cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA" : 8 Documents clear
PERBANDINGAN NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF DENGAN FILM MARIPOSA YANG DISUTRADARAI OLEH FAJAR BUSTOMI Elisabeth Yohana Paulin Ngada
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.33562

Abstract

 AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan karya novel dan karya film yang berasal dari novel Mariposa karya Luluk HF, kemudian dijadikan film dengan judul yang serupa, dan disutradarai oleh Fajar Bustomi. Selain untuk membandingkan, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengenalisis hubungan serta pengaruhnya antara Novel Mariposa karya Luluk HF, dan Film Mariposa yang disutradarai oleh Fajar Bustomi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitaif dengan metode deskriptif berupa kata-kata yang bertujuan untuk memahami perbandingan, hubungan, dan pengaruhnya pada kedua karya sastra. Data diperoleh dari perbandingan struktural, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik catat, yaitu semua hasil dari kegiatan membaca novel ataupun menonton film akan dicatat. Pada penelitian ini ditemukan persamaan, klimaks dan akhir dari cerita film dan novel adalah tokoh Iqbal yang sudah mulai membuka hati untuk Acha. Perbanadingan pada novel, dan film ada dalam pengurangan tokoh, watak, dan sebagian alur. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan pada Novel Mariposa dan Film Mariposa, salah satu faktor penyebab perbedaan tersebut adalah perbedaan batasan yang terdapat pada media novel dan media film. Kata kunci: sastra bandingan, novel, film, mariposa Abstrack                This study aims to compare novels and films from the novel Mariposa by Luluk HF, then made into a film with the same title, and directed by Fajar Bustomi. In addition to comparing, another purpose of this study is to identify and identify the relationship and influence between the Mariposa novel by Luluk HF, and the Mariposa film directed by Fajar Bustomi. This study uses qualitative research with descriptive methods in the form of words that aim to understand the comparison, relationship, and influence on the two literary works. Data obtained from structural comparisons, the technique used in data collection is a note-taking technique, that is, all results from reading novels or watching films will be recorded. In this study, it was found that the similarities, climax and ending of the film and novel are Iqbal's character who has started to open his heart to Acha. The comparison between novels and films is in the reduction of characters, characters, and some plots. The results of this study can be concluded that there is a significant difference in the Mariposa Novel and the Mariposa Film, one of the factors causing these differences is the difference in the boundaries contained in the novel media and film media. Keywords: comparative literature, novel, film, mariposa  
Strategi Pembelajaran BIPA dengan Pendekatan Komunikatif-Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Inka Krisma Melati; Daroe Iswatiningsih; Arif Budi Wurianto
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.37351

Abstract

BPenelitian ini bertujuan untuk [1] mendeskripsikan pendekatan komunikatif-kontekstual untuk pembelajaran BIPA, [2] menjelaskan kearifan lokal sebagai sumber bahan pembelajaran BIPA, dan [3] menjelaskan implementasi pendekatan komunikatif-kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data penelitian ini berupa buku dan artikel jurnal. Pengumpulan data penelitian dengan cara mengumpulkan sumber data, memperdalam pengetahuan tentang topik permasalahan dan bidang strategi pembelajaran BIPA, pendekatan komunikatif-kontekstual, dan kearifan lokal. Analisis data menggunakan analisis komparasi. Validasi keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan komunikatif-kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Pengaplikasian pendekatan komunikatif-kontekstual dapat menambah bendahara kosa kata yang dimiliki oleh pemelajar BIPA. Selain itu, pengenalan kearifan lokal kepada pemelajar asing juga mendapatkan poin tersendiri yang mampu membangun suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan pemelajar BIPA juga mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.
Nilai Perjuangan Novel Langit dan Bumi Sahabat Kami Karya Nh. Dini dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA Ilham Bagus Pangestu; Fajar Ali Mashuri; Titik Sudiatmi
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.36444

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini dan relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dijabarkan dan diuraikan secara rinci. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan pengembangan analisis kritis. Sumber data berupa novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini, dengan data berupa kata, frasa atau kalimat yang mencerminkan nilai perjuanagn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini mengandung nilai perjuangan antara lain yakni nilai sabar dan pantang menyerah, rela berkorban dan tolong menolong, kerja sama dan kerja keras. Hasil penelitian yang dilakukan dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Relevansi dan keterkaitan novel Langit dan Bumi Sahabat Kami karya Nh. Dini terletak pada materi menganalisis pesan atau kandungan dalam karya sastra. 
Pengembangan Bahan Ajar Audiovisual Berbasis Website Materi Teks Hikayat Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2020/2021 Dasa Oktaviani Br Ginting; Diah Eka Sari
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.34239

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan proses dan hasil dari pelaksanaan validasi produk terhadap pengembangan bahan ajar audiovisual berbasis website materi teks hikayat siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini adalah dilaksanakannya tahapan proses produk  dengan model pengembangan yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) Perbaikan Desain, dan 6) Revisi Produk dan pada hasil validasi ahli mencapai total persentase 96% , hasil validasi ahli media dengan persentase 94%, validasi website oleh validator ahli IT dengan hasil 96% (penggunaan mobile) dan 99% (penggunaan desktop), serta validasi akhir yaitu hasil penilaian dari guru bahasa Indonesia yang menunjukkan persentase sebesar 96%, semua hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori penilaian “Sangat Baik‟.Kata kunci: Pengembangan, bahan ajar, audiovisual, website 
KRITIK SOSIAL DAN MATERIALISTIS DALAM NASKAH DRAMA "CIPOA" KARYA PUTU WIJAYA: TELAAH SOSIOLOGI SASTRA Dwi Anggraini; Trie Utari Dewi
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.33832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta mendekskripsikan kritik sosial dan materialistis dalam naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya melalui telaah sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis kualitatif dengan metode analisis isi dengan pendekatan sosiologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya. Data diperoleh dalam bentuk narasi melalui dialog-dialog antar tokoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Hasil temuan penelitian ini merujuk kepada pengarang yang berfokus menyampaikan kritik sosial dan materialistis terhadap permasalahan kebiasaan manusia dalam menjalankan kehidupannya. Kritik sosial yang ditemukan antara lain mengenai masalah kepemimpinan, masalah kejujuran, masalah korupsi, masalah keagamaan, masalah etika dan moral, masalah keserakahan, masalah ketidakadilan, masalah pola pikir, dan masalah kekerasan. Sedangkan hasil temuan dari materialistis yang ada dalam naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya dapat diperoleh dua bentuk materialistis, yaitu orientasi terhadap uang dan orientasi terhadap harta pusaka.
KETERBACAAN BUKU TEKS KURIKULUM MERDEKA BAHASA INDONESIA KELAS 7 DENGAN GRAFIK FRY Ika Febriana; Ayu Nadira Wulandari; Yuliana Sari
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.38197

Abstract

Abstrak            Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana siswa kelas 7 SMP pada buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) memilih wacana pada kegiatan membaca di buku teks untuk sampel yang dianalisis, (2) menganalisis wacana menggunakan formula Grafik Fry, (3) menemukan tingkat keterbacaan wacana siswa, (4) mengelompokkan hasil analisis pada diagram lingkarandalam bentuk persentase dan membahasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% dari 12 wacana yang dianalisis sesuai dengan tingkat keterbacaan, 5 wacana sesuai dengan tingkat kelas dan 7 wacana tidak sesuai dengan tingkat kelas. Dari 7 wacana yang tidak sesuai dengan tingkat kelas, 5 wacana tergolong sangat mudah dan 2 wacana tergolong sangat sulit. Kata Kunci: Formula Grafik Fry, Kurikulum Merdeka, Tingkat Keterbacaan Wacana, Buku Teks Bahasa Indonesia 
Pengaruh Model Pembelajaran Prediction Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 4 Medan Siti Nurhasanah Tria Ningsih; Inayah Hanum
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.37058

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat dan pengetahuan siswa dalam menulis teks deskripsi, pembelajaran menulis teks deskripsi dianggap membosankan bagi siswa, serta model yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi kurang bervariasi. Maka dari itu dibutuhkan model pembelajaran yang efektif yaitu Prediction Guide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prediction Guide terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu 334 siswa yang tersebar pada 11 kelas. Sampel yang diambil yaitu kelas VII-6 sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen One-Group Pre-test Post-test Design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata=58,47 ; standar deviasi= 16,89 ; standar error= 3,08, dan tergolong kategori kurang. Sedangkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata=87,1 ; standar deviasi= 11,40 ; standar error= 2,08 ; dan tergolong kategori baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 8,04; dan ttabel dengan taraf signifikansi α=0,05 dengan dk=30 yaitu 1,697. Hal itu berarti nilai thitung (8,04) > ttabel (1,697), dan hipotesis penelitian atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Prediction Guide berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII SMPN 4 Medan tahun pembelajaran 2021/2022.   Kata kunci: Pengaruh, Prediction Guide, teks deskripsi 
ANALISIS KONTRASTIF KOSAKATA MAKNA LEKSIKAL BAHASA JAWA DIALEK BANYUMASAN DAN DIALEK YOGYAKARTA Shevia Dwi Ningrum; Odien Rosidin; Ade Anggraini Kartika Devi
Basastra Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v11i2.35571

Abstract

ABSTRAKDisamping penguasaan bahasa nasional bahasa Indonesia, penguasaan bahasa daerah juga sangat penting. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian analisis kontrastif pada tataran makna leksikal pada bahasa Jawa dialek Banyumasan dan bahasa Jawa dialek Yogyakarta. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kosakata leksikal yang mempunyai bentuk dan makna sama, kosakata leksikal yang mempunyai bentuk sama tetapi makna berbeda, kosakata leksikal yang mempunyai bentuk berbeda tetapi makna sama, serta kosakata leksikal yang mempunyai bentuk mirip tetapi makna sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18 kosakata yang mempunyai bentuk dan makna sama, 2 kosakata yang mempunyai bentuk sama tetapi makna berbeda, 12 kosakata yang mempunyai bentuk berbeda tetapi makna sama, dan 8 kosakata yang mempunyai bentuk mirip tetapi makna sama. Dari analisis komponen makna leksikal tersebut ternyata kosakata yang mempunyai bentuk sama tetapi makna berbeda ditemukan lebih sedikit daripada yang lainnya.Kata Kunci: bahasa, analisis kontrastif, leksikal, bahasa JawaABSTRACTIn addition to mastering the national language Indonesian, mastery of regional languages is also very important. This research is a research that uses a qualitative descriptive method with a focus on contrastive analysis research at the level of lexical meaning in the Banyumasan Javanese dialect and the Yogyakarta dialect Javanese language. Where this study aims to describe lexical vocabulary that has the same shape and meaning, lexical vocabulary that has the same shape but different meanings, lexical vocabulary that has different forms but the same meaning, and lexical vocabulary that has similar shapes but the same meaning. The results showed that there were 18 vocabularies that had the same shape and meaning, 2 vocabularies that had the same shape but different meanings, 12 vocabularies that had different shapes but the same meaning, and 8 vocabularies that had similar shapes but the same meaning.  From the analysis of the components of lexical meaning, it turns out that there are fewer vocabularies that have the same form but different meanings than the others.Keywords: language, contrastive analysis, lexical, Javanese

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 14 No. 1 (2025): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 3 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol. 13 No. 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 2 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 13, No 1 (2024): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 3 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue