cover
Contact Name
Angga Hendharsa
Contact Email
angga.hendharsa@upb.ac.id
Phone
+6281253800811
Journal Mail Official
jemfebupb@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kom. Yos Soedarso 78113 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JEM : Jurnal Equilibrium Manajemen
ISSN : 16935233     EISSN : 24602299     DOI : https://doi.org/10.54035/jem.v10i1
Jurnal Equilibrium Manajemen adalah jurnal terbitan khusus Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti yang diperuntukkan bagi dosen dan Mahasiswa yang berkepentingan untuk mempublikasi penelitiannya yang bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam informasi hasil riset dibidang manajemen. Publikasi Jurnal Equilibrium Manajemen mencakup, tapi tidak terbatas pada: - Area manajemen Fungsional: Keuangan, Pemasaran, Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia - Kewiraswastaan - Etika bisnis - Manajemen Pengetahuan dan Organisasi Pembelajaran - Digital Bisnis
Articles 148 Documents
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNG KEMBALI WISATAWAN DI KABUPATEN KUBU KALIMANTAN BARAT (STUDI KASUS PADA WISATAWAN DI QUBU RESORT) Dina Octaviani; adiyath randy
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor ekonomi yang penting di Indonesia yang pada tahun 2019 menempati urutan kedua dalam hal penerimaan menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor andalan dalam membangun kekuatan perekonomiannya. Salah satunya destinasi wisata unggulan Kalimantan Barat berada di Kabupaten Kubu yaitu Qubu Resort yang memiliki keunggulan nuansa panorama indah di area pariwisata, taman rekreasi dan water park terbesar di Kalimantan Barat. Meningkatnya intensitas wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Barat setiap tahunnya dapat menjadi peluang bagi Qubu Resort untuk menarik perhatian wisatawan datang dan membuat wisatawan tersebut merasa puas untuk berkunjung kembali. Yang tentu tidak bisa berhasil tanpa adanya promosi dan kualitas pelayanan yang dilakukan secara tepat. Oleh karena itu diperlukan kajian yang lebih mendalam tentang dampak strategi promosi dan kualitas pelayanan yang telah dilakukan Qubu Resort. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap minat kunjung kembali. Adapun metode peneltian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dan deskriptif, data yang dianalisis merupakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan menyebarkan kuesioner kepada sejumlah responden, yakni wisatawan yang mengunjungi Qubu Resort. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan multiple Regression, uji t, uji F dan koefisien determinasi, metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive random sampling, yang dipilih secara sengaja berdasarkan populasi yang ada. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan, secara parsial promosi tidak berpengaruh terhadap minat kunjung kembali tetapi promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap minat kunjung kembali.
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN OUTSOURCING Mardiyah Tusholihah; Ardi Nupi Hasyim; Astry Novitasari3; Puja Pauziah Oktavia; Fanny Indah Lestari; Muhamad Fadli; Ahmad Miftah Sobari
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan PT. CITUS Cabang Jawa Barat, (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. CITUS Cabang Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 39 karyawan PT. CITUS Cabang Jawa Barat dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kontribusi motivasi dan disiplin terhadap kinerja karyawan sebesar ( ) sebesar 0,707. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bauran antara motivasi dan disiplin kerja karyawan berpengaruh sebesar 70,7% terhadap kinerja karyawan pada PT. CITUS, sedangkan sisanya 29,3% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. (2) dapat diketahui bahwa hanya variabel motivasi kerja yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan hasil nilai sebesar 2,111 dengan nilai Sig sebesar 0,033. Hal ini menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari pada nilai 1,859 dan nilai Sig lebih kecil daripada 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. Artinya variabel motivasi mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. CITUS. (3) dapat diketahui bahwauntuk variabel disiplin kerja tidak begitu berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dengan hasil nilai sebesar 0,710 dengan nilai Sig sebesar 0,500. Hal ini menunjukkan bahwa nilai lebih kecil dari pada nilai 1,859 dan nilai Sig lebih besar daripada 0,05. Dengan demikian diterima dan ditolak. Artinya variabel disiplin tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. CITUS. Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Motivasi,Disiplin K erja
PERSEPSI PELANGGAN YANG MENGINAP TERHADAP KEBIJAKAN PEMASARAN PADA HOTEL MERPATI PONTIANAK Maulana Filani Rizal; Adi Mursalin; Naiyun Untung Utama
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap perusahaan yang dibangun memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, dengan demikian semua fungsi dan kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan harus senantiasa dikelola dan diarahkan dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia secara optimal demi terciptanya tujuan dan sasaran tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kebijaksanaan pemasaran jasa perhotelan hotel Merpati Pontianak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan responden mengenai bauran pemasaran 7P yaitu Place, Price, Promotion, Product, People, Process, Physical Evidence. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan objek penelitian masyarakat yang menjadi konsumen dan target dari hotel Merpati Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obesrvasi, wawancara dan kuisioner yang disebarkan terhadap seluruh tamu yang menginap di hotel Merpati Pontianak sebanyak 30 orang responden yang kemudian data dikelompokkan menurut kriteria yang ada dan hasil masing-masing jawaban pertanyaan dijumlahkan, dari hasil penjumlahan tersebut ditentukan persentasenya dan diambil suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi pelanggan hotel terhadap kebijaksanaan pemasaran hotel merpati Pontianak seperti place, price, promotion, product, people, process, physical evidence dilihat dari secara keseluruhan baik. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh total rata-rata skor sebesar 26,06 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 3,72. Jadi berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan bauran promosi yakni place, price, promotion, product, people, process, physical evidence yang dilakukan oleh hotel Merpati Pontianak dalam kategori baik, sebesar 3,72 berada pada rentang 3,40 – 4,19.
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA SEPEDA MOTOR SCOOPY DI PONTIANAK Nanda Diaz Arizona; Yulia; Alexis Laurentina
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada sepeda motor Scoopy di Pontianak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, kuesioner, studi literatur, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden.Dari hasil pengolahan data empat variabel bauran pemasaran yaitu Product, Price, Promotion, dan Place. variabel product mendapatkan hasil responden yang paling positif. Penulis merekomendasikan bahwa iklan yang diterapkan pada sepeda motor Scoopy lebih diperhatikan lagi, iklannya dibuat lebih menarik agar dapat menarik perhatian orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Sampel adalah laporan realisasi BAPPEDA di wilayah Sintang pada tahun 2010-2017. Penelitian ini menggunakan alat uji statistik 20.0. Teknik analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F dan uji T, koefisien determinasi untuk uji variabel independen terhadap variabel dependen. Level signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,05. Dari penelitian ini, koefisien determinasi R2 adalah 80,2%. Variabel pendapatan yang dihasilkan secara lokal dapat dijelaskan oleh pajak lokal (X1) dan retribusi lokal (X2). Nilai F hitung (15,165)> F tabel (5,79) Jadi Ha dapat diterima. Secara parsial, tidak ada pengaruh antara pajak daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pajak daerah memberikan pengaruh positif dan tidak ada yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, uji hipotesis menunjukkan bahwa retribusi daerah memiliki pengaruh negatif dan tidak ada signifikan terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal.
PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KOPERASI TUNAS ARTHA MANDIRI (TAM) SYARIAH NGANJUK Diah Suswanti Respatiningtias
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja karyawan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya motivasi, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja. Motivasi merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi kinerja pegawai Tunas Artha Mandiri (TAM) Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk memajukan pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Teori ini menggunakan teori motivasi Abraham Maslow, variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan variabel dependen: Motivasi (X1), lingkungan kerja (X2), kepemimpinan konsumen (X3), dan kinerja karyawan (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Koperasi Tunas Artha Mandiri (TAM) Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini ditentukan oleh 50 karyawan dengan menggunakan rumus Yamane. Data yang diperoleh dari kuesioner, kemudian dianalisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan regresi pertama sebagai berikut : Y = 9,156 + 0,195X1 + -0,112X2 + 0,631X3 Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan motivasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, penelitian ini diperoleh t hitung 1,288 dengan tingkat signifikan 0,204. Hasil analisis menunjukkan lingkungan kerja tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, penelitian ini diperoleh nilai t hitung 0,738 dengan tingkat signifikan 0,464.Dengan demikian maka, hipotesis kedua tidak dapat diterima pada level 1-10%.Arah koefisien regresi positif berarti bahwa lingkunga kerja tidak mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan.Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, penelitian ini diperolah t hitung 0,090 dengan tingkat signifikan 0,000. Berdasarkan kesimpulan, agar pimpinan Tunas Artha Mandiri (TAM) Nganjuk, harus lebih aktif memberikan dorongan dan motivasi kepada karyawan, dalam rangka meningkatkan integritas dan loyalitas karyawan.
Analisis Pengaruh Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah: (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang Tahun 2010-2017) Wulan Purnama Sari; Miftahuljannah
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Sampel adalah laporan realisasi BAPPEDA di wilayah Sintang pada tahun 2010-2017. Penelitian ini menggunakan alat uji statistik 20.0. Teknik analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F dan uji T, koefisien determinasi untuk uji variabel independen terhadap variabel dependen. Level signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,05. Dari penelitian ini, koefisien determinasi R2 adalah 80,2%. Variabel pendapatan yang dihasilkan secara lokal dapat dijelaskan oleh pajak lokal (X1) dan retribusi lokal (X2). Nilai F hitung (15,165)> F tabel (5,79) Jadi Ha dapat diterima. Secara parsial, tidak ada pengaruh antara pajak daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pajak daerah memberikan pengaruh positif dan tidak ada yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, uji hipotesis menunjukkan bahwa retribusi daerah memiliki pengaruh negatif dan tidak ada signifikan terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal.
HIERARKI KEBUTUHAN MAHASISWA DAN PEMENUHANNYA PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCA MARGA PROBOLINGGO : STUDI APPLIKASI DARI TEORI HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW Mutinda Teguh Widayanto
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berbagai kebutuhan mahasiswa Fakultas Ekonomi serta pemenuhannya dalam proses perkuliahan di kampus Univ. Panca Marga Probolinggo. Ini adalah penelitian deskritif eksloratif yang tidak menggunakan hiotesis. Populasi penelitian adalah Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Univ. Panca Marga sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode insidensial sampling. Batasan penelitian hanya dilakukan di Fakultas Ekonomi dengan pertimbangan adanya perbedaan kebutuhan pada fakultas ilmu eksakta dan ilmu sosial dalam proses perkuliahan. Pada penelitian tahap pertama untuk mengetahui tingkatan kebutuhan, pengolahan data dengan menggunakan distribusi frekwuensi, sedangkan untuk mengukur pemenuhan kebutuhan dilakukan melalui penggunaan Skala Likert untuk diperbandingkan skor yang didapat dengan skor maksimum atau tertinggi yang bisa diperoleh. Dengan mengadopsi teori yang dicetuskan oleh Abraham Maslow tentang hierarki kebutuhan, didapatkan lima kebutuhan pada masing-masing tingkatan yaitu kebutuhan aspek fisiologis, berikutnya kebutuhan terhadap rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Sedangkan pemenuhannya, untuk kebutuhan aspek fisiologis dan kebutuhan rasa aman termasuk kategori tinggi, sedangkan untuk kebutuhan penghargaan, sosial, dan aktualisasi diri termasuk dalam kategori cukup. Kesimpulan yanhg didapat penelitian ini nantinya dapat dijadikan masukan bagi para pemangku kepentingan untuk pengembangan Univ. Panca Marga Probolinggo dimasa mendatang. Kata-kata kunci :kebutuhan mahasiswa, hierarki kebutuhan
SISTEM INFORMASI PENGAJIAN PT GRAHA GREEN GARMENT Muhammad Ardi Nupi Hasyim; Salsabila Mupida; Restika Listiana Pratiwi; Inggik Sri Cahayani; Redi Setiadi
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kemajuan teknologi saat ini computer sangat berperan penting pada kehidupan. Computer saat ini mendukung dan membantu pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Begitupun di dunia industry, computer sangat membantu untuk meringankan pekerjaan manajemen dalam melakukan penggajian karyawan secara lebih akurat, cepat, dan tepat waktu. Begitu juga pada pt.gaha green garment yang system penggajiannya secara manual, perusahaan ini dituntut untuk menggunakan kecanggihan teknologi untuk menyalurkan gaji karyawannya dengan cara system transfer lewat bank yang sudah bekerjasama dengan perusahaan. Karena, perusahaan ini kini sudah memiliki banyak karyawan yang tidak akan memungkin kan manajemen dalam mengelola penggajian secara manual. Sekarang system penggajian di perusahaan ini sudah merealisasikan cara tersebut dari mulai penggajian untuk operator sampai kepada staff karyawan.
PENGARUH ATRIBUT PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TEH PUCUK HARUM DI ALFAMIDI INDUSTRI CIKARANG Mei iswandi; Dicky Herizal
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Persaingan bisnis di era globalisasi semakin kompetitif. Hampir seluruh perusahaan besar telah menggunakan tehnologi yang moderen dalam membuat suatu produk. Produk berkualitas baik umumnya diproduksi dengan menggunakan tehnologi yang moderen. Pada industri minuman dalam kemasan seluruh perusahaan telah menggunakan tehnologi yang mederen. Teh pucuk harum salah satu produk teh dalam kemasan yang mempunyai kualitas yang baik. Teh pucuk harum telah berhasil memikat hati konsumen dalam industri teh dalam kemasan. Merek teh pucuk harum telah melekat di pikiran konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di alfamidi Industri Cikarang sebanyak 90 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara secara parsial kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen teh pucuk harum di Minimarket Alfamidi Industri Cikarang, sedangkan atribut produk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen teh pucuk harum di Minimarket Alfamidi Industri Cikarang. Secara simultan variabel atribut produk, kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap minat beli teh pucuk harum di alfamidi industri Cikarang.
PENENTUAN PROFITABILITAS MELALUI EFISIENSI MODAL KERJA PADA PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK Fera Maulina
Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM)
Publisher : Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi modal kerja dan mengetahui profitabilitas pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Metodologi dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan Posisi Keuangan, Laba/Rugi dan sumber lain yang diperoleh dari studi literatur dengan mempelajari buku-buku yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan perputaran modal kerja keseluruhan berfluktuasi setiap tahunnya. Rasio ini menunjukkan hubungan antara modal kerja dengan penjualan yang dapat diperoleh perusahaan untuk tiap rupiah modal kerja. Perputaran modal kerja yang rendah menunjukkan adanya kelebihan modal kerja yang mungkin bisa saja disebabkan rendahnya perputaran persediaan, piutang atau adanya saldo kas yang terlalu besar. Dalam hal ini perputaran kas dan perputaran persediaan mengalami peningkatan setiap tahunnya sedangkan perputaran piutang dari tahun 2012-2016 mengalami fluktuasi. Semakin cepat tingkat perputaran kas dan perputaran persediaan maka elemen modal kerja tersebut dapat dikatakan efisien. Namun perputaran piutang berfluktuasi, maka penggunaan elemen modal kerja kurang efisien. Perputaran modal kerja dari tahun 2012-2016 cenderung meningkat yaitu sebesar: 3,47 kali; 4,18 kali; 3,47 kali, 3,62 kali, dan 6,83 kali. Perputaran modal kerja semakin tinggi maka semakin cepat dana atau kas yang diinvestasikan dalam modal kerja kembali menjadi kas. Hal itu berarti keuntungan perusahaan dapat lebih cepat diterima. Return On Investment (ROI) secara keseluruhan juga mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Dalam hal ini kemampuan perusahaan dalam menggunakan aktiva secara produktif, dapat diketahui dengan membandingkan laba yang diperoleh dalam suatu periode tertentu dengan jumlah aktiva. ROI dari tahun 2012 hingga 2016 masing-masing sebesar adalah: 8.048%, 4.375%, 6.075%, 4.039% dan 6.409%. ROI yang lebih besar dari ROI periode sebelumnya, maka dapat dinyatakan terdapat peningkatan efisiensi pengelolaan modal kerja perusahaan.

Page 1 of 15 | Total Record : 148