cover
Contact Name
Romi Fajar Tanjung
Contact Email
romifajar@fkip.unsri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jkk@fkip.ejournal.unsri.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Palembang - Prabumulih No.KM. 32, Indralaya Indah, Kec. Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557303     EISSN : 28282965     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Lingkup Jurnal Konseling komprehensif ialah bimbingan dan konseling, Bimbingan Konseling Islam, Konseling Keluarga, Konseling Karir, Bimbingan konseling Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Psikologi Pendidikan, Konseling Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Konselor.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5, No. 2: November 2018" : 7 Documents clear
Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas X Berdasarkan Teori Donald E. Super di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang Lazuardi, Ahmad Fadhil; Sofah, Rahmi; Putri, Rani Mega
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan karir siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Penelitian ini berfokus pada teori Super yang menggunakan Life-career rainbow. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang terdiri dari enam aspek yaitu: perencanan karir, eksplorasi karir, pengetahuan dalam membuat keputusan, pengetahuan tentang dunia kerja, pengetahuan tentang kelompok kerja yang lebih disukai, dan realisasi karir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang yang berjumlah 275 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 56 persen siswa kelas X memiliki kematangan karir yang tinggi.
Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 13 Palembang Nurhuda, Fitri Afra; Harlina, Harlina; Syarifuddin, Syarifuddin
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 341 siswa kelas VII SMP Negeri 13Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosi dan dokumentasi daftar nilai rapor matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan rumus pearson product moment. Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,77 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh lebih besar dari 0,77 > 0,18) artinya terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Angka koefisien korelasi positif (+)menunjukkan adanya hubungan yang searah yaitu semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin rendah prestasi belajarmatematika siswa
Pemanfaatan Seni Pertunjukan Dulmuluk dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Peserta Didik SMA Negeri 2 Palembang Lestari, Novi; Yosef, Yosef; Sofah, Rahmi
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk terhadap perkembangan kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak sepuluh orang. Analisis berdasarkan output test statistik melalui uji wilcoxon, diketahui bahwa thitung bernilai 0.005. Karena nilai 0.005 lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil pretest dan post test sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik.
Tingkat Regulasi Diri Siswa di Sekolah Kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan Purwanda, Yogi; Sofah, Rahmi; Putri, Rani Mega
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa di sekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian 36 siswa dan sampel atau responden penelitian yaitu 36 siswa dengan menggunakan sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan 40 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan hitungan persentase. Aspek yang diukur dari regulasi diri siswa di sekolah, meliputi 3 aspek yaitu, pikiran, motivasi, dan prilaku. Hasil analisis data menunjukan bahwa tingkat regulasi diri siswa disekolah kelas X Mekatronika SMKN Sumatera Selatan, 25% dalam katagori sangat tinggi (ST), 61% dalam katagori tinggi (T). 8% dalam kategori sedang (S). Dan 6% dalam kategori rendah (R).
Keefektifan Adlerian Play Counseling untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa di Sekolah Inklusi Agustriyana, Nur Astuti; Rani, Ariesza Puspita
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Adlerian Play Counseling dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yaitu BM, DW dan NU yang berusia antara dua belas sampai empat belas tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan satuan ukur frekuensi. Penelitian ini menggunakan single-case experimental design dengan format perlakuan ABA withdrawal dengan pola multiple baseline across subject. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis visual inspection untuk melihat perubahan danmembandingkan efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat. Pada subjek BM terjadi kenaikan frekuensi pada kondisi follow up sebesar 9 dan subjek DW dan NU kenaikan frekuensi sebesar 6.
Meningkatkan Keaktifan Belajar melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Palembang Sofah, Rahmi; Huda, Nurul
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui layanan klasikal dengan menggunakan video audi visual pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 33 orang siswa, terdiri dari laki-laki 19 orang dan perempuan 14 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap keaktifan belajar siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori sangat aktif. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori sangat aktif dan aktif. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.
Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Teaching Factory Putranti, Dwi
Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling Vol. 5, No. 2: November 2018
Publisher : diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2 Palembang-Indonesia Email: jkk@fkip.unsri.ac.id

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana strategi layanan bimbingan karir di SMK berbasis teaching factory. Siswa SMK termasuk dalam kategori remaja yang notabene belum memiliki kematangan karir yang baik. Sementara itu, pendidikan di SMK diarahkan pada pengembangan pendidikan berbasis perusahaan/industri, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan, Upayapeningkatan tidak cukup hanya dilakukan oleh guru kejuruan saja melainkan juga memerlukan guru yang lain termasuk guru BK. Salah satu yang bisa dilakukan adalah layanan bimbingan konseling karir. Strategi layanan yang bisa diberikan meliputi layanan dasar berupa media informasi karir, kemudian juga need assessment bakat minat siswa, layanan konsultasi dan layanan konseling individual. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat meningkatkan kematangan karir, baik dalam mengidentifikasi potensi, menganalisis peluang karir, bahkan dalam memutuskan pilihan karir yang tepat.

Page 1 of 1 | Total Record : 7