Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan adalah hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat original dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke jurnal lain. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat secara kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang: 1. PENDIDIKAN : [PGSD, PKn, Ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, IPA]. 2. SAINS : [Matematika, Tehnik Mesin, Manajamen Pengelolaan Sumber Daya Perairan, Ilmu Komputer] 3. SOSIAL HUMANIORA 4. KEWIRAUSAHAAN [ENTREPRENEURSHIP]
Articles
16 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER"
:
16 Documents
clear
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UPTD SD NEGERI 122365 PEMATANGSIANTAR
Vina Yuni Panduwinata Sitorus;
D.Yuliana Sinaga;
Canni Loren Sianturi
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas III di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan “Pre-Experimental Design”bentuk one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiatar pada siswa kelas III dengan jumlah populasi 22 siswa dan sampel sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik, dari hasil analisis data diperoleh taraf sinifikan 0,01 < probabilitas (0,05) dan thitung =13,028 > ttabel =0,996. Maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti “Terdapat pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika di UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar”.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 124385 JL. SAWI PEMATANGSIANTAR
Sutri Fatimah;
Asister Fernando Siagian;
Aprido Bernando Simamora
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri terhadap keterampilan berpikir kreatif IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 124385 JL.Sawi Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan design one group pretest-posttest, sampel penelitian ini 20 orang. Teknik pengumpulan data merupakan tes. Dengan melakukan pretest mendapat hasil rata-rata 37,95 lalu diberikan perlakuan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model inkuiri sehingga mendapat nilai posttest dengan nilai rata-rata 82,15. Dengan nilai yang didapatkan maka nilai postest memiliki rata-rata lebih tinggi dari pada pretest. Setelah melakukan postest maka peneliti melakukan uji n-gain sehingga mendapat nilai 72,455 dari tingkat kreteria nilai n-gain nilai tersebut dikatakan tinggi sehingga cukup efektif dilakukan saat proses pembelajaran. maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa artinya terdapat pengaruh model Inkuiri terhadap keterampilan berpikir kreatif IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 124385 JL.Sawi Pematangsiantar tahun ajaran 2024/2025.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD TEMA 2 UPTD SD 122340 PEMATANGSIANTAR
Ramelia Purba Dasuha;
Sukardo Sitohang;
Desi Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Metode pembelajaran Discovery Learning bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, yang di mana data yang disajikan dalam penelitian ini berupa angka angka yang bisa dihitung hasilnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest- Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan dokementasi. Dalam penelitian ini sampel yang diteliti adalah sejumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data penelitian adalah dengan menggunakan soal atau tes, yang di mana soal atau tes yang digunakan sudah melalui proses uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran,dan uji daya pembeda dengan jumlah soal sebanyak 25 butir dengan jenis pilihan ganda. Melalui uji analisis data yang telah dilakukan peneliti dengan menggunakan uji normalitas, dan Uji-t, hasil yang diperoleh yaitu niliai thitung(24,387) > ttabel (1,714). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh antara model Discovery learning terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas 5 UPTD SD 122340 Pematangsiantar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122340 PEMATANGSIANTAR
Melpa Ronauli Damanik;
Rio Parsaoran Napitupulu;
Theresia Monika Siahaan
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental Design dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest, sampel penelitian ini 25 orang. Teknik pengumpulan data merupakan tes. Dengan melakukan pretest mendapat hasil rata-rata 48,4. Lalu diberikan perlakuan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem based learning sehingga mendapat nilai posttest dengan nilai rata-rata 92,16 . Dengan nilai yang didapatkan maka nilai postest memiliki rata-rata lebih tinggi dari pada pretest. Setelah melakukan postest maka peneliti melakukan uji n-gain mendapat nilai n-gain score sebesar 0,75 dikategorikan tinggi dan uji hipotesis mendapat nilai 6,001. Hasil uji t didapat thitung sebesar = 6,001 dengan tingkat signifikasi 0.000. karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dah thitung = 6,001 > ttabel = 1.714 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar tahun ajaran 2024/2025.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA KELAS V UPTD SD NEGERI 124385 JL. SAWI PEMATANGSIANTAR
Christin Malwin Samosir;
Asister Fernando Siagian;
Radode Kristianto Simarmata
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA Kelas V UPTD SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan design one group pretest-posttest, sampel penelitian ini 20 orang. Teknik pengumpulan data merupakan tes. Dengan melakukan pretest mendapat hasil rata-rata 57,25 lalu diberikan perlakuan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model inkuiri sehingga mendapat nilai posttest dengan nilai rata-rata 79,7. Dengan nilai yang didapatkan maka nilai postest memiliki rata-rata lebih tinggi dari pada pretest. Setelah melakukan postest maka peneliti melakukan uji n-gain sehingga mendapat nilai 46,456 dari tingkat kreteria nilai n-gain nilai tersebut dikatakan tinggi sehingga cukup efektif dilakukan saat proses pembelajaran. maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pembelajan IPA Kelas V UPTD SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar tahun ajaran 2024/2025.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI SD NEGERI 091277 SIANTAR ESTATE T.P 2024/2025
Joy Paskaria Simatupang;
Maria Barus;
Eva Pasaribu
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia di SD Negeri 091277 Siantar Estate. Penelitian kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest (Tes Awal-Tes Akhir pada kelompok tunggal). Pada penelitian ini menggunakan satu kelas penelitian saja. Sampel penelitian adalah kelas V yang berjumlah 26 siswa dengan Teknik pengambilan sampel Sampling Jenuh adalah teknik penentuan sampel apabila populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis yang telah dilakukan,bahwa pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa dapat diketahui pemerolehan nilai signifikan untuk semua data>0.05 normal dan jika Sig <0.05 berdistribusi tidak normal. Berdasarkan data yang didapat bahwa signifikasi hasil pretest 0,064>0.05 dan hasil posttest 0.149>0.05 yang dimana hasilnya lebih besar, Maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal sehingga Ha derima dan HO ditolak.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia di SD Negeri 091277 Siantar Estate.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR
Juita Sari Sitanggang;
Insenalia S.R. Hutagalung;
Lydia Purba
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media Canva terhadap keterampilan menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest. Populasi penelitian yakni kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar sebanyak 161 Orang. Berdasarkan teknik probability sampling dengan tipe simple random sampling dari populasi di hasilkan 32 Orang yakni kelas X-8 sebagai sampel penelitian. Adapun teknik pengumpulan data merupakan tes menulis dengan melakukan pretest mendapat hasil rata-rata 53, lalu diberikan perlakuan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Canva sehingga mendapat nilai posttest dengan nilai rata-rata 86,125. Dengan nilai yang didapatkan maka nilai posttest memiliki rata-rata lebih tinggi dari pretest. Setelah melakukan posttest maka peneliti melakukan uji n-gain mendapat nilai n-gain score sebesar 0,711659 dikategorikan sedang dan uji hipotesis mendapat nilai 28,151. Hasil uji t didapat thitung sebesar = 28,151 dengan tingkat signifikan 0,000. Karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung = 28.151> ttabel = 1,693 maka HO di tolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa artinya terdapat pengaruh media Canva pada kategori penggunaan terhadap keterampilan menulis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar tahun ajaran 2024/2025.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122351 PEMANTANGSIANTAR
Talenta Sahputri Nababan;
Lisbet Novianti Sihombing;
Minar Trisnawati Lumbantobing
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 1 Manusia dan Lingkungan siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 Jl.Kertas T.A 2023/2024. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “ one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri122351 yang berjumlah 30 siswa, dimana laki-laki berjumlah 17 orang dan perempuan berjumlah 13. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan berganda. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (55,2) dan post-test (76,13). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 1 Manusia dan Lingkungan siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 JL.Kertas T.A 2023/2024.
PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 054948 CINTA RAKYAT
Sirtauli Octavia Br Regar;
Theresia Monika Siahaan;
Natalina Purba
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Salah satu tujuan adanya pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang diajarkan pada siswa. Hasil belajar siswa ini dapat berupa kemampuan, keterampilan dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang tepat agar hasil belajar yang diperoleh dapat maksimal. Adapun salah satu metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah kegiatan dalam proses pembelajaran menggunakan peragaan dari suatu proses atau benda maupun suatu kejadian yang ditampilkan di hadapan peserta didik dimana hal yang diperagakan sudah sesuai dengan materi pembelajaran. tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode demonstrasi terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN 054948 Cinta Rakyat. Adapun penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes baik pada pretest dan posttest. Adapun hasil pretest yang diperoleh peneliti yaitu dengan jumlah nilai 1320 dengan nilai rata-rata 44 dan nilai terintinggi 72 serta nilai terendah 28. Sedangkan hasil posttest diperoleh jumlah nilai sebesar 2584 dengan nilai rata-rata 86,13333 dan nilai tertinggi 100 serta nilai terendah 72. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan maka dapat dibandingkan bahwa terjadinya perubahan nilai dari rata-rata sebelumnya 44 menjadi 86,1333, sehingga terjadi peningkatan sebesar 42,1333. Selain hasil pretest dan posttest, peneliti juga melakukan uji statistic yang memperoleh nilai Thitung sebesar 2,983 > 0,2144 Ttabel dan nilai signifikasn diperoleh 0,006 < 0,05. Artinya metode pembelajaran demonstrasi terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN 054948 Cinta Rakyat secara parsial dan signifikan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 4 SEHAT ITU PENTING UPTD SD NEGERI 122351 JLN. KERTAS SAMPUL
Zalzalia Karina Purba;
Rio Parsaoran Napitupulu;
Hetdy Sitio
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran problem based learning hasil belajar subtema 1 Peredaran Darahku Sehat siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar T.A 2023/2024. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif, yang menyatakan bahwa penelitaian kuantitatif merupakan penelitian yang berupa angka-angka serta analisisnya menggunakan statistik. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu eksperimen, dengan bentuk Pre-Experimental Design yang menggunakan desain “ one group pretest posttest design”. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar yang berjumlah 28 siswa, dimana laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 15. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal pilihan berganda. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah diujikan datanya dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pre-test (39,31) dan post-test (79,71). Hasil penelitian pada taraf 0,05 Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar subtema 3 bersyukur atas keberagaman siswa kelas V UPTD SD Negeri 122351 Pematangsiantar T.A 2023/2024.