cover
Contact Name
Tarikh Azis Ramadani
Contact Email
jtm@ppns.ac.id
Phone
+6282132997501
Journal Mail Official
jtm@ppns.ac.id
Editorial Address
Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60111
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi Maritim
ISSN : 26204916     EISSN : 26207540     DOI : https://doi.org/10.35991/jtm.v7i1.3
Jurnal Teknologi Maritim (JTM) adalah Jurnal Teknologi Maritim terindeks Google Scholar, dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Jurnal Teknologi Maritim menyediakan media untuk presentasi dan diskusi tentang perkembangan terbaru dalam penelitian, desain, fabrikasi, transportasi / instalasi dan pengalaman dalam layanan yang berkaitan dengan bidang perkapalan dan maritim. Cakupan yang diharapkan dari Jurnal Teknologi Maritim mencakup bidang perkapalan dan maritim. Perkapalan dan maritim adalah bidang yang terus berkembang, dan kontribusi pada topik-topik berikut ini akan diterima: Struktur dan desain kapal Hidrodinamika Sistem perkapalan Permesinan kapal Transportasi laut Pelabuhan dan manajemen resiko pelabuhan Bangunan dan teknik lepas pantai Material kelautan Energi berkelanjutan dari laut Sains data untuk maritim Radar dan artificial intelligence untuk maritim Pencemaran laut
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim" : 7 Documents clear
ANALISA KERUSAKAN HYDRAULIC PUMP TIPE ROTARI VANE PADA DECK CRANE TYPE MITSUBISHI 30.5T X 26M (R) HDC Yuris Bahadur Wirawan; Budi Purnomo; Ratna dwi kurniawan
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1530

Abstract

Crane merupakan salah satu komponen di kapal yang berfungsi untuk mengangkat atau memindahkan barang yang cukup besar dan beban yang cukup berat. Proses bongkar muat kapal dari laut ke darat membutuhkan bantuan crane agar kegiatan berlangsung lebih cepat dan efisien. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penyebab kerusakan crane dengan studi kasus pada kapal MV Rashad PT. Gurita Lintas Samudera yang mengakibatkan proses bongkar muat nikel terhambat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, yaitu melakukan pengamatan langsung terhadap subyek penelitian, wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab dengan crew maupun penanggung jawab kamar mesin, serta studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terhambatnya proses bongkar muat di kapal MV Rashad PT. Gurita Lintas Samudera disebabkan oleh kerusakan pada catridge pump bagian rotor. Rotor pecah akibat filter hydraulic rusak dan masuk ke sistem hydraulic serta penyebab lainnya adalah operator crane yang tidak menjalankan SOP dalam bekerja.
PENGARUH TEKANAN REFRIGERAN TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PENDINGIN MENGGUNAKAN FREON R-134A Suyanto suyanto; Diana langgeng mustikawati
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1531

Abstract

Mesin pendingin mempunyai fungsi sangat penting sehingga penelitian di bidang tersebut banyak dilakukan untuk terus mengoptimalkan unjuk kerjanya. Unjuk kerja mesin pendingin bisa dinilai dari nilai coefficient of performance (COP). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi tekanan kerja freon terhadap unjuk kerja mesin pendingin. Alat yang digunakan adalah alat peraga atau traine sistem refrigerasi. Kondisi freon divariasikan dengan tekanan 8psi, 10pis, 12psi, dan 14psi. Berdasarkan hasil penagukuran dan perhitungan dari empat variasi tekanan freon dapat disimpulkan bahwa tekanan optimum system refrigerasi tersebut dicapai pada tekanan kerja 10psi dengan nilai COP 2,86 dan efek refrigerasi 120kJ/kg.
EVALUASI KEBISINGAN DAN NOISE MAPPING DI BENGKEL NON-METAL POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA Erlangga Bagaskara; Aulia Nadia Rachmat; Am maisarah disrinama
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1532

Abstract

Salah satu potensi bahaya yang ada di Bengkel Non-Metal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) adalah kebisingan yang berasal dari pengoperasian mesin-mesin. Evaluasi kebisingan dilakukan guna mengetahui persebaran intensitas kebisingan di ruangan tersebut dan memberikan upaya pengendalian untuk mencegah dampak dari paparan kebisingan. Pengukuran dilakukan berdasarkan SNI 7231:2009 dengan menggunakan alat ukur sound level meter dan mendapatkan hasil tingkat kebisingan kontinyu setara (Leq) tertinggi sebesar 109.31 dBA dengan kebisingan kombinasi sebesar 112.31 dBA. Hasil noise mapping memperlihatkan area mesin gerinda, mesin surface planner, dan mesin circular saw berwarna merah. Rekomendasi pengendalian yang diberikan adalah pemberian noise barrier berupa bilik/sekat pada area kerja gerinda, pengaturan jam kerja, pemberian larangan masuk ruangan bagi yang tidak berkepentingan, pemberian pengarahan K3 melalui safety briefing, dan penggunaan APD earmuff
PERANCANGAN ELECTRIC FISH AGGREGATING DEVICE LIFERAFT (e-FADL) YANG DAPAT DIKENDALIKAN JARAK JAUH Lilik subiyanto; l putu arta wibawa; Aang wahidin; sumar diono; joko endrasmono; yoradhika anugrah; Geraldi zati; Bagas saputra; M.handy wahyu
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1533

Abstract

Faktor ekonomis dan faktor keselamatan adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian penting bagi nelayan tradisional pada saat berlayar. Pada penelitian ini dibuatlah FAD yang sekaligus dapat difungsikan sebagai peralatan keselamatan (liferaft) dan dapat dikendalikan jarak jauh yang diberi nama e-FADL (Electric Fish Aggregating Device and Liferaft). Penelitian ini merupakan perbaikan dari penelitian sebelumnya dari sisi disain, berat dan buoyancy-nya dan adanya penambahan sistem kendali jarak jauh agar nelayan dapat menempatkan FAD tersebut ke tempat-tempat tertentu. FAD didisain dengan menggunakan material PVC yang ditopang oleh konstruksi pipa 8 inc yang sekaligus difungsikan sebagai liferaft. Sumber energi listrik untuk penerangan dan penggerak diperoleh dari panel surya. Peralatan kontrol jarak jauh menggunakan komponen utama transceiver NRF24L01 yang bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Hasil penelitian diperoleh e-FADL dapat digunakan sebagai FAD dengan penerangan lampu 12V/20watt mampu menyala selama 9-10 jam sesuai dengan lamanya nelayan mencari ikan. Mampu dijalankan dan dikendalikan jarak jauh menggunakan remote dengan jarak maksimal 270m dengan kecepatan 6,5Km/jam. Mempunyai daya apung (buoyancy) sebesar 84,45 kg, sehingga dapat difungsikan sebagai liferaft mampu menahan beban maksimum 5 ABK. Berdasarkan hasil pengujian model menunjukan bahwa liferaft mampu berfungsi sesuai standar Solas 74/96, LSA Code and IMO 81 (70).
RANCANG BANGUN APLIKASI REKRUITMEN KARYAWAN UMKM BERBASIS WEB ( Studi Kasus CV BEE ) Muhammad Lukman Arif; Danis Maulana; Muhammad Haffid Indra Brillianto; Gaguk Suhardjito; Ristanti Akseptori; Kiki Dwi Wulandari
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1537

Abstract

CV. Bee Digital Prestasi Nusantara selalu membuka lowongan untuk mengisi pos jabatan fungsional maupun non-fungsional perusahaan dengan jumlah pelamar yang dipastikan meningkat setiap tahunnya. Namun, proses seleksi yang bersifat konvesional menyebabkan tidak tercapainya target yang ditetapkan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini menyajikan sebuah solusi berupa sistem berbasis web dengan pendekatan metode Multi Attribute Utility Theory untuk memberikan kemudahan dalam proses seleksi karyawan di CV. Bee Digital Prestasi Nusantara. Pendekatan metode Multi Attribute Utility Theory memberikan solusi berupa rekomendasi hasil akhir dari proses seleksi yang dilakukan dengan cara melakukan penilaian melalui beberapa alternatif dan sub-alternatif dikalikan bobot. yang telah ditentukan perusahaan. Pendekatan metode tersebut terbagi menjadi beberapa tahapan: (1) Submisi dan Tes (2) Perhitungan Nilai, Kriteria dan Bobot (3) Perangkingan. Penerapan metode MAUT dapat memberikan keputusan yang efektif terhadap rekrutmen calon karyawan yang diterima perusahaan. Hasil percobaan dari penelitian diatas menunjukkan bahwa dengan mengunakan metode diatas mampu mempercepat proses rekruitmen dan dapat dengan cepat menentukan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan dibandingkan dengan cara yang konvensional.
ANALISIS SENSITIVITAS PARAMETER UKURAN KAPAL TERHADAP KARAKTERISTIK STABILITAS PADA VARIASI KONDISI MUATAN Sumardiono Sumardiono; Efandis Risty Anjani
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.1538

Abstract

Sesuai owner requirement, sebuah kapal Floating Loading Facility (FLF) mengalami modifikasi kapal berupa penambahan parameter panjang kapal sepanjang 30 meter untuk menambah kapasitas loading muatan curah batubara dari kapal tongkang ke kapal kargo. Dengan adanya penambahan ukuran, stabilitas kapal menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menjamin keamanan operasionalnya. Perhitungan berat dan titik berat dilakukan dengan berdasarkan data gambar General Arrangement dan gambar konstruksi, sehingga diperoleh data lightship kapal yang selanjutnya menjadi input perhitungan stabilitas dengan bantuan piranti lunak Maxsurf Stability. Perhitungan setiap kriteria stabilitas dilakukan pada variasi kondisi muatan berbeda sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada IMO A. 749 (18) Resolution. Diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan stabilitas setelah terjadi modifikasi panjang kapal dimana diantara beberapa kriteria, kondisi muatan kosong secara kuantitas paling baik pemenuhan terhadap nilai minimalnya.
Studi Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Agama Islam terhadap Kualitas Sikap Kerja Mahasiswa Vokasi saat OJT Dual System Mahfudzi, Imam; Kusuma, George E; Arumsari, Nurvita; Ashari, M Luqman; Rachman, Farizi
Jurnal Teknologi Maritim Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Teknologi Maritim
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) - PPNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33863/jtm.v5i1.3602

Abstract

Pendidikan Agama Islam seharusnya berperan sebagai mata kuliah vital untuk pengembangan kepribadian mahasiswa untuk pembentukan pribadi yang berakhlak mulia. Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi khususnya mahasiswa di pendidikan jalur vokasi mengutamakan penerapan konsep pada implementasinya. Oleh karena itu diperlukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning agama Islam di pendidikan tinggi vokasi terhadap kualitas sikap kerja mahasiswa vokasi saat melaksanakan On The Job Training (OJT) dual system di industri. Penelitian ini akan mampu menemukan gap analisis kesenjangan antara target kompetensi kurikulum, pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam klasikal di kelas dan ekstrakurikuler eksisting di kampus terhadap implementasi sikap mahasiswa di dunia kerja saat pelaksanaan OJT dual system. Hasil penelitian ini akan memberikan identifikasi defisiensi kurikulum yang akan menjadi acuan pada pengembangan role model pembelajaran agama Islam yang lebih sesuai bagi pola pendidikan vokasi yang mengutamakan aspek penerapannya. Berdasarkan hasil analisis IPA (Indicator Performa Analysis) diketahui prioritas utama softskill yang perlu diperbaiki adalah kepekaan dan kepedulian sosial dengan GAP tertinggi dikarenakan kurangnya dukungan kurikulum prodi. Sementara itu, dari hasil regresi linear diketahui pembelajaran PAI klasikal dikelas maupun model ekstrakurikuler berpengaruh signifikan terhadap implementasi sikap saat didunia kerja khususnya OJT dual system

Page 1 of 1 | Total Record : 7