cover
Contact Name
Miftahul Huda
Contact Email
mh130@ums.ac.id
Phone
+6285642388900
Journal Mail Official
mh130@ums.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27213404     DOI : https://doi.org/10.23917/bppp
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran adalah buletin yang mempublikasikan kegiatan pengembangan dan implementasi inovasi kegiatan pembelajaran di sekolah. Buletin ini menfasilitasi luaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan – pengembangan perangkat pembelajaran dan asisten guru yang diterbitkan oleh PLP FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lingkup kajian Buletin ini adalah kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang berupa: (a) penyusunan perangkat pembelajaran, (b) pengembangan perangkat pembelajaran, (c) Implementasi perangkat pembelajaran, (d) inovasi pembelajaran, (e) pengenalan model-model pembelajaran, (f) asistensi guru mengajar, (g) praktek pengalaman mengajar, dan (h) pemberdayaan pembelajaran yang lainnya dalam konteks pembelajaran di era komputasi global. Program PLP II ini dalam era disrupsi pendidikan ini menjadi sangat berperan karena hakikatnya yang bertujuan untuk: (a) menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru, (b) menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru, (c) menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru, (d) membantu guru dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi, (e) menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (f) latihan mengajar dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing PLP II, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri calon pendidik; (g) melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler; dan (h) membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan administasi guru. Buletin ini terbit dua kali dalam setahun. Periode Juli dan Desember. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengundang penulis, pelaksana, dan/atau inisiator pembelajaran untuk berkontribusi pada buletin ini sebagai sumbangan berbagi pengalaman pengembangan pembelajaran untuk memajukan pendidikan dalam konteks perubahan pendidikan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024" : 9 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Materi Teks Argumentasi Kelas 11 di SMK Batik 1 Surakarta Ariyanto, Zahy Riswahyudha; Prakoso, Gilang Bakti; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.6800

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah mengeksplorasi efektivitas media pembelajaran berbasis Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Google Sites sebagai media pembelajaran integratif teks argumentasi kelas XI SMK Batik 1 Surakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 3. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan. Hasil penelitian adalah: (1) Desain media pembelajaran teks argumentasi Berbasis Google Sites; (2) Aktivitas pembelajaran teks argumentasi kelas 11 berbasis Google Sites; (3) Efektivitas media Google Sites berdasarkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 93. Kesimpulannya, Google Sites berperan sebagai media pembelajaran yang integratif dan inovatif, memberikan dampak positif terhadap proses dan hasil pembelajaran teks argumentasi di kelas XI TKJ SMK Batik 1 Surakarta.
Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Lomba Puisi dengan Judul Menatap Merah Putih Karya Sapardi Djoko Damono di MTs Negeri Surakarta 1 Jelitasani, Ardina Rosanatan; Fauzi, Aslam; Purnama Asri, Rossy; Assidik, Gallant Karunia
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7009

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan budaya literasi pada MTs Negeri Surakarta 1 melalui kegiatan lomba puisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis lomba membaca puisi di MTs Negeri Surakarta 1. Data dikumpulkan melalui observasi intonasi, ekspresi, dan artikulasi peserta, menggunakan teknik simak dan catat. Kesimpulan dari kegiatan lomba puisi di MTs Negeri Surakarta 1 menunjukkan bahwa lomba ini berhasil menarik minat baca siswa, dengan 33 peserta yang terdaftar dan sepuluh peserta terbaik meraih nilai di atas 70 dari skala maksimal 100. Selain itu, hasil pelaksanaan lomba puisi menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan budaya literasi siswa, dengan peningkatan minat baca, pemahaman sastra, kreativitas menulis, partisipasi aktif dalam diskusi sastra, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan imajinasi dan terlibat dalam proses kreatif, yang terlihat dari penampilan dan pembacaan puisi yang indah dan artistik dalam dokumentasi kegiatan.
Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 3 FKIP UNSIKA Laily Fitria; Rizky Amelia; Alya Safitri Astsaniah; Aulia Sapya; Muhammad Wildan Taftazani; Tata NurLaeily; Bahar Amal
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7085

Abstract

This study aims to understand student opinions on the role of Artificial Intelligence (AI) in enhancing creativity and literacy in Indonesian language learning. This study involved 25 3rd semester students from the Faculty of Teacher Training and Education, Singaperbangsa University of Karawang, who provided their opinions through a questionnaire. This research method combines quantitative and qualitative approaches, so as to provide a broader and clearer picture. The results describe that most students support the use of AI in learning, especially to enrich vocabulary, stylistic variations, synonyms, and grammar. However, some students were concerned that excessive use of AI could reduce creativity, critical thingking skills and literacy. This research is expected to be a reference for educators in utilizing AI wisely, so that it can provide full benefits without eliminating the important role of lecturers in the teaching and learning process.
Analisis Kesalahan Berbahasa pada Media Cetak Komplek Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Ramadhani, Lulu; Main Sufanti
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7266

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguraikan kesalahan berbahasa yang terdapat pada poster umum yang terletak di komplek pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa poster atau media cetak luar ruang yang bersumber dari bangunan SD, SMP, dan SMA di komplek pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Pengumpulan data menggunakna metode dokumentasi dan teknik simak catat. Analisis data dilakukan dengan metode agih dan divalidasi dengan teknik triangulasi. Hasil dari analisis ini yaitu temuan kesalahan berbahasa Indonesia pada bidang fonologi, yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan tanda baca, kesalahan penulisan angka, dan kesalahan pelesapan fonem. Pada bidang sintaksis meliputi kesalahan yang ditemukan meliputi kesalahan penulisan kalimat tidak jelas, penggunaan kata tidak baku, penggunaan kata serapan, kesalahan pemilihan diksi, dan kesalahan penggunaan kata mubazir. Sedangkan pada bidang morfologi, kesalahan yang ditemukan meliputi kesalahan penulisan reduplikasi atau kata ulang dan kesalahan penggunaan kata ulang di-.
Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Mubarokah, Rossida Fatma Syahrulina; Esti Novia Febianti
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.7342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pembelajaran materi teks laporan hasil observasi dengan menerapkan pendekatan saintifik di SMK Batik 2 Surakarta. Fokus penelitian ini adalah pada kelas X, yang melibatkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik diterapkan melalui beberapa langkah, yaitu mengamati, menanya, menalar, mengolah, dan mengomunikasikan. Setiap tahap memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Selain itu, pendekatan saintifik memungkinkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penilaian dilakukan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan melalui tes tertulis, lisan, serta proyek menulis. Implementasi pendekatan saintifik terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik secara kritis dan kreatif.
Development of an Augmented Reality Dolanan Song Encyclopedia to Foster Reading Skills in Early Childhood Nuraini, Febritesna Nuraini; Ridhatul Aisy; Junita Dwi Wardhani; Dwi Hastuti; Iyan Sofyan; Santo Mugi Prayitno
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.8260

Abstract

Purpose: This research aims to develop and assess the effectiveness of literacy-based storybooks enhanced with augmented reality (AR) as an intervention for the development of executive functions in early childhood. Executive function is a cognitive ability that underlies tasks such as maintaining focus on long-term goals, delaying gratification, and exercising self-control over impulses. Methodology: The research adopts a 4D development model encompassing four main stages: Define (Definition), Design (Planning), Develop (Development), and Disseminate (Dissemination). This learning medium garnered positive responses from users, with children expressing satisfaction with the appeal of the songs and recognizing the excellence of the 3D pictures and activities in the storybook. The research also evaluates the effectiveness of AR-based encyclopedias in enhancing reading literacy comprehension through pre- and post-test designs. Results: The study revealed an increase in knowledge related to expressing songs. Additionally, there was a modest yet significant improvement in the aspect of responsibility. Children exhibited a greater interest in participating in singing activities with the teacher compared to conventional reading and writing activities.
Penerapan Ekspresi Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SD Negeri Sumberejo 2 Chasanah, Cyka Nur
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.8306

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya ekspresi bahasa Inggris dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan pembelajar bahasa. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia, menjadikan komunikasi yang efektif dalam bahasa ini penting dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bisnis, pendidikan, dan interaksi sosial. Namun, banyak orang yang belum fasih berbahasa Inggris sehingga kesulitan berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan alami. Penelitian ini menunjukkan seberapa efektivitas penggunaan ekspresi bahasa inggris dalam meningkatkan kemampuan berbica dalam bahasa inggris. Ekspresi ini mencakup berbagai situasi percakapan, seperti saat menyapa orang, mengungkapkan pendapat, menyampaikan presentasi, berdiskusi, dan bercengkerama. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ekspresi bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di kalangan siswa Sekolah Dasar. Siswa yang menggunakan ekspresi bahasa Inggris menunjukkan peningkatan dalam interaksi verbal, kelancaran berbicara, pengucapan, dan kepercayaan diri. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan ekspresi bahasa Inggris dapat menjadi strategi pengajaran bahasa yang efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris siswa
Implementasi Program Literasi Pagi Dalam Peningkatan Minat Membaca Siswa di SMP AL ISLAM GATAK Fitriani, Azizah
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.8309

Abstract

Mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan meningkatkan kemampuan mengeksplorasi berbagai buku dan materi, mengembangkan rutinitas pembelajaran yang terstruktur, dan menciptakan lingkungan yang literasi akademik. Program ini juga meningkatkan kedisiplinan siswa dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam diskusi tentang topik pembelajarannya. Program ini juga membawa perubahan positif pada sikap siswa terhadap proses belajar mengajar. Penerapan program “Literasi Pagi” di SMP Al Islam Gatak telah menghasilkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan literasi, pengetahuan, dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Hal ini juga turut berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa melalui kegiatan belajar yang berkesinambungan. Kesimpulannya, program “Literasi Pagi” di SMP Al Islam Gatak telah meningkatkan keterampilan literasi siswa secara signifikan dan meningkatkan kesejahteraan mereka secara keseluruhan
Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di SDN Sukoharjo Afifah, Marwa Faridatul; Anatri Desstya
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol. 6 No. 2 (2024): Vol 6, No. 2, Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/bppp.v6i2.8310

Abstract

Pendidikan di era digital semakin menghadapi tantangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi dampak implementasi teknologi pendidikan terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SDN Sukoharjo dan 2) Menganalisis persepsi peserta didik dan guru SDN Sukoharjo terhadap penggunaan teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pengembangan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskritif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu 1) implementasi teknologi pendidikan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SDN Sukoharjo. 2) sebagian besar peserta didik dan guru SDN Sukoharjo memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis

Page 1 of 1 | Total Record : 9