang berhubungan dengan kemandirian santri. Penelitian ini adalah library research, dimana peneliti hanya melakukan kajian literatur terhadap perkembangan pesantren, terutama dalam perannya membentuk kemandirian para santri. Kajian literatur memberikan beberapa jawaban penting bahwa pesantren modern fokus dalam menciptakan kemandirian santri, terutama melalui estra-kurikuler. Ini merupakan kelebihan lembaga pendidikan berkarakter boarding, dimana waktu yang tersedia untuk menerapkan kegiatan ekstra kurikuler dapat dimungkinkan
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA INSHAFUDDIN Jufri Jufri
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1199

Abstract

Model pembelajaran ProblemBasedLearning (PBL) adalahmodelpembelajaran yangmenggunakan masalah sebagai konteks awal dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensionaldi SMA InshafuddinKotaBandaAceh.Penelitianini mengunakanpendekatan kuantitatifdengan metode eksperimendandesainpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.Dalam penelitianiniterdapatkelompokeksperimenkelasXI1 dankelompokkontrolkelasXI2 dengan populasisiswa kelasXI SMAInshafuddinKotaBandaAceh. Pengumpulandata dilakukan denganmenggunakan tesdenganteknikanalisisdata mengunakanujit dan n-gainpada taraf signifikansi5%. Hasilpenelitianini menunjukkanbahwaterdapatperbedaan peningkatanhasilbelajarsiswapadakeduakelas setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan konvensional
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SDTQ NURUN NABI BANDA ACEH Ema Sulastri
Al-Fathanah Vol 1, No 2, Oktober (2021): AL-FATHANAH: Jurnal Studi Islam dan Pendidikan Agama Islam
Publisher : Al-Fathanah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/al-fathanah.v1i2, Oktober.1145

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh masih terdapat berbagai kendala, sehingga perlu adanya strategi yang dilakukan baik dari pihak sekolah maupun guru yang mengampu mata pelajaran tersebut, terutama dalam mengimplementasikan berbagai materi yang terdapat dalam pembelajaran akidah akhlak itu sendiri. Penilitian ini bertujuan mengetahui materi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh, strategi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reaserch) dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah 1 orang, guru Aqidah Akhlak 1 orang dan siswa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa materi pembelajaran Aqidah Akhlak yang diajarkan di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh terdiri dari empat aspek yaitu aspek akidah, aspek akhlak, aspek adab dan Islam serta aspek kisah teladan yang diberikan kepada siswa mulai ditingkat kelas I sampai dengan kelas VI SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh. Strategi pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dilakukan dengan peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak, menyelenggarakan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, membiasakan hidup disiplin di kalangan siswa, pembinaan akhlak siswa, menggunakan metode contoh dan keteladanan, metode pembiasaan, metode kisah, metode arahan, bimbingan Atau nasehat dan metode hukuman. Faktor pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh yaitu kemampuan itelektual siswa, semangat belajar siswa yang kuat, dukungan semangat dari orang tua serta dukungan dari lingkungan pertemanan anak dengan siswa yang pintar dan rajin. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh ialah kurangnya kepedulian siswa terhadap mata pelajaran yang disampaikan guru dan masih ada siswa yang malas belajar, sering terganggunya konsentrasi saat belajar dan keterbatasan ruang belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 9