cover
Contact Name
Mohammad Syafi'i Budi Santoso
Contact Email
jurnal.tijarotana.stiesba@gmail.com
Phone
+6281216997878
Journal Mail Official
jurnal.tijarotana.stiesba@gmail.com
Editorial Address
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Lantai I, LPPM Dsn. Kalibening Rt/Rw : 05/02 DesaTanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Telp. (0321) 489 0099 - 081216997878 web: https://www.stiesbabussalam.ac.id/ Link Scholer : https://scholar.google.com/citations?hl=id&view_op=list_works&authuser=5&gmla=AL3_zij3sWWgwfStcEXqfdiTkwuFaM-WSAXqJZE7Z1Ti4-apwJL9-Eg4QMrd_jNzkbEineqma0-dSs5nkurvb-qHLgbdsLxMt6_m&user=wbDSI_MAAAAJ Link Jurnal : https://ejournal.stiesbabussalam.ac.id/index.php/tijarotana/index e-mail: stiesbabussalam19@gmail.com
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah
ISSN : 27213897     EISSN : 27462420     DOI : -
Core Subject : Religion, Economy,
Tentang jurnal ini, Penerbit : LPPM STIES BABUSSALAM TIJAROTANA : Jurnal berbahasa Indonesia ini diterbitkan sejak 01 Maret oleh LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam, Kalibening Mojoagung Jombang. Penyunting menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan di media lain. Naskah diketik di atas kertas A4 sepanjang Tidak lebih dari 30 halaman, dengan format seperti tercantum pada halaman belakang ( petunjuk bagi calon penulis). Naskah yang masuk dievaluasi dan disunting oleh Penyunting Ahli (Mitra Bestari).Nomor ISSN : 2721-3897 (Cetak - Cetak) ,Nomor SK ISSN : 0005.27213897/JI.3.1/SK.ISSN/2020.03 Nomor ISSN : 2746-2420 (Online - Elektronik), Nomor SK ISSN : 0005.27462420/K.4/SK.ISSN/2020.10. Jurnal publish by LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Babussalam i Published 1 year 2 times (Maret and September) Alamat Penyunting dan Tata Usaha: Dsn. Kalibening Rt/Rw : 05/02 DesaTanggalrejo, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang Telp. (0321) 489 0099 - 081216997878 web: https://www.stiesbabussalam.ac.id/ Link Scholer : https://scholar.google.com/citations?hl=id&view_op=list_works&authuser=5&gmla=AL3_zij3sWWgwfStcEXqfdiTkwuFaM-WSAXqJZE7Z1Ti4-apwJL9-Eg4QMrd_jNzkbEineqma0-dSs5nkurvb-qHLgbdsLxMt6_m&user=wbDSI_MAAAAJ Link Jurnal : https://ejournal.stiesbabussalam.ac.id/index.php/tijarotana/index e-mail: stiesbabussalam19@gmail.com
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 7 Documents clear
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRADISI BUWUHAN DALAM WALIMAH AL-URSY DI DESA BUTUNGAN KEC. KALITENGAH KAB.LAMONGAN Umam, Syafiul
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.19

Abstract

Agama Islam adalah agama yang komperhensif, mencakup segala aspek kehidupan sosial manusia. Termasuk juga dalam hal yang tidak lepas dari perhatian ajaran agama Islam, adalah aturan-aturan perkawinan, yang dalam hukum Islam dinyatakan sebagai akad yang kuat untuk mentaati perintah Allah dan melaksanakannya termasuk ibadah, dengan tujuan pencapaian rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrahmah. Ketentuan hukum perkawinan dalam ajaran agama Islam telah dibahas secara rinci dan jelas mulai dari memilih pasangan, sampai dengan terlaksananya perkawinan hingga sampai akibat perkawinan tersebut. Dan tentunya masalah walimatul 'aqdi dan walimah perkawinan (walimatul 'urs) juga telah mendapatkan ketentuan-ketentuan dalam hukum Islam. Dalam kajian penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yakni bagaimana sejarah yang melatar belakangi terjadinya praktek buwuhan dalam walimah al-Ursy di Desa Butungan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap buwuhan dalam walimah alUrsy di Desa Butungan Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan?. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan Data primer terdiri dari dokumen-dokumen tentang serangkaian hubungan akulturasi antara Islam dengan budaya lokal, dan hasil wawancara dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat dan warga setempat dengan menggunakan pendekatan penelitian menggunakan Teknik Yuridis Normatif. Tradisi buwuhan ini terjadi karena dilandasi sikap ingin tolong menolong pada masyarakat. Baik berupa materi atau nonmateri. Buwuhan dalam acara walimah pada prakteknya untuk memberikan kemudahan pada pelaksanaan walimah agar berjalan dengan lancar. namun di sisi lain, akan meninggalkan hutang bagi pemilik hajat. Adat yang terjadi di Desa Butungan perihal buwuhan dalam walimatul ursh adalah `urf karena telah menjadi kebiasaan.
PENERAPAN ZAKAT PROFESI TERHADAP PENGEMUDI BUS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI (AKAP) DENGAN SISTEM POTONG GAJI DI PT. HARYANTO MOTOR INDONESIA KUDUS JAWA TENGAH Ahfadz, Umar; Muafi, Ubaidillah
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.20

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib di tunaikan bagi setiap muslim, zakat memiliki beberapa bagian yaitu zakat fitrah dan maal (harta), zakat profesi adalah salah satu bagian dari zakat maal (harta) dimana hasil dari sebuah profesi seseorang yang telah mencapai nishab di wajibkan mengeluarkan sebagian dari hasil profesinya untuk ditunaikan sebagai zakat profesi. Ada banyak sekali sumber-sumber zakat pada era masa kini, mulai dari profesi yang sifatnya individual seperti dokter yang buka prektek sendiri, maupun profesi yang ikut pada suatu lembaga atau perusahaan seperti karyawan, salah satunya yaitu pengemudi bus di sebuah perusahaan otobus. Ada salah satu perusahaan otobus yang menerapakan zakat profesi dan mewajibkan para pengemudinya untuk mengeluarkan sebagian dari hasilnya sebagai zakat profesinya sebesar 2,5% yang di ambil menggunakan sistem potong gaji, dimana gaji para pengemudi secara otomatis telah terpotong ketika mendapkan upah dari profesinya. Dari fenomena tersebut peneliti tergugah untuk mendalami bagaimana penerapan zakat profesi oleh PT Haryanto Motor Indonesia Kudus Jawa Tengah terhadap pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan sistem potong gaji? dan apakah pemotongan gaji untuk pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) telah sesuai dengan fiqh zakat profesi? Adapun metode penelitian yang di lakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang tergolong sebagai metode penelitian Deskriptif-Kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan wawancara. Untuk metode analisis data penulis menggunakan metode deduktif. Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan, bahwa penerapan zakat profesi terhadap pengemudi bus antar kota antar provinsi (AKAP) dengan sistem potong gaji di PT, Haryanto Motor Indonesia Kudus Jawa Tengah belum sepenuhnya sempurna. Ada beberapa aspek yang perlu dibenahi dalam penerapan zakat profesi dengan sistem potong gaji. Karena upah para pengemudi tidak semuanya telah mencapai nishab zakat dan tidak ada ketetapan waktu dalam sistem gaji di PT. Haryanto Motor Indonesia. Dimana nilai dari pemotongan tersebut masuk pada kategori shadaqah.
PERAN MUSLIMAH ENTREPRENEURSHIP TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN SYARI’AH wahid, abdul; Shiddiq, Ja'far; Azizah, Fitrotul
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.21

Abstract

Muslimah dalam eksistensi sebuah perekonomian dapat diaplikasikan dalam sebuah karir. Karir dalam hal ini tidak hanya untuk kepentingan perekonomian akan tetapi dapat menunjang kebutuhan pesikis untuk meningkatkan standaritas diri Muslimah. Sebagai seorang muslimah tidak hanya dianjurkan untuk berkarir saja tetapi dapat merangkap keduanya yakni sebagai muslimah yang berkarir sekaligus berentrepereneurship. Peran Muslimah ditengah masyarakat khususnya di keluarga dalam kaitannya berentrepereneurship bertujuan untuk meningkatkan perekonomian hingga mampu menutupi kebutuhan keluarga. Secara umum peran Muslimah sebagai ibu rumah tangga yang mayoritas hanya macak, masak dan manak kini di era milenial hal seperti itu mulai berangsur bergerak dengan terjunnya para Muslimah di dunia bisnis tanpa meningalkan kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Muslimah Entrepreneurship Terhadap Peningkatan Perekonomian Syariah (Studi Kasus Komunitas Muslim Kopami Jomabang). Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mendata langsung diambil dari sumber. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dihadapkan langsung pada responden yakni para pengurus dan anggota Kopami di jalan raya Dr. Wahidin. No.72. Desa Sengon Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Berdasarkan penelitian, diketahuibahwa para anggota Kopami yang mayoritas adalah Muslimah yang berperan aktif dalam dunia entrepereneurship telah mampu meningkatkan perekonomian syariah tanpa meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga
TANGGUNG JAWAB PELAKU BISNIS TERNAK AYAM DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DAN UNDANG UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP: (Studi Kasus di Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar) Syahni, Ahmad; Nur Husen, Mohammad; Abdissalam, Izzubnu
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.22

Abstract

Pengelolaan usaha ternak ayam harus didasari dengan prinsip tanggung jawab untuk memenuhi tuntutan keadilan dan kesatuan, manusia juga perlu mempertanggung jawabkan tindakannya secara logis. Usaha ternak ayam yang terdapat di Desa Jabung ini cara pengelolaanya berbeda. Dalam pengelolaannya pelaku usaha peternak di Desa Jabung tidak memperhatikan keadaan kandang dan kesehatan ternak ayamnya yang mengakibatkan pencemaran lingkungan dan menganggu masyarakat sekitar usaha ternak ayamnya. Adapun, masalahnya: 1. Bagaimana praktek pelaku bisnis usaha ternak ayam di Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar 2. Bagaimana tanggung jawab pelaku bisnis usaha ternak ayam dalam menanggulangi kerusakan lingungan hidup dalam perspektif etika bisnis Islam 3. Bagaimana tanggung jawab pelaku bisnis usaha ternak ayam perspektif UU No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris dan menggunakan metode pendekatan socio-ligel research. Adapun sumber datanya, bersumber dari data primer (bersumber dari tanya jawab langsung dilapangan), sekunder (buku buku bacaan atau dokumen) dan tersier (kamus-kamus). Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah tepatnya di Desa Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Praktek pelaku usaha ternak ayam yang ada di Desa Jabung ini sebagian kandang ayamnya dibangun di tengah perkampungan. Adapun pengelolaan ternak ayam yang ada di Desa Jabung ini, jika dilihat dari etika bisnis Islam belum sesuai dengan prisnsip dan tujuan etika bisnis karena pelaku usaha tidak tanggung jawab dengan dampak yang diakibatkan usaha ternaknya. Sedangkan jika dilihat dari Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pelaku usaha ternak ayam di Desa Jabung yang tidak tanggung jawab dan membuat pencemaran lingkungan akan dikenakan sanksi sesuai pasal 76 UUPLH.
TINJAUAN ETIKA BISNIS SYARI’AH TERHADAP PEMBERIAN NOTA KOSONG PADA TRANSAKSI JUAL BELI ALAT TULIS KANTOR : (Studi Kasus Foto Copy dan ATK BMT Muamalah Syari’ah Unhasy) Budi Santoso, Mohammad Syafii; Ahfadz, M. Umar; Rohmatil Aliyah, Alfina
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.23

Abstract

Kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dalam kegiatan jual beli, bukti pembelian sering kali ditemui di beberapa toko dan foto copy diberikan secara cuma-cuma, hal ini diberikan dalam bentuk nota kosong. Kegiatan pemberian nota kosong oleh pelaku usaha sering menjadi perselisihan juga semakin menjadikan konsumen semakin bebas menggunakan pemberian bukti pembelian/nota kosong secara cuma-cuma tersebut. Adapun masalah yang peneliti bahas yaitu: 1. Bagaimana praktek pemberian nota kosong pada transaksi jual beli alat tulis kantor di foto copy dan ATK BMT Mu’amalah Syari’ah Unhasy. 2. Bagaimana tinjauan etika bisnis syari’ah terhadap pemberian nota kosong transaksi jual beli alat tulis kantor di foto copy dan ATK BMT Mu’amalah Syari’ah Unhasy. Peneliti menggunakan pendekatan fenomologi dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan oleh penulis ada dua, yaitu sumber data primer dimana penulis melakukan wawancara langsung kepada pelaku usaha maupun, konsumen fotocopy dan ATK BMT Mu’amalah Syari’ah Unhasy dan sumber data sekunder, yaitu bersumber dari dokumen-dokumen, atau buku yang sesuai dengan permasalahan Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa praktek pemberian nota kosong di fotocopy dan ATK BMT Syari’ah Mu’amalah Unhasy diberikan kepada mahasiswa, dosen, dan organisasi di dalam Universitas Hasyim Asy’ari. Diberikan kosong kepada dosen untuk kebutuhan pelaporan penelitian, riset atau pengabdian, dan diberikan kosong kepada organisasi sebab terdapat hubungan kedekatan antara pelaku usaha dan konsumen. Karena kedekatan tersebut, praktek nota kosong terjadi. Tijauan etika bisnis syari’ah terhadap pemberian nota kosong pada transaksi jual beli alat tulis kantor di fotocopy dan BMT Mu’amalah Syari’ah Unhasy, yaitu: diperbolehkan apabila digunakan untuk kebutuhan dosen yaitu untuk pengabdian, penelitian, ataupun kebutuhan riset, karena dalam hal ini sesuai dengan etika bisnis syari’ah. Tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada mahasiswa ataupun organisasi yang dimungkinkan terjadinya penyelewengan. Karena dalam hal ini melanggar etika bisnis syari’ah
TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP METODE PROMOSI GIVEAWAY DI INSTAGRAM : (Studi Kasus Online Shop di Kabupaten Jombang) Nasirin, Muhammad Khoirun; Hidayati, Nur Laily; Auliyah, Baitul
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.24

Abstract

Promosi adalah bagian dari salah satu jenis komunikasi yang sering dipakai oleh pemasar. Pada hakikatnya promosi adalah upaya pemasaran yang bersifat media dan non media untuk merangsang coba-coba dari konsumen, meningkatkan permintaan dari konsumen atau untuk memperbaiki kualitas produk. Metode promosi online shop ramai-ramai mengadakan praktik giveaway. Giveaway merupakan. metode promosi dengan cara memberikan hadiah kepada pemenang dengan menerapkan beberapa persyaratan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh penyelenggara giveaway. Giveaway sendiri berarti memberikan hadiah atas pekerjaan yang harus di lakukan oleh peserta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Akad yang digunakan ketika penyerahan hadiah yang masih menimbulkan pertanyaan karena hal ini membutuhkan penjelasan hukum yang berlaku apakah transaksi akad pada penyerahan hadiah giveaway sesuai dengan syariah atau tidak maka dari itu penulis tertarik untuk menganalisis tentang metode promosi giveaway di instagram menurut hukum Islam. Adapun rumusan masalahnya: 1. Bagaimana Praktik Promosi Giveaway Pada Online Shop di Kabupaten Jombang 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Promosi Giveaway Pada Online Shop di Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan datayang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi setelah data-data terkumpul, maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode induktif analisis.\ Dari hasil analisis dapat dijelaskan bahwa praktik promosi giveaway sesuai dengan elemen-elemen promosi yang berlaku. Praktik giveaway merupakan inovasi dari bagian strategi promosi. Akad yang digunakan sama dengan akad Ji‟alah. Akad ji‟alah merupakan akad jai‟z yang diperbolehkan oleh mayoritas ulama. Kesimpulan dalam akad ji‟alah dalam hukum Islam diperbolehkan selagi tidak melanggar syariat Islam, tidak ada Maisir, Gharar (penipuan) ataupun riba di dalamnya.
TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP SISTEM RESELLER PADA TRANSAKSI JUAL BELI KOSMETIK DI ANISA BEUTY CARE JOMBANG nasiruddin, muhammad; Umam, Syafiul; Lailatul Fauziyah, Farah
TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah Vol 2 No 01 (2021): Tijarotana : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : TIJAROTANA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Syariah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64454/tj.v2i01.25

Abstract

Transaksi jual beli online memiliki 2 ( dua ) sistem, yakni : Sistem Dropshiping dan Sistem Reseller, yang berdasarkan dengan hasil kesepakatan bergabung dengan syarat-syarat dan administrasi tertentu, namun terkadang terhadap pembagian hasilnya, dalam sistem nya terdapat perbedaan bagi hasil tiap anggota, kepada pelaku usaha. Kurangnya keterbukaan dan keadilan dalam proses sistem ini, mengakibatkan adanya kesalahpahan di anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan terhadap sistem reseller pada transaksi jual beli di anisa beauty care jombang dan Tinjauan etika bisnis Islam terhadap sistem reseller pada transaksi jual beli kosmetik di Anisa beauty care jombang. Untuk menjawab kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mene data langsung diambil dari sumber. Dalam penelitian kualitatif, peneliti dihadapkan langsung pada responden yakni pelaku usaha di Anisa Beauty Care Jombang. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa dalam transaksi jual beli kosmetik di Anisa Beauty care jombang adanya perbedaan bagi hasil antar anggota reseller. Anisa beautycare Jombang di ketahui kurangnya menerapkan beberapa prinsip-prinsip yang ada di etika bisnis Islam, yaitu dalam Prinsip Kejujuran dan keterbukaan yang mengakibatkan ketidak adilan di dalamnya. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa di Anisa beauty care jombang ini tidak menerapkan sebagian prinsip-prinsip yang ada di etika bisnis Islam, yakni dalam kejujuran dan keterbukaan. Saran bagi pelaku usaha seharusnya memahami dan mengetahi sehingga dapat menerapkan mengenai sistem reseller dalam pembagian yang baik sesuai etika bisnis Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 7